Friday, 21 July 2017

Sentuhan Pijat Bunda Untuk Tumbuh Kembang Bayi


Kehamilan adalah babak baru yang didambakan oleh setiap Bunda. Begitu juga dengan saya. Saya cukup menikmati hari demi hari, detik demi detik selama 36 minggu masa kehamilan. Yang saya rasa, sayang kalau terlewat begitu saja. Mulai awal rahim terisi benih, hidup di umur 4 bulan, hingga pergerakan bayi yang membuat perut terasa "beda", sungguh sensasi yang luar biasa.

Sentuhan Bunda di awal kehamilan, punya peran penting dalam perkembangan bayi dalam rahim. Memberi stimulasi dengan mengelus perut, mampu memicu bayi bereaksi dengan baik. Bayi dapat merasakan sentuhan saat kulitnya mulai terbentuk pertama kalinya. Karena kulit adalah sensor pertama yang bisa mendeteksi sentuhan. Komunikasi Bunda dengan bayi juga mempunyai mamfaat besar, yang dapat memicu bayi lahir sehat. Kegiatan sederhana inilah yang dinamakan stimulasi dengan sentuhan. 

Pentingnya Mengetahui Fase Neonatal 28 Hari Pertama

Saat bayi lahir, kebahagian menyelimuti rongga dada Bunda. Memberikan yang terbaik adalah prioritas pertama Bunda untuk anak. Dari pemilihan bedak yang bagus, baju terbaik, konsumsi makanan bernutrisi untuk kelancaran ASI, hingga melakukan stimulasi yang dapat membantu tumbuh kembang si Kecil.

Stimulasi dengan sentuhan seperti mencium, memeluk, menggendong, menyusui ataupun mengganti popok, memiliki mamfaat yang luar biasa untuk kelangsungan hidup si Kecil. Rutinitas sehari-hari, yang mengharuskan Bunda bersentuhan dengan kulit halus si Kecil. Bila tidak dirawat dengan tepat, akan menimbulkan kulit kering dan sepsis pada tubuhnya. Hal ini bisa menyebabkan bayi stress, tertekan bahkan menimbulkan kematian. Karena di 28 hari pertamanya adalah masa krusial bayi atau disebut juga Fase Neonatal.

Fase neonatal yaitu 28 hari pertama setelah bayi dilahirkan, merupakan masa paling krusial dalam kehidupan seorang bayi karena tubuhnya sedang mengalami perkembangan dan mengalami perubahan lingkungan yang sangat drastis, sehingga tubuhnya sangat rentang.

Situasi ini yang menyebabkan angka kematian saat masa neonatal masih tnggi di Indonesia. Berdasarkan data WHO pada tahun 2015, terdapat sekitar 70.000 bayi di Indonesia yang kehilangan nyawanya sebelum menginjak umur 28 hari. Salah satu faktor adalah akibat kurangnya perhatian terhadap perawatan kulit selama masa neonatal yang menyebabkan terjadinya sepsis pada kulit bayi. Menurut Centers for Disease Control and Prevention (CDC), ada lebih dari 1 juta kasus sepsis setiap tahunnya dan di Indonesia sendiri ada ribuan kasus kematian bayi yang diakibatkan sepsis melalui kulit di tahun 2015.

Kematian bayi di masa neonatal dapat dicegah dengan memberikan perawatan kulit yang tepat dan efektif bagi bayi, karena hal tersebut sangat penting bagi kelangsungan hidup seorang bayi selama masa neonatal. Seperti dijelaskan oleh Dr. Bernie Endiarini Medise, Sp.A(K), MPH, Dokter Spesialis Anak, “Selama masa neonatal, kulit bayi sangat sensitif, maka dari itu diperlukan perawatan kulit yang efektif dan tepat bagi bayi di masa neonatalnya. Kandungan emollient yang digunakan dalam perawatan kulit bayi dapat mencegah terjadinya kulit kering/TEWL (Transepidermal Water Loss). Disamping itu, sentuhan ibu selama masa neonatal sangatlah pen1ng, karena selain dapat memperlancar peredaran darah bayi dan juga meningkatkan imunitasnya, sehingga bayi akan lebih sehat, dapat bertumbuh dan hidup lebih panjang.”

