Melo hingga Rock di Playlist Laguku

Saturday, December 08, 2018 Yulia Marza 6 Comments



Dimulai saat SMP, ketika pelajaran bahasa enggres mulai dikenalkan, saya makin getol mencari cara buat belajar pronounciation. Tujuannya hanya satu, agar lidah rendang saya berganti keju dan Hamburger. Hehe.

Salah satu cara mudah dengan menghafal lagu-lagu manca yang lagi booming saat itu. Saya masih ingat, lagu pertama yang saya hafal kala SMP yakni Black or Whitenya Michael Jackson dan Nothing gonna change my life for you, George Benson. Soalnya kasetnya ada, punya kakak saya, yang untungnya ada lirik lagu di balik covernya.

Sekarang pun saya masih menyukai lagu-lagu manca, dan beberapa ada di playlist saya.


Misteri Illahi, Nelangsa, Seandainya -Ari Lasso

Kaset dari album Ari Lasso "sendiri dulu" masih saya simpan di kampung. Semua lagunya berisi kenangan saya dengan sang mantan. Kebetulan dia juga menyukai Ari Lasso. Suara mantan vokalis Dewa 19 ini, membuat ritme hubungam saya dengan si dia menjadi misteri illahi. Album sendiri dulu benar-benar membuat saya sendiri. Karena kita putus dan dia menikah dengan perempuan lain. Hiks..


Ough, Karena Wanita Ingin dimengerti -Ada Band

Lagu Ough ini single pertama Ada Band sewaktu vokalisnya masih Baim Imran, suaminya Artika Sari Devi. Setelah Baim keluar, vokalis digantikan oleh Donnie Sibarani. Suaranya gak kalah kece dari Baim. Beberapa album liris dibalik gonta ganti personelnya. Coba aja simak judul lagu di atas. Suka gak?


 Dan, Kita, Buat Aku Tersenyum - Sheila on 7

Cover album Sheila on 7 yang berwarna Hijau dan bergambar pigura mereka laris manis tidak hanya di negeri sendiri, tapi hingga ke Malaysia dan Singapura. Beberapa lagu band asal Jogja ini juga menghias playlist lagu saya. Selain judul lagu di atas, masih ada beberapa lagu Sheila on 7 yang tersusun rapi di playlist saya.


Rahman ya Rahman, Maulana & Ya Jamalu - Nissa Sabyan

Lagu Rahman ya Rahman, Maulana dan Ya Jamalu Nissa Sabyan, bak air segar yang menyiram batin. Suara lembut dan syahdu penyanyi asal Bandung ini seakan stuck di telinga saya dan anak-anak. Kerap di putar melalui youtube, akhirnya lagu nissa Sabyan ini, menghiasi plasylist saya selanjutnya.


Wild World, Goin Where the Wind Blows, Nothing but Love, & To be with You - Mr. Big

Eric Martin, vokalis Mr. Big yang bersuara serak ini menjadi reminder saya, Bila dengar suaranya saja, saya langsung tau, oh..ini pasti Mr. Big. Lagu yang santai dan rada-rada balad gitu, dulu kerap mengisi saat lelah saya di kampung, sambil berbaring manjah di atas kasur kapuk. Hingga sekarang pun lagu ini tetap mengisi playlist saya di hape kala baring manjah sama anak-anak tentunya.


Always, This Ain't a Love Song, Someday I'll be Saturday Night - Bonjovi


Always 1994. Saya masih ingat, lagu Bonjovi ini, liriknya ada di artikel salah satu majalah remaja terkenal di 90-an Ane**a.  Sukses menjadi top chart di salah satu radio di Padang, memutuskan saya membeli album Bon Jovi yang berjudul Cross Road. Hingga kini lagunya masih enak didengar dan juga mengisi playlist saya.

Beautiful Life - B'Z

Masih ingat dengan drama Jepang Beautiful Life yang hits di tahun 90-an?  Itu lo, drama yang bercerita tentang cowok yang kerja di Barber Shop, trus si cewe pake kursi roda karena lumpuh akibat kecelakaaan? Nah, soundtrack dorama ini dinyanyiin oleh Band Rock Jepang B'Z (baca: Bizu). Lagunya enak banget. Walo dah berapa tahun berlalu, tetap aja suka.


