Performa Handal dan Tahan Banting Asus ZenBook S UX391UA : Gak Galau Lagi Punya Anak Lasak

January 15, 2019 Yulia Marza 6 Comments



Tiba-tiba saya terdiam tatkala Queen anak saya yang kelas tiga SD, menerima laporan akhir semester pertengahan Desember lalu. Bukan karena nilainya rendah, bukan juga karena prestasinya menurun. Ia merengek minta pulang kampung, ingin bertemu sepupunya. Sebenarnya, saya pun berpikiran sama dengan si sulung ini, saya rindu kampung halaman. Namun liburan sekolah yang juga bertepatan dengan libur akhir tahun, harga tiket tentu sangat tinggi. Mata saya sudah nanar melihat angka yang terpampang di salah satu situs penjualan tiket online ternama. Naik dua setengah kali lipat. Tiket yang normalnya berkisar 400-an, sekarang ada di angka satu juta lima puluhan.

Hufft..hasrat itu langsung buyar dalam sekejap. Galau nih mesti gimana? Jika tiket saya booking, cuti saja belum saya ajukan. Gimana kalau cuti saya tidak diapproved si Bos? Pasalnya, akhir dan awal bulan kerjaan cukup banyak. Lagipula, kuota cuti udah full karena keduluan teman yang libur Natal dan Tahun Baru (saya berencana pulang di tanggal 25-an). Satu hal lagi yang membuat saya galau, cuaca lagi tak bersahabat. Apalagi setelah tsunami menghantam kawasan Tanjung Lesung di blow up habis-habisan. Jujur, saya sedikit bergidik, mengingat rumah saya di Padang hanya berjarak 200m dari bibir pantai. Tidak ada jalan lain, liburan ke kampung, dengan berat hati di pending dulu, cukup berlibur di Batam saja.

Alasan di atas, dua dari alasan lain yang saya kemukakan pada anak saya. Namun ada alasan lain yang membuat saya memutuskan mem-pending liburan kali ini. Saya sedang giat berlatih coding di rumah. Setelah pelatihan Coding Mum yang diadakan BEKRAF April 2018 lalu, saya belum sempat mengeksekusi tuntas ilmu yang saya dapatkan.

Kenapa?

Netbook saya rusak!
Diinjak oleh si bungsu Kenzo.

Kejadiannya cukup membuat darah berdesir kencang. Ketika saya baru saja membuka netbook, ia langsung duduk pas di depan saya. Saya pun coba bergeser ke kiri dan ke kanan, tapi dia kembali ke posisi awal. Kenzo mulai mengutak-atik netbook saya, membuka satu program dan berpindah ke program lainnya. Di memang sudah saya ajarkan membuka Word, Excel dan Paint. Awalnya saya membiarkannya saja. Tiba-tiba Kenzo berdiri, dan langsung menginjak serta melompat di atas keybord netbook yang saat itu terletak di atas karpet.

Ya Allah..Kenzooooo...

Secepat kilat saya menarik netbook dan menjauhkannya dari Kenzo. Anak ini terlalu aktif memang, tapi saya tak menduga juga dia akan berani menginjak netbook saya.

Waktu saya tes, keyboard pun error!

Huruf A, K dan M tak berfungsi, huruf lain pun saat ditekan menghasilkan titik-titik, huruf dan angka yang tak beraturan, dengan kata lain, keluar dari fungsinya. Dengan kesabaran tingkat tinggi, saya meletakkan netbook di dalam lemari. Pikiran saya blank, se-blank tuts keybord yang error itu.

Namun drama tak berhenti sampai di situ. Tiga minggu setelah kejadian, saya mendengar suara "bang" dari dalam kamar. Ternyata netbook saya terjatuh dari dalam lemari. Lagi-lagi ulahnya Kenzo. Dia berdiri terpaku menatap ke arah netbook saya. Wajahnya pias, dengan pancaran aura ketakutan. Netbook saya retak di bagian pinggir. "Maaf Mi" ujarnya sebelum saya ngomel macam-macam. Dia bilang, tak sengaja menyenggol netbook, saat mengambil mainan yang disembunyikannya di lemari. Wajah polos dan bias ketakutannya, memutuskan saya tak jadi memarahinya.

Untuk kesekian kalinya, saya menghela nafas panjang. Saya ambil netbook dari lantai, sambil mengamati detail kerusakan setelah terjatuh. Sepertinya, saya butuh laptop yang tahan di segala kondisi. Laptop yang tak hancur berkeping-keping, tak retak walau jatuh di tangan si kecil yang lasak dan tak cidera walau tergilas sekali pun.