Sentuhan Bunda adalah Komunikasi Penting Untuk si Kecil

Stimulasi sentuhan orangtua sangat baik untuk perkembangan bayi. Sentuhan yang lembut dan penuh kasih mendukung perkembangan bayi yang sehat dan bahagia. Bahkan penelitian menunjukan bahwa sentuhan Bunda dapat mendorong perkembangan sosial dan emosional sehat dan meningkatkan keterampilan motorik pada bayi. Kontak antara Bunda dan bayi dapat membantunya mengenal dirinya lebih baik, merasakan ikatan batin yang kuat, yang secara tak langsung membantu perkembangan otak dan juga mental si Kecil.

Rasa aman dan nyaman akan dirasakan si Kecil pada setiap sentuhan yang Bunda berikan. Si Kecil tumbuh lebih kuat dan tanpa rasa cemas. Selain itu, sentuhan Bunda juga penting untuk membantu menstimulasi kemampuan si Kecil dalam merespon lawan bicaranya. Tidak hanya melalui kontak fisik saja, namun bagaimana setiap stimulasi sentuhan, dapat menciptakan bonding yang baik antara Bunda dan si Kecil.

Hal kecil yang bisa Bunda lakukan dan mempunyai mamfaat yang luar biasa bagi Bayi, antara lain: 

1. Mengajak si Kecil Bermain
Suara yang Bunda keluarkan bersama si Kecil, mampu membuatnya tumbuh secara emosional. Sentuhan saat bersenda gurau juga mampu membantu memancing suara si kecil
2. Lakukan kontak mata se-intens mungkin
Seringnya melakukan kontak mata, membuat ikatan yang lebih kuat antara Bunda dan si Kecil. Tumbuh rasa percaya diri si Kecil dengan seringnya menatap dan memberi kepercayaan pada Bunda.
3. Berikan sentuhan kecil yang membuatnya nyaman.
Menyentuh bayi, menggosok punggungnya, membiarkan bayi berbaring di dada Bunda serta memberinya dekapan hangat dapt membuat si Kecil tumbuh dengan kasih sayang
4. Rutinitas harian yang memicu Bonding antara Bunda dan si Kecil
Mandi, bermain dan makan bersama Bunda dapat memberi rasa aman yang penting bagi pertumbuhan si Kecil.



PIJATAN MEMBANTU BAYI TUMBUH BERKEMBANG DENGAN SEHAT

Memijat bayi secara rutin merupakan salah satu cara untuk memberikan sesuatu yang lebih untuknya. Lebih banyak waktu untuk membangun ikatan dengannya. Lebih banyak stimulasi sensorik. Perkembangan bayi yang lebih sehat. Pijat bayi dan Sentuhan yang Bunda berikan dapat menjalin kedekatan yang erat antara Bunda dan si Kecil. Selain membuat rileks, Bunda juga bisa mengetahui cara berkomunikasi yang baik antara Bunda dan si Kecil. Bunda dapat mengetahui mana keinginannya, yang tidak disukai, serta emosinya.

Persiapan yang dilakukan sebelum memulai pijat Bayi 
  • Pilih waktu saat bayi Bunda sedang bangun dan sadar, tidak terlalu lapar ataupun terlalu kenyang.
  • Pastikan ruangan hangat dan pencahayaan tidak terlalu terang.
  • Siapkan yang dibutuhkan, seperti baby oil, handuk, popok dan pakaian bersih.
  • Cuci tangan dan lepaskan perhiasan.
  • Gunakan tempat yang aman dan nyaman untuk melakukan pijatan, posisikan wajah bayi agar ia dapat melihat ibunya dengan jelas.
  • Gunakan waktu bersantai untuk membuat bayi rileks sebelum memulai pijatan.
  • Bayi dapat berubah sepanjang waktu. Sebagai contoh bayi yang masih kecil mungkin merasa nyaman dengan tetap memakai pakaiannyaagar merasa lebih dekat dengan ibunya.

