Kenali 5 Tanda-Tanda Power Bank Mengalami Kerusakan

May 09, 2019 Yulia Marza 0 Comments



Power bank murah tentu saja menggiurkan. Apalagi jika Anda memiliki smartphone dengan kapasitas baterai yang kecil. Memiliki power bank sudah menjadi kebutuhan pelengkap bagi siapapun yang memiliki smartphone demi komunikasi yang lancar.

Banyak aktivitas sehari-hari yang sangat bergantung pada smartphone. Mulai dari berkirim pesan, menelpon, bermain game, hingga transaksi online lainnya. Dengan power bank, Anda tidak perlu khawatir akan kehabisan daya ketika masih menggunakan smartphone untuk suatu hal yang penting. Anda juga tidak perlu mencari-cari stop kontak untuk mengisi ulang daya baterai.

Memiliki power bank memang memiliki banyak manfaat. Baik power bank dengan harga mahal ataupun power bank murah, keduanya sama saja. Yang penting bisa digunakan untuk mengisi daya baterai smartphone Anda.

Katanya, power bank dengan harga murah lebih rawan rusak. Padahal power bank mahal pun punya resiko yang sama jika tidak dijaga dengan benar. Jika power bank yang Anda miliki sudah memiliki tanda-tanda berikut, berarti power bank Anda rusak dan minta ganti yang baru.

1. Tidak dapat digunakan untuk mengisi daya smartphone
Lampu indikator penuh, kabel charger dalam kondisi baik, baterai smartphone pun tidak ada masalah. Tapi kenapa power bank tidak bisa digunakan untuk mengisi daya baterai smartphone Anda?

Jika Anda mengalami hal ini, bisa dipastikan bahwa power bank Anda sudah rusak. Power bank yang Anda miliki tidak bisa melakukan tugasnya untuk mengisi daya baterai smartphone. Kemungkinan ada masalah konsleting di dalam komponen power bank. Solusinya, Anda harus membeli power bank baru.

2. Power bank cepat panas
Ciri lain power bank sudah mulai rusak adalah power bank jadi cepat panas, baik ketika digunakan untuk mengisi daya smartphone maupun untuk mengisi daya power bank itu sendiri. Suhu yang semakin meningkat akan berbanding lurus dengan daya yang dikeluarkan oleh power bank. Jika perubahan suhu ini tidak seperti biasanya, kemungkinan besar power bank Anda rusak.

3. Lampu indikator mati
Lampu indikator yang mati merupakan tanda power bank tidak memiliki daya yang disimpan. Tapi kalau sudah diisi ulang sampai penuh dan lampu indikator tetap tidak mau nyala, berarti ada yang rusak. Kerusakan yang terjadi hingga menyebabkan matinya lamput indikator bisa jadi adalah kerusakan yang berat dan menyeluruh. Apabila sudah begini, tidak ada pilihan lain kecuali harus membeli power bank murah yang baru.

4. Tercium aroma gosong
Pernah mencium aroma gosong muncul dari power bank Anda? Kalau iya, sudah dipastikan power bank Anda mengalami kerusakan.
Aroma gosong yang muncul berasal dari hubungan arus pendek yang terus menerus terjadi. Hal ini mengakibatkan kabel atau penghantarnya tidak mampu menahan panas arus listrik. Kemudian muncullah aroma gosong seperti terbakar.

5. Baterai power bank cepat habis
Berapa kali Anda bisa memakai power bank Anda untuk mengisi daya smartphone? Jika biasanya bisa 2-3 kali dan sekarang cuma bisa satu kali, berarti ada masalah dengan baterai power bank Anda. Baterai power bank yang cepat habis merupakan tanda power bank Anda rusak.

Itu adalah lima ciri-ciri power bank Anda mengalami kerusakan. Solusinya, Anda bisa mengganti baterai power bank yang rusak dengan yang baru. Tapi akan lebih mudah jika Anda membeli power bank yang baru sekalian. Terlebih sekarang sudah banyak power bank dengan harga yang murah.

Power bank murah bisa Anda beli melalui marketplace Bukalapak. Membeli secara online membuat waktu dan tenaga lebih efektif. Anda cukup duduk manis, buka laman atau aplikasi Bukalapak, lakukan pemesanan power bank, lakukan pembayaran, kemudian selesai. Power bank Anda akan diantarkan dengan aman sampai ke rumah

0 komentar:

Terima kasih telah berkunjung ke blog saya, silahkan berkomentar dengan sopan.