Friday, 28 July 2017

Blogger Kepri Adu Balap Gokart di Sirkuit Marina Batam


Sabtu 22 July 2017, kami komunitas Blogger Kepri, berkesempatan mencoba arena pacu adrenalin di Sirkuit Marina Batam. Satu kebanggaan bagi saya bisa mencoba bermain Gokart di sini. Loh, Gokart kok di Marina? Ya, sepintas lalu, nama Marina identik dengan tempat bersandarnya perahu atau kapal. Tapi di Batam, nama Marina ditasbihkan sebagai nama daerah yang berada di ujung Pulau Batam.

Wilayah yang berdekatan dengan pelabuhan Laut Sekupang ini, dulunya memang banyak bersandar yacht-yacht cantik, dan kapal asing sekitaran Marina. Karena itulah wilayah ini lebih dikenal dengan nama Marina. For your information nih, di Batam, nama wilayah/kota lebih familiar dibanding nama jalanannya.


TENTANG MARINA GOKART BATAM

Marina Gokart Batam sebenarnya telah berdiri di tahun 1995. Pada saat itu masih dikelola oleh beberapa orang Singapura dan juga komunitas mobil yang ada di Batam Center. Namun selama beberapa tahun, sirkuit dibiarkan terbengkalai dan tidak diurus. Balapan sempat vakum dalam waktu yang lama. Akhirnya 6 Februari 2016, sirkuit dibuka kembali yang dihadiri oleh Bapak Soeryo Respationo beserta undangan saat Grand Opening.

Setahun lebih dibuka, telah banyak tamu yang mencoba menyicipi keseruan bermain gokart di Marina ini. Kebanyakan  90% tamu dari Singapura, Malaysia, dan 10% nya dari lokal.

Adalah Pembalap Nasional Indonesia yakni Pak Oke Junjunan dan Pak Jeffry Ibrahim, owner, sebagai penggagas awal yang mengambil alih Marina Sirkuit Batam hingga sekarang. Tak hanya Pak Oke dan Pak Jeffry saja, ada nama Pak Doz Kartikomas, sebagai Pimpinan Sirkuit dan Pak Arthur Pattinaja, selaku Manager Marketing/Operational, yang juga turut mensupport berjalannya Sirkuit Marina Batam.

Sebagai owner, Pak Oke Junjunan tidak menetap di Batam. Ia stay di Bandung. Beliau lah orang yang pertama kali mengenalkan Gokart ke Indonesia. Seorang atlit yang telah mengharumkan nama Indonesia di ajang kejuaraan ASIA, ASEAN, juga juara Nasional yang sampai saat ini masih berlatih di Sirkuit Marina Batam.

Tujuan dibukanya kembali Marina Sirkuit Batam ini adalah sebagai wadah positif generasi muda untuk menyalurkan hobbi, mencari bibit muda berbakat, serta membantu pemerintah khususnya pariwisata Kepri sebagai destinasi wisata bagi wisatawan lokal maupun international.

Saat ini Sirkuit Marina Batam sudah memiliki club yang sudah terdaftar dalam Ikatan Motor Indonesia (IMI), yakni Batam Speedy Club, dengan jumlah anggota 15 orang. Selain itu, Marina sirkuit ini, juga memberikan bimbingan bagi anak usia dini 8thn-11thn.


REGULASI

Sebelum balapan dimulai akan ada briefing yang dilakukan pihak pengelola untuk para pembalap agar mengetahui apa saja yang diizinkan dan tidak diizinkan di Marina Sirkuit Batam ini. Pembalap harus benar-benar paham dan tahu akan pentingnya sebuah regulasi, untuk menjaga keamanan dan kenyamanan bersama.

