Showing posts with label Tips. Show all posts

Cara Membuat Paspor Batam di Mall Pelayanan Publik Gedung Sumatera Batam Centre



Paspor saya expired!! Itulah kata pertama yang terucap, tatkala saya membuka lembaran pertama yang berisi nama, poto dan masa expired paspor. Sebenarnya paspor saya expired tanggal 22 Agustus 2019, namun enam bulan kebelakang (tepatnya 22 Februari) paspor saya sudah terhitung mati. Dan tentu saja dampaknya, saya tidak akan bisa melakukan perjalanan ke negara mana pun.

Padahal, saya sudah janji akan bertemu teman yang kebetulan lagi tugas kantor selama 3 hari di Singapura. Tapi mau gimana lagi, dengan berat hati, saya katakan ke teman, kalau paspor expired.


PENGURUSAN PASPOR DULU & SEKARANG

Dulu
5 tahun lalu, mengurus paspor hampir memakan waktu sekitar 7 jam-an. Waktu itu saya datang pukul 8.30, dan dapat giliran pukul 15.30 WIB.

Belum lagi sekitar dua tahun lalu, pembuatan paspor biasa dan E-paspor, mengharuskan kita datang subuh demi mendapatkan nomor antrian. Bila kamu sempat menyaksikan dua tahun lalu, di depan Imigrasi yang tampak hanya barisan helm yang berjejer panjang dan satu dua orang saja di baris antrian. Cape kan.

Sekarang
Akibat banyaknya keluhan masyarakat tentang pelayanan pembuatan paspor, pihak imigrasi membuka cabang pelayanan yang tersebar di dua tempat, yakni di Harbour Bay dan Mall Pelayanan Publik Gedung Sumatera Batam Centre. Jadi, total ada tiga lokasi pembuatan paspor, tentunya yang utama tetap di Imigrasi Kelas I Batam Centre.

Pengajuan pun diseragamkan dengan menggunakan WA atau via aplikasi Imigrasi. Saya mengajukan via WA saja. Kebetulan pas saya ajukan, balasan WA mengharuskan saya datang untuk perpanjangan di Mall Pelayanan Publik Gedung Sumatera Batam Centre.

Pelayananan di sini lebih cepat dan cukup efisiensi. Hanya memakan waktu satu jam kurang. Lamanya hanya saat pengisian biodata saja. Dari selesai pengisian biodata ke poto paspor, saya hanya menunggu 15 menit. Entah pendaftar yang sedikit, atau memang mereka lebih memilih ke Imigrasi kelas I melalui aplikasi.

Entahlah. Seandainya setelah 5 tahun ke depan paspor saya expired, saya tentu akan memilih ke Gedung Sumatera ini saja.

Bagaimana proses pembuatan paspor di tempat ini? Yuk, kita cek step by step pembuatan baru atau perpanjangan paspor di Gedung Sumatera Batam Centre.


#LOKASI


Gedung Sumatera Batam Centre. Doc:Batamnews



Denah lokasi



#FORMAT PENGURUSAN PASPOR via WA


1. UNTUK SATU ORANG

NAMA#TANGGAL LAHIR(DDMMYYYY)#ALAMAT SESUAI KTP

Contoh : YUMA#02031990#PERUMAHAN NUSA BATAM BLOK Q.11 BATAM


2. LEBIH DARI SATU ORANG MASIH SATU KELUARGA

NAMA#TANGGAL LAHIR(DDMMYYYY)#ALAMAT SESUAI KTP#JUMLAH ORANG (termasuk kita)

Contoh : YUMA#02031990#PERUMAHAN NUSA BATAM BLOK Q.11 BATAM#4


3. PENDAFTARAN E-PASPOR

E-PASPOR#NAMA#TANGGAL LAHIR(DDMMYYYY)#ALAMAT SESUAI KTP#JUMLAH ORANG

Contoh :
E-PASPOR#YUMA#02031990#PERUMAHAN NUSA BATAM BLOK Q.11 BATAM

Untuk E-PASPOR dilayani hanya di imigrasi Kelas I Batam Center


Cek kembali data sebelum dikirim, apakah sudah sesuai dengan format yang ditentukan. Bila data sudah benar, kirim tepat pukul 07.30WIB. Biasanya lewat dari pukul 07.30, agak susah mendapat nomer antrian, walaupun di banner tertera jam pelayanan di mulai 07.30-10.00.

Perlu diingat!!
Jadwal pengiriman pesan via WA, hanya bisa dilakukan selama hari kerja, SENIN-JUMAT.

Nomer WA Batam Centre 0822-8886-2017
Kemungkinan besar diarahkan ke Mall Pelayanan Publik Gedung Sumatera Batam Center atau ke Imigrasi kelas I Batam Center

Nomer WA Harbour Bay
 085-5656-2017


#BALASAN WA DARI IMIGRASI


Jika pengiriman berhasil, maka akan ada balasan seperti di bawah ini.

