Tuntaskan Anyang-Anyangan Mengganggu, Dengan Uri-cran

Jam istirahat kerja, saatnya nge-draft tulisan di blog. Working moms dan juga mengelola blog pribadi, kudu pintar memanfaatkan waktu luang. Apalagi kalau dikejar DL lomba dan challenge pada grup. Kecepatan ngetik bisa 55 kata per menit.

Pernah sedang asyik membuat draft tulisan tentang anyang-anyangan, tiba-tiba seorang teman bertanya pada saya.

"Anyang-anyangan itu, kalau pipis sakit ya jeng?"

"Eh, iya" jawab saya sambil noleh.

Mungkin si teman melihat saya serius ngetik, dan ngintip apa yang saya kerjakan..

"Saya pernah ngalamin lo, rasanya perih, gak enak banget, pengen buang air kecil terus, tapi keluarnya sedikit" ujar teman saya dengan wajah serius.

"O, ya? Trus jeng Desi minum apa?" saya balik nanya.

"Gak ada. Saya ke dokter aja, dikasih antibiotik, trus disarankan minum air putih yang banyak"


Tentang Anyang-Anyangan
"Anyang-anyang adalah gejala sering buang air kecil, tapi sedikit, bahkan tidak keluar sama sekali. Biasanya disertai nyeri di bawah perut."

Banyak dari kita tidak menyadari terjangkit anyang-anyangan. Padahal, 5 dari 10 perempuan berisiko mengalami anyang-anyangan, yang berdampak pada Infeksi Saluran Kemih. Ketidaktahuan serta kurangnya informasi, diduga pemicu kita mengabaikan anyang-anyangan.

Salah satunya adalah saya. Dulu saya buta dan tidak tau sama sekali akan anyang-anyangan. Padahal saya pernah mengalami sakit buang air kecil, dan urine keluar sedikit. Kebiasaan di tempat kerja yang sering menahan pipis, sebagai awal saya terkena anyang-anyangan. Kenyataan ini semakin diperparah ketika saya pulang dari Singapura, setelah mengeksplor hutan kecil di Southern Ridges.


Gejala Awal Saya Terkena Anyang-Anyangan


Awalnya saya melalui jembatan Alexandra Arch, Singapur, menyusuri trail/forest walk yang panjangnya 10km. Setengah jam perjalanan saya masih menikmati suasana hutan dengan kicauan burung dan penampakan gedung-gedung tinggi yang menyeruak dari balik pepohonan. Hijau dan menyegarkan mata, begitulah kira-kira. Apalagi cuaca cukup mendukung saat perjalanan berlangsung.

Setelah satu jam perjalanan, saya mulai merasa ingin buang air kecil. Pertama yang saya lakukan, mempercepat langkah kaki, agar hasrat ingin pipis ini tidak keluar sembarangan. Menaiki tangga trail, rasa ini sudah tidak bisa dibendung lagi. Saya tetap berusaha menahan semampunya.

jalan ke Singapura
Saat eksplor hutan Singapur

Berjalan perlahan sambil berpegangan pada sisi besi pengaman, langkah terbaik yang saya ambil, sampai saya menemukan kamar kecil. Saya sadar sedang berada di hutan, di atas forest walk yang tinggi, yang tidak mungkin menemukan kamar kecil apalagi portable toilet.

Selama 20 menit, saya menahan buang air kecil dengan langkah yang tertatih-tatih. Pas belokan terakhir, sampai juga saya di ujung forest walk, dengan penampakan area menuju ke Maunt Faber. Segera saya mencari petunjuk di mana posisi toilet berada. Sedikit berlari, saya pun menuntaskan rasa tersiksa ini. Syukur lah akhirnya keluar juga di tempat yang seharusnya.

Dua minggu setelah pulang dari Singapur, saya mulai merasa sakit buang air kecil. Tidak hanya di rumah, di kantor pun saya harus bolak-balik kamar kecil disebabkan rasa ingin pipis terus menerus. Saya pun tak tahu gejala ini indikasi penyakit apa.

Saya coba ke dokter, dan dokter bilang, "tidak ada masalah yang serius, jangan lupa minum air putih yang banyak. Ibu saya beri antibiotik saja ya".

Namun kok saya belum puas ya? Saya masih galau apa yang menimpa saya. Gak mau berlama-lama tanpa kepastian, saya pun langsung browsing di salah satu situs pencari. Ternyata saya terindikasi anyang-anyangan tingkat tinggi (versi saya), yang mengakibatkan Infeksi Saluran Kemih (ISK).

Kaget? Pasti. Gak pernah terbayangkan anyang-anyangan menjadi penyebab sakit saat buang air kecil, yang berdampak serius pada kesehatan.

