Thursday, 6 July 2017

Datang dan Saksikan Festival Pulau Penyengat Syawal Serantau 2017



Festival Pulau Penyengat Syawal Serantau, akan di selenggarakan tanggal 22 dan 23 Juli 2017. Event yang digagas oleh Pemerintah Kota Tanjung Pinang ini, bekerjasama dengan Bank Indonesia, dan Batam Pos Entrepreneur School, Create the Opportunities. Tujuan diadakannya event ini adalah untuk menciptakan Destinasi Wisata Halal Kepri, menciptakan event Tahunan Penyengat berbasis Sejarah, Melayu dan Islami, membangun Jejaring Bisnis Antar pelaku usaha Travel berbasis destinasi Wisata Halal Penyengat, serta menggali dan mendorong potensi masyarakat mengembangkan ekonomi dengan basis pariwisata.

Tidak tanggung-tanggung, acara akan dimeriahkan dengan aneka lomba yang akan mewarnai Festival Pulau Penyengat Syawal Serantau. Wow, sesuatu banget nih, (langsung tengok kalender). Bagi warga Kepri, khususnya yang sudah berdomisili di wilayah ini, yuk saksikan langsung acaranya di minggu terakhir bulan Juli. Kapan lagi ke Pulau Penyengat, bisa mengenal dan melihat langsung budaya Melayu.

Tidak ada salahnya kita mengetahui, lomba apa aja sih yang ada pada Festival Pulau Penyengat Syawal Serantau ini? Yuk kita cari tahu.

1. Khazanah Kompang Melayu Penyengat – Serantau
Kompang atau bahasa umumnya rebana, adalah salah satu jenis “ band tepuk” dengan perkusi sebagai alat musik utamanya. Musik ini memiliki unsur keagamaan yang kental, tercermin dari berbagai lirik lagu yang dibawakan, yang merupakan pujian dan kecintaan kepada Sang Pencipta.



2. Fashion Malay Penyengat Syawal Serantau
Fashion Malay Penyengat Serantau adalah ajang untuk menggali kreatifitas para fashion designer dan pengrajin pakaian carnaval yang menggali konten lokal Melayu secara islami. Acara ini akan memeriahkan acara Pembukaan Road to Fesyar Pulau Penyengat – Syawal Serantau di Pulau Penyengat pada 22 Juli 2017.

Kegiatan ini terbagi tiga jenis :
A. Kompetisi Malay Fashion Carnaval
Adalah kompetisi pakaian carnaval yang menggali konten lokal Melayu dalam atribut maupun model/desain pakaian Carnaval. kompetisi ini juga bertujuan, mengangkat content local jenius Melayu dalam karya kreatif pakaian carnaval, menjadi bagian daya tarik untuk Pulau Penyengat sebagai kunjungan para turis dan diharapkan akan menjadi aktifitas pariwisata Pulau Penyengat secara berkelanjutan.
B. Parade Malay Fashion
Sebuah event carnaval busana melayu untuk membantu mempromosikan pakaian khas melayu di mata dunia.
C. Bazar Melayu Fashion
Adalah display produk pakaian melayu maupun pakaian muslim

Rute Malay & Muslim Fashion Carnaval Syawal Serantau, dimulai dari Balai Adat -Istana Kantor - dan berakhir di Masjid penyengat




3. Short Film Netizen Penyengat Halal Competition
Kompetisi yang melibatkan para netizen (pengguna internet) untuk membuat promosi Pulau Penyengat melalui Short Film (tayangan multi media) dan di upload pada website maupun media sosial.

Tujuan Short Film Netizen Penyengat Halal Competition antara lain:
1. Mempromosikan wisata halal Penyengat yang selama ini belum digarap secara maksimal menjadi sebuah destinasi wisata yang bermuatan ekonomi pemberdayaan masyarakat melalui karya para netizen.
2. Mendorong kreatifitas para netizen untuk memanfaatkan sarana internet menjadi alat promosi untuk pariwisata Pulau Penyengat.
3. Cara efektif untuk mempromosikan pariwisata Pulau Penyengat ke tataran internasional secara cepat dan interaktif.


Ini juga merupakan salah satu media penunjang untuk mengangkat potensi lokal Penyengat dari sisi sejarah, budaya, seni, religius dan kekayaan alam, dalam setiap uplod-an pesertadengan menampilkan konten kreatif dan seinovatif mungkin. Dan secara tak langsung menjadi ajang promosi bagi pariwisata Kepri, khususnya Penyengat melalui searching dan respon netizen.


