Mengapa Saya Memberi Nama Blog MarzaQueen?

Thursday, November 22, 2018 Yulia Marza 0 Comments




Inilah pernyataan William Shakespeare seorang sastrawan Inggris.
“What’s in a name? That which we call a rose by any other name would smell as sweet.” Apalah arti sebuah nama? Andaikata kamu memberikan nama lain untuk bunga mawar, ia tetap akan berbau wangi. 


Ungkapan ini mungkin tak berlaku lagi di era mileneal sekarang. Nama jadi penentu sebuah benda. Nama juga menjadi identitas diri seseorang. Tanpa nama kita tak akan bisa mengenal satu sama lain.


Sama halnya dengan seorang blogger. Dengan nama, seorang blogger secara tak langsung menunjukan diri dan keprofesionalitasan nya. Beliau menulis tentang traveling, karena memang suka traveling. Menulis tentang beauty, karena memang suka beauty. Nah nama blog yang dipakai sudah tentu sesuai dengan kobten yang ditampilkan. Contoh, blogger penulis traveling, nama blog secara tak langsung merujuk ke kata jalan, travel, traveler, adventur, dunia, dll. Gak mungkin kan nulis traveling nama blog nya jualan, keluarga, atau mungkin flower?  Gak nyambung dong kak?

Seperti yang saya bilang, nama blog relevan dengan konten. Erat juga kaitannya dengan alamat blog. Lihatlah blog para mastah blogger yang punya traffic tinggi, nama dan alamat blog saling berkaitan erat. Saya ambil perumpamaan nih, alamat blog www.abcd.com, nama blognya pasti, abcd (lihat deh blog blogger femes). Ini dari yang saya perhatikan seksama ya. Tapi gak menutup kemungkinan juga memakai nama lain, seperti nama anak, setengah nama ibu dan anak, nama keluarga bahkan nama mereka sendiri. Yang penting konsep blog tidak lari dari jalur utama.

Nah, gimana dengan blogger yang suka gonta-ganti nama blog? Semua tergantung pemilik blog. Pasti ada alasan mengganti nama lama ke yang baru. Bisa jadi terlalu panjang, susah dibaca, lari dari keyword, dan lain sebagainya. Mereka tentu sudah memikirkan resiko dari pergantian nama blog. Sebagaimana kita tau, nama baru otomatis mesin pencari akan meng-indeks ulang kembali, yang tentu saja butuh waktu lama.

Salah satu kerugiannya adalah kehilangan trafik blog.Kadang beberapa job blogger meminta data trafik blog perhari bahkan perbulan. Dengan kata lain, trafik bisa jadi bisnis, trafik bisa menguntungkan bila dikelola dengan baik.

"Nama blog adalah judul yang diberikan pemiliknya terhadap blog tersebut."

MarzaQueen

Kenapa memilih nama blog yang sekarang digunakan?

MarzaQueen, itulah nama blog saya. Awalnya sempat terlintas mau pake nama keluargamarza, duniamarza,dan queeninfo. Pas saya renungi, kok kurang sreg ya? Akhirnya pilihan jatuh ke MarzaQueen. Marza adalah gabungan nama Ibu dan Bapak saya, sekaligus nama belakang saya. Sedangkan Queen nama panggilan anak perempuan saya. 

Suka aja dengan nama ini. pertama, saya cinta orangtua, kedua kami sama-sama perempuan, dan perempuan itu, sangat tinggi kedudukannya di mata agama.  Itulah mengapa saya namai blog dengan nama sekarang ini. MarzaQueen yang ada korelasinya dengan konten lifestyle saya.

Bagi saya simple aja sih, yang penting nama blog mudah diingat, bila dibaca gak bikin lidah keseleo. Related dengan alamat dan konten blog. Dah itu aja. Selama konten yang kita buat bagus dan menginspirasi, trafik bakalan naik dengan sendirinya.

Keep writing.

0 komentar:

Terima kasih telah berkunjung ke blog saya, silahkan berkomentar dengan sopan.