Semangat Asian Games 2018, Semangat Kita Semua

8:54 pm Yulia Marza 33 Comments


Pesta olahraga terbesar Asia kembali digelar. Setelah sebelumnya dilaksanakan di Incheon, Korea Selatan, ajang 4 tahunan ini, akan kembali digelar di Indonesia. Tepatnya tanggal 18 Agustus - 2 September 2018, sebanyak 45 negara akan bersaing memperebutkan posisi terbaik di ajang olahraga terbesar kedua, setelah Olimpiade.

Ini bukan yang pertama kalinya Indonesia menjadi tuan rumah Asian Games. Di tahun 1962, Indonesia juga pernah menjadi tuan rumah penyelenggaraan Asian Games dan meraih posisi Runner Up. Dengan perolehan medali, 21 Emas, 26 Perak dan 30 Perunggu.

Dan di 2018 ini, Indonesia kembali dipercayakan oleh Federasi Asian Games, setelah Vietnam mengundurkan diri  menjadi tuan rumah, dengan alasan sosial dan ekonomi.


Photo Taken from: Wikipedia

Di Indonesia sendiri, Asian Games akan diselenggarakan di Jakarta dan Palembang. Dua kota ini, akan menjadi tuan rumah, sekaligus saksi bersejarah Asian Games 2018. Akankah Indonesia mampu membuat sejarah baru perolehan medali tertinggi? Atau malah merosot dari sebelumnya?

Kita sebagai bangsa Indonesia, tentu harus optimis, para atlit terbaik bangsa, mampu meraih prestasi gemilang di ajang Asian Games. Doa dan dukungan dari kita semua adalah prioritas utama, mengingat ketatnya persaingan di setiap laga yang dipertandingkan.

Walau Indonesia belum pernah sekali pun meraih juara umum selama periode penyelenggaraan Asian Games 1951-2014, namun optimisme tingkat tinggi tetap kita pegang teguh, mengingat beberapa pertandingan yang diikuti sebelum Asian games, seperti Badminton, Karate dan Athletik, atlit Indonesia mampu meraih posisi terbaik.


SAYA DAN ASIAN GAMES

Dari sekolah dulu saya selalu mengikuti perkembangan Asian Games dari televisi. Walau tak menyaksikan secara langsung, namun ueforia nya seakan sampai pada penonton yang di rumah. Bila sudah pertandingan Bulutangkis, Tenis, saya dan beberapa keluarga, sudah duduk tenang mendukung pemain Indonesia di depan TV.

Bagaimana ikut terharunya saya, saat petenis Yayuk Basuki meraih emas di Asian Games 1990, dan Rexy Mainaky/Ricky Subagja yang juga meraih emas pada cabang Badmiton di tahun 1994. Semua masih terpatri dalam memori saya.

Greget dan ketar ketir mungkin sama halnya yang saya rasakan dengan suporter yang nonton secara langsung. Apalagi bila atlit kebanggan kita berada di final. Sorak sorai, erangan dan rasa kecewa tidak lupa melucur dari bibir penonton di rumah. Yah, itu semua demi mendukung tim kebanggaan kita bertanding.


ABOUT ASIAN GAMES 2018


Photo taken from : Wikipedia


Promosi Asian Games dan Estafet Obor
Asian Games 2018 mulai dipromosikan pada tanggal 18 Agustus 2017 yang bertempat di Monumen Nasional, Jakarta dan Benteng Kuto Besak, Palembang dengan menghadirkan bintang tamu member Girl Generation Taeyeon dan Hyoyeon dari Korea Selatan.

Tidak hanya artis Korea saja yang ikut meramaikan pesta olahraga terbesar Asia ini. Artis tuan rumah pun ikut sumbangsih meramaikannya dengan melakukan estafet obor. Beberapa artis itu antara lain, Dian Sastro, Mikha Tambayong, Chicko Jerikho dan Hamish Daud. Mereka melakukan relay torch dari beberapa wilayah di Indonesia.

Sebelumnya, estafet obor dimulai dari Stadion Nasional Dhyan Chand di New Delhi, di bawa ke api abadi di Mrapen, Jawa Tengah dan berakhir pada Perayaan Hari Kemerdekaan Indonesia ke-73 di Monumen Nasional, Jakarta. Baru keesokan harinya dibawa ke upacara pembukaan di Stadion Gelora Bung Karno.

