Mengintip perkawinan dengan Adat Aceh dan Palembang


Pernahkan gaes menghadiri pesta perkawinan? baik itu teman, maupun kerabat? Pernah dong.. Mungkin ada beberapa temans yang hanya melihat pesta dengan adat Jawa, Padang dan Sunda saja. Memang Adat itulah yang paling sering di sorot melalui media cetak, Televisi maupun medsos lainnya. Baik dari nikahan sodara, artis, anak konglomerat maupun anak pejabat.

Nah..di sini saya akan mengupas sedikit tentang pernikahan teman saya yang bernama Lisa. Yang akhir Juli kemarin, saya menghadiri pesta pernikahannya. Menariknya, Lisa menikah dengan pria asal Palembang, sedangkan Lisa sendiri berasal dari Aceh. Wah...2 adat yang berbeda ya.. Gimana sih dengan pesta perkawinannya? Adat apa juga yang mereka pake dari awal sampai akhir acara? Penasaran kaan..Yuk..kita simak..

Seperti kita tau, Aceh dan Palembang sama-sama berada di pulau Sumatera. Saya, anda dan mungkin sebagian orang belum terlalu tahu adat Aceh itu apa aja sih? Apakah karena berasal dari pulau yang sama, adatnya juga sama? atau mungkin berbeda? Secara garis besar tentu ada persamaannya, tapi bedanya dimana ya? kita bahas sedikit tahapan pada adat Aceh yuk..
  1. Ba Ranup, atau prosesi lamaran. Kerabat calon pengantin pria yang pintar berbicara, di utus menemui keluarga calon pengantin wanita, dengan tujuan menayakan, apakah si wanita sudah ada yang memiliki atau belum. Apabila pinangan disetujui, selanjutnya keluarga calon pengantin pria datang kembali dengan membawa sirih sebagai simbol penguat ikatan.
  2. Jakba Tanda, atau pembicaraan ulang tentang Ba Ranup, dimana keluarga calon pengantin pria, membahas tentang hari pernikahan dan mahar. Pada acara Jakba Tanda ini keluarga pengantin pria membawa makanan dan barang barang seperti : beleukat kuneeng dengan tumphao, buah-buahan dan pakaian untuk wanita, yang tentunya disesuaikan dengan kemampuan pria nya.
  3. Pesta Pelaminan, terdapat prosesi tueng dara baro atau penjemputan secara adat. Pihak pengantin pria menjemput wanitanya yang selanjutnya kedua mempelai melakukan akad di depan kadi.
Biasanya setelah pesta selesai, masih ada acara adat  yang mesti di jalani sang pengantin. Tapi teman saya melakukannya gak ya? Secara, kalau di perantauan, proses A sampai Z biasanya tidak terlalu ribet kan, atau diambil gampangnya saja, tanpa meninggalkan adat itu sendiri. Hihihihi...

Karena teman saya yang perempuan dan dari Aceh, maka adat pihak pria kita bahas di lain waktu saja. Mengingat pengantin pria juga mengalir darah dari 2 daerah yang berbeda, yakni Palembang dan Padang. Jadi terlalu panjang untuk menjelaskannya. Maaaf..

Back to nikahan Lisa. Dalam Undangan, pesta dimulai pukul 2 siang, saya dan teman saya Teh Lina datang ke pesta pada pukul 11.30. pada saat break kerja dan mengingat ada kegiatan juga ke tempat lain sore nanti. 

Pesta diadakan di rumah sang pengantin wanita. Meski di perumahan, tapi suasana "wah" sudah tampak dari gerbang masuk, seperti tiang-tiang yang menyerupai sebuah jalan yang di hiasi dengan lampu kerlap-kerlip serta di alasi dengan karpet merah. Ck..ck..ck sesuatu bangeeet..

Melihat ke atas langit-langit pelaminan, suasana merah, gold, ingu dan putih menghiasi pandangan mata. Ditambah disisi kanan yang didominasi warna ungu dan putih. keempat warna tersebut, seakan menjadi warna yang kontras untuk tema pesta kali ini. Detail dari pesta Lisa ini, mungkin bisa jadi reverensi buat rekan yang mau melamar sang pujaan hati ke jenjang yang lebih serius. Dan bagi para jomblowan jomblowati, disimpan aja dulu, buwat tema pesta kalo sudah dapat calonnya. :)

Proses acaranya.

Pertama, tentu prosesi ijab kobul, di laksanakan pada pagi hari, ditanggal yang sama. Untuk acara nikah ini, pengantin pria dan wanita menggunakan pakaian serba putih. Biar ada nuansa adatnya, pengantin pria memakai Tanjak. Gak tau kan Tanjak itu apa? Tanjak yaitu sebuah kain yang dibentuk menyerupai sebuah bentuk yang dipakaikan dikepala.
Pesta siang harinya, Pengantin menggunakan pakaian adat Aceh yang berwarna merah untuk wanita dan hitam berkain merah untuk sang pria. Wah..tampak serasi sekali ya, si cewek cantik dan si abang ganteng. Jadi kebayang memori saya 7 tahun yang lalu :>



Waktu sore harinya, kedua mempelai kembali bertukar pakaian. Kali ini warna yang dipilih adalah Biru Pekat. Bisa kita lihat disini mereka memakai adat Padang kombinasi Palembang pada sang pria ya, kalo gak salah di atas kepala pengantin pria nyaitu Taluak Balango kan Lis?


Yang menjadi pusat perhatian saya pada pesta ini antara lain:
  1. Undangan yang dibuat seperti notes, yang dihiasai dengan pita pink dibagian luar, dan adanya photo calon pengantin pria dan wanita.
  2. Gerbang menuju area pesta yang dibuat semenarik mungkin.
  3. Area pesta memakan habis 1 blok perumahan, kira-kira 10 rumah kiri kanan.
  4. Adanya poto pre-wed yang di susun di atas meja tepatnya di sebelah kanan area pesta, yang dihiasi dengan bunga, chic dan keren abis.
  5. Dekorasi pelaminan dan tempat duduk para undangan yang segar dan nyaman.
  6. Singgasana pengantin yang di hiasai oleh waterwall.
  7. Dan terakhir, adanya sauvenir dari pengantin sebagai tanda terima kasih atas kehadiran di pestanya.
Poto-potonya bisa disimak dibawah ini :


Undangan pesta yang keren



Isi dalam undangan (detail acara dan denah)




Gerbang menuju area pesta




Tempat pagar ayu dan buku tamu undangan


Dekorasi tempat dipajangnya poto pre-wed

Dekorasi langit- langit pesta yang berwarna gold, putih dan ungu


Singgasana pengantin dengan waterwall di area hitam
Menarik kan? Nah, Itu sedikit cerita saya tentang pernikahan dengan 2 adat yang berbeda. Siapa yang akan menyusul nih ke pelaminan lagi? 
Untuk Lisa dan Adit, Selamat menempuh hidup baru ya, mudah-mudahan menjadi pasangan sampai akhir hayat. Aamiin.