Emang ada? Ada dong. Nih, kenalan dulu ama ASUS ZenBook S UX391UA.

TENTANG ASUS ZENBOOK S UX391UA
ZenBook S UX391UA ini resmi dikenalkan di Indonesia pada Selasa, 23 October 2018. Dengan konsep baru thin dan light, Notebook ini tidak hanya handal dalam performa, tapi juga responsif. Semua didukung oleh Prosesor Intel® Core™ i7-8550U, dengan RAM16 GB dan kapasitas ruang penyimpanan PCle SSD 512GB. Bodinya yang ramping dan ringan, semakin memikat dengan dua  varian warna Deep Dive Blue dan Rose Gold. Eh, ada juga lo versi Burgundy Red, tapi ini limited edition lo.


KEUNGGULAN DARI ASUS ZENBOOK S UX391UA
Sekarang kita kan lagi "ngintip" laptop yang tahan banting,  tergilas, tahan dalam mengendalikan kesabaran, jika laptop terjatuh dan dibikin mainan oleh si kecil. Tipis, ringan, dan sangat riskan, apa iya bisa tahan dalam resiko jatuh dan tergilas sekalipun? Penasaran sama kehebatan ZenBook UX391UA yang "katanya" pas banget untuk traveler dan juga kamu yang beraktivitas kesehariannya menggunakan laptop? Segitu istimewa kah laptop ini? Yuk kita cari tau.

Tipis dan Ringan
Hari gini, siapa sih yang mau bawa laptop bikin bahu sakit? Nggak jamannya lagi kali. Laptop ini didesain sangat ringan, 1kg  dan super tipis, 12,9mm. Ia sangat mudah masuk ke dalam tas, dan tak memenuhi ruang tas kamu. So, kamu bisa memasukan barang penting lainnya, tanpa direpotkan oleh ukuran dan beratnya  beban laptop.



Standar Militer MIL-STD810G
Bener gak sih laptop ini tahan dalam segala siksaan? ZenBook S ini ternyata telah memenuhi standar Militer MIL-STD810G. Standar ini menuntut serangkaian uji kehandalan dan daya tahan untuk operasi lingkungan yang keras. Diantaranya drop test, vibrasi, ketinggian, temperatur ekstrim, kelembaban dan sebagainya.



Design nan Elegan
Notebook S UX391UA ini tidak hanya menyasar pengguna yang memperhatikan performa saja, tapi juga desain yang menawan. Didukung oleh dua varian warna Deep Dive Blue dan Rose Gold, Zenbook ini sukses mencuri perhatian dengan menampilkan gaya mewah nan tak berlebihan. Pengguna tidak hanya bisa menggunakannya untuk kebutuhan kerja saja, tapi juga bisa sebagai prestise.

1. Engsel
Tampil dengan desain inovatif ErgoLift terbaru, keyboard netbook ini dirancang khusus untuk kenyamanan saat mengetik. ErgoLift ini memungkinkan keyboard membentuk sudut 5.5 derajat dan dapat terbuka hingga sudut 145 derajat. Kemiringan pun telah dihitung dengan cermat untuk meningkatkan kinerja pendinginan dan audio. Selain itu, lampu latar keybord yang senada dengan lid berwarna emas, semakin menambah style yahud netbook ini.



2. Display
ZenBook ini memiliki besel NanoEdge yang sangat tipis, 5,9mm, layar full HD 13.3 inci, dan rasio screen-to-body 85 persen. Piksel perinci pada NanoEdge ini sangat tajam, dari detail poto, video hingga font teks terkecil. Alhasil, visual tampak lebih imersif (anda bisa merasakan tampilan lebih nyata).



3. Audio
Kebutuhan audio pada Laptop ini didukung oleh Harman Kardon dan Asus SonicMaster Premium. Hasilnya, anda dapat menikmati tayangan video atau film dengan efek suara berkualitas layaknya bioskop. Penguat cerdas yang ada di dalamnya, juga memastikan volume maksimum dengan distorsi minimum untuk suara yang kuat dan jernih. Suara luar biasa yang ada pada laptop ultraportable.


4. Konektivity
Sedang asyik kerja, atau bepergian, konektivitas tanpa kompromi sangat lah penting. ZenBook S memberikan kecepatan tertinggi Thunderbolt™ 3 di dua dari tiga port USB-C™, dan ketiga port tersebut mendukung pengisian cepat, transfer data dan konektivitas layar. Dan untuk konektivitas tingkat desktop, cukup hubungkan ASUS Mini Dock yang praktis.