Pendaftaran Antrian Anda Berhasil !! Dengan Data Sebagai Berikut :

Kode Pendaftaran : 088821004
Nomor WhatsApp : +62 813-6467-3646
Nama Lengkap : YUMA
Tgl. Lahir : 02-03-1990
Alamat : PERUMAHAN NUSA BATAM BLOK Q.11 BATAM
Tgl. Datang : 19-03-2019
Tujuan : Mall Pelayanan Publik - Gedung Sumatra

Jenis : BIASA

Perkiraan Nomor Antrian : 004

Jam Datang (Check In) : 07:45 WIB

Untuk Membatalkan Ketik #batal dan Perlu Diingat Bahwa Tiap Pembatalan Akan Berakibat Pemblokiran Selama 2 Minggu Kedepan!.

 ~ IMIGRASI BATAM ~

Jika tidak berhasil, jawabannya seperti berikut,

Mohon Ma’af… saat ini jumlah pemohon sudah terpenuhi. Silahkan melakukan pendaftaran ulang sesuai dengan format pada hari kerja (Senin s/d Jum’at) mulai pukul 07:30 s/d 10:00 !!

Maka kamu harus mendaftar kembali keesokan harinya.


#SYARAT DAN KELENGKAPAN DOKUMEN


Mengurus administrasi pastinya kelengkapan dokumen satu hal yang tak kalah penting. Sebaiknya siapkan kelengkapan dokumen seperti kiriman dari pihak Imigrasi di bawah ini.

Silahkan datang 30 menit sebelumnya dengan memperlihatkan pesan ASLI ini kepada petugas dan membawa materai masing-masing 2 buah, dokumen persyaratan fotocopy 1 rangkap (ukuran A4) & ASLI.

Persyaratan:
1. FOTO COPY EKTP (FC diperbesar)
2. FOTO COPY Kartu Keluarga;
3. FOTO COPY Akte Lahir / Ijazah / Buku Nikah / Akte Perkawinan (memuat nama, TTL & nama ortu);
4. FOTO COPY Dokumen ortu bagi permohonan untuk anak + paspor ortu;
5. FOTO COPY Paspor lama untuk penggantian;
6. Dokumen tambahan bila diperlukan*
7. Surat Domisili dari Kelurahan untuk KTP luar Batam

*Melampirkan surat keterangan domisili dari kelurahan untuk KTP luar Batam;
*Dokumen pendukung lainnya sesuai Surat Edaran Dirjenim No.IMI-0277.GR.02.06 Tahun 2017 tentang Pencegahan Tenaga Kerja Indonesia Nonprosedural
a. Untuk tujuan bekerja melampirkan Surat Rekomendasi dari Dinas Tenaga Kerja dengan ID TKI yang berlaku;
b. Untuk tujuan Umroh / Haji melampirkan Surat Rekomendasi dari Kantor Kemenag & Surat Keterangan dari Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umroh / Haji Khusus (PPIU/PPIH);
c. Untuk magang (pelatihan) & bursa kerja khusus melampirkan Surat Rekomendasi dari Ditjen Pembinaan Pelatihan & Produktivitas, Kementerian Tenaga Kerja;
d. Dan lain-lain.
🔹 Untuk mengetahui status pendaftaran Anda ketik #daftar
🔹 Untuk mengetahui persyaratan permohonan paspor ketik persyaratan
🔹 Untuk mengetahui biaya paspor ketik biaya
🔹 Untuk mengetahui cara pembayaran paspor ketik bayar

Kirim ke nomor WhatsApp:
Kantor Imigrasi - Batam Center: *0822-8886-2017*
Unit Layanan Paspor - Harbourbay: *085-5656-2017*

🚨 *Perhatian :* 🚨
🔹 Setiap pendaftaran *WAJIB* menggunakan nomor pribadi, kecuali keluarga dalam 1 Kartu Keluarga.

🔹 Sistem antrian akan membaca *Format* yang dikirimkan pemohon (untuk Kirim Foto EKTP/Akte Lahir boleh dilakukan Jika ada Konfirmasi Lanjutan dari Sistem Antrian).

🔹 Kami tidak menerima *Panggillan Telepon* atau *Video Call* via Whatsapp. silahkan lakukan panggilan telepon langsung (via Provider) ke nomor HOTLINE *0822-8886-2017* dan *085-5656-2017*

🔹 Untuk setiap chat WhatsApp diluar Format / Tidak Sesuai Format, tidak akan dilayani oleh sistem antrian.

🔹 Tidak dianjurkan mengirim lebih dari 1 pesan dalam 1 detik, Nomor anda akan diblok karena mengganggu jalannya sistem antrian, silahkan tunggu respon dari sistem, coba kembali dalam 10 menit.

🔹 Untuk melakukan pembatalan jadwal layanan (selambat-lambatnya 1 hari sebelum jadwal kedatangan) dengan cara ketik *#batal*

🇮🇩  IMIGRASI BATAM 🇮🇩


Pastikan saat mengurus paspor anak, syarat kelengkapan dokumen harus dokumen kedua orangtua. Tidak boleh salah satu pihak saja, dokumen ayah saja atau dokumen Ibu saja. Semua yang asli wajib dibawa. Karena seperti yang dibilang salah satu bapak Imigrasi, banyak kejadian pasutri yang rumah tangganya sedang bermasalah, melarikan anaknya ke luar negeri tanpa sepengetahuan suami atau istri.


