#AyoHijrah Bank Muamalat, Solusi Solid Pengelolaan Financial Umat Secara Kaffah

May 02, 2019 Yulia Marza 25 Comments



Seseorang yang memiliki prinsip hidup, bisa dilihat dari cara ia mengambil keputusan. Baik keputusan berisiko besar maupun berisiko kecil sekalipun. Mengambil keputusan, berarti ia mampu mempertanggungjawabkan apapun situasi dan kondisi yang akan terjadi di kemudian hari.

Butuh nyali besar membuat satu keputusan. Di tengah tingginya dinamika hidup, problema yang datang silih berganti, banyak hal-hal yang terjadi di luar prediksi. Di sinilah keputusan mempengaruhi langkah ke depannya. Orang yang mempunyai prinsip hidup, akan mencari alternatif terbaik paling efisien, sebagai jalan keluar dari masalah yang dihadapi.


Keputusan #AyoHijrah Terbesar Dalam Hidup Saya 


Saya tipikal orang yang tak percaya diri memutuskan sesuatu. Apakah ini baik atau buruk bagi saya, selalu ada pendapat orang lain yang mempengaruhinya. Saya bahkan kurang mengenal diri saya seutuhnya. Bagaimana cara saya melakukan perubahan, bila tak mengenal passion diri saya sendiri?

Langkah pertama yang saya ambil adalah mengenal diri seutuhnya. Apa yang perlu dirubah, mengapa melakukan perubahan, dan target yang dicapai setelah perubahan, semua harus jadi pertimbangan, agar waktu hidup tak terbuang sia-sia.

Perlahan namun pasti, saya mulai berani mengambil keputusan. Salah satu keputusan terbesar pertama yang saya ambil adalah, memutuskan menikah. Hal terberat yang mungkin orang lain (baca: yang sudah menikah) pernah merasakannya. Karena menikah butuh keberanian, kekuatan dan niat yang tulus untuk melangkah. Menikah bukan lah soal gaya-gayaan, tren, keinginan akibat melihat teman menikah, atau ucapan spontan dari mulut yang harus segera direalisasikan.

Menikah lebih ke sunnah Baginda Rasulullah, yang sangat dianjurkan kepada umatnya. Sesuai dengan  Sabdanya: “Seburuk-buruk kalian, adalah yang tidak menikah, dan sehina-hina mayat kalian, adalah yang tidak menikah” (HR. Bukhari).

Tersentil dari sunnah tersebut, saya coba merenung, menelaah dan mempresentasikannya di kehidupan saya. Setelah melalui pemikiran yang panjang, dan niat ingin serius, akhirnya saya mantap menerima pinangan laki-laki yang telah mengisi hari-hari saya, di usia 29 tahun.

Saya yakin, sesuatu yang diawali dengan niat, hasilnya akan berjalan tanpa kendala. Dan tentu saja terakhir, diiringi doa kepada Sang Pemilik Raga, karena sesungguhnya, Dia lah yang Maha membolak-balikan hati manusia.

Keputusan terbesar kedua yang saya ambil adalah, menutup aurat. Hijrah dari yang sebelumnya terbuka, hingga menjadi tertutup. Faktor awal yang mempengaruhi saya kala itu adalah maraknya artis yang memutuskan hijrah, meninggalkan dunia keartisan dan berkumpul di majelis-majelis pengajian.

Tingginya pengaruh media yang menyajikan berita seputar hijrahnya artis tersebut, berimbas ke teman-teman media sosial saya, teman sekolah dan ke ruang lingkup kerjaan saya. Entah memang karena berita media itu, atau memang hidayah yang menghinggapi mereka, wallahualam. Yang pasti, satu persatu teman kantor perempuan, mulai membenahi diri, "hijrah" dengan berpenampilan lebih tertutup.

Saya sadar, secara tak langsung, media, artis dan teman-teman saya, telah memulai gerakan #AyoHijrah kepada rekan sesama muslim. Hijrah yang tak hanya sebatas penampilan saja, tapi juga menyasar hati dan pergaulan sehari-hari.

Saya pun tersentak dengan sikap positif teman yang berani membuat keputusan terbesar merubah gaya hidup. Lantas apa yang saya tunggu lagi? Bukankah saya pun ingin perubahan? Tanpa paksaan dari siapapun, dengan niat Lillahita'ala, saya mantap berhijab di 2016.