MAMFAAT STIMULASI PIJAT BAYI

Banyak mamfaat stimulasi multi sensori saat pijat. Selain membuat ikatan / bounding dengan ibu /orangtua, ada beberapa mamfaat lain dari pijat bayi ini, antara lain:

1. Pijat membantu  pencernaan
Pijatan lembut pada si Kecil bisa membantu pencernaannya dalam proses penyerapan makanan. Stimulasi dengan pijatan juga membantu menambah berat badan si Kecil dengan mengatur pengeluaran insulin yang menyimpan gula sebagai cadangan energi. Sebuah study menunjukan peningkatan level insulin  (61% vs 4%) untuk bayi premature yang menerima terapi pijatan dibanding dengan yang tidak dipijat.

2. Pijat dapat meningkatkan kualitas dan kuantitas tidur
Tidur adalah salah satu rangsangan bagi tumbuh kembang otak bayi agar cerdas dan jernih. Pada saat tidur, hormon pertumbuhan sangat tinggi di kala bayi terlelap. Tingginya hormon pertumbuhan ini, erat kaitan nya dengan perkembangan fisik bayi. Karena hormon ini bertugas merangsang pertumbuhan tulang dan jaringan, serta mengatur metabolisme tubuh termasuk juga otak bayi. Pijat juga dapat mengeluarkan hormon Endorfin yang bisa menurunkan nyeri, sehingga bayi menjadi tenang dan mengurangi frekuensi menagis. Banyak orangtua yang tidak menyadari gangguan tidur pada bayi mereka. Malah terkadang menganggap sepele. Bila hal ini tidak ditangani dengan benar, akan berpengaruh terhadap prilaku bayi. Makanya pijat yang baik bisa mempengaruhi siklus tidur bayi lelap di malam hari, sedikit pada siang hari.

3. Pijat membantu perkembangan otak
Pada masa bayi merupakan masa dimana pertumbuhan dan perkembangan otak sangat berkembang pesat. Ada banyak cara untuk menunjang perkembangan si buah hati. Salah satunya yaitu dengan pemijatan. Pijat bayi sangat penting dilakukan untuk meningkatkan perkembangan terutama pada otak. Otak adalah tempatnya saraf-saraf yang berfungsi untuk menjalankan berbagai peranan penting dalam tubuh.

4. Pijat dapat memperkuat sistem imun tubuh 
Pijat yang benar dan aman, bisa meningkatkan sistem imun pada bayi secara keseluruhan. Sistem imunitas merupakan suatu sistem pertahanan tubuh yang terbentuk untuk melindungi tubuh dari infeksi, kuman, atau virus. Penyakit atau kuman dan virus ini di anggap tubuh sebagai protein asing yang berbeda dengan protein tubuh, atau sering di sebut antigen. Karena dianggap asing, maka antigen ini harus di singkirkan, di netralisir atau mungkin dihancurkan. Pijatan yang lembut dapat melancarkan aliran darah bayi, mengurangi depresi dan membuat bayi sehat. Bayi yang dipijat memiliki sel pembunuh penyakit alami yang memiliki kemampuan membunuh lebih tinggi dibandingkan bayi-bayi yang tidak dipijat.

5. Pijat membuat bayi bahagia
Sentuhan dapat mengurangi bayi rewel, menangis dan juga meringis. Pijatan pada luar kulit juga banyak memberi mamfaat untuk bayi lebih sehat. Bayi yang menerima pijatan biasanya lebih ramah dan lebih cenderung menyambut orang melalui kontak mata, tersenyum, bersuara, dan bereaksi.
Sentuhan adalah cara yang kuat untuk menyampaikan cinta ibu pada sang buah hati. Pada beberapa minggu pertamanya, berikan usapan yang pelan dan positif, dan hindari terlalu lama memijatnya di satu area. Bayi yang baru lahir bisa jadi merasakan terlalu banyak stimulasi pada indranya, dan umumnya akan mencari ketenangan pada orang tua mereka pada beberapa minggu pertama, dan sebagian mungkin hanya menginginkan usapan yang lembut.

