Gulai Sotong Sasa Santan ala Mommy Queen

10:08 am Yulia Marza 3 Comments



Tinggal dan besar di pesisir pantai, sangat cukup bagi saya menikmati makanan laut. Mulai dari ikan, sotong, udang, kepiting dan banyak lagi yang lainnya. Semuanya masih segar, karena dibeli langsung dari nelayan yang pulang melaut.

Waktu kecil, mama saya paling suka masakan bersantan. Atau di kampung kami disebut menggulai. Mungkin karena pohon kelapa banyak tumbuh disekitar rumah ya, yang menjadi alasan Mama lebih sering menggulai. Biasanya pilihan kelapa lebih ke kelapa tua, karena kandungan santannya lebih banyak dan lebih mudah dikupas.

Salah satu gulai andalan mama saya adalah Gulai Sotong. Siapa yang gak kenal sotong? Hewan tipis yang punya delapan lengan dan tentakel ini, sangat nikmat untuk dikonsumsi. Sotong kaya akan karbohidrat protein, mineral, vitamin dan lemak. Namun bila terlalu banyak dikonsumsi, bisa menimbulkan kolesterol.

Sampai sekarang pun saya tetap rajin membuat gulai sotong. Resep warisan mama, juga disukai anak-anak. Karena sudah di perantauan, saya memilih santan yang praktis tapi tidak mengandung bahan pengawet. Pilihan saya jatuh pada Santan Sasa.


Kenapa Santan Sasa? Santan Sasa memiliki kualitas sama dengan santan kelapa hasil parutan sendiri. Yang terbuat dari santan kelapa segar yang sudah matang dan siap pakai. Saya sempat mencium dan mencicipi aroma Santan Sasa sebelum dimasukan ke dalam wajan. Ternyata aroma dan rasanya, sesegar kelapa yang baru diparut.

Pengen tau bagaimana saya membuat Gulai Sotong ala Mommy Queen? Yuk kita bagi dibawah ini.

Bahan dan Cara Membuat Gulai Sotong

Sebelum membuat Gulai Sotong, tentu kita menyiapkan bahan terlebih dahulu. Karena saya keluarga kecil, dengan dua anak, maka resep saya sesuaikan dengan jumlah anggota keluarga.

Bahan-bahan :

Sotong 1kg potong dua.
Tahu 2 biji
Kelapa parut 1/4, atau kamu bisa  menggunakan Sasa Santan Kelapa
Cabe merah giling 1ons
Bawang merah 4 siung
Bawang putih 3 siung
Lengkuas 1 ruas jari
Jahe 1 ruas jari
Kunyit 1 bij ( seukuran kelingking)
Kemiri sesuai selera
Daun Salam 2 lembar
Daun Jeruk 2 lembar
Sereh 1 batang, memarkan

Bahan yang dihaluskan
Bawang merah, bawang putih, jahe, kunyit, kemiri dan lengkuas.

Cara Membuat Gulai Sotong

Panaskan minyak, tumis bumbu halus beserta cabe merah giling, daun salam, daun jeruk dan sereh. Aduk sampai rata sampai berbau wangi. Masukan sotong, beserta satu bungkus Santan Sasa kedalam wajan menggunakan api sedang. Aduk kembali, lalu tambahkan satu bungkus santan sasa beserta tahu putih 2 potong. Kecilkan api, aduk sampai kelihatan berminyak. Tunggu beberapa saat. Setelah cukup matang, Sotong ala Mommy Queen siap dihidangkan.

Itu bahan asli dari mama saya, tapi semenjak tinggal di Batam, saya cukup membeli bumbu yang sudah dihaluskan pada pedagang langganan saya, yang kebetulan orang Padang juga. Bumbunya sama, cuma dalam versi halus saja.

Pas saya coba, tastenya gak kalah dari masakan restoran. Bumbu sih beda, bila dimasak dengan Santan yang berkualitas, akan tetap menghasilkan cita rasa berkelas.

Nah, itu dia cara membuat gulai sotong ala saya. Sekarang masak lebih mudah karena ada Sasa Santan, Aslinya Santan, yang membuat masakan saya lebih yummy dan menjadi santapan lahap anak-anak saya.

Selamat mencoba.



3 comments:

  1. andalan banget ini kak, Blp pernah kelangkaan kelapa. thanks to santan instan. makin praktis ada yang tabur

    ReplyDelete
  2. Hahaha..semua serba instan sekarang mbak, praktis dan ekonomis deh.

    ReplyDelete
  3. 8 lengan dan tentakel? Sotong ini apa ya mba? Gurita kah? Cumi cumi kah? Hehehe

    ReplyDelete

Terima kasih telah berkunjung ke blog saya, silahkan berkomentar dengan sopan.