Thursday, 29 June 2017

Keseruan acara Blogger Gathering 2017 with JNE


Jumat 9 Juni 2017 lalu saya berkesempatan hadir meramaikan acara Blogger Gathering 2017 dari JNE, yang bertempat di Novotel Jodoh Batam. Acara ini diadakan hanya di 4 kota, Bogor 2 Juni, Bandung 4 Juni dan Batam adalah kota ke-3 tempat yang di pilih untuk penyelenggaraan event ini 9 Juni. Setelah Batam langsung ke Surabaya 16 Juni 2017.

Awalnya gak nyangka bisa ikut bagian dalam acara ini. Dari info di grup, peserta dibatasi hanya untuk 35 orang saja. Cepat-cepat ngisi form, beberapa hari kemudian dapat email balasan dari Mas Rian Joharianto, bahwa saya salah satu yang terpilih untuk mengikuti Kopdar Blogger JNE. Senang lah pastinya. Ngelmu gratis, sambil sekalian poto-poto syantik.

Acara yang berlangsung di Mosaic Lounge Novotel ini, mengambil tema Unpack Creative Content with JNE. Tidak tanggung-tanggung, narasumber yang dihadirkan adalah Pungki Prayitno, selaku blogger JNE, yang juga pernah dinobatkan sebagai Srikandi Blogger 2014. Serta seorang artis, pemain sinetron yang kini beralih menjadi vlogger, yakni Haykal Kamil.

Acara yang dimulai sekitar jam 16.30, di buka oleh kata sambutan dari Bapak Afrizal selaku Kepala Cabang JNE Batam. Dalam sambutannya pak Afrizal mengatakan kalau untuk Lebaran nanti, JNE akan memberikan pelayanan yang terbaik akibat melonjaknya pengiriman barang ke seluruh wilayah Indonesia. Dan sebagai antisipasinya, JNE telah mencarter beberapa pesawat untuk kecepatan pengiriman barang. Ini terbukti lo, saya beli salah satu tas via online, nyampe hanya dalam waktu 2 hari saja. Thanks JNE.
Bapak Afrizal Kepala Cabang JNE Batam

Pak Afrizal segera meninggalkan ruangan setelah memberikan kata sambutan. Acara diambil alih oleh Pungky dan Haykal. Pertama liat Pungky bercerita, menurut saya orangnya gokil, seru, asyik, dan heboh banget deh pokoknya. Emak cantik yang masih manggil dedek ama diri sendiri, walau sudah berkeluarga dan juga sudah punya anak. Duh..dedek Pungky bisa aja nyari jiwa mudanya.

Sedangkan Haykal agak kalem, suka becanda juga dan pastinya gak sombong. Soalnya dia mau ngobrol dan berbaur juga dengan kami dan sempat nanya-nanya juga ke beberapa teman blogger. Eh, kalo diliat dari dekat, babang Haykal mukanya bersih banget, kinclong, ampelasnya merk apa ya? *kepo. wkwkwkwk.

Dari cerita Pungky nih, dia nge-blog dari 2008, dengan platform Multiply. Disitu dia masih sering gonta ganti glitter sampai akhirnya memilih blogspot sebagai rumah barunya. Kalo banyak blogger terfokus pada Niche tertentu, Dedek Pungky ini blog nya gado-gado lo, alias berisi bermacam-macam, mulai dari review lipstik, fashion ampe otomotif. Ckckckck..Pungky nya banyak ilmu ya, ampe bisa membuat content yang "rupa-rupa" gitu. Etapi jangan salah, walau blognya gado-gado, dia tidak melupakan kualitas dari blognya sendiri, kalau dia sudah buat content, tapi tidak enak dibaca, dia juga gak segan-segan untuk tidak menguplodnya. Yang pasti dia tidak menghilangkan karakter blognya.

Pungky juga banyak menerima job endorsement lo. Dan dia selalu memastikan barang yang mau di endorse dalam keadaan baik dan tidak rusak ataupun lecet sampai ke tangannya. Bela-belain deh dedek Pungky ngebuka paketnya di depan si Mas JNE. Dedek Pungky emang niat banget pokoknya. Profesionalitasnya tinggi.

Asal tau aja nih, dia tidak mau mengambil brand yang sama demi menjunjung brand yang sudah duluan datang kepadanya. Kalau pun dia mau, paling juga Pungky akan meminta jeda waktu selama sebulan. Kalau mau silahkan, kalau tidak ya sudah. Biasanya kalo brand butuh pasti mau la ya nunggu, secara blogger beken gitu.


"Gw hidup dari content, dapat uang dari content. Dan gw bela-belain bawa tas koper gede hanya untuk poto yang berkualitas"
Quote by Pungky

Satu hal dari Pungky Prayitno, sekarang dia mengelola 3 blog, blog dia, blog suami dan juga anaknya. Untuk urusan keluarga di private banget nih. Gak mau sembarang uplod rumahnya, wajah anaknya, ataupun keluarga lainnya. Setuju juga sih, karena kita gak tahu juga, pemirsa blog siapa dan dari kalangan mana saja. Lebih baik ambil amannya daripada repot cuy.