Maskot Asian Games
Kali ini maskot Asian Games terdiri dari tiga hewan asli Indonesia, yakni Bhinbhin (cenderawasih), Atung (rusa Bawean), dan Kaka (badak bercula satu)

Maskot Asian Games 2018. Photo Taken From Wikipedia

Sedangkan tagline Asian Games 2018 adalah, The Energy of Asia, yang menunjukan semangat menggelora dari sebuah pergerakan.

Akan ada 462 acara dengan 40 cabang olahraga. Pelaksanaannya sendiri berada di 4 tempat, yakni Jakarta, Palembang, Banten dan Jawa Barat. Sedangkan Opening dan Closing ceremony, berada di Gelora Bung Karno, Jakarta.


IMBAS ASIAN GAMES BAGI INDONESIA

Ditengah pro dan kontra Indonesia sebagai tuan rumah Asian Games, masih terselip "imbas" positif dari pelaksanaan ajang olahraga terbesar Asia ini. Beberapa diantarannya :

  • Ajang Pengenalan Budaya Indonesia
Banyaknya negara peserta yang ikut berpartisipasi dalam Asian Games, tentu tidak sedikit pendukungnya yang hadir untuk menyemangati para atlit mereka. Nah, di sini mereka bisa melihat bahwa Indonesia itu, bukan hanya Jakarta, Bali dan Lombok saja. Akan tetapi masih banyak daerah lain, seperti Palembang contohnya. Tuan rumah ini, juga mempunyai ciri khas daerahnya, seperti makanan (mpek-mpek, kemplang dll) dan juga kain tenun tradisional, songket.

  • Peningkatan Devisa Negara
Tingginya kedatangan para pendukung 45 negara, juga mendongkrak peningkatan devisa negara dari sektor pajak. Ditambah lagi dari pembelian tiket masuk dan maskot Asian Games, selama acara berlangsung.

  • Meningkatnya Sektor Pariwisata
Suporter yang datang tidak hanya duduk, datang dan pergi saja. Tapi mereka bisa sekaligus menikmati keindahan pariwisata daerah tempat berlangsungnya acara. Seperti di Palembang, mereka bisa menikmati indahnya jembatan Ampera, Masjid Cheng Ho, Museum Sultan Badaruddin II dll. Di Jakarta mereka berwisata ke Monas, Ancol, dll. Atau bahkan mereka akan berkunjung ke beberapa tempat wisata lain di Indonesia.

  • Peningkatan omset UMKM
Banyaknya suporter lokal dan luar negeri yang datang, mereka juga memanfaatkan momentum dengan membeli souvenir lokal untuk saudara dan juga teman-temannya. Yang secara otomatis, meningkatkan pendapatan UMKM di daerah tempat berlangsungnya pertandingan.


The Energy to Indonesia, akan tetap dikobarkan, demi mendukung tim-tim terbaik Indonesia yang akan bertanding di Agustus mendatang. Doa terbaik dari saya dan juga pendukung setia Asian Games di seluruh Indonesia. Bermain secara sportif, dan tunjukan kalau kita mampu menjadi tuan rumah yang baik dalam ajang Asian Games 2018.

Optimis buat meraih kemenangan. Tunjukan pada dunia, Indonesia masih punya bibit unggul, walau kisruh internal masih menyeruak di balik pelaksanaan Asian Games. Keep Spirit. Do the best. Demi Indonesia.

Sumber :
Beberapa bahan diambil dari Wikipedia.




33 comments:

  1. Yeay bangga banget sama Indonesia yg akan menjadi tuan rumah ajang Internasional nih, go go go semangat nih dukung Indonesia dan Asian Games 2018

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semangat babang hitz, kalo bisa nonton langsung pertandingannya. Sambil nonton, sambil jalan-jalan...