Sekedar mengingatkan ya gaes :
Menikah mungkin impian semua orang. Membawa sang kekasih untuk melangkah ke jenjang yang lebih serius, butuh persiapan, kekuatan dan mental yang tangguh. Adanya komitmen untuk menjaga suatu hubungan sangat diperlukan sekali dalam berumah tangga. Jangan sampai, senang di awal, menderita pada akhirnya. Atau dengan kata lain, bercerai!
Jangan sampai ya..



Menyambut HUT RI ke-71 ala PJB 2 Sagulung Batam

  
Gerbang PJB 2
Bulan Agustus ini, negara tercinta kita Republik Indonesia, merayakan ulang tahunnya yang ke 71. Seluruh rakyat Indonesia menyambut dengan suka cita. Yel..yel dan pekik kemerdekaan membahana di setiap penjuru negeri. Bendera di kembangkan, lagu kebangsaan dikumandangkan dan tidak lupa juga beraneka lomba diadakan, khusus untuk menyambut hari kemerdekaan Negara tercinta ini.

Semarak menyambut HUT RI ini, juga tergambar di komplek Perumahan Taman Batu Aji Indah Tahap II, atau yang lebih di kenal dengan PJB 2. Rapat diadakan. Panitia di bentuk, dan undangan telah di sebarkan di setiap RT. Pilihan lomba sudah disepakati, tidak lupa juga "PIC" setiap lombanya. Acara diadakan di lapangan posyandu PJB.


Kali ini panitia sudah mengantisipasi jangan sampai ada peserta yang sudah mendaftar , tapi tidak bisa ikutan karena alasan kuota sudah penuh, atau hal lainnya. Mengingat kejadian tahun lalu, peserta membludak dan  banyaknya yang mau ikutan, sehingga beberapa anak tidak mendapat giliran. 


Maka panitia berinisiatif dan memutuskan kalo lomba dimulai 2 minggu sebelum hari "H" nya. Mengingat, peserta tidak hanya anak-anak saja, tapi juga para orangtua mereka.


Untuk mengantisipasi keadaan yang tak terduga, Panitia juga di bantu oleh "Rismaba" atau Remaja Masjid Al quba', tapi khusus remaja lelaki saja. Semua perangkat RT juga di libatkan. Mulai dari RT 01 sampai RT 10, semua warga ikut membantu dan sangat antusias dengan diadakannya lomba ini. Akhirnya, semua mata melirik ke lapangan posyandu guna menyaksikan keseruan lomba yang berlangsung.


Beberapa panitia dari Rismaba
Nah pengen tau kan, Lomba apa aja sih yang diadakan di perumahan ini. Kita cekidot ya..
  1. Balap karung
  2. Makan kerupuk
  3. Tusuk balon 
  4. Memasukan paku dalam botol
  5. Memasukan belut dalam botol
  6. Lari dengan membawa kelereng
  7. Lari dengan 3 balon
  8. Lomba sepeda lambat
Untuk lomba No. 1-4, di adakan tanggal 7 Agustus. 
Kategori pertama untuk anak-anak putra dan putri, dilanjutkan untuk remaja dan dewasa. Planning acara ini dimulai setelah shalat zuhur dan berakhir sebelum maghrib. Untuk menghemat waktu, panitia mengadakan lomba penyisihan secara serentak, di lanjutkan dengan mencari juara pertama, kedua dan ketiga. 

Lomba makan kerupuk
lomba memasukan belut dalam botol
Banyaknya anak-anak yang mau mendaftar untuk ikut lomba, membuat abang-abang panitia sedikit kewalahan. "Sabar..sabar.. yang antri ya.." acapkali terdengar diantara riuhnya suara anak-anak yang ingin ikutan.
Arena bermain anak
Pada tahap pertama ini, panitia juga menyediakan arena bermain anak sebagai sarana penyemangat kegiatan. Tidak usah bayar, alias gratis..tis. Sehingga tempat yang penuh dengan lautan anak-anak ini, jadi arena lompat sana, loncat sini serta gelak tawa
kegirangan. 

Bagi ibu-ibu yang anaknya masih Batita harus waspada dan di awasi, mengingat banyaknya anak-anak yang lari kesana dan kemari. Tapi bagi yang sudah TK dan SD, jangan khawatir, ada panitia yang stand by di setiap sudut lapangan yang  akan mengawasi dan mengkoordinir acara sampai selesai. 

Yel-yel penonton terdengar riuh saat lomba berlangsung. Banyak yang ikut berpartisipasi, dan tidak sedikit juga yang datang khusus memberi dukungan bagi teman-temannya. Untuk lomba tahap pertama ini berjalan dengan sukses, tertib dan aman. Tidak ada kecurangan dan tidak ada yang di diskualifikasi. Panitia pun sudah mengantongi juara 1, 2 dan 3 untuk masing -masing kategori per lomba.



Lomba No 5-8, diadakan tanggal 14 Agustus, 

Kali ini timing  sedikit dipercepat, dimulai pada pukul 8 sampai pukul 11 dan di lanjutkan setelah shalat zuhur hingga selesai. Untuk lomba kali ini peserta membludak 2x lipat di banding minggu kemarin. Walaupun tetap berjalan sukses dan aman, namun beberapa anak putra tidak bisa mengikuti lomba, karena kuota peserta yang sudah melampaui batas. Kasihaaan..
Juara kesatu, dua dan ketiga pun juga sudah di kantongi oleh Panitia per lomba.

Nah.. pas dI tanggal 17 Agustus, semua warga, di undang untuk menghadiri upacara peringatan hari kemerdekaan yang bertempat masih di arena posyandu. Lapangan terisi penuh. Acara berjalan dengan khidmat dan lancar.

Khusus para orangtua, panitia juga mengadakan lomba Memasak nasi goreng. Acara di adakan Ba'da Isya di tempat yang sama. Masing-masing RT mengirimkan 2 orang wakilnya yang akan mengikuti lomba ini. Alat-alat harus disiapkan sendiri ya ibuk-ibuk?

Puncak acara peringatan HUT RI ini terjadi tanggal 20 Agustus kemarin. Di awali dengan jalan santai, pembagian hadiah setiap lomba, dan diakhiri oleh pembagian kupon lucky draw.
kupon lucky draw
Walaupun cuaca tidak mendukung, para warga RT 01 sampai 10 ini, tetap semangat untuk datang. Apalagi acara puncak ini juga di hadiri oleh Bapak H. Irwinsyah SE.MM, Anggota Komisi III DPRD Kepri. Tapi Pak Irwinsyah gak bisa lama-lama, mengingat padatnya jadwal kunjungan beliau ke tempat lain. Alhasil, jepret..jepret berfoto dengan Bapak Irwinsyah sebelum pulang. Senyum ya buk..
Photo bersama Pak Irwinsyah
Nah..itu cerita menyambut HUT RI ala perumahan tempat tinggal saya PJB 2. Pasti keseruan yang sama juga terjadi di tempat anda, teman dan di semua daerah di Indonesia.
Dirgahayu Indonesiaku ya..MERDEKA!!