#Di IMIGRASI GEDUNG SUMATERA

Saya sampai di Gedung Sumatera pukul 7.30. Jujur, ini baru pertama kali saya menginjakkan kaki di Gedung Sumatera Batam Center ini. Dulunya gedung ini diperuntukkan ketika ada acara/Expo. Sekarang telah berganti menjadi Mall Pelayanan Publik.

Digerbang masuk, saya sudah disuguhi taman dengan air di sekelilingnya. Kenzo langsung meletakan tangannya di air yang keluar dari lobang taman.

Beranjak ke dalam berisi unit pelayanan penting di Batam. Seperti Samsat, Badan pertanahan Nasional, Badan Pengusahaan Batam, ATB, Bright PLN, Notaris, PPAT dll. Ada juga ATM dari beberapa bank yang berdiri di sana.

Kenzo langsung bermain air

Di Gerbang masuk, saya sempat bertanya di mana posisi Imigrasi. Karena, ini pertama kali saya mengurus paspor di Mall pelayanan publik Gedung Sumatera.

Saya : Pak, mau nanya, imigrasi sebelah mana ya?"
Si Bapak : Oo...ibu belok kiri, posisinya paling ujung"
Saya : " Ok, Pak, Makasih".
Si Bapak : " Sama-sama Bu".

Sampai di depan Imigrasi, saya celingak-celinguk karena tidak tampak security yang berjaga. Biasanya di imigrasi kelas I, ada security yang bertanya dan melihat berkas yang kita bawa. Nah loh..kok ini beda?

Saya coba bertanya sama mba yang dah datang duluan. Ternyata dia sama bingungnya dengan saya. Akhirnya kita sama-sama nunggu apa yang akan terjadi. Karena saya lihat, kursi mereka masih banyak yang kosong. Itu artinya, saya kecepatan datang, karena kantor di mulai pukul 8.00 WIB.


BAGAIMANA SISTEM PANGGILAN NO ANTRIAN DI SINI?

Kira-kira pukul 8 lewat 15, salah satu bapak petugas mulai memanggil.
"Antrian no 1"
"Antrian no.2"
Dan seterusnya...
Itu artinya, nomor yang maju sesuai dengan pesan balasan WA yang kita dapat. Perkiraan antrian no berapa. Kebetulan saya dapat Antrian no. 004. Jadi lumayan cepat.


Apa saja step by step setelah pemanggilan?

1. Lihatkan balasan pesan WA ke petugas, sambil menyerahkan berkas asli dan potokopian.
Pastikan berkas anak, terpisah dari berkas orangtua. Masing masing potokopi satu lembar.

2. Setelah petugas selesai mengecek berkas, bila tak ada masalah, kita akan di kasih map kuning yang berisi formulir pengisian data. Jika berkas bermasalah, disuruh lengkapi dulu.
Misal, Kartu keluarga yang belum ditandatangani, atau KTP ketinggalan. Ini akan ditolak.

3. Isi data menggunakan huruf KAPITAL dan PENA HITAM.

4. Selesai isi data, kembalikan berkas ke counter pemanggilan pertama untuk untuk dicek ulang, kita disuruh menunggu untuk sesi poto paspor.

5. Nama pengurus paspor, akan dipanggil untuk sesi poto. Sebelum poto, kita diminta, scan sepuluh jari tangan.
Reminder : Saat membuat paspor, hindari menggunakan jilbab putih atau abu-abu terang, karena latar poto berwarna putih.

6. Setelah poto, petugas memprint kuitansi untuk pembayaran paspor di Bank BNI yang berada di lantai dua. Si petugas bilang, setelah pembayaran, paspor selesai maksimal 1 minggu.

Kuitansi diserahkan, saya langsung menuju ke BNI lantai dua Gedung Sumatera. Tak ada antrian, saya pun langsung menuju ke teller dengan biaya sesuai dengan paspor yang saya ajukan.

Sebagai catatan : Pakailah pakaian yang sopan, jika hendah ke kantor pemerintahan. Jangan memakai celana pendek bagi pria atau rok terlalu pendek bagi wanita. Yang penting sopan dan rapi.


# BIAYA PASPOR

Paspor 24 halaman :
Rp. 155.000

Paspor 48 halaman :
Rp.  355.000

E-Paspor :
Rp.  650.000


#PENGAMBILAN PASPOR

Hanya 3 hari kerja. Selasa saya ajukan, Jumat, saya langsung dapat balasan via SMS, bahwa paspor telah selesai. Sedikit kaget sih, pelayanannya lebih cepat, mungkin karena perpanjangan kali ya.

