Tak Melulu Soal Wisata, 5 Hal Berikut Bisa Kita Tiru Dari Singapura

7:04 pm Yulia Marza 22 Comments

Singapura memang menjadi destinasi favorit wisatawan Indonesia untuk berlibur ke sana. Tak heran, ada banyak sekali tiket promo Singapore Airlines yang bisa membawamu pergi ke kota Singa dengan mudah dan murah. Meskipun negara kita bertetangga, Singapura memiliki kultur yang jauh berbeda dengan Indonesia.

Tak hanya wisatanya saja yang lebih maju dari Indonesia, tetapi juga perekonomian dan juga stabilitas negaranya. Kemajuan tersebut tidak didapatkan secara instan lho, kita bisa meniru hal-hal berikut ini dari Singapura untuk kebaikan kita ke depannya:

Disiplin dan Menghargai Waktu

Sumber: gumtree.sg
Sudah menjadi rahasia umum bahwa sebagian besar masyarakat Indonesia kurang disiplin dan kurang menghargai waktu. Hal ini seolah berbanding terbalik dengan warga Singapura. Orang Singapura selalu bersikap disiplin dan menghargai waktu, contohnya adalah mereka rela berangkat lebih awal ke tempat yang dituju untuk menghindari macet atau penuhnya angkutan umum yang mereka pakai. Bagi mereka, waktu adalah uang, sehingga kehilangan waktu sama saja mereka kehilangan uang mereka. 

Menghargai Perbedaan

Sumber: libgar.com
Meski luas negara Singapura terbilang sempit, namun Singapura juga memiliki ras, suku, dan agama yang beragam. Yang menjadi agak berbeda dengan negara kita belakangan ini adalah berbagai macam perbedaan tersebut tidak menjadi masalah sama sekali bagi kehidupan sehari-hari mereka. Semua hidup berdampingan dengan menghargai perbedaan yang ada. Meski agama yang dianut berbeda, masyarakat Singapura tetap damai dan tidak pernah ada isu SARA yang memecah belah bangsa.

Menjaga Kebersihan

Sumber: phinemo.com  (Maynard)
Ini merupakan pokok penting yang harus kita tekankan pada diri kita masing-masing. Yap, menjaga kebersihan. Jika kita berkeliling di Singapura, kita tidak akan melihat pemandangan sampah yang bertebaran di mana-mana. Bahkan jika belum menemukan tong sampah, orang Singapura rela mengantongi sampahnya terlebih dahulu sampai ia menemukan tempat sampah lho. 

Taat Terhadap Hukum

Sumber: lombokisme.blogspot.com  (Febrian Al Faqir)
Singapura mendapat julukan negeri seribu satu larangan karena ada banyak sekali peraturan yang harus ditaati oleh setiap warga negaranya. Meski demikian, masyarakat Singapura tidak protes dan selalu menaati segala peraturan tersebut karena mereka sadar bahwa peraturan dibuat untuk kebaikan mereka sendiri. Mereka merasa malu jika melanggar sebuah peraturan, bahkan jika itu peraturan kecil seperti aturan menyeberang jalan sekalipun. Tak heran ya negaranya sangat tertib dan rapi. 

Menghormati Orang Lain

Sumber: phinemo.com  (Maynard)
Selain hal yang sudah disebutkan di atas, Singapura juga terkenal akan sikap masyarakatnya yang menghormati orang lain. Contohnya adalah saat berada di MRT, kita tidak akan pernah menemukan orang yang menggunakan kursi khusus yang bukan haknya. Jadi ibu hamil, lansia, dan juga penyandang difabel bisa naik angkutan umum dengan tenang di sana. 

Itu tadi hanya beberapa hal kecil yang harusnya bisa kita tiru untuk kebaikan diri sendiri dan juga kemajuan bangsa. Jika kamu belum sempat ke singapura, kamu bisa cek tiket promo Singapura Airlines untuk mendapatkan harga yang miring. Jadi tunggu apa lagi, yuk kita belajar disiplin dari Singapura dan jangan sampai kamu melewatkan diskon tiket promo Singapura Airlines ya. 