Beberapa kata untuk Collective noun


Hai gaes, tahu kan dengan bahasa Inggris? Tau dong. Semua orang tau Bahasa Inggris tapi tidak semua orang yang suka dengan bahasa yang satu ini. Ada yang mengerti tapi susah mem pronoun. Ada yang sama sekali buta dengan bahasa ini. Dan ada juga yang mengerti dan fasih sekali berbicara atau di sebut juga fluent. 

Tapi, di sini saya akan membagi sedikit kata untuk menunjukan kelompok, kumpulan, kawanan dll, yang sering di sebut dengan Collective noun, dalam keseharian
Dibawah ini ada beberapa contoh dan cara pengucapannya.

a swarm of rabbits (e swo:m of rebits) sekawanan kelinci
a bunch of flower (e bantc of flauez) seikat bunga
a bunch of bananas (e bantc of bena:nez) sesisir pisang
a heap of stones (e hi:p of stouns) setumpuk batu
a heap of sand (e hi:p of send) seonggok pasir
a heap of books (e hi:p of buks) setumpuk buku
a ball of string (e boul of string) segulung tali
a bottle of milk (e botl of milk) sebotol susu
a bowl of  soup(e boul of su:p) semangkuk sup
a bowl of rice (a boul of rais) semangkuk nasi
a plate of rice (e pleit of rais)sepiring nasi
a bar of chocolate (e ab: of cokelit) sebatang cokelat
a crowd of people(e kraud of pi:pl) khalayak ramai
a flock of deer (e flok of dea:) sekelompok rusa
a pair of shoes (e pe: of shu:z) sepasang sepatu
a pair of glasses ( e pe: of gla:ziz) sebuah kacamata
a party of tourists (e pa:ti of tuerist) serombongan wisatawan
a row of houses (e rou of husiz) sederet rumah
a slice of cake (a slais of keik) sepotong kue
a piece of paper (e pi:s of peipe) sehelai kertas
a sheet of paper (e shi:t of peipe) selembar kertas
a piece of wood (e pi:s of wud) sepotong kayu
a line of washing (e lain of wo:shing) sederet jemuran
a line of trees (e lain of tri:z) sederet pohon
a box of matches (e bos of metciz) sekotak korek api
a pile of blankets(e pail of blengkits) setumpuk selimut
a glass of water (e gla:s if wo:te) segelas air
a cup of coffee (e kap of ka:fi) secangkir kopi
a spoon of salt (e spun of salt) sesendok garam
a bucket of water (a baket of wo:te) seember air

Nah perlu sedikit hafalan saja sih untuk memperlancar bahasa inggris dalam keseharian.
Next saya akan update lagi di lain kesempatan. Moga bermamfaat.

Mengenal Sejarah Kampung Tua yang ada di Batam

Sumatera bisnis.com
Siapa sih yang tidak mengenal Kota Batam? Daerah ini dulunya masuk kepada wilayah Provinsi Riau. Namun pada tanggal 24 September 2002, Batam memisahkan diri dari provinsi tersebut dan menjadi Provinsi yang ke 32 yang bernama Kepulauan Riau.

Penduduk asli Batam adalah orang Melayu. Mereka hidup sebagai nelayan, yang mendiami daerah pinggiran pantai pulau ini. Namun, seiring berkembangnya Batam dan banyak nya terbuka lapangan pekerjaan, membuat masyarakat dari berbagai penjuru Indonesia bermigrasi ke Batam. Alhasil, warga asli pulau ini seakan "tersingkir" oleh pendatang dari luar.

Sebagai pekerja yang mungkin telah lama mendiami pulau ini, bahkan kebanyakan telah menjadi warga Batam, mungkin hanya segelintir orang yang tahu tentang kampung tua yang ada di disini. Nah..mari kita cari tau, ada berapa si gaes Kampung Tua di Batam ini?

Mungkin sebagian dari kita sempat bertanya-tanya, mengapa nama daerah di Batam itu agak sedikit "aneh" di banding daerah yang lain? Apa sih historinya? mengapa bisa bernama jodoh, batu merah, sungai panas dll.
Nah.. ini dia sedikit cerita tentang kampung tua yang ada di Batam.

1. KAMPUNG JODOH.

kaskus.co.id

wartakepri
Atau yang di kenal dengan nama jodoh. Eit, tapi jangan mikir yang aneh-aneh dulu. Daerah ini bukan tempat mencari jodoh bagi yang jomblo atau sempat berpikiran sebagai biro jodoh..bukaaannn..Kampung ini mempunyai sejarah tersendiri. 

Pada masa pemerintahan Raja Muhammad Yusuf tahun 1858 tempat ini belum dinamai jodoh. Lalu datang lah orang Ladi yang ingin mengabdi sebagai panglima dan hulubalang. Selain itu ada juga pelaut-pelaut Bugis yang berdatangan ke tempat ini.

Raja mempunyai seorang Putri yang bernama Mayang, yang akan di jodohkan dengan salah seorang panglima yang menang dalam ajang adu tanding antara Panglima Ladi dan Pangeran Bugis. Akhirnya pangeran Bugis lah yang berhak bersanding dengan Putri Mayang. Orang ladi yang mengalami kekalahan kecewa dan akhirnya membunuh sang raja. Sedangkan pangeran Bugis tetap menikahi Putri Mayang setelah pemakaman ayah dari Putri Mayang. 

Mungkin itulah asal muasal nama Kampung Jodoh yang dikenal sampai saat ini. Sekarang ini, jodoh sudah berubah menjadi lahan pengembangan Perumahan dan banyak terdapatnya Mall.

2. KAMPUNG BAGAN.


Lokasinya sekarang berada dekat dengan Tanjung Piayu. Daerah ini dibuka pada tahun 1879 oleh warga nongsa yang bernama Nong Isa. Beliau membuka daerah ini dengan cara "bebagan" alias berkemah didalam hutan. Mereka menebangi lahan untuk dibuat kebun dan ditanami buah-buahan.

Nama asli daerah ini sebenarnya adalah Tanjung Bagan yang artinya Tanjung tempat berkemah. Pada tahun 1965 kampung ini juga dijadikan markas TNI (KKO) sebagai tempat penyimpanan amunisi, stok makanan dan obat-obatan. Sekarang lahan tempat bebagan itu adalah Masjid tua At Taubah.

3. DURIANKANG dan SEI BEDUK.
batamnews.co.id
Sebelum jadi DAM seperti sekarang, daerah duriankang dulunya bernama Sungai Tongkang. Tempat tinggal sebagian besar warga Tionghoa yang bermigrasi dari daratan China. Mereka datang menggunakan Perahu sebagai alat transportasi.