Beberapa teman yang berani berhijab

Makna Hijrah

Kita sering mendengar ucapan "Eh, si A sudah hijrah lo, si B juga sama, dan mereka aktif belajar dan sharing ilmu di pengajian Z. Alhamdulillah banget ya, bertambah calon penghuni surga"

Kalimat di atas acap kali terdengar sebagai apresiasi melihat teman yang telah berhijrah. Dari percakapan di atas, kita bisa menangkap makna hijrah lebih berkonotasi positif. Dalam artian, berubah ke arah yang lebih baik.

Namun, apa sih arti arti hijrah sebenarnya?

Menurut pendapat saya, hijrah bermakna pindah. Pindah dari ketidaktahuan, keapatisan, hingga menjadi tau, yang akhirnya membawa pada titik kulminasi, menjadi pribadi yang lebih baik.

Sedangkan hijrah menurut konteks Islam adalah meninggalkan yang dibenci Allah, menuju apa yang dicintaiNya, atau "hijrah kepada Allah dan RasulNya.

Lain lagi "Hijrah (bahasa Arab: هِجْرَة) artinya perpindahan/migrasi dari Nabi Muhammad dan pengikutnya dari Mekkah ke Madinah pada bulan Juni tahun 622.

Di sini bisa kita tilik, bahwa kata "hijrah" mempunyai makna yang cukup luas. Tergantung dari sisi mana kita melihatnya. Hijrah mencangkup segala aspek kehidupan dan penghidupan. Hijrah pada kehidupan, mengarahkan kita mencari lingkungan baru, agar tak kembali terpengaruh. Berucap hal-hal yang bermanfaat, dan mendedikasikan diri ke hal-hal yang berbau positif. Sedangkan untuk penghidupan, meraup penghasilan berkah melalui pengelolaan finansial yang sesuai tuntunan Islam yang kaffah.

Nah, ngomong-ngomong soal finansial, Alqur'an dan hadist sudah sangat jelas menerangkan hal ini. Pengelolaan finansial sangat penting untuk masa depan, karena erat kaitannya dengan kebutuhan hidup. Jangan sampai pendapatan selama ini, terbuang tanpa kejelasan. Sesuai QS. Al Isra' 26-27, "dan janganlah kamu menghambur-hamburkan (hartamu) secara boros. Sesungguhnya pemboros-pemboros itu adalah saudara-saudara syaitan dan syaitan itu adalah sangat ingkar kepada Rabbnya.”

Menyiasati pendapatan terbuang sia-sia, sebagian orang memisahkan pendapatannya menjadi tiga bagian, kebutuhan hidup, sedekah dan investasi. Sisanya disimpan/ditabung pada lembaga yang disebut bank.

Pemilihan bank yang baik, juga menjadi point penting dalam penyimpanan dana. Bank yang sesuai dengan syariat Islam (syariah) lebih menjamin keabsahan dana dibanding bank konvensional. Hijrahnya memilih bank sesuai syariat Islam, adalah satu keputusan terbaik menghindarkan diri dari transaksi tanpa kejelasan atau bunga riba.

Salah satu bank yang bisa jadi pilihan untuk menyimpan dana adalah Bank Muamalat Indonesia. Bank berbasis Islam, yang sekaligus menjadi pelopor bank syariah pertama di Indonesia.

Hijrah versi Bank Muamalat

Bank Muamalat & Gerakan #AyoHijrah 

Bank Muamalat Indonesia memulai perjalanan bisnisnya pada 1 November 1991, atau 24 Rabi’us Tsani 1412 H, sebagai Bank Syariah pertama di Indonesia. Pendirian Bank Muamalat Indonesia digagas oleh Majelis Ulama Indonesia (MUI), Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI) dan pengusaha muslim, yang kemudian mendapat dukungan dari Pemerintah Republik Indonesia. Sejak resmi beroperasi pada 1 Mei 1992 atau 27 Syawal 1412 H, Bank Muamalat Indonesia terus berinovasi dan mengeluarkan produk-produk keuangan syariah.

