Rabu, 27 Juli 2016

Euforia hari pertama sekolah.

SDN 001
Tahun ini Queen masuk sekolah. Gak terasa dah 6.8 tahun umurnya. Dari awal tahun kemarin sudah mulai saya bertanya sama Anak. "Queen mau sekolah di mana? SD Negeri atau swasta?" Awalnya dia menjawab "seterah la" #gaya anak batam bicara. Bulan besok ditanyain lagi pertanyaan yang sama. jawaban kali ini sedikit berubah. "Queen mau di 05 aja, ada kak Nurul, ada si ini, si itu" dan semua teman yang bersekolah disana yang di kenal Queen di sebutnya satu persatu.

Alamaaaakk.. Padahal saya sebagai Mom nya menginginkan nih anak sekolah di SDN 01 aja. Akibat dengar kanan kiri yang bilang di sini sekolahnya begini, di situ sekolahnya begitu. Pusssiiingg....
Setelah usut punya usut memang sekolah ini lebih diminati sih dari pada yang ada di sebelah kiri 08 dan belakangnya 05. Selain luas, dan banyaknya kelas yang tersedia, faktor itulah menjadi pilihan utama kenapa sekolah ini jadi favorite masyarakat sekitar.#bingung nentuin pilihan.

Tapi dengan berbagai upaya dan cerita bla..bla..bla, akhirnya Queen mau juga masuk SDN 01. Dengan kesadaran sendiri menentukan pilihan akhir dan sedikit bujuk rayu dari Mom nya. Memang sih..mayoritas anak di lingkungan tempat tinggal kami, lebih memilih SD ini di banding 2 sekolah diatas.

Mulai dari pendaftaran, daftar ulang dan pengambilan baju, sampai masuk sekolah di jabani dengan sabar oleh Mom tersayang ini :). Bagi saya yang bekerja, tentu sudah jauh hari mengajukan cuti untuk persiapan anak masuk sekolah ini. walaupun hanya cuti setengah hari saja. Sekedar informasi, bagi anak yang bersekolah di SD Negeri biaya sekolah gratis, hanya perlu mengeluarkan dana untuk beli baju yang sudah disediakan oleh pihak sekolah, yakni baju atasan batik, seragam olah raga dan juga baju melayu. Untuk seragam merah putih dan Pramuka, Moms harus beli sendiri di toko baju yang sudah tersedia di Mall atau Minimarket dekat rumah.

Tanggal 20 Juli hari yang di nanti telah tiba. Saatnya siap-siap berangkat mengantarkan my little girl ke sekolah. Membangunkan Queen yang sudah biasa terlelap di pagi hari butuh sedikit tenaga untuk membawanya bangkit dari tempat tidur.  Dan pagi ini, jalanan penuh dengan orangtua yang mengantarkan anaknya ke Sekolah. Mulai dari TK, SD dan SMP. Wah.. seperti ada keseruan tersendiri, membuka ingatan kembali ke tahun 80an, saat pertama masuk SD.#senyum-senyumsendiri.

Untuk anak baru kelas I, disini para orangtua harus sedikit aktif untuk mencari sang anak ada di kelasberapa. Setelah menjelajah ke beberapa kelas, akhirnya di temukan kalo nama Queen ada di kelas 1 D. Untung kelasnya masih kosong dan hanya ada 2 orang siswa saja yang sudah mengisi barisan paling depan. Legaaa..#sambilngelusdada. Rada cemas juga sih, kirain seperti yang dilihat di TV, para moms ribut ampe dorong-dorongan satu sama lain agar sang anak duduk di barisan paling depan. Tapi sepertinya di SDN 001 Sagulung ini tidak terjadi "bentrokan" antar Wali, cukup tertib dan teratur sih.#acungjempoldeh.

Hari pertama ini, sekolah belum terlalu banyak beraktifitas, hanya upacara bendera, mencari kelas dan jam 9 di izikan pulang ke rumah. Sudah selesai kegiatan hari ini, mengantarkan dan menunggui Queen di sekolah barunya. Mudah-mudahan Queen jadi anak yang pintar dan aktif di sekolah. Aamiin.
Queen dan teman-teman

Sekedar tips untuk anak yang mau masuk sekolah :

  • Pilih sekolah yang tidak jauh dari rumah.
  • Ada baiknya bertanya pada anak, sekolah mana yang di inginkannya, walapun orang tua punya pilihan sendiri.
  • Apabila orang tua tidak menyukai sekolah pilihan anak, beri anak pengertian kenapa sekolah pilihan orangtuanya lebih baik dari pilihannya.
  • Jangan sampai memaksa kehendak pada anak, yang akhirnya bisa membuat anak malas ke sekolah, hanya karena alasan tidak ada teman yang akrab dengannya.
Sedikit cerita dari saya untuk hari pertama Queen masuk sekolah. Gimana dengan cerita moms yang lain?


0 komentar:

Posting Komentar

Terima kasih telah berkunjung ke blog saya, silahkan berkomentar dengan sopan.