Pantai Lagoi Bay, Pantai Bersih Andalan Wisata Bintan

Pantai lagoi bay
Pantai lagoi bay

Libur semester ganjil Desember 2017 kemarin, cukup membuat saya trenyuh. Kenapa? Karena Queen, anak saya, merayu minta pulang ke Padang. Hmmm..kalau di ingat-ingat, sudah empat tahun juga saya tak menginjakan kaki di kampung halaman. Krucils pun mungkin sudah lupa wajah dan bentuk sepupu-sepupunya. Keukeuhnya Queen ingin pulang kampung, sepertinya ada kerinduan di hati anak saya itu.

Iseng-iseng cek tiket pesawat, omaygad, mata langsung nanar lihat harga yang terpampang. Untuk satu adult saja sudah di angka 800K? Waduh, naiknya hampir 200 persen. Secara tiket ke Padang itu paling rendah di angka 300K saja. Hmm.., peak season, wajar lah harga melambung jauh.

Sedikit pengertian ke Queen, walau terlihat manyun, liburan ke Padang ditunda sampe tahun depan. Kasihan sih ya, anak-anak liburan cuma berenang dan main sama teman-temannya yang bernasib sama, alias liburan di rumah.

Update status di Facebook. Eh, tak dinyana, disentil ama saudara sekaligus diajak liburan ke Bintan. Perginya pun besok minggu 24 Desember 2017. Sesuatu banget kan ya. Rejeki anak sholehah :).

Malam hari persiapan kami menuju Bintan dengan tujuan Gurun Pasir Busung, Pantai Lagoi, Patung Penyu dan Treasure Bay. Tempat asyik yang banyak dikunjungi wisatawan.


PANTAI LAGOI BAY



Banyak Pantai bagus yang tersebar di wilayah Bintan. Tapi gak semuanya free lo tuk umum. Ada beberapa pantai yang sifatnya semi private. Biasanya pantai seperti ini, di dalamnya banyak berdiri resorts yang memang dikhususkan untuk pengunjung hotel saja. Kebanyakan resort yang menampung wisatawan luar Indo sih.

Dulunya Pantai Lagoi ini termasuk pantai tertutup tuk umum. Namun seiring meningkatnya kunjungan wisatawan lokal dan mancanegara, perlahan pantai Lagoi Bay mulai terbuka untuk umum.

Pantai Lagoi ini, salah satu pantai yang banyak dikunjungi wisatawan. Rata-rata temans yang berkunjung kesini bilang, pantainya bersih dan sejuk.

Awalnya gak percaya, biasanya pantai yang banyak pengunjung, pasti meninggalkan tumpukan sampah yang menggunung.

Terbukti! Pertama turun dari mobil, nuansa hijau langsung memanjakan mata saya. Tak ada sampah yang menghiasi jalanan. Yang ada hanya rumput hijau terbentang luas, barisan pohon kelapa serta beberapa pohon pinus, berdiri melambai-lambai seakan menyambut kedatangan saya. Sejuk dan menyegarkan mata. Siapapun yang datang ke sini, bakalan betah dan gak mau pulang.

Karena kami datang pas jadwal makan siang, kami memilih duduk dibawah pohon pinus beralaskan rumput hijau. Angin sepoi-sepoi menemani saat makan siang kami. Nasi sebakul ditemani ayam goreng, rendang dan kerupuk sukses mengisi perut yang keroncongan.

Sambil makan, dari kejauhan kami melihat beberapa mba/mas cleaning service stand by dengan sapu dan pengky mengambil sampah yang tak sengaja terbuang oleh pengunjung. Di beberapa titik rawan sampah, juga tampak tersedia tong sampah. Hmm.. sepertinya pengelolaan Pantai Lagoi ini cukup bagus. Wajar saja pantainya bersih dan sejuk. Etapi, bisa saja wisatawan kita sudah sadar akan bahaya sampah. Jadi sampahnya gak terlalu banyak. Mudah-mudah la ya? Kalau seperti ini, masih gak malu buang sampah sembarangan?

Setelah makan, saya segera meluncur ke spot-spot intagramabel yang tersedia di sekitar pantai. Antara lain rerumputan hijau, tulisan Lagoi Bay, Heart dll.







How to go to Lagoi Bay Beach?