Pengambilan paspor tetap dilakukan di satu tempat, yakni Imigrasi Kelas I Batam Centre. Sebelum ke Imigrasi, jangan lupa membawa bukti pembayaran paspor, karena itu salah satu syarat pengambilan.

Ketika sampai di imigrasi, masuk ke ruangan yang bertuliskan "PENGAMBILAN PASPOR"  yang berada di sebelah kiri  jalan masuk. Di dalamnya terdapat dua counter. Counter kanan untuk penyerahan kuitansi, dan counter kiri penyerahan paspor. Nama akan dipanggil dengan pengeras suara sesuai dengan yang datang duluan.



Ingat: pengambilan paspor tidak boleh diwakilkan, kecuali paspor anak,  istri atau suami. Bila ada halangan yang tidak memungkinkan datang, harus ada surat kuasa dan alasan tidak bisa mengambil paspor.

Nah, itu dia proses pembuatan paspor Batam, di Mall Pelayanan Publik Gedung Sumatera Batam Centre. Mudah-mudahan bisa membantu. Selamat jalan-jalan....

_Marza_



Gaya Mengendarai Motor "Sang Ratu Jalanan, (Emak-emak)" Yang Bikin Geleng Kepala


Berkendara di jalan raya butuh kehati-hatian. Namun kehati-hatian tidak menjamin seseorang pengendara selamat, bila tidak dilengkapi dengan atribut keselamatan. Hal tak terduga yang kadang membahayakan, juga bisa terjadi bila bertemu rider seorang emak-emak.

Bukan karena si Emak tak bisa mengendarai motor. Bukan juga karena si Emak tak tahu rambu dan atribut lalu lintas. Tapi cara berkendara si Emak yang sangat sangat perlu diwaspadai. Beberapa kejadian pengendara nyungsep atau sliding disebabkan oleh kurang disiplinnya emak-emak mengendarai sepeda motor.

Apa saja "keanehan"  dan keunikan sang Emaks mengendarai sepeda motor? Yuk intip di bawah ini.

Belok Kiri, Tapi Sein Kanan atau Sebaliknya.
Lampu sein bermasalah, sering dijumpai pada motor emak-emak. Bukan salah lampunya sih, tapi si emaks yang sering khilaf. Yang namanya emak-emak, biasanya update dengan gadget terbaru, namun tidak update dengan teknologi terbaru motor mereka, terutama teknologi bernama lampu sein, yang bisa menginformasikan kepada pengemudi di belakang beliau, kemana motor akan dibelokkan. Yang biasa terjadi, adalah mak-mak ini belok tanpa isyarat dan membuat pengemudi di belakangnya panik, berujung pada ndlosor alias sliding bebasnya pengemudi tersebut [1]

Pernah kejadian seorang pemuda hampir menabrak motor seorang emak. Bukan di sengaja, tapi lampu sein emak yang menyala kanan. Si pemuda langsung ngambil kiri. Eh..tak disangka si emaknya belok kiri. Si pemuda kaget, dan langsung banting stir  Si emak bukannya minta maaf, malah marah-marah dan bilang, "itu kode buat lo supaya ngambil kanan". Wkwkwkwk,  jadi hati-hati aja ya mba/mas, kalau mak-mak ngode pengendara belakang pakai lampu sein.

Gambar GAUL.id

Tumpangan Bisa Naik, Selagi Jok Masih Tersedia
Yang ini jangan ditanya, seorang emak tidak hanya mampu menghidupi banyak anak, tapi juga mampu membawa banyak anak dalam satu motor. Pernahkan ya, kita jumpai emaks di jalan raya boncengannya berlebih? Dua bahkan 3 dibelakang, satu digendongan dan satu duduk menggunakan kursi di bawah stang. Sungguh emaks yang luar biasa. Tidak hanya rela akan nyawa emak, tapi juga rela ama nyawa anak-anak.

Taken by Merdeka.com

Udah Salah, Gak Mau Di Salahkan
Jangan pernah melawan emak-emak. Bakalan gak pernah menang deh. Kalimat baru satu alinea, jawaban emak udah 10 alinea. Hadeuh... Gitu juga di jalanan nih, udah gak tau rambu lalulintas, salah nyerempet orang, Ehh,, si emak malah marahin yang diserempet. Takut kali ya, daripada emak dimarahin, lebih baik emak yang marah duluan. Si emak tetap berpegang teguh ama pasalnya yang dua itu. Satu, Emaks selalu benar. Kedua, bila emaks salah, kembali ke pasal satu.