Diantara banyak produk yang dilaunching Bank Muamalat, salah satunya adalah "kampanye Ayo Hijrah". Program yang telah dilangsungkan pada 8 Oktober 2018 lalu ini, tidak hanya sebatas memperluas fungsi Bank Muamalat sebagai penyedia layanan perbankan syariah saja, tapi juga sebagai agen yang ikut berperan aktif menggerakan umat, sekaligus mengajak masyarakat untuk berhijrah, khususnya dalam hal mengelola keuangan.

Bank Muamalat juga menginginkan gerakan #AyoHijrah atau "lebih baik" ini, menyasar seluruh masyarakat Indonesia, terus meningkatkan diri dan memilih jalan hidup #AyoHijrah yang sesuai dengan tuntutan Islam yang kaffah.

Cita-cita yang hendak diwujudkan oleh Bank Muamalat adalah :
  - Menyetarakan pertumbuhan nasabah bank syariah, agar setara dengan kondisi rakyat Indonesia yang mayoritas muslim.
  - Menjadikan Bank Muamalat sebagai pusat dari Ekosistem Ekonomi Syariah dan turut membangun industri halal di Indonesia dengan memanfaatkan perkembangan teknologi.

cr :https://www.bankmuamalat.co.id


Tujuan dan Bentuk Gerakan #AyoHijrah

Tujuan #AyoHijrah
-  Peningkatan kualitas diri, baik secara individu maupun organisasi.
- Semakin kaffah menjalankan syariat Islam, khususnya dalam konteks layanan perbankan syariah.

Bentuk Gerakan #AyoHijrah
1. Seminar / edukasi tentang perbankan Syariah.
2. Open booth di pusat kegiatan masyarakat
3. Kajian Islami dengan narasumber dari kalangan ulama.
4. Pemberdayaan masjid sebagai salah satu agen perbankan Syariah.

Secara umum gerakan #AyoHijrah dikemas dalam kegiatan-kegiatan yang mengajak masyarakat untuk terus meningkatkan diri dalam berbagai bidang, khususnya mulai berpindah menggunakan layanan bank syariah untuk hidup yang lebih tenang dan berkah.


Mengapa #AyoHijrah ke Bank Muamalat?

1. Bank Muamalat adalah bank pertama murni syariah di Indonesia yang berdiri sejak tahun 1992.

2. Bank Muamalat tidak menginduk dari bank lain, sehingga terjaga kemurnian syariah nya.

3. Pengelolaan dana di Bank Muamalat didasarkan pada prinsip-prinsip ekonomi syariah yang dikawal dan diawasi oleh Dewan Pengawas Syariah.

4. Bank Muamalat memiliki produk dan layanan keuangan lengkap yang ditunjang dengan berbagai fasilitas seperti Mobile Banking, Internet Banking Muamalat dan jaringan ATM dan Kantor Cabang hingga ke luar negeri.

Contoh produk Bank Muamalat seperti di bawah ini :

Untuk point terakhir, masih dalam proses pengajuan kepada Regulator/OJK).


Cara Kerja Bank Muamalat

Secara umum, mungkin kita sudah mengenal dan paham sistem dan cara kerja bank. Namun tahukah kamu bila sistem kerja Bank Syariah berbeda dengan Bank Konvensional?

Pada dasarnya, Bank Syariah melarang transaksi-transaksi di bawah ini,
1. Perniagaan atas barang-barang haram.
2. Bunga (riba)
3. Perjudian dan spekulasi yang disengaja (maisir).
4. Ketidakjelasan dan manipulatif (gharar).

Tentu hal ini juga berlaku pada Bank Muamalat Indonesia. Sebagai pelopor bank syariah pertama di Indonesia, Bank Muamalat paham betul akan hal tersebut. Lantas bagaimana dengan cara kerja Bank Muamalat ini?

1. AKAD
Ikatan atau kesepakatan antara nasabah dengan bank yakni pertalian Ijab (pernyataan melakukan ikatan) dan Kabul (pernyataan penerimaan ikatan) sesuai dengan kehendak syariat yang berpengaruh pada obyek perikatan, misalnya akad pembukaan rekening simpanan


2. MARGIN
Besarnya keuntungan yang disepakati antara bank dan nasabah atas transaksi pembiayaan dengan akad jual beli (murabahah). Margin pembiayaan bersifat tetap (fixed) tidak berubah sepanjang jangka waktu pembiayaan.