Sepanjang bantaran sungai yang mereka lalui, banyak terdapat  pohon durian besar. Mereka menyebutnya dengan Duriankang, yang artinya Durian Besar. Nama itulah yang akhirnya menjadi nama daerah itu sampai sekarang ini.

Sedangkan nama Beduk adalah pukulan beduk untuk menyemangati para anak buah tongkang agar cepat sampai ke tempat tujuan.
Duriankang dan Sei Beduk ini juga pernah dijadikan Markas TNI (KKO), yang dilengkapi dengan peralatan perang / Jet Tempur.

4. MUKA KUNING

tentangkotabatam.blogspot.com
Dulu muka kuning bernama Mekah kuning. Nama Mekah kuning diambil dari nama Ikan Seriding yang berwarna kuning. Dulunya daerah ini adalah lahan pertanian yang digarap oleh warga Tionghoa dan orang Flores. Karena perubahan waktu dan pengaruh berbagai dialek. maka nama Mekah Kuning berubah jadi Muka Kuning.

Sekarang Muka Kuning adalah kawasan terpadu dan menjadi perusahaan Elektronik terbesar di batam, yang dikelola oleh Batamindo Industrial Centre (BIC), yang mulai dibuka pada tahun 1990.

5. KAMPUNG KABIL.

Nama kabil berasal dari kata "ma'bul yang berarti kabul. Di ucapkan pertama kali oleh seorang musafir dari Siak Sri Indrapura yang bernama Cik Awang. Kampung ini mulai dibuka pada tahun 1909 pada masa pemerintahan Sultan Tengku Abdul Rahman.

Tanah nya yang hijau, membuat Cik Awang mempunyai banyak keinginan dalam hati. Salah satunya membuka lahan pertanian. Dan semua niatnya terkabul. Hingga dikenal lah kampung ini dengan sebutan Kampung Kabul, yang lama-kelamaan berubah menjadi Kabil.

Pada tahun 1932 Cik awang meninggal dunia dan di makamkan di kampung dengan nama Said Siak, sesuai dengan gelar beliau. Namun tahun 1973 kuburan di pindahkan ke kampung Ngedan. Sekarang lahan bekas kuburan itu, berdiri lahan industri  yang berdiri atas nama PT. Batam Mas Mega, Kabil.

6. KAMPUNG PANAU


Terletak dekat daerah Nongsa. Menurut hikayat..nama ini berasal dari manusia pertama sekali menghuni kampung ini. Sang istri mempunyai penyakit kulit yang di sebut panau. Sedangkan suaminya berkulit hitam legam dan di panggil Wak keling. Tahun 1949 hingga 1953 kampung panau semakin banyak penduduknya. Selain dari suku Melayu juga mulai berdatangan orang dari Timur yakni Bugis, Buton dan Flores.

7. KAMPUNG NONGSA


Dalam sejarah kampung ini pertama kali dibuka boleh raja Isa. Nama kampung ini diambil dari nama timang-timangnya "nong isa" alias tengku Nong. Lama kelamaan berubah jadi NONGSA hingga sekarang. Penduduknya kebanyakan orang Bugis yang berkebun Kelapa. Ramai orang berpendapat, bahwa kampung Nongsa lah kampung paling tua dan juga pusat pemerintahan pertama.

8. KAMPUNG BELIAN




Terletak dikawasan tepi Batam Centre. Di kampung ini terdapat makam tua yang berumur 200 tahun dengan panjang 3 meter.

9. SUNGAI TERING Dan BATU MERAH




Terletak tidak jauh dari tanjung sengkuang, yang didiami penduduk sekitar tahun 1960. Dulu di muara sungai dihuni oleh orang Tionghoa dan hulunya dihuni orang Jawa, yang nama daerah nya dikenal Melcem sampai sekarang.

Tahun 1949 daerah ini hanyalah kampung nelayan kecil. Dan di pinggir pantai terdapat kelong-kelong betawi yang dibuat orang Tionghoa yang melewati Tanjung Datuk. Di dalam kampung ini terdapat lagi perkampungan yang bernama Batu Merah. Daerah ini dibangun pertama kali boleh Daeng Tambak yang asal Bugis. Pembangunannya di teruskan oleh Pak Merah seorang pengumpul batu. Tahun 1976 tempat ini ramai ditinggali warga pendatang. Karena ramai orang melihat Pak Merah sebagai pengumpul batu, makanya dinamakan lah daerah ini dengan Batu Merah.

10. KAMPUNG TIBAN


batamtoday.com
Kampung tiban banyak dihuni oleh orang ladi yang mengabdi pada raja Melayu. Datangnya orang Bugis yang menikahi penduduk setempat, sehingga dianugrahi keturunan yang bernama semani. Mereka menempati perkampungan Tiban dan hidup dengan berkebun. Dihulu sungai tiban ada perkampungan baru yang dibuka oleh perantau minang dan selayar. Perkampungan itu sekarang dikenal dengan nama Tiban kampung.

11. TANJUNG UMA


Seorang penghulu kampung patam ingin memperluas wilayahnya ke arah Barat yakni Pulau Lepu. Pantainya yang putih banyak dijumpai kerang yang disebut remis atau tuma. Dulunya tanjung uma dipimpin oleh seorang kepala kampung yang bernama Hamzah Usman. Dan daerahnya ini, tempat penghasil kebutuhan masyarakat.

12. TANJUNG RIAU


Tanjung Riau mulanya diperuntukan sebagai tampat pertemuan Raja Lingga dan kerabatnya, sebagai tempat untuk mengatur strategi dan upaya mengusir penjajah. Daerah ini diapit boleh 2 sungai, yakni tamiang dan sei harapan.

13. BATU BESAR

Terletak di sebelah utaa pulau batam.dulunya kampuang ini bernama lobang gorap, yang diambil dari nama ikan kerang kecil di tepi pantai. Tempat ini terkenal dengan penghasil kopra yang dijual ke Singapura. Kampung inilah yang pertama kali memiliki SR atau Sekolah Rakyat pada tahun 1957.

14. TANJUNG UNCANG


keprinet.com
Terletak di sebelah barat daya pulau batam. Dulunya adalah sebuah tanjung yang mempunyai pantai yang begitu indah,dan juga menjadi Pangkalan militer Jepang. Mulai berpenghuni setelah penjajahan Jepang berakhir.

Pada tahun 1985, muncul lah Industri perkapalan yang terkenal sampai ke mancanegara sampai sekarang ini. 

15. DAPUR 12

Dulunya tempat ini banyak dihuni oleh warga Tionghoa. Mereka bekerja sebagai pembuat kayu arang. Salah satu dari warga ini membuat & membangun dapur arang sebanyak 12 dapur. itulah kenapa nama ini lekat dengan nam Dapur 12. Dan sejak tahun 1990 banyak pebisnis yang melirik daerah ini sebagai industri perkapalan.

