Monday, 23 May 2016

Aku dan Pegadaian

Gadai Emas di Pegadaian? Mudah kok. Dari pengalaman yang sudah saya alami, proses dari awal gadai sampai proses pencairan dana, hanya butuh waktu gak lebih dari 15 menit, tapi syarat dan ketentuan yang sudah ditetapkan harus lengkap ya, waktu mau gadai emas tahun lalu, kebetulan KCP Pegadaian persis di seberang rumah, tepatnya di Taman Batu Aji Indah tahap II, Kec Sagulung, Kota Batam.
Ternyata usut punya usut, KCP pegadaian ini sudah tersebar di tempat yang mudah di akses oleh masyarakat, yang lagi butuh dana cepat. Satu tips penting, kalau mau gadai Emas, sebaiknya cari kantor Pegadaian yang dekat dengan tempat tinggal kita, untuk memudahkan sewaktu proses pembayaran angsuran, dan gak kalah pentingnya, cari tau juga berapa harga emas yang beredar di pasaran saat itu, soalnya, kisaran harga emas yang akan kita gadai, biasanya di tentukan berdasarkan harga emas pada hari itu dan ditambah proses kalkulasi dan biaya yang ditentukan pihak Pegadaian.

Syarat dan ketentuan untuk gadai emas antara lain :
  1. Membawa emas yang akan di gadai ke Pegadaian.
  2. Membawa kartu identitas (KTP/SIM ) asli dan fotokopinya.
  3. Menandatangani Surat Bukti Kredit.

Proses transaksi gadai emas

Apabila harga emas yang ditentukan sudah deal, pihak Pegadaian akan mengeluarkan Surat Bukti Kredit berupa kertas warna hijau yang ada nama kita, nama barang, harga taksiran, tanggal kredit dan tanggal jatuh tempo, dan yang paling penting nih No. Resinya, karena kalau No. Resi nya gak jelas atau terhapus, pihak Pegadaian akan kesulitan untuk mencari dan mencocokan data yang ada, Surat Bukti Kredit ini tidak boleh hilang atau rusak, karena ini termasuk surat berharga.

    Surat Bukti Kredit

Tapi gak perlu cemas, kalo kertas rusak atau hilang, kita tinggal lapor aja ke pihak Pegadaian dengan syarat, 
  • Membawa kartu identitas (KTP/SIM) Asli.
  • Menyerahkan bukti rusak/hilang.
Pihak Pegadaian akan mengeluarkan surat keterangan pengganti Surat Bukti Kredit yang hilang/rusak untuk di urus ke Kepolisian setempat.
Apabila surat laporan dari Kepolisian sudah di peroleh, langsung aja berikan ke Pihak Pegadaian, yang langsung juga menerbitkan Surat Bukti Kredit yang baru dengan data yang sama dengan yang sebelumnya.

                                           Surat keterangan untuk ke Kepolisian

Yang perlu di perhatikan di Pegadaian Emas :


  • Tarif Sewa Modal per 15 hari, untuk 1 hari s.d 15 hari dihitung sama dengan 15 hari.
  • Sewa Modal dihitung sejak tanggal kredit sampai dengan tanggal pelunasan, hasilnya dibulatkan ke atas dengan kelipatan Rp. 100.
  • Kredit dapat dilunasi atau diperbarui (ulang gadai, mengangsur uang pinjaman, dan minta tambah uang pinjaman ) sampai dengan tanggal jatuh tempo.
  • Pihak pegadaian akan melakukan lelang, apabila sudah jatuh tempo pembayaran angsuran tidak dilakukan.
  • Pengambilan barang jaminan harus menyerahkan Surat Bukti Kredit asli dan menunjukan kartu identitas (KTP/SIM).

  • Dari poin di atas bisa di jelaskan, untuk pembayaran angsuran pertama dilakukan setelah 15 hari, dan bisa di cicil sampai tanggal jatuh tempo yang disepakati, bisa juga di bulan berikutnya kita mempunyai uang lebih, sisa pinjaman bisa dilunasi sesuai dengan harga yang tertera di bukti angsuran dan ditambah biaya administrasi oleh Pihak Pegadaian.
    Proses Lelang dilakukan apabila sudah tanggal jatuh tempo dan belum adanya tanda tanda dari Nasabah untuk membayar angsuran, maka hal yang pertama yang dilakukan oleh Pihak Pegadaian adalah mengirim pemberitahuan ke No. Ponsel yang sudah di register di awal transaksi, dengan tenggang waktu 2 minggu dari tanggal jatuh tempo.
    Contoh bisa di lihat dari gambar di bawah ini.

    Gampang kan. Nah..sekarang tunggu apalagi, Ayo, Gadai Emas di Pegadaian Emas, tidak hanya Gadai Emas aja lo Sahabat Pegadaian, masih ada lagi nih, seperti MULIA, Tabungan Emas, Konsinyasi Emas dan banyaaaak lagi program lainnya. Untuk lebih jelasnya, Sahabat Pegadaian langsung aja ya ke Kantor Pegadaian, buruaaann...Prosesnya aman, cepat dan gak bikin ribet.
    Sesuai dengan slogan Pegadaian "Mengatasi Masalah Tanpa Masalah''.







    1 comment:

    1. Aku kalau gadai belum pernah mba Yul, tapi temen pernah ngajakin beli emas yang dilelang karena empunya ga bisa nebus. Jadii paham begini ya caranya. Thanks mba Yul

      ReplyDelete

    Terima kasih telah berkunjung ke blog saya, silahkan berkomentar dengan sopan.