Batam Ogura "oleh-oleh kekinian" Oleh-oleh Pulang Kampung


Saya suka banget makan kue. Waktu kecil, Mak saya rajin buat kue tuh, terutama kue bolu, versi kecil maupun besar. Dulu, ngebuat kue itu masih sederhana banget. Telur di ceplok ke dalam baskom kecil, plus gula, dan bumbu pelengkap lainnya. Trus dikocok dengan alat kocok yang bentuk atasnya dari kayu, di bawahnya besi yang berbentuk seperti spiral. Dikerjainnya pake tangan lo, bayangin? Jadul banget kan ya?

Maklumlah, dulu mixer belum serame sekarang, yang menyuguhkan bentuk dan model yang menggoda. Tapi itulah uniknya dulu, semua serba simple dan gak pake ribet. Apapun bisa dijadiin alat. Apalagi Mak saya asli Padang, yang saat momen-momen tertentu masih suka ada hantaran ke rumah mertua. Jadi mau gak mau, kue itu mesti ada walo gak banyak. Budaya sih ya, jadi udah turun temurun pastinya.

Namun, lain dulu, lain sekarang. Seperti teknologi yang berkembang, kue pun mengalami perkembangan. Fungsi kue yang dulunya disuguhkan sebagai hidangan penyambut tamu, sekarang sudah beralih fungsi menjadi buah tangan suatu daerah, yang pastinya wajib dibawa pulang. Salah satunya "oleh-oleh kekinian Batam", Batam Ogura.

Saya dan teman Blogger berkesempatan menghadiri Pre-Launching Batam Ogura ini di Teabox Cafe, Komplek Ruko Khazanah Plaza Sukajadi Batam, pada minggu 3 September 2017. Acara pre-launching dikemas cukup santai dan bersahabat. Ya iyalah, rata-rata dah pada kenal. Walau acara dipercepat satu jam dari yang dijadwalkan, Mas Sigit tetap memulai acara pukul 12.00 AM, sesuai jadwal pertama.

Ngomong-ngomong tentang nama nih, kenapa kok taglinenya, "oleh-oleh kekinian Batam" tapi kok, ala-ala Jepang gitu ya? Apakah kokinya keturunan Jepang? Atau bahan dasar kue yang memang didatangkan dari Negeri Sakura sana? Daripada me-reka-reka, yuk kita simak di bawah ini.


TENTANG BATAM OGURA

Sebelumnya kita sudah mengenal dong ya, nama oleh-oleh khas Batam yang familiar banget ditelinga itu? Bedanya apa? Awal terciptanya Batam Ogura, terinspirasi dari penganan oleh-oleh yang dibuat artis yang lagi hits. Semacam kuliner yang  yang dikombinasikan dengan resep, hingga bercitarasa local. Menurut Mas Sigit, konsep dasar dibentuknya Batam Ogura sendiri, lebih ditujukan sebagai "oleh-oleh kekinian Batam" dengan memberikan suasana baru yang modern, rasa dan taste yang baru, cara pelayanan  dan penyajian yang berbeda, hingga dapat diterima semua kalangan, baik muda maupun tua.

Kata Ogura sendiri memang diadaptasi dari Jepang yang artinya kue berbahan dasar keju, bertekstur lembut dan juga manis. Kue ini lebih dikenal dengan Japanesse Cheese Cake. Di Batam Ogura sendiri, cake ini sedikit dimodifikasi dalam segi bentuk, namun tidak merubah bahan dasarnya yakni cream cheese dan bahan-bahan utama lainnya.


APA SAJA VARIAN RASANYA?



1. OGURA CHEESE
Pencinta keju? kamu wajib mencoba varian ini. Cake yang diperkaya dengan keju dan cream kejunya yang lezat banget. Taburan keju di atas cake ini, sudah pasti membuat gigitan pertama kamu lumer dumer di mulut. Hmmm.
Price : Rp.60.000



3. OGURA GREENTEA
Hijau, sejuk dan lembut, ciri khas ogura satu ini. Greentea with mix cream cheese, nge-buat lidah bergoyang tiada henti.
Price: Rp.58.000



2. OGURA CHOCO
Kue ini menjadi pilihan pertama saya saat icip-icip. Semua orang pasti suka yang namanya cokelat. Kalo dibagian atas taburan coklat yang menggoda, di bagian tengahnya juga berisikan coklat lumer yang bikin kamu bakalan nambah lagi, lagi dan lagi.
Price: Rp.55.000




4. OGURA RED VELVET
Appearencenya sih bikin penasaran ya? Apaan nih, kue kok merah kece gitu. Red Velvet ini, tengahnya berisi cream cheese dan rasa yang memberi kesan mewah. Kalo kamu cobain nih kue, dijamin pasti minta bungkus bawa pulang.
Price: Rp.58.000




5. OGURA DURIAN
Durian?? Mana kak, mana? Ada di tengah cake di bawah ini. Perpaduan cream cheese dan durian yang legit, gak perlu capek-capek nge-gigit deh. Kuenya lembut banget. Duriannya asli terasa.
Price: Rp.60.000



Jangan salahkan saya, jika Varian rasa Batam Ogura yang temans cicipi, jadi muncul hasrat, pengen nge-borong semuanya. Silahkan bawa uang lebih ya, untuk si Mama, Nenek, Tetangga, Adek, Kakak, Ponakan. Borong deh semua.
Grand Opening  Batam Ogura pada tanggal 9 September 2017, dengan menghadirkan artis Zaskia Sungkar dan Irwansyah. Tidak hanya itu saja, keesokan harinya, tanggal 10 akan kedatangan artis, Dhiny Aminarti dan Dimas Seto. Acaranya pasti seru nih. Ada makan siang dengan artis undangan, games, dan lain sebagainya. Jangan lupa datang ya, acara dimulai pukul 10 pagi sampai selesai.

BATAM OGURA
KOmplek Lumbung Rezeki
Blok D. No.2 Nagoya
Batam Kepri.
Phone: (0778)4089 938
@BatamOgura

See ya to the next story. Bye




12 comments

  1. Liat gambarnya, jadi pengen nyicipin lagi.

    ReplyDelete
  2. Aku mau bawa pulang Ogura Cheese-nya. Eh tapi yang Red Velvet juga cantik. Duriannya juga mau sih. Ahhh enggak bisa milih ternyata aku. Oleh-oleh kekinian itu penting sekali saat ini ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semua aja bawa mbak.. Lembut dan bikin nagih.

      Delete
  3. Tampilannya kece ya. Penasaran nih sama rasanya.
    Di Lombok oleh-oleh kekinian gini belum ada euy. Ayo ayo..siapa yang mau buka usaha kue kekinian di Lombok? :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mbak Andy aja buka mbak, jadi posting di grup, biar bisa kita order. hehe

      Delete
  4. Jauh. Pengen nyobain. Cabang jakart ada gak

    ReplyDelete
  5. Ogura ada di mana-mana. Jadi penasaran :)

    ReplyDelete
  6. Waduh penasaran sama rasa oguranya. Kalo anak-anak pasti milihnya ogura choco :)

    ReplyDelete

Terima kasih telah berkunjung ke blog saya, silahkan berkomentar dengan sopan.