16. BATU AJI

Nama daerah ini bermula Dari sebuah batu yang berbentuk kopiah haji yang terletak di dekat pantai Sagulung barat, tepatnya di hadapan PT.Sintai sekarang. Tahun 1980 terjadi perluasan wilayah, dan menjadi beberapa bagian, seperti Batu Aji lama, Kavling lama, Perumnas dll.

17. SEKUPANG.


beritasatu.com
Nama ini berasal dari sejenis kerang kupang yang banyak terdapat di perairan Johor. Di buka pertama kali tahun 1839. Menurut cerita, dulunya tempat ini dihuni boleh seorang petualang dari Sumatera yang mempunyai ilmu harimau jadi-jadian. Tahun 1920 orang tersebut dikabarkan hilang dan hanya ditemukan makam keramat di tempat itu yang bernama Keramat Sekupang. Dulu daerah Sekupang juga di sebut Sungai Pembunuh. Karena banyak nya lanun atau perompak yang di hukum mati oleh algojo. Sehingga berganti nama dengan sungai harapan. Di kawasan ini dulu terdapat sungai yang telah berubah jadi bendungan yang bersebelahan dengan Rumah Sakit Otorita Batam.

Sekarang Sekupang juga terkenal dengan tempat pelabuhan Ferry Nasional dan Internasional.

18. SUNGAI PANAS

Daerah ini berdampingan dengan kampung Belian, Bengkong dan Sungai Tering. Sungai panas didiami penduduk pertama kali di sekitar wilayah biara Batam Centre. Banyak pohon bakau tumbuh di daerah ini, namun karena tanah di sekitarnya terlalu panas, pohon ini tumbuh kerdil. Karena sangat panas itulah maka di namakan sungai PANAS hingga sekarang.

Itulah sedikit kupasan tentang keberadaan kampung tua di Batam ini. Semoga bermamfaat



Menghadapi teman baru yang bermuka dua di tempat kerja

Pernah gak sih, mbak, mas, moms mempunyai teman baru yang orangnya keliatan diem, lugu dan sedikit berpura-pura bego, ternyata bermuka dua? Di depan kita baiknya minta ampun, lugunya kebangetan, ternyata dibelakang ngadu domba kita ama teman lain. Ck..ck..ck.. enaknya di apain ya orang seperti ini?

Dalam Islam Rasulullah SAW bersabda :
“Sesungguhnya, termasuk orang yang paling buruk adalah orang bermuka dua yang mendatangi mereka dengan satu muka dan mendatangi yang lain dengan muka lain.”

Dalam riwayat lain disebutkan, “Sesungguhnya termasuk orang terburuk di sisi Allah pada Hari Kiamat, adalah orang yang bermuka dua.” (HR. At-Tirmidzi dari Abu Hurairah)

Nah..mari kita bahas lebih dalam lagi tentang teman yang mempunyai sifat seperti ini. Apa sih yang menyebabkan dia bersikap demikian? Kok bisa-bisanya anak baru yang masih hitungan bulan bekerja, sudah ngomongin yang aneh-aneh?

Sedikit kita telisik dari apa yang kita jalani sehari-hari, maupun dalam pergaulan, tidak sedikit orang yang mempunyai sifat seperti ini. Banyak rupa dan tingkah laku teman yang kita temui. Ada yang baik, acuh, cuek, tomboy dan ada juga teman yang menikam dari belakang. Bagi mayoritas pekerja di Batam, kedatangan teman kerja baru bukan lah menjadi suatu hal yang aneh. Berlakunya sistem kontrak, memang mengharuskan banyaknya orang yang datang dan pergi silih berganti pada satu Perusahaan.

Bagi karyawan tetap seperti saya, kadang ada dilema tersendiri menghadapi teman baru di tempat kerja. Selalu muncul berbagai macam pertanyaan, apakah dia orang baik? Apa orang yang akan menikam dari belakang? Dengan kata lain bermuka dua? Mengapa seseorang bisa berpikiran demikian?.

Seperti yang pernah di alami seorang teman saya pada Perusahaan yang berbeda. Pernah ada satu orang karyawan baru, yang masih dalam sistem kontrak yang masih berjalan 3 bulanan. Awalnya dia bersikap sangat manis, dan logat bicaranya seperti meyakinkan kalau dia itu orang yang baik-baik. Sebagai orang lama yang telah bekerja 10 tahun lebih, teman saya selalu welcome dengan siapapun, termasuk juga karyawan baru.

Selama satu bulan dekat, si "anak baru" selalu bertanya tentang kondisi Perusahaan, orang-orang sekitar sampai hal yang detail dari orang tersebut, ditanyainya. Sebagai karyawan lama, mungkin pertanyaan seperti itu bagi karyawan baru adalah hal yang wajar. Butuh perkenalan lebih untuk bisa menyesuaikan dengan lingkungan yang baru.

Tapi setelah kedepannya, ada sesuatu yang berbeda dengan si "anak baru" tersebut. Dia mulai mendekati seseorang yang level nya lebih tinggi. Awalnya teman saya tidak ada pikiran buruk, dan menganggap hal ini wajar terjadi. Namun beberapa hari kemudian terjadilah hal yang tidak diduga sama sekali. Ternyata baru ketahuan, si anak baru mulai ngomong tentang si ini, tentang si itu dan segala macam yang lainnya. Seolah-olah mengadu domba satu teman dengan teman yang lainnya. Hmmm..keterlaluan sekali.

Bagaimana ya cara menghadapi orang yang memakai topeng, atau dengan kata lain bermuka dua seperti ini :

  • Jangan terlalu percaya dengan orang lain.                              Bersikaplah sewajarnya, jangan menceritakan hal yang terlalu spesifik kepada orang yang baru kita kenal. Boleh jadi dia memang menyimpan rapat rahasia itu, atau menceritakan nya kembali pada orang lain. Secara kita belum tau kan sifat aslinya gimana.
  • Tegur secara halus.                                                                Bicarakan, dan beri pengertian secara lisan bahwa apa yang dilakukannya itu salah. dan jangan sampai mengulanginya lagi.
  • Beritahu atasan tempat bekerja.                                                    Beri tahu atasan tempat bekerja, apabila secara lisan si anak baru tidak merespon. Tindakan seperti ini cukup bijaksana, agar jangan sampai terjadi hal-hal yang akan mengganggu kenyaman dalam bekerja.
  • Jangan kucilkan si anak baru, apabila dia menyadari kesalahannya. Emang rada susah sih, memaafkan dan menerima kembali orang yang telah berkhianat. Setiap orang pernah melakukan kesalahan, ada baiknya merangkul dia kembali, jangan kucilkan. Bisa jadi dia belajar dari kesalahannya selama ini agar lebih berhati hati dalam bersikap.
Nah...sekian sedikit cerita dan tips menghadapi teman yang bermuka dua di kehidupan sehari hari, khususnya pada lingkungan kerja yang memegang tinggi team work. Semoga ada sedikit hikmah dari cerita dan tips diatas. Selamat membaca.



Euforia hari pertama sekolah.