Apa saja sih regulasi yang harus dipahami?
  • Pedal rem ada di sebelah kiri dan gas di sebelah kanan.
  • Jika gokart berhenti atau mogok, jangan keluar dari gokart, jangan lari seperti anak kecil apalagi berteriak ketakutan. Cukup lambaikan tangan, ups, cukup mengangkat kedua tangan ke atas, petugas akan langsung menghampiri. Alasan tidak boleh keluar,  untuk menghindari tabrakan oleh pembalap lain.
  • Angkat tangan untuk kembali ke pit.
  • Dilarang menabrak atau menghalangi dengan sengaja, (khilaf boleh kali ya untuk pemula).
  • Ketika bendera merah diangkat pengemudi harus hati2. Bisa jadi ada tabrakan atau hal yang tidak terduga lainnya. Yang sering nonton balap Rossi pasti tahu makna bendera ini.
  • Wajib mengenakan helm, jaket, sarung tangan dan sepatu untuk savety.

Arena gokart rental tidak dibekali asuransi, karena aman dan savetynya yang lumayan tinggi. Pengemudi bertanggung jawab sendiri, bila terjadi kecelakaan yang dilakukan secara sengaja. Atau dengan kata lain, tidak mengikuti regulasi yang sudah ditetapkan. Tidak akan ada ganti rugi. Pihak Pengelola hanya menanyakan berdasarkan kebijakan yang ada, dan bila kesalahan masih bisa ditolerir tidak akan diminta pertanggung jawaban/dasar kekeluargaan saja. Hanya pada gokart racing asuransi disediakan.



FASILITAS DI SIRKUIT MARINA BATAM

Kalo ngomong fasilitas, ya pasti pertama, ada lapangan dan juga gokart. Awal mula gokart dibuka, pengelola sudah mempunyai 8 unit gokart untuk rental. Target dari Marina Sirkuit sendiri adalah 20 unit gokart. 2 bulan yang lalu, telah ada penambahan sebanyak 4 unit, total sekarang menjadi 12 unit. Kekurangan dari target yang diharapkan, pengelola akan menambah secara bertahap.
Wah mudah-mudahan bisa terealisasi secepatnya ya Pak, biar kami segera meluncur untuk balapan kembali.

Fasilitas lengkapnya antara lain :
  1. 12 unit gokart rental.
  2. 4 unit gokart racing (rental).
  3. Transponder skala Nasional yang telah terpasang di tiap gokart rental, TV monitor untuk mengetahui best time, kecepatan dan jumlah lap. Hasil lap bisa diprint out dan dibagikan ke peserta yang telah selesai race.
  4. Jaket dan Helm.
  5. Pit shoop (spare parts, baju racing/kaos dll).
  6. Tribun Penonton.
  7. Lobi dengan kapasitas pengunjung 200pax.
  8. Cafe.
  9. Toilet Pria dan Wanita.
  10. Mushola (on progress).
  11. Workshop dan storage.
Lap dengan panjang 960m

Siapa saja yang boleh bermain gokart?
Dewasa, emak-emak, bapak-bapak, bahkan anak yang berumur lebih kurang 8 tahun.
Yang tidak boleh main mungkin aki-aki ama nini-nini kali ya.Hehe.


LOKASI

Temans yang punya nyali besar, dan ingin mencicipi arena balap untuk memacu adrenalin? Silahkan datang kesini. Berlokasi di jalan Marina Batam, sebelah Hotel Harris Resort.

How to go there?
Yang dari arah Batam Centre - Muka Kuning - Batuaji, dari simpang lampu merah Basecamp lurus saja menuju Marina, sampai bertemu Hotel Harris Resort. Marina Sirkuit Batam berada satu kawasan dengan Haris Resort. Bila Dari Jodoh, Nagoya, Tiban dan sekitarnya, perempatan lampu merah Sei Harapan, masuk menuju Tanjung Riau, ikuti saja jalan utama sampai di kawasan Harris Resort Marina. Sebaiknya naik mobil atau motor, karena angkutan umum tidak tersedia menuju kawasan ini.


SEWA dan TARIF

Nah, ini nih yang paling dicari para maniak balap. Berapaan sih, dana yang dikeluarkan untuk mencoba balapan?