5. Panas
Laptop panas karena kelupaan bawa cooling pad? Di ZenBook ini gak berlaku, karena menggunakan sistem pendingin yang canggih, seperti kipas kaca kristal cair yang tebalnya hanya 0,3mm dan pipa panas paduan tembaga dengan dinding setipis 0,1 mm. Desain interior kipas yang baru memiliki system aliran udara yang telah ditingkatkan sehingga mengeluarkan udara hangat melalui ventilasi tersembunyi di engsel, untuk pendinginan yang efisien dan tenang bahkan saat beban yang tinggi.




Kokoh dan Kencang dengan Komponen Kelas Atas
Tidak hanya unggul dari segi bentuk saja, namun juga dari segi performa. Kekuatannya yang didukung oleh prosesor Intel® Core™ i7 8550U dan RAM 16GB, serta ruang penyimpanan Pcle SSD 512GB, semakin menambah maksimal kinerja laptop yahud ini. Buka beberapa software aman lah pokoknya, tanpa takut laptop hang, menunggu sistem operasi untuk boot atau aplikasi dimuat, atau apalah yang membuat bete menunggu, iyah menunggu. Di ZenBook S UX391UA, saatnya kamu menikmati. Menikmati loading dan berselancar dengan lebih cepat, tanpa takut tiba-tiba low bat. Karena ZenBook ini memiliki teknologi fast charging dengan daya isi 60 persen dalam waktu 45 menit

Spesifikasi

Prosesor
Intel® Core™ i7 8550U Processor

RAM
16GB DDR3L Memory

Sistem Operasi
Windows 10 Home

Dimensi
13.3" IPS FHD (1920x1080) Ultra Slim 300nits.

Storage
256GB SATA SSD

Baterai
50Whrs Lithium-Polimer Battery. Tahan sampai 13.5 jam

Finger Print Sensor dan Windows Hello
Biasanya, tiap buka laptop dan mau log in harus menggunakan password kan yach, di ZenBook SUX391UA ini tak perlu menekan angka dan huruf yang kadang sering terlupa. Sensor dengan sidik jari yang terdapat pada touchpad, memudahkan kita log in hanya dengan memberi satu sentuhan saja. Windows hello pun bekerja maksimal dengan memindai wajah, iris dan sidik jari untuk membuka device. Jadi aman lah, data gak akan bisa dibuka dan dicuri orang, karena hanya kita yang bisa membukanya.


Gimana dengan harga? Untuk harga silahkan jalan-jalan aja ya ke www.asus.com, di sana kamu akan dapat semua info tentang laptop ini.

SIAP PULANG KAMPUNG DENGAN SI KECIL "LASAK"
Tak ada manusia yang sempurna. Tak ada ibu yang luput dari salah. Di balik kelemahan saya menjaga anak, kelemahan saya menjaga benda sekecil Netbook, saya tetap berusaha menjadi yang terbaik. Ini bukan tentang kesempurnaan. Tapi tentang sebuah harapan. Harapan mewujudkan impian Queen, Kenzo untuk pulang kampung dengan membawa Laptop sekelas ZenBook S UX391UA, yang ringan, aman, no drama terinjak, terbanting, tersenggol atau terlindas sekalipun.

~Marza~

Artikel ini diikutsertakan dalam lomba blog yang diadakan Mbak Mira Sahid #LiburanAsikDenganLaptopASUS
#2019GantiZenbook

Sumber : Asus Indonesia

6 comments:

  1. Wah Kenzo anak yg pinter, saatnya mama ganti laptop yah hehe,
    Asus Zenbook ini bener2 tiada tandingannya mbak, aku juga mupeng
    oh iya slaam kneal ya mbak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. wkwkwk..kenzo juga sekalian ngejebol kantong maknya. iya betul oke banget. Salam kenal kembali.

      Delete
  2. keren ya laptopnya. saya termasuk pecinta asus dan setia pakai asus.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Keren banget. Fans ASUS keren nih..apalagi make laptop keceh gini. Sesuatu deh pokoknya

      Delete
  3. Keren bgts ya laptop nya, tipis dan handal... Cocok utk emak2 aktif dan anaknya juga super aktif... Pangin sih Ganti laptop yg cute begini.. Moga ada rezeki..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Keren banget malah mba, saya suga pengen ganti laptop keceh ini. Nunggu rezeki dulu. Hehe

      Delete

Terima kasih telah berkunjung ke blog saya, silahkan berkomentar dengan sopan.