Pakai Daster dan No Helm
Siapa bilang pake daster gak boleh pake motor? Daster yang jadi kebanggaan emak-emak, juga jadi kebanggaannya sebagai rider. Tapi sayang banget nih, daster sih ok, tapi si emaks sering lupa pake helm nih. Banyak diantara emak-emak ini yang gak rajin pakai helm, tapi bisa ngirim pengendara lain yang menggunakan helm ke UGD! Ini sebetulnya sesuatu yang perlu disayangkan dari para emak-emak yang biasa naik motor ke pasar, kondangan, jemput anak, belum rajin untuk mengenakan helm sebagai sarana keamanan yang wajib dikenakan selama berkendara. Suramnya, seolah-olah rider lain yang peralatan berkemudinya lebih lengkap-lah yang dipaksa untuk konform terhadap keadaan si emak ini. Akibatnya, tentunya yang lebih sering celaka di jalan adalah orang-orang lain yang aware akan keadaan si emak[2]

Bersama motor matic, mereka semaut duo serigala.
Motor matic adalah motor terburuk yang menjadi pilihan pengemudi yang belum berpengalaman, dikarenakan: (1) motor matic lebih mudah oleng dibanding bebek, (2) motor matic tidak bisa panic-braking alias ngerem mendadak, (3) motor matic murah harganya jadi orang cenderung seenaknya kalo naik matic. Ketika motor matic duet dengan emak-emak? Say your prayers[3].
Gambar Pertamax7.net

Logikanya banyak berdasarkan “Saya pikir”
Tidak jarang kecelakaan yang terjadi di jalan, yang melibatkan ibu-ibu bermotor (terutama yang naik matic) diakibatkan oleh prasangka sang emak yang berbunyi “saya pikir” 
“Saya pikir motornya nggak belok mas”
“Saya pikir mobilnya berhenti mas.”
“Saya pikir tadi motor saya muat nyelip mas”
“Saya pikir tadi angkotnya ngetem mas”
“Saya pikir tadi bisnya gak kenceng mas”
“Saya pikir tadi sopir angkotnya Vin Diesel mas”
“Saya pikir tadi jemuran saya belum diangkat mas”
“Saya pikir tadi yang di pinggir jalan Shaheer Sheikh mas” 
 [4]
Diduga mas ini penyebab Emak-emak galau via IG@shaheernsheikh

Jaga keselamtan di jalan ya Mak, jangan samapai mak mengabaikan keselamatan diri sendiri apalagi keselamatan orang lain. Sadar mak, sadar..Mak bukan Valentino Rossi yang bisa ngebut di sirkuit. Mak juga bukan Ali Topan si Anak Jalanan itu. Mak adalah Ibu dari anak Mak yang selalu menanti mak pulang sehabis "touring" di jalanan.Tetap waspada ya mak.

Jangan lupa tetap jaga keselamatan buat saya yang juga seorang emak, dan emak-emak lain diluar sana.

Sumber informasi
 Bold Sentences[1] [2] [3] [4] from hipwee.com/hiburan




Penyakit Pada Kuku Yang Patut di Waspadai


Mendapat challenge dari Blogger Kepri untuk menulis, bagi saya patut disyukuri. Saya bisa menuangkan kata demi kata, kalimat demi kalimat, dengan satu tujuan. Mengasah kemampuan berpikir, sampai sejauh mana sih bakat menulis saya.

Kali ini saya akan menulis tentang penyakit pada kuku, yang mungkin tanpa kita sadari pernah "menyerang" kita.

Kuku adalah bagian yang tumbuh pada ujung jari manusia. Kuku tumbuh dari sel mirip gel lembut yang mati, mengeras, dan kemudian terbentuk saat mulai tumbuh dari ujung jari. Kulit ari pada pangkal kuku berfungsi melindungi dari kotoran.

Hmm..ngomong-ngomong soal kuku, pernah gak man teman melihat atau sekedar “mencuri pandang” kuku sahabat atau teman dekat? Gak pernah banget kan? Boro-boro "ngintip" punya teman, punya sendiri aja jarang diperhatiin! Saking sibuknya kerja, nge-blog, dan aktivitas yang lainnya, gunting kuku itu…pas ingat aja. Baru nyadar kuku panjang, kalau tangan udah luka kegaruk.

Ah..kuku itu kan bagian penting untuk kaum hawa saja, eike kan bukan dede’-dede’ gemes?”. Itu yang sering pria lontarkan. Mengapa pria berpikiran seperti itu? Karena pria memang gak suka dengan hal-hal yang berbau ribet, apalagi harus berlama-lama dengan hal yang tidak terlalu penting baginya.

Kebanyakan kaum adam ini, memang punya stigma tersendiri, yang telah melekat bahkan sampai terpatri pada jaringan otak mereka.  Mereka beranggapan, kalau kaum hawa lah yang punya urusan seribet itu. Apalagi bagi para pria yang berkutat dengan olahraga yang berbau ekstrim dan keras. Gak bakalan punya waktu untuk hal sepele kayak gini. Kuku aja di urusin. Banyak hal lain yang lebih penting. 

Mayoritas, memang kaum perempuan yang sangat care pada bagian ini. Apalagi bagi mereka yang intensitas pekerjaannya bertemu banyak orang, klien atau relasi. Namun,di era yang sudah semakin canggih, tidak hanya wanita saja yang peduli dengan perawatan pada bagian tangan dan kaki ini. Para pria pun tak mau ketinggalan. Mereka juga melakukan perawatan di rumah kecantikan, atau di rumah dengan bantuan istri atau ayang bebeb, bagi yang belum menikah.