Memijat si kecil dapat menjadi pengalaman yang menyenangkan dan dapat mempererat ikatan Ibu dan si kecil. Hendaknya saat memijat bayi, Bunda memperhatikan beberapa hal. Apakah akan menggunakan oil atau tidak? Seberapa besar tekanan yang diberikan? Dan berapa lama memijat yang benar. Karena pijatan yang Bunda berikan akan mempengaruhi fisik, perkembangan motorik dan juga emosionalnya.

PANDUAN BUNDA UNTUK MEMIJAT BAYI

Melemaskan Tangan
Jika bayi Bunda menunjukkan kesediaannya untuk dipijat, mulailah dengan melemaskan tangannya. Teknik melemaskan tangan ini digunakan sebelum memijat area tubuhnya. Teknik ini juga dapat digunakan saat bayi butuh istirahat selama dipijat. Ini merupakan cara yang baik agar bayi merasa aman dan menikmati sentuhan Bunda

Kaki
Periksa apakah baby oil di tangan Anda sudah cukup sebelum melakukan pijat bayi. Untuk bayi yang baru lahir, mulailah dari bagian kakinya karena biasanya bayi tidak akan menolak saat dipijat di area ini. Berikan usapan ke arah bawah untuk membuatnya lebih rileks.

Kaki – Milking
Pegang pergelangan kaki bayi dengan lembut menggunakan satu tangan. Letakkan tangan ibu yang satu lagi di atas paha bayi, lalu turunkan ke bawah, sambil mengusap sekeliling kaki hingga ke pergelangan kaki bayi, dengan gerakan seperti sedang memerah (milking). Ulangi gerakan ini pada masing-masing tangan bayi, dengan usapan yang mantap, namun lembut berirama.

Telapak Kaki
Umumnya, bayi suka saat dipijat kakinya. Perhatikan reaksi bayi ibu untuk mengetahui sensitivitasnya. Sedikit pijatan pada kaki dapat memberikan efek positif untuk seluruh tubuhnya. Genggam dengan lembut dan usap masing-masing jari kaki menggunakan ibu jari dan telunjuk Anda. Usap bagian atas telapak kaki mulai jari kaki hingga pergelangan kaki menggunakan ibu jari ibu. Ulangi selama beberapa kali.

Perut
Jika tali pusarnya sudah sembuh, pijatan lembut di perutnya dapat membantu pencernaan dan masalah pada perut. Mulailah dengan menyentuh perut bayi dengan usapan yang lembut. Jika bayi merasa senang, berikan usapan lembut menggunakan satu tangan Anda, diikuti tangan yang lain.

Punggung
Kontak dari-kulit-ke-kulit dapat meningkatkan ikatan antara bayi, ibu, dan ayah. Sambil memeluk bayi ibu dekat di dada, pijatlah punggungnya mulai dari leher sampai ke bawah.

Teknik pijat bayi ini diambil dari INFANT MASSAGE: A Handbook for Loving Parents karya Vimala McClure, pendiri IAIM. 

BERBAGI UNTUK ANAK INDONESIA 

Setiap orangtua pasti berharap anaknya tumbuh besar dan sehatdan ceria. Sayangnya, lebih dari 70.000 bayi Indonesia harus kehilangan kesempatan untuk tumbuh dan berkembang di 28 hari pertamanya. Melihat kondisi tersebut, JOHNSON’S® Baby mengadakan kampanye “JOHNSON’S® Baby Sentuhan Penuh Harapan”, untuk menyebarluaskan pentingnya sentuhan ibu terhadap bayi melalui pijatan dan sentuhan saat mandi dan memijat, terutama selama masa neonatal.

