Monday, 27 November 2017

Shopping Cerdik Saat Harbolnas


Perempuan itu hobi banget shopping. Kalo nge-mall, adaaaa aja barang cantik yang menggoda matanya. Kalo gak tas, baju, sendal, lipstick, sampai aksesoris rambut pun jadi target utama. Semua barang bagus maunya diborong semua. Bisa kalap mata kalo dibiarkan. Urusan kantong mah belakangan. Barang di tangan, sekali buka dompet, lihat tagihan, langsung deh nangis di pojokan. Huaaaa.

Gak perempuan namanya kalo gak punya 1000 cara untuk shopping. Yang namanya diskon, harga murah, bazaar, cuci gudang, pantang ketinggalan. Cuss..meluncur. Satu gerakan, dua tiga semua dapat.

Lain dulu lain sekarang kan yah. Kalau zaman saya sekolah dulu, saya bela-belain gak jajan di sekolah, supaya uang saya terkumpul untuk beli barang yang sudah diincar. Kalau pun masih kurang, minta juga sih ama orangtua.

Saya masih ingat, benda yang pertama kali saya beli dari uang jajan adalah sebuah buku diary. Dulu diary menjadi benda yang amat penting untuk curhatan. Selain itu, diary juga berfungsi untuk penukaran informasi antar teman. Seperti ngisi biodata diri, nama, alamat, artis favorit, penyanyi favorit sampai kata-kata mutiara. Wkwkwkwk..kids jaman now mana tau yang kek gini?

Kalo dipikir-pikir, uang 10.000 aja jaman dulu masih bisa kebeli beberapa item buku. Harga belum semahal sekarang. Tahun 90-an itu, semua masih pada murah. Pengeluaran belum banyak, uang jajan masih bisa tersisih. Gak ada hape,  gak ada beli pulsa dan kuota soalnya. Hehe.

Tapi lupakan tentang diary. Saya akan me-rewind sedikit soal selera shopping saya saat masih berstatus "single happy" dan setelah punya anak.

Saat masih sendiri tapi sudah bekerja, saya hampir rutin beli baju dan celana panjang. Belinya sih sehabis gajian. Biasanya untuk baju, saya beli 4-5 potong, mulai dari kemeja, kaos, kardigan dll. Sedangkan celana, saya lebih nyaman dengan jeans. Lebih nyantai aja sih. Lagian waktu itu saya suka dandanan yang casual.

Shopping rutin yang saya lalukan tiap bulan, mulai menjadi masalah tatkala baju menumpuk dan kerepotan mau di keep dimana. Secara, lemari hanya cukup menampung beberapa helai baju saja. Maklum anak kos, ribet kalo pake lemari besar. Ntar pindahan..beraaat..

Jalan keluarnya, ya..terpaksa tiap pulang kampung, saya bawa semua buat oleh-oleh. Daripada useless, mending dikasih ke saudara atau orang yang membutuhkan, ya kan?

Lain lagi setelah menikah. After got married dan memiliki anak, selera shopping saya malah meningkat. Bukan buat pribadi lagi sih, tapi lebih ke anak. Para emaks pasti tau nih kalo dah shopping, prioritas utama pasti buat anak, anak dan anak.

Iyess sih. Saya juga. Apalagi anak pertama saya perempuan. Tiap ke mall, lihat baju anak cewek tuh, duh..pengen ngeborong semua. Bajunya tu lucu-lucu banget, warna-warni dan menggoda iman saya buat ngebeli. Belum lagi aksesoris, sepatu dan legging yang semuanya bagus-bagus.

Namun setelah melahirkan anak kedua, 2013, urusan shopping jadi agak repot. Soalnya mesti bawa krucils kiri dan kanan. So, kalo nge-Mall, paling sekali sebulan, bahkan gak pernah sama sekali.

Udah brenti shopping dong?
Gak juga sih, nge-mall sih jarang, tapi sekarang belanja nya via online aja. Beli online lebih mudah, kita tinggal buka aplikasi, di dalamnya udah tersedia semuanya. Tau dong, jaman udah canggih banget, semua transaksi bisa dilakukan dalam satu genggaman. Cuma perlu handphone, kuota, semua jadi mudah. 