Banyak orang mempunyai kuku yang sehat, tapi tidak sedikit juga yang mempunyai kelainan pada kuku. Sebagian memperhatikan, namun sebagian lain memilih tidak mau tau. Tapi, tahu gak gaes, kalau kuku bisa menandakan kesehatan seseorang? Perubahan pada kuku, bisa mengindikasikan kelainan pada beberapa bagian tubuh lo.

Berikut ini, ada beberapa tanda umum kelainan pada kuku, yang bisa mengindetifikasi kondisi medik yang perlu perhatian khusus.

1. Kuku putih.
Melihat dari segi warnanya saja, sudah mengindentifikasikan kelainan pada kuku, namun gejala yang sering terjadi adalah penyakit liver, seperti hepatitis.



2. Kuku kuning.
Perubahan kuku yang menguning pun menjadi  indikasinya sistem pernafasan yang terganggu dan penyakit diabetes. Itulah sebabnya penyakit diabetes ini disebut juga penyakit kuning. Karena disertai dengan perubahan warna pada beberapa anggota tubuh.



3. Kuku abu-abu
Bisa menunjukkan adanya masalah arthritis, edema, kekurangan gizi, efek pasca operasi, glaukoma, masalah paru-paru, emfisema, atau penyakit kardio paru.



4. Kuku berwarna hitam
Kuku hitam bisa menunjukkan tanda-tanda anemia, kekurangan vitamin B12,  infeksi bakteri, penyakit ginjal kronis, masalah kelenjar adrenal, penyakit hati, kanker atau melanoma, deposito perak (logam berat), dan trauma.

5. Permukaan kuku bergelombang dan bercelah.
Pernah mengalami seperti ini? Indikasi seseorang mengalami psoriasis atau peradangan yang terjadi pada kulit yang menjadikan kulit bersisik tebal, kering dan teriritasi.


6. Kuku melengkung keluar/ke atas. Menjadi gejala penyakit seperti gangguan jantung, anemia dan kekurangan zat besi.

Membaca penyakit serius yang bisa terjadi pada kuku, tentu sekarang kita sedang memperhatikan kuku sendiri. Terlepas dari salah satu penyakit yang terjadi, tidak serta merta ditandai seseorang mengidap penyakit serius tertentu. Ada beberapa penyakit yang terkait, biasanya ditandai dengan gejala awal, seperti penyakit paru, gejala awal sesak nafas dan sebagainya. Sebaiknya periksa ke dokter apabila terjadi gejala seperti tersebut di atas. Waspadai saja bila kuku rapuh, lepas dari kulit, nyeri, berlubang, berdarah dan bengkak.

Jadi, Kuku Sehat Itu Seperti Apa?

Memiliki kuku sehat dan bersih, pasti akan terlihat indah untuk dipandang. Kuku sehat ditandai dengan berwarna pink terang, tidak bergelombang, tidak mudah patah dan rapuh serta ada tanda sabit/ lingkaran di bawah kuku yang biasa di sebut Lunula.

Apa itu Lunula? Lunula itu akar yang berfungsi untuk pertumbuhan kuku. Tanda sabit, terutama pada jempol, harus dimiliki oleh semua orang. Namun bila tanda sabit ini tidak ada, maka besar kemungkinan daya tahan/kekebalan tubuh berkurang, ginjal bermasalah, tumor, pendarahan dalam dan lain sebagainya.

Apa saja yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan kuku?
  1. Jaga kuku tetap selalu bersih dan sehat.
  2. Hindari menggigit kuku.
  3. Oleskan pelembab pada kuku dan kutikula.
  4. Jika kuku rapuh, sebaiknya tidak memanjangkan kuku
  5. Jangan mengangkat kutikula,atau membersihkan terlalu dalam, infeksi bisa saja terjadi.
  6. Sebaiknya jangan mencungkil keluar kuku yang tumbuh ke dalam, karena bisa menyebabkab radang.
  7. Kalau ada waktu, manicure dan pedicure menjadi pilihan terbaik untuk perawatan.
  8. Mengkonsumsi vitamin yang mengandung biotin sangat dianjurkan.
Kuku tangan dan kaki adalah salah satu bagian tubuh yang paling tampak. Anugerah sang Illahi yang patut untuk disyukuri. Tidak salah Sang Pencipta menyuruh memakai kerudung bagi yang muslim, karena tanda-tanda penyakit yang dialami seseorang, bisa terlihat dari bagian jari tangan, kaki dan juga mata.

So gaes, ada baiknya merawat dan melindungi kuku dari penyakit kuku yang mungkin menyerang tanpa disadari. Deteksi sedini mungkin akan lebih baik daripada mengobati setelah terjadi. Moga bermanfaat.


Menghadapi teman baru yang bermuka dua di tempat kerja

Pernah gak sih, mbak, mas, moms mempunyai teman baru yang orangnya keliatan diem, lugu dan sedikit berpura-pura bego, ternyata bermuka dua? Di depan kita baiknya minta ampun, lugunya kebangetan, ternyata dibelakang ngadu domba kita ama teman lain. Ck..ck..ck.. enaknya di apain ya orang seperti ini?

