Tuesday, 23 August 2016

Menyambut HUT RI ke-71 ala PJB 2 Sagulung Batam

  
Gerbang PJB 2
Bulan Agustus ini, negara tercinta kita Republik Indonesia, merayakan ulang tahunnya yang ke 71. Seluruh rakyat Indonesia menyambut dengan suka cita. Yel..yel dan pekik kemerdekaan membahana di setiap penjuru negeri. Bendera di kembangkan, lagu kebangsaan dikumandangkan dan tidak lupa juga beraneka lomba diadakan, khusus untuk menyambut hari kemerdekaan Negara tercinta ini.

Semarak menyambut HUT RI ini, juga tergambar di komplek Perumahan Taman Batu Aji Indah Tahap II, atau yang lebih di kenal dengan PJB 2. Rapat diadakan. Panitia di bentuk, dan undangan telah di sebarkan di setiap RT. Pilihan lomba sudah disepakati, tidak lupa juga "PIC" setiap lombanya. Acara diadakan di lapangan posyandu PJB.


Kali ini panitia sudah mengantisipasi jangan sampai ada peserta yang sudah mendaftar , tapi tidak bisa ikutan karena alasan kuota sudah penuh, atau hal lainnya. Mengingat kejadian tahun lalu, peserta membludak dan  banyaknya yang mau ikutan, sehingga beberapa anak tidak mendapat giliran. 


Maka panitia berinisiatif dan memutuskan kalo lomba dimulai 2 minggu sebelum hari "H" nya. Mengingat, peserta tidak hanya anak-anak saja, tapi juga para orangtua mereka.


Untuk mengantisipasi keadaan yang tak terduga, Panitia juga di bantu oleh "Rismaba" atau Remaja Masjid Al quba', tapi khusus remaja lelaki saja. Semua perangkat RT juga di libatkan. Mulai dari RT 01 sampai RT 10, semua warga ikut membantu dan sangat antusias dengan diadakannya lomba ini. Akhirnya, semua mata melirik ke lapangan posyandu guna menyaksikan keseruan lomba yang berlangsung.


Beberapa panitia dari Rismaba
Nah pengen tau kan, Lomba apa aja sih yang diadakan di perumahan ini. Kita cekidot ya..
  1. Balap karung
  2. Makan kerupuk
  3. Tusuk balon 
  4. Memasukan paku dalam botol
  5. Memasukan belut dalam botol
  6. Lari dengan membawa kelereng
  7. Lari dengan 3 balon
  8. Lomba sepeda lambat
Untuk lomba No. 1-4, di adakan tanggal 7 Agustus. 
Kategori pertama untuk anak-anak putra dan putri, dilanjutkan untuk remaja dan dewasa. Planning acara ini dimulai setelah shalat zuhur dan berakhir sebelum maghrib. Untuk menghemat waktu, panitia mengadakan lomba penyisihan secara serentak, di lanjutkan dengan mencari juara pertama, kedua dan ketiga. 

Lomba makan kerupuk
lomba memasukan belut dalam botol
Banyaknya anak-anak yang mau mendaftar untuk ikut lomba, membuat abang-abang panitia sedikit kewalahan. "Sabar..sabar.. yang antri ya.." acapkali terdengar diantara riuhnya suara anak-anak yang ingin ikutan.
Arena bermain anak
Pada tahap pertama ini, panitia juga menyediakan arena bermain anak sebagai sarana penyemangat kegiatan. Tidak usah bayar, alias gratis..tis. Sehingga tempat yang penuh dengan lautan anak-anak ini, jadi arena lompat sana, loncat sini serta gelak tawa
kegirangan. 

Bagi ibu-ibu yang anaknya masih Batita harus waspada dan di awasi, mengingat banyaknya anak-anak yang lari kesana dan kemari. Tapi bagi yang sudah TK dan SD, jangan khawatir, ada panitia yang stand by di setiap sudut lapangan yang  akan mengawasi dan mengkoordinir acara sampai selesai. 

Yel-yel penonton terdengar riuh saat lomba berlangsung. Banyak yang ikut berpartisipasi, dan tidak sedikit juga yang datang khusus memberi dukungan bagi teman-temannya. Untuk lomba tahap pertama ini berjalan dengan sukses, tertib dan aman. Tidak ada kecurangan dan tidak ada yang di diskualifikasi. Panitia pun sudah mengantongi juara 1, 2 dan 3 untuk masing -masing kategori per lomba.



Lomba No 5-8, diadakan tanggal 14 Agustus, 

Kali ini timing  sedikit dipercepat, dimulai pada pukul 8 sampai pukul 11 dan di lanjutkan setelah shalat zuhur hingga selesai. Untuk lomba kali ini peserta membludak 2x lipat di banding minggu kemarin. Walaupun tetap berjalan sukses dan aman, namun beberapa anak putra tidak bisa mengikuti lomba, karena kuota peserta yang sudah melampaui batas. Kasihaaan..
Juara kesatu, dua dan ketiga pun juga sudah di kantongi oleh Panitia per lomba.

Nah.. pas dI tanggal 17 Agustus, semua warga, di undang untuk menghadiri upacara peringatan hari kemerdekaan yang bertempat masih di arena posyandu. Lapangan terisi penuh. Acara berjalan dengan khidmat dan lancar.

Khusus para orangtua, panitia juga mengadakan lomba Memasak nasi goreng. Acara di adakan Ba'da Isya di tempat yang sama. Masing-masing RT mengirimkan 2 orang wakilnya yang akan mengikuti lomba ini. Alat-alat harus disiapkan sendiri ya ibuk-ibuk?

Puncak acara peringatan HUT RI ini terjadi tanggal 20 Agustus kemarin. Di awali dengan jalan santai, pembagian hadiah setiap lomba, dan diakhiri oleh pembagian kupon lucky draw.
kupon lucky draw
Walaupun cuaca tidak mendukung, para warga RT 01 sampai 10 ini, tetap semangat untuk datang. Apalagi acara puncak ini juga di hadiri oleh Bapak H. Irwinsyah SE.MM, Anggota Komisi III DPRD Kepri. Tapi Pak Irwinsyah gak bisa lama-lama, mengingat padatnya jadwal kunjungan beliau ke tempat lain. Alhasil, jepret..jepret berfoto dengan Bapak Irwinsyah sebelum pulang. Senyum ya buk..
Photo bersama Pak Irwinsyah
Nah..itu cerita menyambut HUT RI ala perumahan tempat tinggal saya PJB 2. Pasti keseruan yang sama juga terjadi di tempat anda, teman dan di semua daerah di Indonesia.
Dirgahayu Indonesiaku ya..MERDEKA!!




0 komentar:

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung ke blog saya, silahkan berkomentar dengan sopan.