Friday, 9 September 2016

Aksi sosial seorang Cristiano Ronaldo

www.ronaldo7.net
Siapa yang tidak kenal dengan nama pesepakbola asal Portugal Cristiano Ronaldo? Saya, anda dan hampir semua orang yang menyukai sepakbola, tahu dengan pria satu ini. Ganteng, muda dan dermawan. Itulah 3 kata yang tepat untuk mengungkapkan sosok Cristiano Ronaldo, atau yang kerap di panggil CR7 ini.

Berawal dari piala Dunia 1998, saya mulai menyukai olahraga satu ini. Waktu itu saya dan teman-teman, tidak sengaja ikut mencari berita tentang jadwal pertandingan yang sangat heboh pada tahun  itu. Bukannya berita dan jadwal yang didapat, tapi malah beralih ke pesona pesepakbola itu sendiri. "Wah.. ada yang keren..ada yang ganteng" kata-kata itu yang sempat terucap pertama kalinya. Maklum, masih 18 tahun, seperti orang bilang, lagi mencari jati diri :>


Lain 1998, lagi dengan CR 7. Iklan sampoo anti ketombe yang di bintanginya untuk pertama kali, yang telah memunculkan kekaguman pada pesepakbola yang bernomor punggung 7 ini. Setiap berita tentang CR7 selalu menjadi keingintahuan lebih lanjut..terus..terus..dan terus.


Sampai sekarang pun kekaguman itu masih terus tetap ada. Apalagi saat mendengar aksi-aksi sosial yang sering di lakukan oleh kapten Timnas Portugal ini. Baik secara diam-diam maupun yang diliput oleh media. Karena aksinya itu, tidak heran, menimbulkan chemistry yang lebih pada setiap orang di belahan dunia.


Nah..disini, saya tidak akan membahas kepiawaiannya menggiring bola di lapangan hijau, atau hebohnya berita tentang koleksi mobil mewah yang dimilikinya, ataupun tentang the girls CR 7. Tapi saya akan merangkum aksi sosial seorang Cristiano Ronaldo. 


Ada baiknya kita mengenal lebih dulu biografi pesepakbola yang terkenal dengan kedermawanannya ini.

BIOGRAFI CR 7



Cristiano Ronaldo dos Santos Aveiro, itulah nama aslinya. Ia lahir di Funchal Madeira Portugal, 5 Februari 1985. Ayahnya Jose Dinis Aveiro, berprofesi sebagai tukang kebun dan juga pecandu alkohol, namun sudah meninggal pada usia 52 tahun akibat kerusakan hati. Ibunya bernama Maria Dolores dos Santos Aveiro. Sebab itulah sampai saat sekarang CR7 tidak pernah menyentuh alkohol. CR7 tidak sendirian, dia memiliki kakak laki-laki bernama Hugo dan dua saudara perempuan bernama Elma dan Liliana. 

Masa kecilnya di habiskan di sebuah perkampungan dengan giat berlatih bola. Pada usia 14 tahun, Ronaldo bergabung dengan beberapa tim seperti Andorinha dan Nacional, sebelumnya akhirnya bergabung bersama Sporting Lisbon. Penampilannya yang menarik, membuat Manager MU terkesan. Dan akhirnya tahun 2003 Cristiano Ronaldo merumput di MU dengan nomor punggung 7.


Dari 2003 sampai 2016, telah banyak prestasi yang diraihnya, yang membuat pundi-pundi keuangan CR7 menanjak dengan drastis. Semua itu tidaklah membuat dia sombong. Malah semakin banyak menggelontorkan dana untuk hal-hal yang berbau kemanusian. Baginya, semakin banyak membatu sesama, semuanya akan ada timbal baliknya.


Di bawah ini rangkuman kegiatan amal dan aksi kemanusian yang telah dilakukan oleh Cristiano Ronaldo :


1. Perseteruan dengan The Sun

Pada 2008, Ronaldo pernah berseteru dengan media, The Sun. Media ini mengklaim CR7 berada di sebuah klub malam dan berdansa dengan empat wanita sekaligus. Namun CR7 mengeluarkan pernyataan, bahwa apa yang dilakukannya telah mendapat izin dari managernya. Kasus tersebut sampai ke pengadilan. The Sun harus membayar denda pada Ronaldo. Namun dana tersebut langsung disumbangkan Ronaldo ke Madeira.