Dalam Islam Rasulullah SAW bersabda :
“Sesungguhnya, termasuk orang yang paling buruk adalah orang bermuka dua yang mendatangi mereka dengan satu muka dan mendatangi yang lain dengan muka lain.”

Dalam riwayat lain disebutkan, “Sesungguhnya termasuk orang terburuk di sisi Allah pada Hari Kiamat, adalah orang yang bermuka dua.” (HR. At-Tirmidzi dari Abu Hurairah)

Nah..mari kita bahas lebih dalam lagi tentang teman yang mempunyai sifat seperti ini. Apa sih yang menyebabkan dia bersikap demikian? Kok bisa-bisanya anak baru yang masih hitungan bulan bekerja, sudah ngomongin yang aneh-aneh?

Sedikit kita telisik dari apa yang kita jalani sehari-hari, maupun dalam pergaulan, tidak sedikit orang yang mempunyai sifat seperti ini. Banyak rupa dan tingkah laku teman yang kita temui. Ada yang baik, acuh, cuek, tomboy dan ada juga teman yang menikam dari belakang. Bagi mayoritas pekerja di Batam, kedatangan teman kerja baru bukan lah menjadi suatu hal yang aneh. Berlakunya sistem kontrak, memang mengharuskan banyaknya orang yang datang dan pergi silih berganti pada satu Perusahaan.

Bagi karyawan tetap seperti saya, kadang ada dilema tersendiri menghadapi teman baru di tempat kerja. Selalu muncul berbagai macam pertanyaan, apakah dia orang baik? Apa orang yang akan menikam dari belakang? Dengan kata lain bermuka dua? Mengapa seseorang bisa berpikiran demikian?.

Seperti yang pernah di alami seorang teman saya pada Perusahaan yang berbeda. Pernah ada satu orang karyawan baru, yang masih dalam sistem kontrak yang masih berjalan 3 bulanan. Awalnya dia bersikap sangat manis, dan logat bicaranya seperti meyakinkan kalau dia itu orang yang baik-baik. Sebagai orang lama yang telah bekerja 10 tahun lebih, teman saya selalu welcome dengan siapapun, termasuk juga karyawan baru.

Selama satu bulan dekat, si "anak baru" selalu bertanya tentang kondisi Perusahaan, orang-orang sekitar sampai hal yang detail dari orang tersebut, ditanyainya. Sebagai karyawan lama, mungkin pertanyaan seperti itu bagi karyawan baru adalah hal yang wajar. Butuh perkenalan lebih untuk bisa menyesuaikan dengan lingkungan yang baru.

Tapi setelah kedepannya, ada sesuatu yang berbeda dengan si "anak baru" tersebut. Dia mulai mendekati seseorang yang level nya lebih tinggi. Awalnya teman saya tidak ada pikiran buruk, dan menganggap hal ini wajar terjadi. Namun beberapa hari kemudian terjadilah hal yang tidak diduga sama sekali. Ternyata baru ketahuan, si anak baru mulai ngomong tentang si ini, tentang si itu dan segala macam yang lainnya. Seolah-olah mengadu domba satu teman dengan teman yang lainnya. Hmmm..keterlaluan sekali.

Bagaimana ya cara menghadapi orang yang memakai topeng, atau dengan kata lain bermuka dua seperti ini :

  • Jangan terlalu percaya dengan orang lain.                              Bersikaplah sewajarnya, jangan menceritakan hal yang terlalu spesifik kepada orang yang baru kita kenal. Boleh jadi dia memang menyimpan rapat rahasia itu, atau menceritakan nya kembali pada orang lain. Secara kita belum tau kan sifat aslinya gimana.
  • Tegur secara halus.                                                                Bicarakan, dan beri pengertian secara lisan bahwa apa yang dilakukannya itu salah. dan jangan sampai mengulanginya lagi.
  • Beritahu atasan tempat bekerja.                                                    Beri tahu atasan tempat bekerja, apabila secara lisan si anak baru tidak merespon. Tindakan seperti ini cukup bijaksana, agar jangan sampai terjadi hal-hal yang akan mengganggu kenyaman dalam bekerja.
  • Jangan kucilkan si anak baru, apabila dia menyadari kesalahannya. Emang rada susah sih, memaafkan dan menerima kembali orang yang telah berkhianat. Setiap orang pernah melakukan kesalahan, ada baiknya merangkul dia kembali, jangan kucilkan. Bisa jadi dia belajar dari kesalahannya selama ini agar lebih berhati hati dalam bersikap.
Nah...sekian sedikit cerita dan tips menghadapi teman yang bermuka dua di kehidupan sehari hari, khususnya pada lingkungan kerja yang memegang tinggi team work. Semoga ada sedikit hikmah dari cerita dan tips diatas. Selamat membaca.