Ancaman Anyang-anyangan
Kadang kita tak sepenuhnya aware, kalau penyebab anyang-anyangan berawal dari hal sepele. Sering buang air kecil, pakaian dalam yang lembab, kurangnya minum air putih, serta cara membasuh organ intim yang salah, yang memicu microorganisme lain masuk ke saluran kencing, dan mengakibatkan Infeksi Saluran Kemih.

Salah satunya bakteri Escherichia coli atau dikenal dengan E-Coli. Bakteri E-Coli ini masuk melalui uretra menuju saluran kemih. Ia akan menempel dan berkembang biak dengan pesat di kandung kemih. Rasa sakit saat buang air kecil, nyeri pinggang yang disertai urine yang berwarna keruh, adalah sinyal parah E-coli menyerang kandung kemih.


Jika kondisi ini dibiarkan, bakteri E-coli akan menyebar ke ginjal dan memicu terjadinya pendarahan/kencing darah. Perlu penanganan serius. Bila tidak, bisa mengancam keselamatan.


Siapa saja yang berisiko terkena Infeksi Saluran Kemih?
1. Ibu Hamil.
Wanita yang pernah hamil, pasti pernah merasakan sering buang air kecil. Hal ini lumrah, disebabkan seiring bertambahnya usia janin, tekanan pada kandung kemih juga semakin besar. Biasanya di mulai di usia kandungan 6 minggu hingga melahirkan.

2. Anak-anak
Kebiasaan anak-anak yang suka bermain kotor, juga penyebab ISK. Kurangnya menjaga kebersihan tangan, mengakibatkan Bakteri E-Coli enggan beranjak dari tangan sang anak.

3. Perempuan Aktif
Mobilitas yang tinggi, membuat perempuan aktif sering menahan pipis. Ditambah lagi dengan seringnya menggunakan toilet umum. Kebiasan buruk inilah yang menyebabkan ISK.

Selain itu, wanita yang sudah Menopause pengguna Pil KB juga rentan berisiko terkena anyang-anyangan.


Solusi Saya Menuntaskan Anyang-Anyangan.

Sejak terkena anyang-anyangan, saya harus waspada dengan kesehatan diri saya sendiri, terutama kesehatan di bagian organ intim. Jangan sampai anyang-anyangan datang berulang, yang membuat saya harus stop beraktifitas.


Banyak cara mencegah anyang-anyangan yang dapat kita lakukan agar tidak berulang di kemudian hari, seperti:
1. Menjaga dan merawat kebersihan sekitar organ intim secara optimal.
2. Bagi wanita, setelah pipis basuh organ kewanitaan dari arah depan ke arah belakang
3. Gunakan pembersih daerah kewanitaan yang ber pH seimbang
4. Jangan biasakan terlalu lama menahan pipis
5. Biasakan buang air kecil setelah bangun tidur untuk mengeluarkan berbagai jenis bakteri dari dalam tubuh
6. Minum air putih rutin 8 gelas perhari

Tidak hanya melakukan tindakan preventive di atas, saya pun menemukan solusi yang pas untuk menetralisir pembuangan urine pada tubuh saya. Pilihan saya jatuh pada Prive Uri-cran, solusi alami untuk mencegah anyang-anyangan. Mengandung ekstrak buah Cranberry yang dapat mencegah Infeksi Saluran Kemih berulang, dan mampu mengatasi susah buang air kecil.

Uri-cran ekstra Cranberry juga aman dikonsumsi kapanpun dan dimanapun. Selain itu, Uri-cran tidak menimbulkan resistensi, atau keadaan dimana seseorang kebal dengan penggunaan antibiotik.

Mengapa buah Cranberry?
Buah Cranberry adalah buah berwarna merah kecil dengan ukuran 6-18mm, dan berasa asam. Buah ini memiliki 3 zat istimewa, yang bermanfaat untuk mencegah ISK, yakni Flavonoid, Vitamin C dan Mineral.
prive uricran
Buah Cranberry. Sumber: FB Prive Uri-ran

Selain itu, buah ini juga telah lolos 4 kali uji klinis di Perancis, yang menyatakan bahwa jus cranberry mampu menghambat infeksi bakteri pada saluran kencing. Anti adhesinya membuat bakteri tidak tidak akan menempel pada saluran kemih, sehingga mencegah bakteri menularkan infeksi

Kandungan flavonoid antosianidin, peonidin dan quercetin yang terdapat pada buah cranberry, terbukti ampuh melawan kanker secara in vitro, namun kurang diserap di dalam tubuh manusia dan cepat dieliminasi dalam darah.


