Selasa, 07 Februari 2017

Penyakit Pada Kuku Yang Patut di Waspadai


Mendapat challenge dari Blogger Kepri untuk menulis, bagi saya patut disyukuri. Saya bisa menuangkan kata demi kata, kalimat demi kalimat, dengan satu tujuan. Mengasah kemampuan berpikir, sampai sejauh mana sih bakat menulis saya.

Kali ini saya akan menulis tentang penyakit pada kuku, yang mungkin tanpa kita sadari pernah "menyerang" kita.

Kuku adalah bagian yang tumbuh pada ujung jari manusia. Kuku tumbuh dari sel mirip gel lembut yang mati, mengeras, dan kemudian terbentuk saat mulai tumbuh dari ujung jari. Kulit ari pada pangkal kuku berfungsi melindungi dari kotoran.

Hmm..ngomong-ngomong soal kuku, pernah gak man teman melihat atau sekedar “mencuri pandang” kuku sahabat atau teman dekat? Gak pernah banget kan? Boro-boro "ngintip" punya teman, punya sendiri aja jarang diperhatiin! Saking sibuknya kerja, nge-blog, dan aktivitas yang lainnya, gunting kuku itu…pas ingat aja. Baru nyadar kuku panjang, kalau tangan udah luka kegaruk.

Ah..kuku itu kan bagian penting untuk kaum hawa saja, eike kan bukan dede’-dede’ gemes?”. Itu yang sering pria lontarkan. Mengapa pria berpikiran seperti itu? Karena pria memang gak suka dengan hal-hal yang berbau ribet, apalagi harus berlama-lama dengan hal yang tidak terlalu penting baginya.

Kebanyakan kaum adam ini, memang punya stigma tersendiri, yang telah melekat bahkan sampai terpatri pada jaringan otak mereka.  Mereka beranggapan, kalau kaum hawa lah yang punya urusan seribet itu. Apalagi bagi para pria yang berkutat dengan olahraga yang berbau ekstrim dan keras. Gak bakalan punya waktu untuk hal sepele kayak gini. Kuku aja di urusin. Banyak hal lain yang lebih penting. 

Mayoritas, memang kaum perempuan yang sangat care pada bagian ini. Apalagi bagi mereka yang intensitas pekerjaannya bertemu banyak orang, klien atau relasi. Namun,di era yang sudah semakin canggih, tidak hanya wanita saja yang peduli dengan perawatan pada bagian tangan dan kaki ini. Para pria pun tak mau ketinggalan. Mereka juga melakukan perawatan di rumah kecantikan, atau di rumah dengan bantuan istri atau ayang bebeb, bagi yang belum menikah.

Banyak orang mempunyai kuku yang sehat, tapi tidak sedikit juga yang mempunyai kelainan pada kuku. Sebagian memperhatikan, namun sebagian lain memilih tidak mau tau. Tapi, tahu gak gaes, kalau kuku bisa menandakan kesehatan seseorang? Perubahan pada kuku, bisa mengindikasikan kelainan pada beberapa bagian tubuh lo.

Berikut ini, ada beberapa tanda umum kelainan pada kuku, yang bisa mengindetifikasi kondisi medik yang perlu perhatian khusus.

1. Kuku putih.
Melihat dari segi warnanya saja, sudah mengindentifikasikan kelainan pada kuku, namun gejala yang sering terjadi adalah penyakit liver, seperti hepatitis.



2. Kuku kuning.
Perubahan kuku yang menguning pun menjadi  indikasinya sistem pernafasan yang terganggu dan penyakit diabetes. Itulah sebabnya penyakit diabetes ini disebut juga penyakit kuning. Karena disertai dengan perubahan warna pada beberapa anggota tubuh.



3. Kuku abu-abu
Bisa menunjukkan adanya masalah arthritis, edema, kekurangan gizi, efek pasca operasi, glaukoma, masalah paru-paru, emfisema, atau penyakit kardio paru.



4. Kuku berwarna hitam
Kuku hitam bisa menunjukkan tanda-tanda anemia, kekurangan vitamin B12,  infeksi bakteri, penyakit ginjal kronis, masalah kelenjar adrenal, penyakit hati, kanker atau melanoma, deposito perak (logam berat), dan trauma.