SDN 001
Tahun ini Queen masuk sekolah. Gak terasa dah 6.8 tahun umurnya. Dari awal tahun kemarin sudah mulai saya bertanya sama Anak. "Queen mau sekolah di mana? SD Negeri atau swasta?" Awalnya dia menjawab "seterah la" #gaya anak batam bicara. Bulan besok ditanyain lagi pertanyaan yang sama. jawaban kali ini sedikit berubah. "Queen mau di 05 aja, ada kak Nurul, ada si ini, si itu" dan semua teman yang bersekolah disana yang di kenal Queen di sebutnya satu persatu.

Alamaaaakk.. Padahal saya sebagai Mom nya menginginkan nih anak sekolah di SDN 01 aja. Akibat dengar kanan kiri yang bilang di sini sekolahnya begini, di situ sekolahnya begitu. Pusssiiingg....
Setelah usut punya usut memang sekolah ini lebih diminati sih dari pada yang ada di sebelah kiri 08 dan belakangnya 05. Selain luas, dan banyaknya kelas yang tersedia, faktor itulah menjadi pilihan utama kenapa sekolah ini jadi favorite masyarakat sekitar.#bingung nentuin pilihan.

Tapi dengan berbagai upaya dan cerita bla..bla..bla, akhirnya Queen mau juga masuk SDN 01. Dengan kesadaran sendiri menentukan pilihan akhir dan sedikit bujuk rayu dari Mom nya. Memang sih..mayoritas anak di lingkungan tempat tinggal kami, lebih memilih SD ini di banding 2 sekolah diatas.

Mulai dari pendaftaran, daftar ulang dan pengambilan baju, sampai masuk sekolah di jabani dengan sabar oleh Mom tersayang ini :). Bagi saya yang bekerja, tentu sudah jauh hari mengajukan cuti untuk persiapan anak masuk sekolah ini. walaupun hanya cuti setengah hari saja. Sekedar informasi, bagi anak yang bersekolah di SD Negeri biaya sekolah gratis, hanya perlu mengeluarkan dana untuk beli baju yang sudah disediakan oleh pihak sekolah, yakni baju atasan batik, seragam olah raga dan juga baju melayu. Untuk seragam merah putih dan Pramuka, Moms harus beli sendiri di toko baju yang sudah tersedia di Mall atau Minimarket dekat rumah.

Tanggal 20 Juli hari yang di nanti telah tiba. Saatnya siap-siap berangkat mengantarkan my little girl ke sekolah. Membangunkan Queen yang sudah biasa terlelap di pagi hari butuh sedikit tenaga untuk membawanya bangkit dari tempat tidur.  Dan pagi ini, jalanan penuh dengan orangtua yang mengantarkan anaknya ke Sekolah. Mulai dari TK, SD dan SMP. Wah.. seperti ada keseruan tersendiri, membuka ingatan kembali ke tahun 80an, saat pertama masuk SD.#senyum-senyumsendiri.


Untuk anak baru kelas I, disini para orangtua harus sedikit aktif untuk mencari sang anak ada di kelasberapa. Setelah menjelajah ke beberapa kelas, akhirnya di temukan kalo nama Queen ada di kelas 1 D. Untung kelasnya masih kosong dan hanya ada 2 orang siswa saja yang sudah mengisi barisan paling depan. Legaaa..#sambilngelusdada. Rada cemas juga sih, kirain seperti yang dilihat di TV, para moms ribut ampe dorong-dorongan satu sama lain agar sang anak duduk di barisan paling depan. Tapi sepertinya di SDN 001 Sagulung ini tidak terjadi "bentrokan" antar Wali, cukup tertib dan teratur sih.#acungjempoldeh.

Hari pertama ini, sekolah belum terlalu banyak beraktifitas, hanya upacara bendera, mencari kelas dan jam 9 di izikan pulang ke rumah. Sudah selesai kegiatan hari ini, mengantarkan dan menunggui Queen di sekolah barunya. Mudah-mudahan Queen jadi anak yang pintar dan aktif di sekolah. Aamiin.
Queen dan teman-teman

Sekedar tips untuk anak yang mau masuk sekolah :

  • Pilih sekolah yang tidak jauh dari rumah.
  • Ada baiknya bertanya pada anak, sekolah mana yang di inginkannya, walapun orang tua punya pilihan sendiri.
  • Apabila orang tua tidak menyukai sekolah pilihan anak, beri anak pengertian kenapa sekolah pilihan orangtuanya lebih baik dari pilihannya.
  • Jangan sampai memaksa kehendak pada anak, yang akhirnya bisa membuat anak malas ke sekolah, hanya karena alasan tidak ada teman yang akrab dengannya.
Sedikit cerita dari saya untuk hari pertama Queen masuk sekolah. Gimana dengan cerita moms yang lain?



Bagi yang putus cinta..Pelajari tips cantik Move on dari Sang Mantan

Setiap orang pernah merasakan jatuh cinta, tidak sedikit juga yang  patah hati karenanya. Melupakan seseorang yang pernah singgah di hati, bukanlah hal yang mudah. Butuh waktu, kekuatan, dan perjuangan yang harus dilalui. Adakalanya depresi dan rasa takut selalu menghantui setelah kejadian ini. Terutama bagi para Ladies, yang diputuskan sepihak oleh sang Mantan.

Namun bagi para para lelaki, putus cinta adalah hal biasa, karena logika lebih berperan penting daripada perasaan. Tapi tidak bagi para Ladies, yang lebih bermain perasaaan dalam segala hal. Menangis adalah salah satu cara pelampiasan terbaik selama ini. Tidak sedikit para Ladies yang berpikir, dunia telah berakhir, dan ada kalanya terucap, lebih baik sakit gigi daripada putus cinta. Hmm..., seperti judul lagu saja ya.

Emosi yang berlebihan, amarah yang tidak terkendali, putus asa, serta hilangnya rasa percaya diri, sering terjadi pada sebagian Ladies, hilangnya waktu bersama, serta gagalnya akal sehat menerima semua kenyataan yang ada, juga menjadi salah satu faktor, susahnya para Ladies move on dari sang Mantan.

