Chicken Katsu SoGood & Vegetable Salad with Mayonnaise Sauce

Menghadapi anak susah makan, jadi dilema tersendiri bagi saya. Bagaimana tidak, makanan yang sudah disiapkan kadang tak tersentuh sama sekali. Aksi penolakan sering terjadi ketika mereka mengintip saya memasak, lalu pura-pura bertanya "mami masak apa?", yang kemudian berlanjut ke "aksi tutup mulut" ketika disuapkan.

Tentu saja aksi tutup mulut ini berujung kegelisahan saya sebagai orangtua. Kalau anak saya tidak makan, bagaimana kecukupan gizinya? Apalagi mereka dalam masa pertumbuhan yang memerlukan asupan gizi yang cukup untuk anak seusianya.

Pertanyaan-pertanyaan kecil, sering muncul di kepala saya. Apa yang membuat si kecil susah membuka mulutnya? Apa mereka bosan dengan masakan saya? Sakit bagian dalam mulut? Atau memang selera makannya yang lagi menurun?

Kondisi seperti ini harus cepat saya atasi. Saya gak mau dong anak saya kurang protein, buah dan sayur. Masakan yang saya sajikan dengan menu yang sama, mungkin salah satu alasan anak-anak menolak tuk makan.

Biasanya penolakan terjadi saat makan malam. Pulang kantor di sore hari, lelah dan letih yang mendera, kadang memang masakan simple yang saya sajikan. Seperti telur ceplok, orak arik telur, tempe dan tahu goreng, baby kailan dan pokcoy.

chicken katsu
chicken katsu

Saya pikir, selama tidak ada complain dari anak-anak, saya anggap fine-fine aja. Lagipula dulu saya belum terlalu ahli meramu masakan baru. Maafkan mami tercintamu ini nak. Pernah sih, coba beli buku resep masakan, prakteknya berjalan selama beberapa hari. Tapi setelah itu, bukunya hanya penghias lemari saja. Hehe.

CARA JITU AGAR ANAK MAU MAKAN

Dari masalah anak sulit makan, saya pun harus segera mengambil win-win solution, agar anak kembali berselera tuk makan.

Kenali penyebabnya, itu yang pertama saya lakukan. Anak yang tidak mau makan biasanya karena tidak terbiasa sarapan, kebanyakan jajan di luar, kurang minum, kurang suka makan sayur dan buah, suka pilih-pilih makanan dan lain sebagainya.

Nah, anak saya masuk kategori selalu pilih-pilih makanan nih. Tapi saya ada langkah jitu, agar anak saya mau makan, walaupun kadang tidak menghabiskannya. Masak maknya kalah sama anak. Hehe.

Saya menerapkan seperti dibawah ini:
1. Bertanya mau dimasakin apa.
2. Membuat variasi makanan.
3. Menyuapkan sambil memutar CD kegemarannya.
4. Mengajak makan di luar.

so good chicken katsu
apa masalah anak sudah makan

Biasanya membuat variasi makanan anak, saya lakukan setiap weekend. Di saat libur kerja adalah waktu yang pas membuat kreasi makanan untuk anak saya. Salah satu makanan yang saya sajikan adalah Chicken Katsu SoGood & Vegetable Salad with Mayonnaise Sauce.

Hmm...mengapa makanan ini? Saya terinspirasi dengan sajian Menu Piring Gizi Seimbang ala SoGood, yang terdiri dari Karbohidrat, Protein, Buah dan Sayur. Yang mencukupi gizi anak saya untuk menunjang aktivitasnya. Kalau dulu namanya sih 4 Sehat 5 Sempurna kan yah? Sekarang lebih di sempurnakan lagi ala #LebihBaikSoGood

Mengapa harus SoGood? Seluruh produk berkualitas So Good dibuat dari daging pilihan terbaik, diolah secara higienis melalui proses yang modern, Pemanasan, Pengeringan, dan Pembekuan yang melalui pengawasan mutu yang ketat. Selain itu produk SoGood tersedia dalam bentuk kemasan siap olah dan siap masak. Tergantung selera Bunda mau pilih yang mana. Gak salah kan produk SoGood menjadi pilihan tepat untuk menyajikan makanan  berkualitas. That's way I chose SoGood.

Pengen tahu kan seperti apa makanan Chicken Katsu SoGood & Vegetable Salad with Mayonnaise Sauce ala saya? Yuk simak cara sederhananya di bawah ini.

Bahan Utama
Chicken Katsu SoGood
Wrap

Salad
Wortel
Selada
Tomat
Paprika
Saus Mayonaise
Wortel, Paprika dan Selada kukus selama 5 menit.

Buah
Pear

Cara membuat Salad
Potong wortel menjadi dua bagian, lalu parut hingga membentuk potongan halus. Tomat potong dua, iris memanjang. Daun selada rajah menjadi kecil. Sedangkan Paprika cukup satu ruas jari, untuk menambah rasa pedas saja.
Campurkan semua bahan ke atas piring dan tambahkan saus mayonais secukupnya. Aduk hingga sayur tercampur saus.

Menggoreng Chicken Katsu
Panaskan minyak dan masukan Chicken Katsu hingga tanpak kuning kecoklatan atau sudah naik ke atas permukaan minyak. Sementara Wrap panaskan dengan teflon selama 25 detik.

Platting
Letakan wrap diatas piring. Lalu ditengahnya beri salad, buah dan Chicken Katsu. Tak lupa saya beri sedikit nasi untuk pelengkap. Biasanya anak-anak, makan wrap atau nasi, sesuai selera mereka. Lalu beri saus mayonais di atasnya. Dan Chicken Katsu siap dihidangkan.


Reaksi Pertama Anak
Awal saya sajikan, anak-anak menolak untuk memakannya. Karena memang anak-anak saya sediikit ribet dengan menu baru.
"Apaan tuh Mi, enak gak?
"Coba aja dulu?"
Mereka coba dan bilang, "Hmm..yummy... enak lo Mi?

Yup, saya sudah punya solusi gimana anak-anak mau makan dengan dengan komposisi yang pas #SogoodPiringGiziSeimbang. Ternyata menu masakan baru alternatif utama terbaik bagi saya agar anak gak malas makan. Bagaimana dengan Bunda?


15 comments

  1. Wahh boleh nih, jd aku yang pengen chicken katsunya...heheh

    ReplyDelete
  2. Wah cicken katsu sudah ada yang siap masak ya. Makin gampang aja kalo ngiler sama chicken katsu!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Meluncur beli bang. Etapi bang uma masak ya?

      Delete
  3. Waaah.
    Masak ini sm Khalid gadoin mba.
    Jd cemilan. Gk mau pake nasi.
    Hahahha

    ReplyDelete
  4. Duh belum Pernah coba so good yg ginian, bisa dicoba ni. Enak kayaknya ni...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Enak lo mbak, anak saya suka mayonnaise ama saus sambal

      Delete
  5. so good ini adalah salah satu makanan seru bagi aku

    jadi ... kalau beli so good, wajib disembunyikan dari anak anak dan isteri

    wakakaka wakakaka wakakakakakaka

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ih..mas rezza pasti sering rebutan ama Nuha ya..

      Delete
  6. Iya nih anak yg susah makan hrs kreatif ibunya
    Resepnya bisa ditiru nih

    ReplyDelete
  7. Asik banget menunya. Rasanya juga pasti enak :)

    ReplyDelete
  8. MAkin lahap, deh, kalau dikasih menu ini :)

    ReplyDelete

Terima kasih telah berkunjung ke blog saya, silahkan berkomentar dengan sopan.