Iqbal Rois, Harapan Sembuh dan Tempat Terbaik

Innalillahi wainnaillaihi rojiun..kata yang pertama terucap tatkala WA dari Dian Radiata di grup, yang mengabari seorang blogger yang bernama Iqbal Rois Kaimudin berpulang ke Rahmatullah. “Ya Rabb.. bukannya blogger ini, temannya teh Lina yang sempat diceritakannya waktu itu?

Saya gak pernah bertemu dengan beliau, tapi tau sih ya, sesama member blogger Kepri. Waktu itu pernah posting kegiatan sesama blogger, eh beliau ngelike postingan yang di FB. Dari situ makin antusian baca blog jalankemanagitu.

Iqbal Rois
Iqbal Rois Kaimudin (Foto Jalankemanagitu)
Seperti yang dikatakan banyak orang, ingatlah saja kebaikan orang yang sudah dipanggil Allah, jangan buka aibnya. Almarhum masih aktif di blog walaupun sendang sakit. Semangat sembuh almarhum, cukup besar. Ia pun kerap membagikan cerita seputar pengobatan dan terapi yang beliau jalani. 

Initnya, tetap memotivasi dengan menghasilkan karya walau sakit yang mungkin lelah, letih dengan semuanya. Tapi mptivasi keluarga yang membuat semangat untuk sembuhn keinginan sembuh begitu besar.

Kalau ingat almarhum dengan perjuangannya yang gak pernah lelah, jadi keingat almarhum Papa saya. kurang lebih samalah yang pernah dirasakan oleh papaku 20 tahun yang lalu. Masih jelas dalam ingatan, bagaimana sorot mata sendu, senyum yang tak lagi mengambang sempurna, seakan menutupi berjuta rasa sakit yang teramat sangat. Pasti sangat tersiksa dengan semuanya.

Kalau dulu internet belum semaju sekarang, kata-kata dan ungkapan rasa gak bisa dicurhatin via media sosial. Nah Almarhum Iqbal ini curhat bia FB, dengan ungkapan kata-kata pahit yang betapa tersiksanya saat makanan yang telah masuk ke perut, akhirnya bukan menjadi jatah dia sebagai akibat kemoterapi yang walaupun menolak, tapi harus, dan akhirnya mematikan sel  baru di tubuhmu.

Dan saya bisa ngebayangin, betapa rasa sehat itu mahal harganya di saat badan terbaring lemah tak berdaya. Curhatan di FB, setidaknya bisa menyampaikan pesan ke teman-teman beliau, bahwa sayangi diri lo, lo tau kan kalau sakit itu gak enak, yuk jaga kesehatan, gak mau kan lo, kayak gua?

Salut, gak ada kata menyerah dalam kamus almarhum. Beliau masih punya Adeeva, bidadari kecil dengan tawa riangnya, bagai embun penyejuk setiap sudut sakit. Pun istri yang tetap setia tegak di samping beliau, merawat dengan penuh kesabaran. Tak lupa juga, doa dari teman-teman yang terus menyemangati di setiap momen berharga, yang seakan jadi penawar dalam penantian sehat beliau

Akhirnya, perjuangan beliau cukup sampai di sini, gak ada lagi rasa sakit, gak ada lagi tetesan air mata terpendam yang enggan dikeluarkan, semua telah hilang, semua telah kembali keharibaan. Kehilangan beliau telah meninggalkan pilu di dada keluarga, sahabat dan semua orang yang menyayanginya. Airmata takkan bisa mengembalikan beliay. Namun untaian doa yang terucap hanya satu-satunya jalan agar beliau tenang disisi Nya.

Tuk Istri yang ditinggalkan..
Tetaplah sabar dan ikhlas menerima semuanya. Luruskan jalannya menuju Illaahi. Karena kehidupan bukan bermula dari kelahiran, tidak juga berakhir dengan kematian. Semua sudah kehendak Illahi yang telah mengaturnya.

Tuk Adeeva..
Engkau memang belum mengetahui apapun yang terjadi. Tapi ikatan batin antara kalian berdua akan tetap ada. Tetaplah dengan dunia kecilmu, tetaplah tertawa riang menghibur Bundamu. Kelak..kau akan tahu dan bangga dengan ayahmu.

Allahummaghfirlahu warhamhu wa’aafihii wa’fuanhu.
Selamat Jalan Iqbal Rois Kaimudin. Kami semua kehilangamu, mendoakanmu mendapatkan tempat yang terbaik. Semoga sakit yang kau rasakan selama ini, telah menggugurkan semua dosa-dosamu, dan kembali ke pangkuan illahi seperti kain putih, bersih. Aamiinya Rabbal ‘alamin


1 comment

  1. Sedih baca ini. Walau belum kenal dengan almarhum, tp jadi ikutan sedih apalagi anaknya masih kecil ya mbak...al Fatihah untuk beliau.....

    ReplyDelete

Terima kasih telah berkunjung ke blog saya, silahkan berkomentar dengan sopan.