3. NISBAH
Porsi bagi hasil antara nasabah dan bank atas transaksi pendanaan dan pembiayaan dengan akad bagi hasil (Mudharabah dan Musyarakah).

4. MURABAHAH
Akad jual beli dimana harga dan keuntungan disepakati antara penjual dan pembeli. Jenis dan Jumlah barang dijelaskan dengan rinci. Barang diserahkan setelah akad jual beli dan pembayaran bisa dilakukan secara mengangsur/cicilan atau sekaligus. Dalam perbankan syariah akad ini biasa digunakan untuk pembiayaan KPR.

5. MUDHARABAH MUQAYYADAH
Akad yang dilakukan antara pemilik modal untuk usaha yang ditentukan oleh pemilik modal (Shahibul Mal) dengan pengelola (Mudharib), dimana nisbah bagi hasil disepakati di awal untuk dibagi bersama, sedangkan kerugian ditanggung oleh pemilik modal. Dalam terminologi perbankan syariah ini lazim disebut Special Investment. Contoh dari akad ini yaitu antara nasabah penabung dengan bank.


Achievement

1. Peringkat 1 - Satisfaction, Loyalty, and Engagement Award 2019.
2. Golden Award Corsec & Corcomm Terbaik - Kategori Bank Publik
3. Anugerah Syariah Republika 2018 – Kategori The Fastest Growing Income Sharia Bank.
4. ATM Bersama Awards 2018 – Kategori Best Active Terminal Bank Syariah.
5. BAZNAS Award 2018.
6. Best Islamic Financial Institution Indonesia - Global Finance World's Best Islamic Financial Institutions Awards 2018.
7. TOP CSR 2018 kategori Program Pembinaan UMKM dan Koperasi.
8. 2 Besar Bank Swasta Tbk-Terbaik di Indonesia 2018 Buku II Asset > Rp Rp 25 T - Economic Review.
9. Mobile Application Best Choice Award - Infobrand 2018


Pengaduan Nasabah & SalaMuamalat

Untuk pengaduan nasabah, kamu cukup masuk ke menu pengaduan nasabah, dan mengisi form yang telah disediakan. Namun, bila ingin bertanya lebih detail bisa langsung ke SalaMuamalat.

SalaMuamalat merupakan layanan Phone Banking 24 jam melalui nomor 1500016 dan untuk nasabah yang berada di luar negeri dapat mengaksesnya melalui +6221 8066 8000 yang memberikan kemudahan kepada nasabah, setiap saat dan dimanapun nasabah berada. Dengan menghubungi SalaMuamalat anda dapat melakukan:

Informasi Saldo
Cek Mutasi
Transfer antar rekening Bank Muamalat hingga maksimal Rp.50.000.000
Pembayaran Zakat Infaq Shodaqoh
Informasi Produk Pendanaan
Informasi Produk Pembiayaan

Media Sosial Bank Muamalat

Kamu bisa mempelajari gerakan #AyoHijrah beserta produk dan program Bank Muamalat melalui media sosial di bawah ini.

Facebook  : BankMuamalatIndonesia
Instagram : Bank.Muamalat
Twitter      : BankMuamalat
Youtube    : Bank Muamalat
Website   : www.bankmuamalat.co.id

Tunggu apalagi, #ayohijrah berani berubah bersama Bank Muamalat, Bank Syariah pertama Indonesia, yang melayani umat secara kaffah.


Artikel ini diikutsertakan dalam lomba Blog #AyoHijrah Blogger Perempuan Network dan Bank Muamalat Indonesia.

25 comments:

  1. Banyak juga penghargaan yang diraih oleh Bank Muamalat ya kak, dan salut bank muamalat bisa memiliki gerakan #AyoHijrah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget kak, gerakan ayohijrah mudah2an awal bangkitnya keuangan umat ya kak. Aamiin.

      Delete
  2. gebrakan yg hebat, syalut buat bank.muamalat and sukses buat buk Yulia.Marza..smoga smakin byk umat yg berhijrah ke jln yg penuh berkah...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe, makasih say, sukses juga buat kita semua lah ya..