2. Tsunami Aceh 2004
Cristiano Ronaldo menyempatkan waktu berkunjung ke Indonesia untuk menengok kondisi Aceh pasca tsunami pada 2004. Tergerak hatinya melihat seorang bocah yang bernama Martunis, yang bisa bertahan hidup pasca gelombang stunami menghantamnya. Juni Tahun ini, Martunis akhirnya merumput di klub pertama CR7, yakni Sporting Lisbon.

3. Ronaldo menyumbangkan finansialnya ke beberapa organisasi amal
Seperti Unicef, World Vison dan Save the Chilren.

4. Tahun 2009, Ronaldo pernah mendonasikan sebesar Rp 1,9 miliar kepada rumah sakit Kanker di Madeira, Portugal.

5. Pada 2012, federasi sepakbola dunia (FIFA) mencanangkan aksi 'sepakbola untuk kesehatan'. Aksi tersebut dilakukan agar memberi kesadaran penuh bagi para anak kecil untuk menghindari obesitas, malaria, hingga HIV. Dan CR7 ikut berpartisipasi dalam acara ini.


6. Menyumbang 3M Euro Untuk Sekolah di Palestina dan Negara Miskin di Afrika. Hal ini dilakukan  Ronaldo untuk menunjukkan rasa simpatinya terhadap penderitaan rakyat Palestina dan Afrika.


7. Melelang Sepatu Emasnya Untuk Membantu Palestina.
Ronaldo juga melelang sepatu emasnya untuk disumbangkan ke anak-anak Palestina sebesar 1,6 juta USD atau setara Rp 21 miliar. Sepatu itu hasilnya untuk disumbangkan ke sekolah yang berada di jalur Gaza, Palestina.
www.ronaldo7.net
8. Mendermakan uang sebesar 456 ribu pounds (Rp 9 milar) kepada organisasi amal non-pemerintah. Uang itu merupakan bonus yang didapatnya setelah membantu Real Madrid memenangi Liga Champions ke-11.

9Menyumbang  5 juta pound atau lebih dari 101 miliar untuk korban Gempa Nepal yang terjadi 25 April lalu yang menelan 8.000 korban jiwa.


10. Melawan Ebola dengan terlibat pembuatan iklan sosial yang berjudul '11 against Ebola'. Ia memegang papan yang bertuliskan 'Bersama kita dapat melawan Ebola'.2014

11. Pada 2014, Ronaldo membayar 50.000 poundsterling untuk operasi neurologis terhadap anak bayi berusia 10 bulan bernama Erik Ortiz Cruz yang mengalami gangguan otak. 

12. Ia menyumbangkan bonus Liga Champions sebesar 456 ribu poundsterling itu ke sebuah lembaga amal yang bergerak di bidang penanganan bencana dan kesehatan.

13. Menjadi duta mangrove di Indonesia .
Lagi-lagi CR7 tidak mau menerima imbalan apapun/ No commercial deal.

14. Ramah Dengan Anak-Anak dan Tidak Sungkan Untuk Berbaur.

15. CR7 selalu Mendonorkan Darahnya. Dia tidak pernah di di tattoo atau meminta untuk di tattoo.

Ck..ck..ck..jumlah yang sangat fantastis bukan? Dana yang bukan lagi berkisar di angka ratusan juta, tapi sudah miliaran. Dan mungkin masih banyak lagi ya gaes, aksi sosial lain yang dilakukan oleh CR7, tanpa diliput oleh media. Lantas bagaimana dengan kita?

Mungkin kita tidak punya uang sebanyak itu, namun,di mulai dari hal kecil mungkin bisa kita lakukan untuk meringankan beban orang lain. Bantuan tidak hanya berupa materi, tapi membantu dengan doa dan tenaga, lebih bermamfaat  bagi orang yang sangat membutuhkan.

"Dan barangsiapa yang memberikan kemudahan (membantu) kepada orang yang kesusahan, niscaya Allah akan membantu memudahkan urusannya didunia dan di akhirat".
Sesungguhnya Allah akan selalu menolong seorang hamba selama dia gemar menolong saudaranya. (HR. Muslim)


0 komentar:

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung ke blog saya, silahkan berkomentar dengan sopan.