Saturday, July 31, 2021

Agar Tak Cepat Busuk, Ini Tips Menyimpan Mangga Manis Setelah Belanja




buah mangga
buah mangga

Mangga di TaniHub adalah buah tropis yang umumnya dimakan dalam keadaan segar. Kandungan vitamin C yang kaya, manfaatnya sama pada buah lemon, anggur, maupun jeruk. Sebelum membeli buah berdaging kuning tersebut di platform belanja online, TaniHub, ketahui terlebih dahulu cara tepat memilih buah yang benar. 

1. Perhatikan Bentuknya

Bentuk juga mengindikasi kematangan pada buah tersebut. Buah mangga yang matang umumnya memiliki bentuk bulat pada bagian atas. Rasa yang dimiliki lebih manis, dibandingkan buah yang berbentuk lonjong atau panjang. Jadi, jangan sampai terkecoh saat memilihnya di tempat belanjaan.

2. Aroma yang Kuat 

Buah yang memiliki khasiat untuk mengobati jerawat itu akan menguarkan aroma yang sangat kuat dan khas, apabila sudah matang. Aroma tersebut dapat tercium meski hanya melalui kulitnya. Cara ini sudah umum dilakukan karena aroma pada buah tersebut merupakan indikasi dari kesegarannya. 

Berbeda dengan yang sudah matang, buah yang mentah cenderung tidak mengeluarkan aroma. Ada pula yang mengeluarkan bau fermentasi. 

3. Ketebalan Kulit Mangga

Buah mangga yang sudah matang bisa dideteksi juga dari ketebalan kulit. Untuk yang matang, kulitnya akan cenderung lebih tipis. Buah yang manis biasanya masih kaya akan kandungan air. Sembari memperhatikan ketebalan kulit, berat buah juga bisa ditimbang-timbang kembali. Buah yang berat mengandung banyak air.

Jika buah belum matang, bungkus dengan koran atau kertas. Setelah itu, simpan pada tempat yang bersuhu hangat supaya lebih cepat matang. Kertas untuk membungkusnya bisa diganti menjadi kain. Bungkus dengan menyisakan bagian yang cukup berlubang supaya udara bisa masuk. Buah juga bisa ditimbun di dalam beras.

Tujuan dari pembungkusan dan sisa udara yang diberikan adalah supaya gas etilen bisa terlepas, sehingga proses pematangan menjadi lebih cepat. Dalam waktu enam jam, buah bisa dicek kematangannya. Caranya tentu masih sama dengan menggunakan wangi atau berat buah. 

4. Perhatikan Batangnya

Batang akan menunjukkan bagaimana buah tersebut diambil dari tangkainya. Buah bisa dipetik paksa atau digunting. Cara untuk melihatnya cukup mudah. Tinggal perhatikan lubang yang berada di atas buah. Ciri pada buah yang tidak dipetik paksa adalah lubangnya yang dalam, tidak ada bekas lagi dari batangnya. 

Selain itu, akan tampak sebuah permukaan yang sedikit menonjol. Pilih buah yang ujungnya tidak masuk atau seperti dipotong paksa. Perlu diketahui, ada dua jenis mangga yang dapat dilihat dari batangnya, yakni yang permanenannya lepas ranting (mengeluarkan getah) dan tanpa lepas ranting (tidak menghasilkan getah). 

5. Lihat dari Warna Kulit

Inilah tips yang paling mudah untuk melihat kesegaran buahnya, dengan mengamati bagian dekat batang, apakah dihiasi noda hitam atau tidak. Noda hitam pada bagian atas menandakan bahwa buah tersebut telah matang. 

Namun, perlu diperhatikan kembali jika terdapat terlalu banyak noda hitammya. Itu berarti mangga sudah terlalu matang atau busuk, sehingga tidak akan enak untuk dinikmati.

Jika sudah matang, buah bisa disimpan di kulkas. Bakteri yang akan mempercepat proses pembusukkan akan terhambat. Proses pematangannya pun menjadi terhenti. Jika ingin lebih awet, potong dan kupas mangga, kemudian simpan di dalam wadah yang tertutup. Simpan di dalam kulkas untuk dikonsumsi di kemudian hari. 

Itulah beberapa tips menyimpan dan memilih buah mangga dengan baik. Beli buah-buahan segar dan manis hanya di TaniHub, platform belanja yang bisa diakses melalui website atau aplikasi. Kamu akan mendapatkan banyak promo dan produk terbaik. Setiap bahan makanan akan dikenali dengan berbagai fakta menyenangkan. Setiap produk dapat mewujudkan menu makanan yang sehat, dengan harga dan layanan terjangkau.


1 komentar:

  1. kalau setelah di kupas lalu di masukan ke dalam kulkas gimana ya mbak?

    ReplyDelete

Terima kasih telah berkunjung ke blog saya, silahkan berkomentar dengan sopan.