Thursday, 13 October 2016

Sehatku adalah Umurku, Waktuku dan Hidupku

a-healthy-adventure
My Healthiness, My Precious Moment. Tubuh yang fit adalah dambaan setiap manusia. Banyak aktivitas yang bisa kita lakukan, apabila tubuh dalam keadaan sehat dan bugar. Namun, faktor cuaca yang tidak menentu, rutinitas kerja yang tinggi, bisa membuat daya tahan tubuh seseorang cepat menurun. Lemahnya daya tahan tubuh, tentu berpengaruh pada kesehatan. Virus dan kuman akan mudah hinggap, sehingga tubuh menjadi tak bergairah.

Tubuh yang lemah biasanya ditandai dengan mudahnya kita flu, pilek dan batuk. Badan menjadi tak berdaya, nafsu makan pun berkurang. Kondisi seperti ini, pernah menyerang saya beberapa waktu yang lalu. Banyak faktor yang memang mendukung pada saat itu. Cuaca ekstrim (hujan panas yang tidak menentu), kurangnya asupan energi, ditambah kerja full sampai sabtu, serta kurangnya istirahat, membuat daya tahan tubuh saya melemah. Imun tubuh yang berfungsi membentengi diri dari serangan penyakit, tak mampu lagi membendung serangan kuman yang masuk. Alhasil pekerjaan jadi terganggu, dekapan anak-anak tak bisa dirasakan untuk beberapa saat.
hipwee

Tentunya tidak betah berlama-lama dengan sakit yang menyerang. Keinginan segera sembuh, dan dapat beraktifitas kembali dambaan saya kala itu. Nah, di bawah ini ada beberapa cara yang saya lakukan, untuk menggapai kesembuhan seperti sedia kala.

1. Niat dan semangat sembuh yang kuat.
Terbaring sakit memang tidak menyenangkan. Coba tanamkan dalam hati, dan di sertai niat yang kuat untuk kembali sembuh. Bayangkan saja anak-anak yang kehilangan momen kebersamaan bersama kita.

2. Minum air putih yang banyak.
Air sangat penting bagi tubuh kita. 2/3 tubuh terisi oleh cairan. Jadi minumlah yang banyak, agar cairan terpenuhi dan tubuh berangsur sehat kembali.

3. Makan secukupnya.
Kondisi tubuh yang kurang fit, tidak hanya membuat kita kehilangan tenaga, tapi juga kehilangan nafsu makan. Apapun makanan yang masuk ke mulut, akan terasa pahit dan tawar. Tidak ada salahnya memaksa untuk makan, walaupun sedikit saja. Makanan berkuah seperti sop ayam, cukup efektif mengembalikan stamina tubuh yang hilang saat sakit.

4. Istirahat yang cukup.
Terbaring di atas ranjang memang tidak menguntungkan bagi sebagian orang. Tapi bagi orang yang mempunyai rutinitas kerja yang tinggi, inilah saatnya anda bisa beristirahat sejenak dari beban kerja yang menumpuk dan kemungkinan stress selama bekerja.

5. Minum vitamin/supplemen tambahan.
Mengkonsumsi vitamin sangat dianjurkan selama masa penyembuhan. Banyak multivitamin yang tersedia di apotik maupun toko obat. Salah satu yang bisa menjadi pilihan adalah Theragran-M. Theragran- M membantu memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral pada masa penyembuhan setelah sakit. Mengandung Vitamin A, D, B1, B2, B6, B12, C, E, Niasinamida, Kalsium Pantotenat. Serta Mineral seperti Iodium. Besi, Tembaga II, Mangan II, Magnesium dan Seng. Berbentuk tablet yang bisa dikonsumsi 1 tablet perharinya.

Jangan pernah mengulangi kesalahan yang sama, atau dengan kata lain kembali jatuh sakit. Seperti orangtua bilang, sehat itu sangat mudah. Tapi, membuat badan menjadi sehat, hal yang paling sulit dilakukan. Nah, di bawah ini, ada beberapa cara yang bisa kita lakukan agar mendapatkan tubuh yang sehat dan bugar.

1. Berpikir positif.
Masalah yang menimpa, kadang menjadi beban yang mendera pada seseorang. Usahakan tetap tenang, berpikirlah bahwa setiap masalah pasti ada jalan keluarnya.

2. Lakukan pola hidup sehat.
Dengan tidak merokok dan mengkonsumsi alkohol. Hindari begadang, istirahatlah yang cukup, agar tubuh kembali segar keesokan harinya.

3. Hindari stress.
Banyak cara untuk menghindari stres. Mendekatkan diri pada Yang Maha Kuasa menjadi salah satu pilihan yang terbaik. Mencoba rekreasi, makan cokelat dan mendengarkan musik, bisa jadi alternatif lain untuk menghindari stres.

4. Makan buah dan sayuran.
Makanlah buah sebelum makan. Selain melancarkan pencernaan, buah dan sayur hal yang paling penting untuk membangun imun tubuh. Apel dan pisang bisa menjadi pilihan, bagi anda yang mempunyai jadwal yang padat.

5. Olahraga. 
Sempatkan berolahraga minimal 15 menit, agar tubuh sehat dan bugar. Tidak perlu ke gym bila keadaan tidak memungkinkan. Dengan berjalan kaki saja, anda sudah melakukan olahraga kecil yang cukup bermamfaat.
pixabay


Terapkan hidup sehat mulai dari sekarang. Tidak perlu instan untuk melakukan perubahan. Secara perlahan namun pasti, akan lebih mendapatkan hasil yang maksimal. Tentu akan lebih baik mencegah daripada mengobati. Karena di dalam tubuh yang sehat, terdapat jiwa yang kuat. Selamat mencoba. 

2 comments:

  1. Bener deh mba, kalau dari diri sendiri nggak ada niat sembuh juga susah :( Minum air putih dan suplemen tambahan supaya mempercepat penyembuhan juga oke banget, karena aku juga pake multivitamin tambahan :)

    ReplyDelete

Terima kasih telah berkunjung ke blog saya, silahkan berkomentar dengan sopan.