Wednesday, 21 June 2017

Cara Simple Membuat Kue Koko Crunch Bagi Pemula



Tak terasa Lebaran sudah di ambang pintu. Saatnya beli baju baru, sepatu baru, semuanya baru, rumah baru *eh. Asal jangan pasangan aja di ganti baru ya. Budaya orang kita nih, biasanya mau Lebaran ini, tidak hanya fashion aja yang jadi bahan pertimbangan. Tapi kebutuhan rasa pada hidangan yangdihidangkan, juga jadi hal penting setelah fashion.

Tahun ini saya tidak membuat kue lebaran di rumah. Cukup pesan saja ama teman di tempat kerja, yang jauh-jauh hari sudah menawarkan diri merima jasa pembuatan kue. Alhasil, 6 macam kue seperti putri salju, kacang telor, peyek kacang, pancake durian, kacang kromo, kue keju terpesan sudah dengan total tagihan sebesar 275.000.

Tapi anak-anak tidak puas dengan yang dibeli. Si sulung Queen malah sedikit memaksa saya untuk membuat sendiri kue koko crunch.
" Mommy, buat koko crunch la, kak Nurul aja buat sama mama nya, masa kita nggak?"
Itulah sedikit rayuan anak saya saat pulang kerja.
"Tapi mommy capek queen, beli aja ya?"
"Buat aja la, Queen bisa kok buatnya ama kak nurul?"
Nurul ini anak tetangga yang sudah kelas 4 SD. Secepat kilat anak saya berlari ke tetangga untuk manggil yang namanya nurul ini. Akhirnya Nurul datang, ceritalah mereka berdua tentang proses pembuatan kue ini.

Bengong, kurang yakin dengan penjelasan sang anak, akhirnya saya meluncur ke tetangga, bener gak, rulenya sama seperti yang disebut krucils ini. Di jelasin tetangga bla..bla..bla.. akhirnya saat itu juga meluncur beli bahan ke toko kue depan.

Bahan sudah dapat, proses pembuatan akan segera di mulai.  Pengen tau cara buatnya? Simple aja kok. Yuk simak di bawah ini :

Bahan kue :
Koko crunch (bisa kemasan atau yang bermerek)
Coklat batang
Cup cake
Sprinkle

Alat yang disediakan
Dandang /kuali, saya pilih pake kuali
Panci aluminium
Sendok
Nampan hidang

Cara Membuat :
1. Isi air dalam kuali. Kemudian letakan kuali di atas kompor dengan api sedang.
2. Masukkan coklat batang ke dalam panci aluminium. Lalu letakan aluminium berisi coklat ke atas air yang sudah diisi dalam kuali untuk dilelehkan.(Coklat tidak boleh dilelehkan langsung di atas api, karena akan terasa pahit dan gosong). Uap air yang panas akan membuat coklat meleleh
3. Sambil menunggu coklat meleleh, susun cup cake sesuai yang diinginkan.
4. Bila coklat sudah meleleh, angkat, dan masukan koko crunch ke dalam coklat, lalu aduk sampai koko crunch rata dengan coklat. Sebaiknya aduk dengan cepat, karena coklat cepat mengeras.
5. Ambil dengan tangan koko crunch yang sudah dilapisi coklat, dan susun ke dalam cup cake. Isi sesuai dengan keinginan/ berapa banyak untuk satu kertas cup cake.
6. Taburi sprinkle untuk menambah cantik tampilan kue koko crunch.
7. Tunggu koko crunch kering, sebelum dimasukan ke dalam toples.
8. Siap untuk dihidangkan saat Lebaran.


Bahan yang akan disiapkan

Cara untuk mencairkan coklat


Kue sudah ready

Gimana simple kan. Saya yang gak kepikiran buat aja, tiba-tiba sudah mahir sendiri. Bunda mau coba juga? Atau uda fadli istrinya di rumah tertarik mungkin? Silahkan copas. Yuk mari...
Selamat mencoba.
See ya to the next story.










2 comments:

  1. Saya sudah bikin semalem kak Yulia, tapih
    Ga kepikiran mau bikin turorialnya segala. Jadi inget Pungky : harus konten minded! Apapun bisa dijadiin konten karena biasa. Good job!

    ReplyDelete
  2. Aih pas di rumahku lagi banyak coco crunch nih mba. Asih ah mau mencoba bersama anak :)

    ReplyDelete

Terima kasih telah berkunjung ke blog saya, silahkan berkomentar dengan sopan.