Nah, para Ladies, disini ada beberapa tips yang bisa dicoba, agar bisa move on dari sang Mantan :
  1. Jangan pernah berharap balikan dengan sang Mantan. Kalo si mantan yang minta balikan, setelah beberapa lama tidak ada kabar, abaikan saja, jangan pedulikan, walaupun berbagai macam alasan yang dikeluarkannya.
  2. Niat penuh dalam hati akan melupakan. Apapun godaan yang dilancarkan sang mantan, tetapkan hati, jangan bergeming, bayangkan saja sakit yang telah ditorehkan dalam hatimu.
  3. Carilah sahabat yang bisa diajak sharing dan membantu kita untuk move on. Sahabat yang baik, dengan senang hati akan membantu sahabatnya yang lagi kesusahan, dengan kembali ceria dan mengurangi beban yang nyesek dihati. But Ladies, jangan pernah bercerita kepada orang yang baru dikenal ya, bisa jadi, dia akan menambah masalahmu dan memanfaatkan situasi yang ada.
  4.  Isi kekosongan hati dengan kegiatan positif. Seperti ikut Aerobic, Menulis, Les Tari, dll. Kalo Ladies punya sedikit tabungan, berlibur juga bisa menjadi alternative untuk bisa menyegarkan pikiran
  5. Jangan pernah mendengarkan lagu tentang patah hati. Lagu yang berirama melo bisa membuat hati semakin melo, ada baiknya, dengarkan lagu rock yang bisa memicu adrenalin kembali
  6. Perbaiki diri. Tunjukan kalau Ladies berharga, buat dia menyesal telah membuat keputusan yang salah, tunjukan kepada sang mantan, bahwa Ladies bisa mendapatkan yang lebih baik dari dia
  7.  Jangan lupa berdoa. Berdoa lah yang terbaik untuk jodoh dan masa depan, bangkit, dan mulailah membuka hati untuk seseorang yang baru, tidak hanya dia lelaki di muka bumi ini. Ingat ladies, diatas langit masih ada langit. 
Tidak semua tips diatas sanggup dilakukan para Ladies, Tapi, tidak ada salahnya mencoba ya. Hanya butuh waktu dan kesabaran, serta niat dari dalam hati. Berapa lama waktu yang dibutuhkan? Tergantung, seberapa lama Ladies sanggup menjalaninya.

Ingat, hidup adalah perjuangan. Jangan pernah menggantungkan harapan hanya pada satu orang. Karena disaat kita jatuh, kita akan hilang keseimbangan dan tidak tau kemana arah melangkah. Cintailah orang yang kita cintai dengan sewajarnya, karena disaat semua berakhir dunia tidak akan ikut berakhir.

Putus cinta bukan berarti kehidupan telah usai. Masih banyak laki–laki baik diluar sana, yang akan memberikan bunga cintanya pada Ladies. Jangan buang-buang waktu untuk hal percuma. Buatlah hari tetap berjalan, walaupun tanpa si Dia. Jangan putus harapan, bangkit, perbaiki diri dan buat lah yang terbaik untuk masa depan.

Satu hal yang harus diingat, laki–laki yang baik, akan menerima semua kelebihan dan kekurangan yang ada pada diri Ladies, dan tidak akan pernah membuat Ladies mengeluarkan airmata walau apapun yang terjadi. Karena bagi dia, airmata Ladies begitu mahal untuk terbuang sia – sia.

Jodoh ditangan Tuhan, yakin dan berserah dirilah kepada NYA. Masih ada keluarga tempat kita kembali. Di saat jatuh, mereka akan tetap ada dan menyayangi Ladies, walaupun terkadang kita melupakannya. So Ladies, Wake up and Never give up!



Fenomena hidup berumah tangga

Suami adalah laki-laki  yang telah kita pilih untuk mendampingi hidup, baik yang dipilih sendiri atau dijodohkan oleh orangtua. Suami yang baik akan berjuang bersama, sakit dan senang bersama sampai maut memisahkan salah satunya. Tapi tidak semua suami seperti yang kita harapkan. Adakalanya sang suami penyebab hati seorang istri menjadi gundah gulana. 

Harapan setiap istri mempunyai suami yang mengerti pekerjaan rumah. Yang bersedia mengulurkan tangan untuk membantu belahan jiwanya dari rutinitas keseharian. Letih, lelah yang menumpuk akan hilang kalo dirasakan bersama. Alangkah indahnya dunia bila seorang suami seperti ini. #walaupun terkadang gak pernah mau tau. Hufftt :(

Tidak sedikit istri yang mengeluh karena sang suami terlalu sibuk dengan kerjaan, tidak perhatian sedikitpun terhadap keluarga dan hilang nya waktu bersama. Adakalanya waktu bersama teman- teman, seperti nya lebih penting di banding keluarga. #Tepokjidat.

Bagaimanapun juga, surga istri adalah suami. Patuh dan taat kepada suami adalah salah satu kewajiban istri. Kesal, marah dan gondok, sepertinya semua istri pernah mengalaminya. Tapi karena rasa cinta dan sayang keluarga, ikrar nikah dan dosa yang besar kalo ngelawan suami, rasa itu hanya ditelan dalam-dalam. #Sedih banget padahal.

Namun tidak sedikit para istri yang sedikit membelot dari idaman suami. Di beri uang cukup tidak pernah bersyukur, di beri hadiah tidak pernah menghargai, di beliin ini itu sepertinya selalu kurang. Yach..wanita dimana-mana mah sama, mau nya lebih..lebih..dan lebih..

Suami sepertinya harus lebih memahami sifat dan karakter istri. Kadang istri marah-marah gak jelas, kadang diam dan tidak mau bicara, uring-uringan dan segala macam tingkah lainnya. Tapi kerjaan rumah masih tetap dilakoni sih. Trus suami mesti gimana?.

Ada suami yang mengerti. Kenapa sih istrinya sampai seperti ini? apa mungkin ia lelah? datang tamu bulanan, atau tersinggung dengan sikapnya belakangan ini?. Suami yang baik akan berusaha membujuk, menenangkan hati sang istri dari semua salah paham ini. Karena baginya tanpa tawa istri dirumah, suasana ibarat kapal yang kandas.

Tapi bagi suami yang zalim. Dia tidak akan peduli akan masalah yang terjadi. Yang dia tau keadaan rumah aman, semua masalah teratasi. Malah sang istri dipaksa menyelesaikan masalahnya sendiri. Tidak sedikit suami egois, yang mencari pelampiasan diluar rumah dari keadaan seperti ini.

Disadari atau tidak oleh suami,  mencari pelampiasan diluar rumah tidak akan meyelesaikan masalah. Hanya menambah masalah baru yang akan menggoncang keutuhan biduk rumah tangga. Pada akhirnya, setelah semua terjadi kedua belah pihak merasa tersakiti dan kadangkala bisa berujung di perceraian. Wallahuallam.

Fenomena yang terjadi dalam kehidupan berumah tangga ini, akan bisa teratasi kalo masing-masing kita bisa saling menghargai pendapat satu sama lain. Instropeksi diri dan menyadari segala kekeliruan. Jangan pernah merasa menang, karena dalam rumah tangga justru itu kekalahan yang terbesar.