4. Hunting Photography Penyengat Halal Competition
Kompetisi yang melibatkan para photograper untuk melakukan pemotretan di beberapa titik destinasi di Pulau Penyengat. Hunting photography dilaksanakan pada acara puncak yaitu tanggal 22 juli 2017 di Pulau Penyengat.

Tujuan Hunting Photography Penyengat Halal Competition antara lain :
1. Mempromosikan Wisata Halal Penyengat yang selama ini belum digarap secara maksimal menjadi sebuah destinasi wisata yang bermuatan ekonomi pemberdayaan masyarakat melalui karya para netizen
2. Mendorong kreatifitas para photographer untuk memanfaatkan sarana internet menjadi alat promosi untuk pariwisata Pulau Penyengat
3. Cara efektif untuk mempromosikan pariwisata Pulau Penyengat ke tataran internasional secara cepat dan interaktif.

Promosi tidak akan lengkap bila tidak disertai poto pendukung. Beberapa poto dari peserta di kemeriahan acara Pulau Penyengat Syawal Serantau ini, secara tak langsung juga akan meningkatkan kedatangan para wisatawan, baik lokal maupun international. Karena poto yang diambil tidak hanya fokus pada satu item saja. Banyak poto pendukung yang bisa diambil dari parade acara yang berlangsung, seperti Culture Malay Carnaval , Parade Melayu Fashion,  Bazar Melay Fashion, Kompetisi Pantun (tingkat SMA, Kompetisi Kompang, Kompetisi Pangkak Gasing, Bazar Food and Beverage Melayu dan kompetisi Display Melayu Terbaik, Haul/Tablig Akbar  Sya’wal -  Serantau dan Wisata Religius Melayu 




5. Tour Pattern Penyengat Halal Competition
Kompetisi mennciptakan paket tur baru dengan memanfaatkan potensi lokal Kepri, dengan indikator keberhasilan berupa jumlah turis yang membeli paket tur tersebut.

Tentunya yang ikut pada acara ini adalah, pelaku usaha travel yang berdomisili di Kepri atau Luar Kepri (Indonesia, Malaysia dan Singapore). Karena isi dari kompentensi sendiri berupa, paket tur mengangkat potensi lokal Penyengat yaitu potensi sejarah, budaya, seni, religius dan alam, dan dilengkapi dengan destinasi lainnya di Kepri. Selain itu paket tur memperhatikan nilai nilai Islami (menutup aurat saat memasuki masjid, membawa pasangan sah ketika menginap di home stay atau hotel, dan menghindari makanan /minuman haram).

Tujuan Tour Pattern Penyengat Halal Competition antara lain:
1. Menciptakan destinasi wisata Halal Penyengat yang selama ini belum digarap secara maksimal menjadi detinasi wisata yang bermuatan ekonomi lokal.
2. Melibatkan langsung pelaku travel dan berdampak terhadap pertumbuhan ekonomi.
3. Menciptakan daya tarik Penyengat  sebagai destinasi wisata Halal.
4. Menambah long stay wisatawan yang bertujuan ke Kepri.
5. Memberikan Multiplier effect yang langsung dirasakan oleh masyarakat dan pelaku usaha.



Informasi kegiatan bisa dicek melalui:
a. Harian Pagi Batam Pos, www.batampos.co.id
b. Facebook  :  Road to Fesyar Penyengat Syawal Serantau
c. Blogspot    : http://batamposentrepreneurschool.blogspot.co.id/
d. Instgram    : Road to Fesyar Penyengat Syawal Serantau

Yuk meluncur ke Penyengat. Jangan sampai ketinggalan ya gaes, ikut memeriahkan acara Festival Pulau Penyengat Syawal Serantau 2017. Ceki-ceki kalender ya, pastikan pada tanggal acara berlangsung 22 dan 23 Juli, tidak ada schedule lain selain ke Penyengat. Sampai jumpa.

See ya to the next story. Bye.


12 comments:

  1. List acaranya padat dan keren2 ya Mbak, bisa jadi pilihan untuk mengisi waktu liburan buat wisman dan wisdom

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener mbak,,hayuh ke penyengat mbak.

      Delete
  2. Info yg menarik...mau kesana, sayang anak2 dah sekolah.

    ReplyDelete
  3. Info yg menarik...mau kesana, sayang anak2 dah sekolah.

    ReplyDelete
  4. Saya pernah kepulauan Penyengat tahun 2003 sudah lama banget ya, membaca info ini jadi kepingin lagi ke sana.

    ReplyDelete
  5. Asyik, ada festival penyengat lagi :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah..kak rina udah sering ikutan kayaknya.

      Delete

Terima kasih telah berkunjung ke blog saya, silahkan berkomentar dengan sopan.