Behind the Hazel Eye, Breakaway, Since You've been Gone, Because of You - Kelly Clarkson

Tahun 2002 menjadi awal karir Kelly Clarkson di industri musik, setelah ia jadi pemenang di ajang pencarian bakat American Idol. Juara pertama, sekaligus orang pertama yang lahir melalui ajang musik bergengsi Amerika tersebut. Debutnya di mulai tahun 2003 dengan merilis album Thankful. Dilanjut dengan album Breakaway, Stronger dan Meaning of Life. Lagu Moment Like This, Breakaway, Behind the Hazel Eyes, Since You've been Gone, Because of You mengisi playlist saya di ponsel.


Bye-bye, This I Promise You & I Drive My Self Crazy - NSYNC

Kalo kids zaman now terkenal akan melo nya, zaman saya SMA juga ada lo. Tapi anak dulu ama sekarang tuh beda. Dulu melo tapi tetap seterong. Kalo sekarang melo, lari nya kebanyakan ke jalan yang salah. Bener gak sih? Sebagian tapi ya. Dulu sekolah masih jaman kaset kan yah, saya punya semua nih album Nsync ini. Harga kaset tuh dulu 20.000. Belinya nyisihin uang jajan ama naikin harga buku pelajaran, biar uangnya lebih dikasih nyokap (yang ini jangan dicontoh ya) But anyway, semua lagunya enak sih bagi saya, bagi saya lo...


Sapayuang - Jon Kinawa

Ini lagu daerah Minang yang ada dalam Playlist saya. Agak melo sih. Stori lagu ini bercerita tentang berjuang bersama namun akhirnya berakhir karena ketidaksesuaian. Nih ada liriknya, kalo gak tau artinya, tanya aja sama orang padang sebelah. #eh

Sapayuang - John Kinawa

Sapayuang kito baduo
Kok kuyuik samo sadingin
Langkah sairiang sarantak ayun
Sadendang jo kato cinto

Di buai jo raso rindu
Si angan nan mambaokkan
Co itu kini nan den rasokan
Manihnyo cinto di maso lalu

Reff :
Takucak badan dek hati taseso
Duto manjelo malilik badan
Takaluah juo jo kato ibo
Di hati nan ko...

Ganggaman arek lapeh jadinyo
Di ujuang sanang nan bahilangkan
Tinggalah luko di hati denai
Alun tabuang..

Terlepas dari pro dan kontra soal musik halal dan haram, kembali lagi ke pribadi masing-masing. Sesekali  denger sih boleh aja. Tapi jangan sampai jadi anak Band. Gak jamannya lagi, udah nini nini soalnya. Hehe. Yang penting sih dunia ama akhirat balance. Dosa tanggung masing-masing kan yah.. Bzzzzzz.zzz...zzz.

6 comments:

  1. Sejak pulang dari Maluku kemaren, playlistku jadi dipenuhi lagu-lagu Ambon. Lagu-lagunya emang easy listening banget soalnya..

    ReplyDelete
  2. aku susah banget ngehafal lirik lagu, alhasil cuman hafal sebait sisanya kuubah suka2 kadang. parahh

    ReplyDelete
  3. Kampuang nan jauoh dimato indak ado kak? hhe
    So7 dan Bon Jovi tetep jadi yang terbaik menurut saya..

    ReplyDelete
  4. Ya ampun, kk... Kayaknya playlist ku ksoong dehh, hehee. Semenjak punya anak aku nggak peduli sama playlist. Pengen denger ya youtube. Hihi.

    ReplyDelete
  5. and..... kebanyakan lagu lawasss... heheheee..
    rerata saya juga suka semua play listnya kak.. ihihihhii

    ReplyDelete
  6. Ough, Ari Laso, Ada Band, SO7 itu my fav juga kak. Asik aja dengernya, santai kayak di pantai.

    ReplyDelete

Terima kasih telah berkunjung ke blog saya, silahkan berkomentar dengan sopan.