      Delete
  3. Ayohijrah, ikut hijrah, terus ajak keluarga dan temen2 lalu Saya buat tabungan di muamalat,

    ReplyDelete
    Replies
    1. siap, mantap banget, yuk nabung di Bank Muamalat.

      Delete
  4. Alhamdulillah saya baru saja menikah beberapa hari yang lalu. Semoga pernikahanku sakinnah mawadah warahmah, amin.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin, semoga samawa ya mas, langsung dapat momongan.

      Delete
  5. Wah luar biasa ya pencapaian yang sudah dilakukan dan diterima oleh Bank Muamalat. Semoga terus berkembang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener Ko, pencapaiannya banyak banget, ya sudah pasti lah, yang pertama selalu is the best. hehe

      Delete
  6. Menabung dengan tenang di Bank Muamalat, terhindar dari riba, dengan produknya yang halal dan menggiring kita ke hijrah...Sukses buat Bank Muamalat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yup, Bank Muamalat mengelola financial secara aman dan transparan mba.

      Delete
  7. Bank Muamalat ini pernah jadi tempat saya belajar saat kuliah Ekonomi Syariah di Malang, memang sudah bagus sejak dulu namanya. Dibuktikan dengan banyaknya pencapaian yang didapat. Semoga terus maju dan berkembang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, bagus tuh, dari dulu kalau nanya bank Syariah, ya Muamalat, betul kan Sil?

      Delete
  8. Keputusan saya dan istri yang kurang populer juga menikah wkwk.
    Kami menikah waktu saya berusia 25 dan istri berusia 22 tahun.
    Guess what? Kami bersyukur sekali, karena dengan usia pernikahan yang sudah lewat sedikit dari 5 tahun, kami berhasil melewatinya bersama.
    Berdua, kami pun hijrah memerangi riba dan membersihkan diri darinya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ternyata penganut nikah muda ya.Alhamdulillah banget dah terhindar dari riba, saya masih bertahap nih..Mudah-mudahan ada rezeki dilunasin semuanya dan beralih ke bank Syariah. Aamiin

      Delete
  9. Hijrah finansial berarti meninggalkan yg ada unsur riba dan gharar ya..seperti semangat yg digaungkan bank muamalat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semangat bank muamalat, semangat membangun negeri dalam hal financial. ya kan kak?

      Delete
  10. Hizrah ke aktivitas non-riba adalah tujuan mulai. Semoga bisa melaksanakannya dan tidak tergoda untuk pinjam-pinjam di bank manapun karena bunga dan margin, hasil akhirnya sama aja. MENCEKIK! hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehe..iya ya, namanya bank pasti ada akad dan konsekwensinya, setuju kedua belah pihak, ayo. Nah disini perlu diperhatikan pemilihan bank yang baik itu seperti apa? Yang penting tidak memberatkan. ya kan mba?

      Delete
  11. Kak Lia basis ekonomi syariah yang dikembangkan Muamalat itu seperti apa?

    Terus kalau kita buka tabungan, berarti di BM ga pake bunga dan potongan administrasi ya kak?

    Lumayan berprestasi juga bank ini ya kak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bank Muamalat menggunakan sistem bagi hasil chay, tidak ada biaya adminstrasi, dan tidak ada bunga. Dulunya hanya ada biaya penggantian penarikan tunai ATM, sebagai akibat penarikan dilakukan di ATM bersama. Sekarang dah gratis.

      Delete
  12. alhamdulillah memutuskan hijrah adalah hal yang penting dalam hidup.semoga dengan hijrah bisa lebih baik dan senantiasa diberikan kemudahan.

    saya dulu saat memutuskan hijrah juga benar benar memantapkan niat, biar ga berubah niatnya.

    program bank muamalat ini bagus jg ya.
    nti mau pelajari detilnya dulu sebelum ikut

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hijrah lebih baik tuh, sesuatu banget uni, kapan lagi memulai kalau gak sekarang? Iyes, bagus banget, rencananya saya mau buka juga nih di bank Muamalat.

      Delete
  13. Alhamdulillah sudah hijrah menutup aurat. Hijrah bukan perkara yang gampang, banyak pertimbangan dan pastinya tidak mudah

    ReplyDelete

Terima kasih telah berkunjung ke blog saya, silahkan berkomentar dengan sopan.