Perlu diketahui, di Sirkuit Gokart Marina ini, ada yang disebut Weekday dan Weekend. Untuk Weekday Senin-Kamis, Sedangkan Weeked Jumat-Minggu dan hari libur Nasional.

Gokart Rental
Weekday 125.000 / 10 menit
Weekend 175.000 / 10 menit
Kecepatan max 60km/jam

Gokart Racing 500.000/10 menit, ada 4unit.
Beda speed, ban, mesin dan gokart sudah disediakan. Untuk gokart racing ini, pengelola harus tau terlebih dahulu, apakah orang tersebut sudah pernah menggunakan gokart racing sebelumnya. Karena mengingat faktor keseluruhan gokart racing yang berbeda dengan gokart rental, terutama pada speed. Harga mengabaikan weekday dan weekend ya, hari biasa atau libur sama.

Kendaraan roda 2
100cc - 150cc 100.000 / 3 jam
250cc 150.000 / 3 jam
Kendaraan roda 4  200.000 / 3 jam

Sewa Circuit Untuk Umum full satu hari
Weekday 8.000.000
Weekend 10.000.000

Harga Promo
Pelajar dan Mahasiswa 100.000 / 10 menit  syarat bawa kartu pelajar / Mahasiswa.
Happy Hour Weekday 80.000 / 10 menit jam 17.00.
Happy Hour Weekend 100.000 / 10 menit

Sedikit reminder, sewa sirkuit roda 2 dan 4, race bisa tetap berlanjut sampai 3 jam, jika tidak ada sewa gokart. Namun jika ada sewa gokart, race roda 2 dan 4 dihentikan sejenak untuk prior ke gokart. Dan untuk yang menyewa full satu hari, arena bisa dipakai satu hari penuh, sewa gokart akan ditutup untuk umum, pada hari penyewaan itu.


EVENT SELAMA GOKART BEROPERASI

Tidak hanya sewa dan fasilitas saja, Marina Sirkuit Batam juga telah menyelenggarakan beberapa event seperti di bawah ini.
1. Fun Race Gokart antar Komunitas Roda 4.
2. Fun Race Gokart Kategori Umum.
3. Bukber Fun Race Umum (pada bulan Puasa).
4. Open Kepri Road Race supporting event gokart Racing Challenge.
5. Time Attack Fun Race Roda 4.Family Fun Race Gokart Racing.

Next Event :
1. 17 Agustus 2017
Fun Race Kategori Umum (Pria, Wanita dan Anak-anak). Warga Batam yang ingin mengikuti Fun Race ini, bisa mendaftar di Marina Sirkuit Batam, dengan biaya daftar Dewasa/Pria,wanita : 200.000 sedangkan anak-anak 150.000.
2. 19 November 2017
Event "Go Batam" Fun Race Karting. Para peserta dari Lokal dan Luar Batam. Sebagai ajang pembalap Nasional meramaikan event bertaraf Nasional.

SAAT DEG-DEG SER NAIK GOKART

Saya nyampe di Sirkuit Marina ini pukul 15.30 bareng kak Sarah. Sebelumnya telah datang mbak Menix, teh Cucum, Dani dan Chailuk. Datang duluan, otomatis saya dan teman lainnya mendapat Race pertama.

Pak Arthur dan Pak Doz, mem-briefing para peserta sebelum race di mulai. Briefing selesai, saatnya mencicipi gokart. Saya ambil amannya aja deh dengan make, topi, jaket dan helm. Sepintas lalu seragam yang kami kenakan, mirip pengendara ojek online di Batam dan di salah satu tayangan Televisi Swasta. Tapi, lupakan soal kemiripan. It's time to gokart.


Mau diantar kemana dek? Photo by Teh Lina


Saya duduk di gokart nomor 4. Angka keberuntungan kah? Tidak juga, inipun hasil tukeran posisi dengan Mas Sugiarto.