Dan terkait dengan kampanye tersebut, selama bulan Juni dan Juli 2017, JOHNSON’S® Baby juga mengajak para Ibu untuk berpartisipasi secara aktif untuk menyebarkan awareness tentang Sentuhan Penuh Harapan dengan cara:

1. Menyebarluaskan pentingnya sentuhan Ibu melalui pijatan dan sentuhan saat mandi dan memijat melalui media sosial.

2. Berkontribusi dalam program pembelian Sentuhan Penuh Harapan, dimana JOHNSON’S® Baby menggandeng Alfamart dan Save the Children, memberikan para Ibu cara termudah bagi seluruh ibu untuk berpartisipasi,yaitu dengan pembelian minimum Rp 25.000,- produk JOHNSON’S® Baby jenis apapun di seluruh gerai Alfamart di Indonesia, JOHNSON’S® Baby akan mendonasikan Rp 500,- ke Save the Children.

Dalam kata lain, para Ibu di Indonesia telah berkontribusi dan bantu berikan harapan bagi bayi yang kurang beruntung di Indonesia untuk hidup, tumbuh dan melihat dunia.

Untuk informasi lebih lanjut tentang campaign ini, silakan cek akun media sosial resmi dari Johnson’s Baby 
Instagram  @johnsonsbaby_id
Twitter      @JohnsonsBaby_ID 
Facebook  https://www.facebook.com/JohnsonsBabyIndonesia

22 comments:

  1. Dipijet memang bikin kita jadi rileks ya mbak..anak-anak juga butuh itu, meskipun mereka nggak pernah ngeluh badannya pegal kayak keluhan kita tapi kita sebagai orang tua harus paham ya mbak. Btw aku suka banget baby oil nya Johnson's sampai sekarang aku juga masih pakai :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bener mbak, pijat juga membantu bayi tuk rileks. Loh sama lo mbak, saya masih pake baby oil johnson ampe sekarang

      Delete
  2. Replies
    1. Makaasih mbak. Cuss..meluncur ke blognya mbak.

      Delete
  3. eh bener juga lho, pelukan dan pijatan bayi yang kita lakukan bisa membuat mereka lebih lincah, mungkin badannya jadi enak dan pastinya bikin rileks ya, jadi mereka gak rewel

    ReplyDelete
  4. luar biasa ya, pengaruhnya pijatan ibu sampai bisa membuat tumbuh kembang si kecil jadi optimal

    ReplyDelete
  5. Donasi 500 mungkin di nilai sedikit tapi kalau di kumpulkan banyak. Yuk donasi dan pakai jhonson biar anak kita sehat dan anak orang lain juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yuk mbak, yang besar di mulai dari yang kecil kan. Saya ampe sekarang tetep pake baby oil johnsons.

      Delete
  6. Pijat bayi bikin bayi rileks dan tidurnya lebih nyenyak ya. Banyak manfaatnya nih pijat bayi.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pijat bagus banget untuk bayi. Saya pernah praktekin juga saat anak saya kecil.

      Delete
  7. Aku ga berani mijat bayi..., Abis badannya kayaknya masih ringkih takut2 salah..jadi diserahkan aja sama Mbah tukang urut bayi. He2

    ReplyDelete
    Replies
    1. Secara perlahan, dan sesuai ketentuan pasti aman mbak.hehe

      Delete
  8. Sampai usia 4 tahun lebih anak saya merasa nyaman kalau dipijat pelan2 punggung dan perutnya. Apalagi kalau sudah bepergian :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyah, saya juga sering pijat pelan anak2 teh.

      Delete
  9. Aku juga selalu pijat anak sampai gede mba. Sentuhan anak emang perlu banget

    ReplyDelete
  10. ternyata sangat penting merawat kulit bayi di masa awal kelahiran. Tiap ibu perlu belajar memijat dan memandikan bayi dengan benar, nih.

    ReplyDelete
  11. Kulit bayi baru lahir emang harus dirawat krn emang senditif banget ya mbak
    TFS panduan pijatnya :)

    ReplyDelete

Terima kasih telah berkunjung ke blog saya, silahkan berkomentar dengan sopan.