5. Permukaan kuku bergelombang dan bercelah.
Pernah mengalami seperti ini? Indikasi seseorang mengalami psoriasis atau peradangan yang terjadi pada kulit yang menjadikan kulit bersisik tebal, kering dan teriritasi.


6. Kuku melengkung keluar/ke atas. Menjadi gejala penyakit seperti gangguan jantung, anemia dan kekurangan zat besi.

Membaca penyakit serius yang bisa terjadi pada kuku, tentu sekarang kita sedang memperhatikan kuku sendiri. Terlepas dari salah satu penyakit yang terjadi, tidak serta merta ditandai seseorang mengidap penyakit serius tertentu. Ada beberapa penyakit yang terkait, biasanya ditandai dengan gejala awal, seperti penyakit paru, gejala awal sesak nafas dan sebagainya. Sebaiknya periksa ke dokter apabila terjadi gejala seperti tersebut di atas. Waspadai saja bila kuku rapuh, lepas dari kulit, nyeri, berlubang, berdarah dan bengkak.

Jadi, Kuku Sehat Itu Seperti Apa?

Memiliki kuku sehat dan bersih, pasti akan terlihat indah untuk dipandang. Kuku sehat ditandai dengan berwarna pink terang, tidak bergelombang, tidak mudah patah dan rapuh serta ada tanda sabit/ lingkaran di bawah kuku yang biasa di sebut Lunula.

Apa itu Lunula? Lunula itu akar yang berfungsi untuk pertumbuhan kuku. Tanda sabit, terutama pada jempol, harus dimiliki oleh semua orang. Namun bila tanda sabit ini tidak ada, maka besar kemungkinan daya tahan/kekebalan tubuh berkurang, ginjal bermasalah, tumor, pendarahan dalam dan lain sebagainya.

Apa saja yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan kuku?
  1. Jaga kuku tetap selalu bersih dan sehat.
  2. Hindari menggigit kuku.
  3. Oleskan pelembab pada kuku dan kutikula.
  4. Jika kuku rapuh, sebaiknya tidak memanjangkan kuku
  5. Jangan mengangkat kutikula,atau membersihkan terlalu dalam, infeksi bisa saja terjadi.
  6. Sebaiknya jangan mencungkil keluar kuku yang tumbuh ke dalam, karena bisa menyebabkab radang.
  7. Kalau ada waktu, manicure dan pedicure menjadi pilihan terbaik untuk perawatan.
  8. Mengkonsumsi vitamin yang mengandung biotin sangat dianjurkan.
Kuku tangan dan kaki adalah salah satu bagian tubuh yang paling tampak. Anugerah sang Illahi yang patut untuk disyukuri. Tidak salah Sang Pencipta menyuruh memakai kerudung bagi yang muslim, karena tanda-tanda penyakit yang dialami seseorang, bisa terlihat dari bagian jari tangan, kaki dan juga mata.

So gaes, ada baiknya merawat dan melindungi kuku dari penyakit kuku yang mungkin menyerang tanpa disadari. Deteksi sedini mungkin akan lebih baik daripada mengobati setelah terjadi. Moga bermanfaat.

9 komentar:

  1. Hihihi iya, aku termasuk yg jaraaaang banget merhatiin kuku :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe..mbak dee kuku nya mungkin bagus dan sehat.

      Hapus
  2. Abis baca postingan ini, mendadak langsung merhatiin kuku sendiri.
    Syukurlah, 6 tanda kelainannya nggak ada. Berarti sehat donk ya. :d

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sipp..berarti kukunya sehat dong mbak.

      Hapus
  3. Secara nggak sadar, aku pas baca tulisan ini sambil meriksain kukuku satu per satu, hihi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Karena saya pernah mengalami kelainan kuku juga mbak, pada kaki. makanya bikin tulisan, biar banyak yang peduli pada hal kecil seperti kuku.hehe

      Hapus
  4. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  5. Ternyata gejala penyakit bisa dilihat dari warna kuku, harus aware nih kalau udah ada tanda-tanda seperti di atas. Thankyou sharingnya ya, ilmu baru ini.

    BalasHapus
  6. Katanya salah satu cara melihat karakter orang adalah melihat kukunya. TFS Mbak

    BalasHapus

Terima kasih telah berkunjung ke blog saya, silahkan berkomentar dengan sopan.