Kenapa mudah?
Iyess la. Rata-rata Mak pekerja seperti saya, tidak punya waktu lagi untuk hanya sekedar shooping di Mall. Dah repot dikerjaan, pulang dah ngurus anak. Me time nya cuma pas anak-anak sudah bobo.

Sekarang para Emaks sudah cerdas, sudah melek ama teknologi. Apa yang dicari tinggal buka e-commerce dan online shop, semuanya tersedia dari ujung rambut sampai ujung kaki. So, tak perlu lagi buang-buang  waktu ke mall. Cukup klik, pesan dan transfer. Barang nyampe ke alamat tujuan.

Apalagi spot untuk shopping. Hampir 90 persen e-commerce dan online shop, menghiasi halaman media sosial. Nafsu ngeborong pasti memuncak. Mata pasti jadi kalap liat barang bagus-bagus. Eits, perlu waspada juga nih, jangan sampai sifat konsumtif menghantui kita.

Cara mudah mensiasati hasrat shopping yang menggebu-gebu, dengan banyaknya kemauan, tapi mau harga yang murah. Gampang, Desember ini Harbolnas kembali digelar. Kamu bisa berbelanja di ZALORA Indonesia. Karena di ZALORA, memasuki akhir tahun, kamu akan menemukan banyak sekali diskon yang menarik. Pada bulan Desember nanti, kamu dapat belanja sepuasnya di momen HARBOLNAS 2017 di ZALORA Indonesia. Cek di sini untuk melihat penawaran menarik Harbolnas 2017 di ZALORA.

Photo was taken by Zalora

Ada tips cerdas nih dari saya, saat belanja di hari HARBOLNAS :

BUAT LIST YANG MAU DIBELI

Ini yang paling penting. Dengan membuat list. kita langsung menuju item yang kita tuju. Abaikan yang lain. Apa yang dibutuhkan fokus saja, dan abaikan godaan yang mungkin murah saat di klik, tapi kita tidak butuh item tersebut saat itu.

CEK HARGA BEFORE and AFTER 

Harga before dan after juga hal yang gak kalah penting. Teliti sebelum membeli, mungkin makna kata yang bernilai banget. Jangan sampai kita membeli harga yang sama saat diskon berlangsung. Ada baiknya buat perbandingan harga. Kalo bisa bandingan harga dengan beberapa toko untuk produk yang sama. Lebih aman kan?

SESUAIKAN DAFTAR BELANJAAN DENGAN ISI KANTONG

Punya hutang sih gak masalah, asal bisa bayar, why not? Namun saat belanja online, alangkah baiknya menakar sesuatu dengan pengeluaran kita perbulannya. Jangan sampai terjadi gali lobang tutup lobang. Kartu kredit membengkak, yang ada malah nambah cicilan hutang.

Gimana? udah dapat tips keren kan menuju HARBOLNAS bulan depan? Siapkan diri menuju Harbolnas 12/12 mendatang. Happy #1212sale shopping  ya gaes. Temukan serunya Hari Belanja Online Nasional  2017 hanya di ZALORA.

See ya to the next story.


6 comments:

  1. yeaay harbolnas datang lagi asyiik siap-siap kantong belanjaan

    ReplyDelete
    Replies
    1. List belanjaan jangan ampe lupa ya mbak..hehe

      Delete
  2. Harbolnas,,,, emak hemat banget senengnya harganya udah miring dah gitu tambah bebas ongkir, siap2 isi dompetnya keluar semua

    ReplyDelete
  3. Waaaah siap2 atur strategi buat menyambut Harbolnas

    ReplyDelete
  4. strategi jitu saat shopping...

    ReplyDelete
  5. Semenjak jd emak2 yg dipikirin anak, jd buat emak biasanya ntr2 hehe
    Wah gak sabar nih nungguin 12-15 Desember #eeeehhh

    ReplyDelete

Terima kasih telah berkunjung ke blog saya, silahkan berkomentar dengan sopan.