      Delete
  2. Kalau udah ngomongin Asian Games ini semangat olahraga langsung berkobar-kobar gitu yah :))
    Bangga banget Indonesia akhirnya setelah sekian lama bs jadi tuan rumah lagi, MAJU TERUS!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maju terus Indonesia, walau jadi bagian kecil pemandu sorak di rumah aja. hehe

      Delete
  3. keren ya Asia Games ini. dah tak sabar rasanya melihat pergelaran olah raga terbesar di Asia ini. dan siap banget mendukung tuan Rumah. Indonesia Bisa!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pasti bisa babang hits, sama bisanya kayak babang yang jelong-jelong bahagia. hahahaha

      Delete
  4. Udah lama banget ya gak asian games di Indo.wajib dipelototi dan didukung nih tim indonesia

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wajib nonton ko, kalah menang mah, udajh biasa, yang penting mental juara masih ada.

      Delete
  5. Wahh sukses Asian Games! Alhamdulillah jd banyak imbas positif untuk negara kita, ya. Nggak sabar menunggu Asian Games.....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyah, gak sabar nunggu atlit yang berlaga nih.

      Delete
  6. kayaknay bakal kabur ke palembang atau ke jakarta nih bulan depan nonton asian games

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyes banget lah kakak satu ini, kita tunggu vlog nya ya kak?

      Delete
  7. semoga tahun ini Indonesia bukan hanya sukses sebagai tuan rumah tetapi juga bisa menyabet predikat the winner. aamiin...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masuk 10 besar aja udah syukur banget kak, tapi tetap optimis ya Indonesai bisa juara tahun ini.

      Delete
  8. Wah bangga ya indonesia jadi tuan rumah Asian game Dan semoga indonesia memenangkan juaranya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Optmimis menang kak, walau beberapa atlit tidak diperhatikan, namun mereka tetap berlaga demi Indonesia.

      Delete
  9. Tahun lalu waktu main ke Palembang udah terasa persiapan2 demi menyambut Asian Games ini. Bikin jadi gak sabar aja nunggunya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wow, mbak Dee uda duluan ngerasain euforiannya nih. Kita mah bisa liatnya dari layar kaca ajah.

      Delete
  10. luar biasa
    asean games adalah ajang perlombaan yang selalu dinanti setiap insan masyarakat Indonesia

    wajib hadir nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Meluncur mas, kita dengar ceritanya aja via blog dan vlog Asian games kelas dunia pastinya. hehe

      Delete
  11. Dampak Asian Games memang sangat besar untuk Indonesia ya, terutama yang paling saya suka adalah efeknya untuk UMKM. Kerasa bangets ni yang jualan pasti ketiban durian runtuh karena akan banyak yang belanja, Semoga semuanya lancar jaya ya...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Paling asyik lagi kalau kita hadir disana dan ikut jualan juga mbak,hahaha, pasti seru tuh. Rame dan tambah semangat banyak yang beli.

      Delete
  12. Perhelatan akbar ini harus disukses kan ya kak.
    Biar semua indonesia membaca dan mendukung.

    Bukan pecinta olahraga.
    Tapi klo liat indonesia juara. Ttp hatiku jumawaa.
    Eaaaaaak

    ReplyDelete
    Replies
    1. bener banget, tunjukan kalau kita bisa jadi tuan rumah yang baik.

      Delete
  13. Keren banget ya Indonesia bisa terpilih lagi jadi tuan rumah Asian Games. Semoga atlet Indonesia bisa banyak bicara di event kali ini! Kita percaya!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Banya bicara nanti gak menang dong ko. hehehe,,bicara lewat permainan kan ko?

      Delete
  14. Yeaa kita bisa! Pgn bgt liat Palembang sih klo aku, terakhir ksana rel lrt nya blm dipasang. Skrg psti bagus bgt...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama sih mba, pengen kesana juga, tapi apalah daya, cuti udah kritis.

      Delete
  15. pengeen nonton asian games jadinyaa >.<
    iya bener banget mbaa, dengan adanya sian games ini Indonesia tentunya lebih dikenal dunia :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lebih dikenal lagi kalo kita bisa jadi tuan rumah yang baik ya mba.

      Delete
  16. Kita harus mendukung supaya gelaran asian games berjalan lancar

    ReplyDelete
  17. Semoga gelaran Asian Games yang kedua kali ini sukses ditambah dengan para atlet dapat menjadi juara sehingga mengharumkan nama bangsa

    ReplyDelete

Terima kasih telah berkunjung ke blog saya, silahkan berkomentar dengan sopan.