Bagi yang putus cinta..Pelajari tips cantik Move on dari Sang Mantan

Setiap orang pernah merasakan jatuh cinta, tidak sedikit juga yang  patah hati karenanya. Melupakan seseorang yang pernah singgah di hati, bukanlah hal yang mudah. Butuh waktu, kekuatan, dan perjuangan yang harus dilalui. Adakalanya depresi dan rasa takut selalu menghantui setelah kejadian ini. Terutama bagi para Ladies, yang diputuskan sepihak oleh sang Mantan.

Namun bagi para para lelaki, putus cinta adalah hal biasa, karena logika lebih berperan penting daripada perasaan. Tapi tidak bagi para Ladies, yang lebih bermain perasaaan dalam segala hal. Menangis adalah salah satu cara pelampiasan terbaik selama ini. Tidak sedikit para Ladies yang berpikir, dunia telah berakhir, dan ada kalanya terucap, lebih baik sakit gigi daripada putus cinta. Hmm..., seperti judul lagu saja ya.

Emosi yang berlebihan, amarah yang tidak terkendali, putus asa, serta hilangnya rasa percaya diri, sering terjadi pada sebagian Ladies, hilangnya waktu bersama, serta gagalnya akal sehat menerima semua kenyataan yang ada, juga menjadi salah satu faktor, susahnya para Ladies move on dari sang Mantan.

Nah, para Ladies, disini ada beberapa tips yang bisa dicoba, agar bisa move on dari sang Mantan :
  1. Jangan pernah berharap balikan dengan sang Mantan. Kalo si mantan yang minta balikan, setelah beberapa lama tidak ada kabar, abaikan saja, jangan pedulikan, walaupun berbagai macam alasan yang dikeluarkannya.
  2. Niat penuh dalam hati akan melupakan. Apapun godaan yang dilancarkan sang mantan, tetapkan hati, jangan bergeming, bayangkan saja sakit yang telah ditorehkan dalam hatimu.
  3. Carilah sahabat yang bisa diajak sharing dan membantu kita untuk move on. Sahabat yang baik, dengan senang hati akan membantu sahabatnya yang lagi kesusahan, dengan kembali ceria dan mengurangi beban yang nyesek dihati. But Ladies, jangan pernah bercerita kepada orang yang baru dikenal ya, bisa jadi, dia akan menambah masalahmu dan memanfaatkan situasi yang ada.
  4.  Isi kekosongan hati dengan kegiatan positif. Seperti ikut Aerobic, Menulis, Les Tari, dll. Kalo Ladies punya sedikit tabungan, berlibur juga bisa menjadi alternative untuk bisa menyegarkan pikiran
  5. Jangan pernah mendengarkan lagu tentang patah hati. Lagu yang berirama melo bisa membuat hati semakin melo, ada baiknya, dengarkan lagu rock yang bisa memicu adrenalin kembali
  6. Perbaiki diri. Tunjukan kalau Ladies berharga, buat dia menyesal telah membuat keputusan yang salah, tunjukan kepada sang mantan, bahwa Ladies bisa mendapatkan yang lebih baik dari dia
  7.  Jangan lupa berdoa. Berdoa lah yang terbaik untuk jodoh dan masa depan, bangkit, dan mulailah membuka hati untuk seseorang yang baru, tidak hanya dia lelaki di muka bumi ini. Ingat ladies, diatas langit masih ada langit. 
Tidak semua tips diatas sanggup dilakukan para Ladies, Tapi, tidak ada salahnya mencoba ya. Hanya butuh waktu dan kesabaran, serta niat dari dalam hati. Berapa lama waktu yang dibutuhkan? Tergantung, seberapa lama Ladies sanggup menjalaninya.

Ingat, hidup adalah perjuangan. Jangan pernah menggantungkan harapan hanya pada satu orang. Karena disaat kita jatuh, kita akan hilang keseimbangan dan tidak tau kemana arah melangkah. Cintailah orang yang kita cintai dengan sewajarnya, karena disaat semua berakhir dunia tidak akan ikut berakhir.

Putus cinta bukan berarti kehidupan telah usai. Masih banyak laki–laki baik diluar sana, yang akan memberikan bunga cintanya pada Ladies. Jangan buang-buang waktu untuk hal percuma. Buatlah hari tetap berjalan, walaupun tanpa si Dia. Jangan putus harapan, bangkit, perbaiki diri dan buat lah yang terbaik untuk masa depan.

Satu hal yang harus diingat, laki–laki yang baik, akan menerima semua kelebihan dan kekurangan yang ada pada diri Ladies, dan tidak akan pernah membuat Ladies mengeluarkan airmata walau apapun yang terjadi. Karena bagi dia, airmata Ladies begitu mahal untuk terbuang sia – sia.

Jodoh ditangan Tuhan, yakin dan berserah dirilah kepada NYA. Masih ada keluarga tempat kita kembali. Di saat jatuh, mereka akan tetap ada dan menyayangi Ladies, walaupun terkadang kita melupakannya. So Ladies, Wake up and Never give up!