Apa saja Produk Uri-cran? dan dimana bisa mendapatkannya?

Uri-cran bisa didapatkan di Guardian, Kimia Farma, Watson, Century, Viva Generik. Tersedia dalam dua pilihan.
1. Bentuk Kapsul dengan kandungan ekstrak Cranberry, membantu memelihara kesehatan saluran kemih yang dapat diminum kapanpun dan dimanapun.Komposisi: 250 mg Ekstrak Cranberry Sediaan: Kapsul Dosis: 1-2 Kapsul / Hari. Isi per Box: 30 Kapsul / Box

prive uricran
Sumber: Uricran.co.id

2. Bentuk powder yang mengandung ekstrak Cranberry dan dilengkapi Lactobacillus achidopillus dan Bifidobacterium bifidum yang dapat menjaga kesehatan. Uri-cran powder paling enak diminum dengan air dingin. Komposisi: 375 mg Ekstrak Cranberry, 60 mg Vit C, 0.1 mg Lactobacillus Achidopillus, 0.1 mg Bifidobacterium bifidum. Sediaan: Powder Sachet. Dosis: 1-2 Sachet / Hari Isi per Box: 15 Sachet / Box

Saya lebih suka mengonsumsi Uri-cran dalam bentuk powder, karena larut dalam air dan bisa diminum seperti air biasa. Saya mengkonsumsinya cukup satu kali saja tiap harinya. Uri-cran paling efektif mengatasi susah buang air kecil saya, karna kandungan ekstra Cranberry yang efektif mencegah bakteri penyebab anyang-anyangan.

Itu cara saya mengatasi penyebab anyang-anyangan yang berdampak pada Infeksi Saluran Kemih. Bagaimana dengan temans?

So, jangan ragu mengkonsumsi Uri-cran, solusi Anyang-anyangan pertama di Indonesia. Anyang-Anyangan, ya Prive Uri-cran.


18 comments

  1. Kelihatannya enak ya, Mbak. Segerrr.... Enakan uricran daripada obat2an.. Aku prnh ISK waktu hamil. Semoga jangan lagi deh.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seger sih rasanya. Gak lagi deh kena anyang-anyangan.

      Delete
  2. Bahaya juga ya ternyata kalo kena anyang-anyangan.. dulu tau dari temen kalo dia ngalamin ini tapi ya aku sambil lalu aja nanggepinnya. Skrg baru tau infonya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyah, pernah ngalamin tapi gak tau kalao itu anyang-anyangan, beda sih kalo nama di kampung saya.

      Delete
  3. AK selalu sedih nih di rumah uricrane. Rasanya enak apalagi kalau minuman siang 2 pakai es, sedap.....

    ReplyDelete
  4. menyebalkan banget anyang anyang itu ya
    saat jalan
    saat di kantor
    duh tersiksa
    untung ada uricran

    ReplyDelete
    Replies
    1. Anyang-anyangan emang mengganggu, tersiksa pokoknya.

      Delete
  5. Pernah kena anyang-anyangan dan rasanya tersiksa banget. Sekarang kapok deh. Untung sekarang ada Uri-cran yang bisa bantu mencegah anyang2an

    ReplyDelete
  6. ganggu banget emang anyang-anyangan, mau aktivitas juga gak nyaman. apalagi kalau lagi jalan2, gak bisa jalan2 deh jadinya

    ReplyDelete
  7. Mungkin diberi antibiotik buat membunuh bakterinya kali ya?
    Saya jg pernah anyang2an dan coba minum uricran alhamdulillah sembuh mbak...

    ReplyDelete
  8. Paling peer emang kl lagi jalan2 pengen pipis, mending kl di hotel bisa bebas dan basuh2 area kewanitaan, kalau diluar kan ngga jelas toiletnya dan seringnya cuman disediain tisu doang, jadinya ditahan2 dan anyang2an deh... Jadi sedia uricran sebelum jalan2 emang udah bener banget ya mba :D

    ReplyDelete
  9. setelah dua kali terkena anyang-anyangan, saya kapok dan gak mau lagi berurusan dengan anyang-anyangan ini Mba, huhuhu nyiksa banget deh :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bener kapok mba, skitnya gak nahan.hehe

      Delete
  10. Iyah, harus swdia prive uricran tiap halan-halan.

    ReplyDelete
  11. Saya sudah kapok anyang-anyangan Mbak. Sekarang kalau pengen pipis, apapun keadaannya harus beranjak ke toilet. Minum air putih juga mulai dibiasakan banyak. Sama rajin minum Prive Uricran :D

    ReplyDelete

Terima kasih telah berkunjung ke blog saya, silahkan berkomentar dengan sopan.