Sekedar INFO dari saya bagi yang sudah berumah tangga, khususnya SUAMI :

  • Tahukah bagi yang bergelar suami, bahwa istri diciptakan dari tulang rusuknya yang bengkok?. Apabila di beri genggaman dan prilaku yang baik, dia akan lurus. Sebaliknya apabila dibiarkan maka akan tetap bengkok selamanya. 
  • Istri solehah adalah sebaik-baik perhiasan di dunia. Hargailah orang yang telah kau pilih untuk pendamping hidupmu. Bukan kah dia yang telah rela melahirkan anak-anakmu? dan menjadi guru serta pembantu baginya?.
  • Bertengkar adalah hal yang biasa dalam berumah tangga. Carilah penyelesaian secepatnya. Jangan pernah menumpuk masalah demi masalah, yang akhirnya hati menjadi jauh dan bisa berujung pada hal yang tidak diinginkan.
  • Sempatkanlah holiday berdua atau bersama anak-anak. Selain membuat fikiran fresh. juga mengembalikan romantisme yang hilang akibat rutinitas kerja.
  • Sempatkanlah waktu berkumpul bersama keluarga. Anak-anak akan mengambil contoh orang tua mereka akan jodoh hidupnya kelak.
  • Jangan membentak istri. Berusahalah tidak menimbulkan perang dunia ketiga dalam rumah tangga. Istri sanggup melakukan apa saja demi rasa sayang dan cintanya pada keluarga. Namun dengan satu bentakan saja, semua nya akan hilang dan layu.
  • Apabila istri marah, cukup dengarkan saja. Dia hanya butuh waktu untuk menata ulang hatinya. Apabila mood  baik nya sudah kembali, satu pelukan saja sudah menormalkan keadaan.
  • Dan jangan pernah berselingkuh. Apapun tujuan mencari WIL, itu akan menyakiti hatinya. Sakitnya melahirkan lebih sakit bila melihat suami bersama wanita lain. Dalam hal ini suami telah meletakan satu kaki dikeadaan istri mau menerima dan satu kaki di perceraian.
  • Jangan pernah melihat dan membandingkan istri dengan wanita lain. cantik dan manis didepan suami pasti setiap istri suka, tapi dia lebih memprioritaskan suami dan anak-anaknya daripada membeli make up dan perhiasan yang mahal.
Seorang istri tidak akan pernah membantah suami, melawan suami, apabila suami melakukan hal yang benar-benar manjaga keutuhan biduk rumah tangganya.

Lelaki yang hebat pasti ada wanita yang hebat dibelakangnya. Bagi suami yang mau mendengarkan hal-hal yang baik dari istrinya, tidak heran banyak suami yang sukses diluar sana. Tapi sebaliknya, suami yang egois hanya percaya dengan kata-katanya sendiri tanpa melibatkan istri dalam hal ini, sukses tidak akan menghampirinya.

Percaya atau tidak, rizki akan mengalir deras apabila kebahagiaan istri adalah hal paling utama bagi suami. Yang rela melakukan apasaja demi kebahagian suami dan anak-anaknya, walaupun kebahagiannya sendiri sering terabaikan. Doa istri akan selalu bagi pria yang dikasihinya.

Tapi sekali hati istri tersakiti, lukanya akan tetap ada sampai mati. Ibarat kertas putih yang ditulis, lalu dihapus, bekasnya masih akan terisisa. Jauhilah hal-hal yang akan memicu retaknya biduk rumah tangga. Perbaikilah selama masih bisa diperbaiki. 

Hal yang telah dibangun dari awal menikah, akankah sia-sia pada akhirnya?. Kemana arah rumahtangga, suami istri harus punya penyelesaian sendiri. Bisa bertahan sampai maut memisahkan salah satunya? atau berujung diperceraian. Wallahuallam.

Karena menikah adalah ibadah, Jadi berpikirlah sebelum bertindak. Jangan hanya ego sesaat, yang akhirnya penyesalan seumur hidup. 

Sekian serba serbi rumah tangga dari saya, jangan bosan bacanya kalo kepanjangan.
See ya..

Chef Junior ala Harris Hotel Batam Center

Sabtu 28 May 2016 kemarin adalah hari yang di tunggu bagi saya dan my little girl Queen. Pada hari itu ada kegiatan Chef Junior di Harris Hotel Batam Center. Hotel ini berlokasi di jalan Engku Putri Batam, berdampingan dengan Terminal Ferry Domestik, Mesjid Raya Batam, dan Pusat Perbelanjaan Mega Mall.

Baru pertama kali sih mengikuti acara seperti ini, share info dari teman Lina W. Sasmita yang kebetulan putrinya juga ikutan. Mumpung libur kerja, jadi semangat mau ikutan, kebetulan untuk menu belajar nya hari itu adalah Waffle dan Mini Pizza. Hmm..yummy.

Dari artikel yang saya baca, acara ini sudah berlangsung cukup lama, yang diadakan setiap Sabtu, pukul 4 sore. Cukup menarik untuk menumbuhkan minat memasak pada anak - anak. Bagi para Mama yang anak nya mau ikutan, bisa langsung datang ke Harris Hotel Batam Center atau via Telp di +62 0778 749 8888.

Hanya dengan Rp 100.000, sudah termasuk :

  • Teori dan praktek memasak dengan Chef HARRIS
  • Free Berenang
  • Hat Chef
  • Certificate

Acara ini hanya di batasi untuk 20 orang anak saja, jadi kalau yang mau ikutan, harus daftar lebih awal ya..Sekedar informasi, selama bulan Ramadhan besok, acara dihentikan sementara, dan dibuka kembali setelah Hari Raya Lebaran.

Sebelum acara memasaknya dimulai, para peserta diajak senam bersama dengan karyawan hotel, setelah itu duduk kembali di meja masing - masing yang tempat duduknya sudah diberi di beri nomor. Tujuannya agar masakan nya gak ketukar kali ya sewaktu penilaian nanti.

Persiapan senam bersama Chef Junior
 Pertama, para Chef Junior diajarkan membuat Waffle, Chef memperlihatkan contoh Waffle yang sudah di perdisiapkan. Kemudian, para peserta di minta membuat Waffle ala Chef, atau bisa juga membuat dengan kreasi sendiri. Waffle dengan tatanan yang menarik berhak menjadi juara dan mendapat bingkisan kecil dari Harris Hotel. Bagi yang kurang beruntung, Waffle nya boleh dicicipi aja atau di bawa pulang.


Waffle
                           

Mini Pizza ala Chef Queen
                     

Acara di lanjutkan dengan membuat Mini Pizza, sama seperti diatas, para Chef Junior harus membuat Pizza persis seperti yang di contohkan oleh Chef. Karena Pizza harus di Oven terlebih dahulu, sambil menunggu matang, peserta diajarkan mengambar, kali ini, gambar yang akan di buat adalah monyet.

Acara menggambar selesai, dan Mini Pizza sudah matang, sampailah di penghujung acara, Certificate di bagikan dan dilanjutkan dengan foto bersama. Bagi yang mau berenang, bisa ampe sepuasnya, tidak dipungut biaya alias gratis..tis..tis. Seru kan..

Chef Queen & Che Chilla
                 

Foto Bersama
Mumpung masih di Harris Hotel, kesempatan nih bagi Mak - Mak Kepo, melihat apa aja c yang ada di sini, lumayanlah buat referensi menginap. Well, setelah capek lihat sana sini, sudah waktunya pulang kerumah ni. See you next plan ya...