Mesin dihidupkan, tubuh saya mulai bergetar, bukan karena takut, tapi bunyi mesin yang menggetarkan tunggangan yang saya naiki yang ikut merambat ke tubuh saya. Posisi sudah stand by, bendera merah diangkat, saarnya test lap pertama.


Saya melaju dengan masih meraba-raba rem dikiri dan gas di kanan. Pas belokan, saya berteriak, karena gokart saya menabrak gokart chailuk. Maafkan kakak dek. Bukan di sengaja, bukan terbayang boom boom car, mungkin kakak khilaf belum konsen bedain mana gas mana rem. Hehe.


Insiden ama Chailuk, membuat konsentrasi saya bertambah. Kaki saya menekan pedal rem  dengan kencang. Ada keanehan, saya tetap melaju dengan kencang. Setelah saya amati, ternyata jalan yang saya lalui itu sedikit menurun menuju ke area pit. Pantas saja gokart tetap melaju. 

Lewat satu lap, saya sudah mulai menambah kecepatan, walau beda jauh ama Maikel Sumaker. Pas belokan pun saya sudah bisa memainkan stir gokart dengan mahir. Pake feeling dan konsentrasi penuh juga sih.



Photo by Mas NirNugroho

Akhirnya selesai 3 lap dengan waktu yang cukup memuaskan untuk pemula. Saya perhatikan para pembalap gokart di Race kedua, sudah gak sabar memacu adrenalin mereka di lap yang memiliki panjang 960m ini.


Yang pasti, rasa nagih menghentak saya untuk kembali lagi kesini lagi.

Banyak Moment Yang Terekam Saat Blogger Kepri mencoba uji nyali gokart, seperti :

1. Tertawa Padahal deg-degan.
Teh Cucum. Photo: Chaycya

Mbak Menix. Photo: Chaycya

Photo : Teh Lina


Chailuk. Photo by Teh Lina


2. Pembalap Gokart ala-ala Model. 
Bang Uma dan Mbak Dee. Photo: Mas Nirnugroho
Chaycya Photo by Mas NirNugroho


3. Melaju Kencang bak Pembalap Formula 1.
Dani best time lap Race 1 Photo Mas Nirnugroho


4. Fotografer Yang Sedih Hasil Poto Blur.
Teh Lina


5. Gokart bersama Anak.
Mas Anank dan Lala
Photo by Teh Lina

Mas Andi motret dan si Kecil
Photo: Teh Lina


6. Pendukung dan Pemandu Sorak Blogger Kepri.
Qisty Anak Teh Cucum, Lala anaknya Mbak Dian, Azka anaknya mbak Menix, Chila anaknya Teh Lina, dan Queen

7. Kompak dengan 3 istri di Sirkuit.
Diriku, Kak Sarah dan Mbak Menix, Chailuk. Photo by Andi Motret


8. Hingga yang punya lap sendiri.
Saya nyungsep, acung ah!
Photo by Mas Nirnugroho

Doyan dengan lapangan berumput
Photo by Mas Nirnugroho


Akhir Result Balapan Blogger Kepri dimenangkan oleh :
Race 1  : Dani, Best time 1:05:216
Race 2 : Mas Andi Setiawan Best time 58:773
Race 3  : Mas Anang, Best time 59.00
Hadiahnya dapat "kiss" dari istri masing-masing. Kecuali Dani, jangan ngayal dapat juga, masih dibawah umur soalnya. Hehe.

Nah, itulah keseruan Blogger Kepri memacu adrenalin di Sirkuit Marina Batam. Kita tunggu keseruan berikutnya ya gaes. Happy weekend.

See ya to the next story. Bye

42 comments:

  1. pemenang yang sesungguhnya adalah kita semua yang berani melawan rasa deg degan...horeeeee

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyah..saya juara nomor satu dari belakang.

      Delete
  2. Foto Chai Luk sama Mas Anang dan Lala itu aku yang foto loh Yung. *tukang foto protes haha.