22 comments:

  1. Yang paling bikin iri tu jaga kebersihannya kak Yulia. Semoga negara kita bisa segera meniru ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyes mba, kudu beberes dalam hal positif. Bersih, rapi dan dan disiplin.

      Delete
  2. Nah, bener banget seminggu aku di sana banyak banget pembelajaran d atas, terutama soal kebersihan dan kepatuhan buat yang nyebrang di zebra cross, laeen banget sama di Indonesia, no komen deh ada yang nyebrang d zebra cross masih di klaksoniin ajaa..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Negeri kitakbisa kok kayak Singapur, tapi banyakbyqng gak disiplin. Udah budaya juga kali ya teh, agak susah ngerubahnya.

      Delete
  3. Kesentil banget, Mbak, baca tulisan ini. Sebagai guru aku hanya bisa mengajarkan hal2 sepele kayak berbaris untuk melatih kesabaran dan kedisiplinan, serta emmbuang sampah di tempat sampah. Bagiku itu sepele tapi pelaksanaannya Ya Allah, susah banget.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau murid sebatas kita aja bisa mba,kalau di rumah dan dilingkungan sekitar tak mencontohkan hal yang sama dengan diajarkan, hasilnya nol besar.

      Delete
  4. Wah baru tau aku kalo singapura punya banyak peraturan, tapi soal disiplin waktu indonesia eh aceh luar biasa suka ngaret walau nggak semua begitu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba, banyak peraturan, banyak cctv, tapi rakyatnya patuh pada peraturan. Karena hukum tegak sempurna. Beda jauh ma negeri kita, hukum mengerucut.

      Delete
  5. Yupss.. Orang Singapura memang disiplin dan menghargai waktu.. Pernah teman saya buang sampah ke tong tapi sampahnya gak masuk tong.. Trus petugas kebersihan sampe ngomel2.. Lain waktu org kita nyebrang jalan oas lampu hijau krn jalanan sepi.. Pernah jg teman saya nyalip antrean shg diomelin.. Itulah ciri2 org kita yg kadang bikin malu di negeri orang ya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untung gak di kenakan denda ya mba. Salut ama orang Singapur memang yah.

      Delete
  6. Negaranya cuma beda sejengkal tapi budayanya beda selangit,*eh... Tapi Indonesia makanannya enak2 dan halal2, kalo di Sing masih lebih selektif lagi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dalam segi disiplin, kalah jauh ma Indonesia, tapi dari segi makanan, kita jauh menang.

      Delete
  7. Bener banget deh kita nggak punya yang poin poin itu

    ReplyDelete
  8. Edukasi ke rakyat ini yang perlu ditingkatkan, apa ya rahasia pemerintahnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Rahasianya sih masyarakatnya kayaknya ya mba. Pada sadar dan taat ama peraturan.

      Delete
  9. Aku paling suka kebersihannya. Mereka hebat banget bisa menjaga kebersihan dan aku yakin banget kalo dalam hal kebersihan aja sudah disiplin gini, dalam hal lainnya pasti bisa disiplin juga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Orang orangnya pada sadar dan tanggung jawab ama kerjaannya kayaknya deh mba.

      Delete
  10. Mindset masyarakat Indonesia yang harus diubah agar bisa menjadi bangsa yang lebih baik.

    ReplyDelete
  11. Walaupun belum pernah kesana tetapi terlihat seperti foto foto diatas kotanya sangat bersih, coba di negara kita kesadaran masyrakatnya seperti disana pasti indah sekali Indonesia

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bersih, semua pada teratur. Selalu pengen balik lagi lagi dan lagi.

      Delete

Terima kasih telah berkunjung ke blog saya, silahkan berkomentar dengan sopan.