Sehat Murah dan Gak Bikin Ribet ala Saya

Saturday, December 01, 2018 Yulia Marza 0 Comments



"Take care your body. It’s the only place you have to live in". Jim Rohn -

Dewasa ini, ada dua nikmat yang sering dilupakan yakni nikmat kesehatan dan kesempatan. Banyak orang mengabaikan kesehatannya, demi pundi-pundi rupiah. Kita terlalu sibuk bekerja, hingga kesempatan makan pun sangat sulit dilakukan. Waktu 24 jam berputar begitu cepat. Hingga saat sakit datang, kita belum siap menghadapinya.

Kesehatan dan waktu adalah dua aset yang berharga. Tubuh yang sehat akan memancarkan aura cerah ceria. Namun bila sakit menyerang, aura itu akan lenyap dengan sendirinya. Sehat bukan lah sekedar tren. Yang berhasil dengan cara instan. Sehat perlu aksi agar bereaksi.

Sehat itu murah. Gak butuh biaya besar. Yang dibutuhkan hanya niat. Niat yang kuat untuk meng-implementasinya.

Pengen tau sehat murah meriah ala saya.

Minum Air Putih
Rata-rata semua pada tau, kalo 2/3 tubuh kita berisi cairan. Normalnya air yang dikonsumsi harus 8 gelas sehari.  Di tempat kerja saya paling banyak minum, Tapi beda kalu di rumah. Rasa malas bergerak ke dapur, kadang membuat saya lalai dari target. Cairan tubuh kadang terisi hanya 6 gelas sehari. Kebiasaan buruk ini perlahan saya rubah dengan memberi  jadwal.
  • 1 gelas setelah bangun tidur, biasanya air hangat
  • 1 gelas pukul 9 pagi.
  • 2 gelas setelah makan siang,
  • 1 gelas pukul 3 siang
  • 1 gelas sepulang kerja jam 5
  • 1 gelas sehabis makan malam
  • 1 gelas ketika menjelang tidur

Olahraga
Mudah lelah, badan melar dan lemak dimana-mana, bisa jadi kamu kurang gerak tuh. Olahraga sangat baik untuk kesehatan. Selain melancarkan sirkulasi darah dan membuat kulit kencang, berolah raga akan membuat kita lebih bergairah, tidak mudah loyo dan yawning tiap sebentar. Saya biasanya berolah raga ringan saja, seperti senam di rumah dan membiasakan berjalan kaki. Jangan lupa untuk tetap sholat lima waktu. Gerakan sholat tidak hanya menggerakan badan tapi juga raga.

Jauhi Beban Pikiran 
Your body hears everything your mind says. Badan kita akan merespon apa yang kita pikirkan. Kadang masalah hidup, kerjaan, ekonomi yang sering menjadi beban pikiran. Selagi masih hidup, masalah akan selalu ada. Tapi bagaimana kita menghadapi semuanya dengan ikhlas, sabar dan mencoba rileks. Tarik nafas dalam-dalam, anggap saja ini ujian yang Maha Kuasa. Karena dengan pikiran yang sehat, badan akan sehat. Tentu saja masih bisa beraktifitas dan mengeksekusi masalah yang ada.

Buah dan Sayuran
Buah dan sayur sumber kesehatan selanjutnya. Ini pelengkap untuk tubuh tetap sehat. Biasakan makan buah dan sayuran hijau, minimal satu buah tiap hari, baik itu dimakan langsung atau di jus.

Makan Makanan Halal
Makanan memberi energy dan berfungsi menjaga kesehatan jiwa. Mungkin ini hal yang jarang jadi perhatian kita. Seperti pepatah bilang, “kamu adalah apa yang kamu makan”. Artinya, kalau kita makan makan baik, hati akan menjadi baik, sebaliknya, jika memakan makan dari sumber yang tak jelas, akan mencemari hati kita. Kesehatan bersumber dari hati, hati tenang semua organ berfungsi dengan baik. Tapi bila hati sudah rusak, sinkronisasi tubuh pasti akan terganggu. Dan akibatnya, munculah gangguan kesehatan. Usahakan makan dari hasil keringat sendiri. Tapi beda kalo traktiran ya,Kalo itu mah sah-sah aja. hehe

Sering Cuci Tangan
Kuman bisa hidup pada permukaan. Tanpa kita sadari, kita sering berhadapan dengan benda tempat sarang kuman tersebut. Coba ingat, berapa banyak benda yang kita sentuh dalam satu hari? Lebih dari 10 pasti. Seperti handle pintu, remot tv, mouse, handphone dan lain sebagainya. Sudahkah kita membiasakan tangan setelahnya? Saya sih sudah lakukan. Hal seperti ini pun saya terapkan ke anak-anak. Makanya di rumah saya selalu menyediakan sabun cuci tangan, setidaknya saya bisa mengurangi dampak besar dari bahaya kuman.


Itulah versi hidup sehat ala saya. Silahkan mencoba.

0 komentar:

Terima kasih telah berkunjung ke blog saya, silahkan berkomentar dengan sopan.