    ReplyDelete
  3. Wah senang banget bisa main gokart, mba. Aku bbrapa kali pengen eh gagal. Padahal pe gwn juga kayak pembalap . Ehhehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, senang banget mbak..cus melincur ke Sentul mbak.

      Delete
  4. Wuih, kece mbak.
    Apa harus bisa dasar nyetir mobil (ttg porsneling dll) br bisa pake ini.atau gas n stir aja? *penasaran

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gokart ini gak pake persneling mbak, rada sama ama boombom car,cuma ada gas, rem ama stir aja mbak alma. Otodidak coba, langsung bisa sendiri kok mbak.

      Delete
  5. sayang pas ke bengkulu jadi nggak ikut cobain

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah, sayang banget ya mas danan gak ikut, tapi ada keseruan lain kok yah di Bengkulu.

      Delete
  6. Seru pokok nya main go-kart di marina soal nya arena nya luas, jadi pengen main lagi

    ReplyDelete
  7. Heheheh bener2 kalau gokart mogok kita lari kyk kecil khawatirnya ketabrak yg lain ya? Tapi suka panik gtu.
    Hihihi TFS seru kyknya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Panik sih iya mbak, tapi langsung acung aja, petugas langsung deh meluncur.

      Delete
  8. Noted mbak..ntar kalau aku ke Batam lagi wajib nyobain gokart ini :)

    ReplyDelete
  9. aku nyetir mobil-mobilan di timezone aja sering nabrak. Kalau go kart gimana ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Beda mbak,gokart ada arenanya,paling juga keluar jalur gitu, hahaha

      Delete
  10. Wuiiihh seru banget yaaa. Berani ga yaa naiknyaa

    ReplyDelete
    Replies
    1. Coba deh mbak, awalnya takut, akhirnya ketagihan.

      Delete
  11. Harga promo nya lumayan bangeet itu mba, aku blm pernah cobain gocart :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, saya mah milih promo aja ntar barengan ma teman lagi kesini. Tunggu gajian dulu.*eh

      Delete
  12. Di Jogja juga ada mbak di Kidfun tetapi sewanya lumayan mahal...tapi asik juga nih kalau blogger-blogger pada ngumpul trus balapan....Sukses ya mbak...

    ReplyDelete
  13. Sepertinya harus ikut lomba nih, agar tahu bagaimana rasanya balapan menggunakan gojart

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yaaa, soleh gak ikut kemarin sih. Ikut aja soleh 17 agus bsok, mas andi ikut deh kayaknya.

      Delete
  14. Seru main gokart rupanya. Padahal takut juga awalnya. Bahhh ada fotoku :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Deg-deg ser awalnya, ketagihan akhirnya. Cuss meluncur lagi bang.

      Delete
  15. Duh lengkap bangets ni foto-foto kece kita.... moga bisa coba lagi ya....

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyah mbak..kapan kesini lagi mbak menix?

      Delete
  16. Seru banget dah kumpul- kumpul dan main Gokart. Ternyata gitu ya caranya main gokart. Thankyou sharingnya mbak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Masama Dek Sil. :)
      Nanti kalo ke Batam lagi, dicoba yah..

      Delete
  17. Wkwkwkwk itu foto bareng 3 istri yang kompak diposting juga ������
    Seru yaa.. Pengen main lagi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahaha..ngumpulin dari curhat WA itu mah mbak Dee.

      Delete
  18. seru yah bisa balapan gokart rame-rame,jadi pengen rasain juga. apalagi bisa finis pertama

    ReplyDelete
  19. ah sayang kmrn nggak ikutan, ulang lagi yuk wkakakkaka

    ReplyDelete
  20. Seru ya mbak, selama ini aku cuma berani ngeliat aja, kalo sampai bawa sendiri gokartnya terus dilombain gak berani haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seru banget mbak Ev, awalnya takut, penisirin, akhirnya ketagihan.hehe

      Delete

Terima kasih telah berkunjung ke blog saya, silahkan berkomentar dengan sopan.