Bagi saya yang masih baru di dunia blog ini, ada beberapa tips yang saya copas dari Pungky Prayitno.
1. Apapun kegiatan bisa di jadikan content.
2. Terikat Niche boleh, blog gado-gado pun boleh asal konsisten dan mempunyai ciri khas sendiri
3. Jangan asal posting, pastikan content yang dipost enak dibaca audiens dan juga kita sendiri.
4. Jaga hubungan baik dengan endorsement.
5. Profesional.

Pungky dan Haykal

Blogger beken dan Vlogger kece

Lain Pungky, lain juga Haykal Kamil. Pengantin Baru yang masih seru-seruan berdua ini, juga tak ketinggalan membagi ilmu seputar vlog. Vlog lagi digilai banyak blogger loh sekarang. Saya pun gak ketinggalan nyimak semua tips yang diterangin Haykal.. Atunsias gede banget, ampe ambil duduk di posisi yang pas dan luas mata memandang, alias di depan tanpa ada halangan. ceile..segitunya.

Keseriusan peserta nyimak dan nge-tweet


Kalau dipikir-pikir nih, nge vlog itu sama dengan orang gila, tapi keren, dalam artian, ngomong sendiri tapi pake gadget yang harganya mahal. Butuh keahlian dalam merangkai kata-kata yang berkaitan dengan content vlog yang disajikan. Makanya bahan cerita sebaiknya di siapkan untuk membuat sebuah cerita pada vlog. Kalo habis bahan gimana? Kalo Haykal bilang, caranya mudah, take video dengan mengarahkan ke bagian yang lain saja. Ambil hal-hal unik dan menarik yang ada di sekitar kita.

Tidak hanya blog saja yang bisa menghasilkan uang. Menurut Haykal, vlog juga bisa, caranya bisa dari Goggle adsense, endorsement dan juga offline (undangan untuk acara tertentu). Bener juga sih. Terbukti ada beberapa teman blogger yang mengirim video ke salah satu stasiun tv, diputer, dapat uang tuh. Tinggal bagaimana kita mengolah, menyajikan dan mengedit video tersebut, hingga berdurasi standar dan enak dilihat.

Ilmu vlog dari Haykal yang juga bisa saya copas.
1. Buat video tentang hal apa saja yang menarik perhatianmu.
2. Buat bahan cerita untuk setiap video yang akan di take. Misal: tempat asyik di Batam, kita bisa menampilkan beberapa tempat asyik di sekitar Batam.
3. Jangan ambil video terlalu panjang. Biasanya video yang di uplod untuk tv hanya beberapa detik saja, sedangkan untuk youtube sekitar 3 menitan.
4. Unduh video editor di PC atau di Android untuk memudahkan peng-editan. Atau bisa juga sewa video editor seperti Haykal, yang mempercayakan ke temannya sendiri.

Nah..ngelmu gratis dari blogger beken ama vlogger kece itu, bisa nangkap dan langsung terekam ke otak. Eit, tidak ilmu saja, ada kuis live twit dan instagram berhadiah voucher untuk empat orang. Dan saya bukan salah satu yang beruntung saat itu. Mbak annisa yang duduk di sebelah saya pun gak juga.

Akhir acara, dilanjutkan dengan buka puasa dan tak lupa poto-poto ala blogger. Ada juga lo goodie bag dari JNE yang bisa dibawa pulang sebagai kenang-kenangan. Dan cover luar goodie bag, bisa di uplod di Ig JNE dan ada hadiah juga lo.

Salah satu foto JNE

Satu lagi yang paling penting, ada lomba vlog dari JNE, khusus peserta di empat kota yang di sebut di atas. Vlog bisa berupa cara mengirim barang dengan JNE, melakukan transaksi di JNE dan lain sebagainya. Langsung kirim ke Ig @JNE_id atau syarat lengkap pengiriman bisa di liat di situs resmi @JNE_id, atau japri saja.

Sekian dulu cerita dari saya.
See ya to the next story.


4 comments:

  1. Acaranya seru ya.. Nambah ilmu banget. Moga event-event kayak gini lebih sering diadakan di Batam ya..

    ReplyDelete
  2. Aaahh, seru, jadi pengen lagi ya Kak.

    ReplyDelete
  3. Ikutan lomba Vlognya kah kak? Hiks saya gak ikutan... hehehe

    ReplyDelete
  4. Acaranya sih seru. Malah kami jalan-jalan bareng artessss :)

    ReplyDelete

Terima kasih telah berkunjung ke blog saya, silahkan berkomentar dengan sopan.