Sebelumnya saya sudah menceritakan Gurun Pasir Busung. Nah, dari Gurun Pasir Busung ini, saya dan rombongan menuju Pantai Lagoi Bay. Pantai Lagoi sendiri berada di Kecamatan Bintan Utara, Kabupaten Bintan, Kepulauan Riau. Jika dari Batam, temans harus menyeberang dulu melalui Pelabuhan Telaga Punggur, menuju Pelabuhan Tanjung Uban atau Tanjung Pinang. Transportasinya bisa menggunakan Kapal Roro (40,000 PP) atau, Speadboat (99,000 PP).

Mobil carteran, motor atau taksi, jenis transport yang bisa temans gunakan untuk mencapai tempat ini. Waktu tempuh bila dari Tanjung Pinang sekitar 1.5 jam. Sedangkan dari Tanjung Uban memakan waktu 25 menit saja. Sangat disarankan melalui Batam ke Uban saja, selain dekat, temans juga gak lelah di perjalanan.

Memasuki gerbang Pantai Lagoi Bay, temans tidak akan dipungut bayaran, alias gratis. Petugas jaga memang stand by  di pintu gerbang, tapi tidak akan meminta ticket masuk. Mereka hanya meminta data berapa orang jumlah rombongan, dan asal daerah rombongan tersebar.

Lewat dari gerbang masuk, sekitar lima menit, temans akan sampai di lokasi Pantai.


Fasilitas

Pas Di belokan terakhir, temans akan menjumpai Hotel Grand Lagoi. Silahkan kalau mau menginap disini.  Rate $77-127.

Di sekitar pantai temans juga bisa menyewa bean bag sambil leyeh-leyeh duduk memandang ujung pantai yang tak bertepi.

Yang bawa anak kecil, jangan cemas kalau cari camilan, di kawasan ini juga tersedia plaza lagoi.

Kamar bilasnya bersih dan kualitas resort loh. Ada bagian terbuka di sudut ruangan, bebatuan, dan dekorasi dengan nuansa kayu yang kuat. Sepertinya temanya lebih ke alam sih ya.

Di samping itu hairdryer, kaca besar dan juga wastafel keren, menghiasi ruangan disisi lainnya. Toiletnya juga bersih. Bener-bener sesuatu banget berkunjung ke Pantai Lagoi Bay ini.

Nah itu lah sedikit keseruan saya menghabiskan liburan bersama anak-anak. Bagi cerita juga dong temans?

See ya to the next story.

18 comments

  1. Bintan ini keren banget ya..aku pengen banget kesana.

    ReplyDelete
  2. Wah Bintan, Kepri. Aduuh pantainya bagus banget Mbak Yuliaaa. Bersih jugaa yaa, cakeep euuy

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mampir mba ke Kepri, biar langsung ke Singapur. HEHE

      Delete
  3. Suka ama pantainya yang bersih, sayang jauh banget dari sini ��

    ReplyDelete
  4. Pantai memang menagih tuk kembali ya hahahaha apalagi lihat pemandangan alam pantai yang aduhai deh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pantai emang punya ciri khas tersendiri mba.

      Delete
  5. Saya udah lama banget gak ke pantai. Suami gak begitu suka pantai. Kayaknya saya harus ngebujukin banget supaya mau diajak ke pantai :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ajak atuh mba, biasanya istri punya seribu cara naklukin suami. hahaha

      Delete
  6. Lagoi Bay emang keren, sedikit pantai indah yang tidak dikuasai resort, jadi masyarakat bisa lihat pantai bagus, bukan cuma turis kaya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget kak, dulu bisannya ke Trikora doang.

      Delete
  7. Ah Bintan menjadi destinasi impianku,tahun lalu ga jadi mau ke sini, tadinya abis explore de KL, Thai, SIN mau pulang lewat Bintan. Eh ada keperluan mendadak jadi gatot.

    Btw pantainya ada yang ijo2 menyegarkan , ahh mupeng!

    ReplyDelete
  8. Udh lama bgt pengen ke bintan tpi blm kesampaian. Bnyak tempat" bagus ya di sana. Temenku sering cerita ttg bintan. Duh semoga bisa segera ke sana

    ReplyDelete
  9. Jadi terhidur ya meski blm bisa mudik. Pantainya kyknya msh bersih ya. Seneng ya kalau lokasi wisatanya ramah anak kecil? TFS :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bersih mba, sarana dan prasarana memadai banget.

      Delete

Terima kasih telah berkunjung ke blog saya, silahkan berkomentar dengan sopan.