Monday, 25 September 2017

Sertifikasi Buntung atau Untung?


Pentingkah dapat sertifikasi? Bila ada pertanyaan seperti itu, saya akan jawab, YA, PENTING SEKALI. Sertifikasi adalah tanda kelulusan, pengakuan, bukti kepemilikan lembaga atau perseorangan, yang dianggap telah mampu melakukan suatu tuntutan pekerjaan, yang hasilnya diakui sah di mata hukum.

Sertifikasi tidak hanya sebagai kertas di tangan saja. Lulus dan dapat pengakuan. Tapi juga sebagai tolak ukur capability, sudah sejauh mana sih, hasil yang telah diraih? Sertifikasi menjadi penting, tatkala muncul peraturan pemerintah untuk memperbaiki sistem dan regulasi. Biasanya sistem ini lebih mengacu kepada Pegawai Negeri dibanding Swasta. Tujuannya untuk peningkatan mutu, efisiensi, kreativitas, dan kualitas kerja.

Banyak ragam sertifikasi yang kita ketahui. Ada Sertifikasi Akademik, seperti ijazah, dan sertifikat. Sertifikasi profesi yakni Sertifikasi Guru, Dosen, IT dan lain sebagainya. Semuanya masih terhubung dengan sub-sub yang saling melengkapi, agar lulus secara profesional.

Begitu juga dalam segi bisnis, kita mengenal adanya sertifikasi ISO, International Organization for Standardization. Suatu bentuk pengakuan yang diberikan oleh lembaga yang berskala Nasional dan Internasional, yang membuktikan bahwa perusahaan tersebut telah lulus secara uji kompentensi. Baik mengenai standar persyaratan, maupun kelengkapan dokumen mengenai peraturan perundangan yang berlaku. Jaminan dan kualitas standar itu dibuktikan dengan bagaimana perusahaan tersebut menjalankan siklus PDCA, Plan-Do-Check-Act, yakni identifikasi, analisa, dan eksekusi sebuah penyelesaian masalah, untuk menjamin mutu internasional.

Perusahaan dituntut memberikan kualitas yang terbaik dalam produk/jasa yang dihasilkan, tetapi tidak melupakan dampak lingkungan yang terjadi dari aktivitas tersebut. Terlepas bagaimana cara dan sistem satu perusahaan mendapatkan sertifikasi, kompetensi dasar dari persyaratan ISO tetap harus ada sebagai bahan observasi, bahwa perusahaan itu sudah berhak mendapatkan sertifikasi ISO. Karena itulah, banyak perusahaan berusaha mencapai target, demi mendapatkan sertifikasi ISO dalam hal Managament Mutu (ISO 9001) dan Pengelolaan Lingkungan (ISO 14001).

Perkembangan industri yang signifikan, adalah salah satu faktor pemicu terjadinya persaingan yang semakin ketat antar perusahaan. Segala upaya dilakukan untuk menjadi yang terbaik. Pembenahan dilakukan di mulai dari item biasa sampai yang spesifik. Salah satunya dengan cara meningkatan kualitas kerja dan mutu tenaga kerja itu sendiri.

Bagaimana caranya? Perusahaan harus mengupayakan pelatihan, training, improvement, serta mendorong tenaga kerja untuk mendapatkan sertifikasi kompentensi kerja yang didasari skill. Agar tenaga kerja (pemegang setifikat) tersebut, terjamin kredibilitasnya, dan menyadari bahwa mereka tidak hanya bekerja dan mencapai target saja, tapi bagaimana mereka bisa bertanggung jawab atas tugas yang dibebankan kepadanya.

Pentingnya sertifikasi keahlian juga diakui penting oleh Menteri Ketenagakerjaan, Hanif Dhakiri. Ia mengungkapkan bahwa tenaga kerja Indonesia sesungguhnya mampu bersaing dalam MEA atau Masyarakat Ekonomi ASEAN, namun kendala yang dihadapi adalah minimnya pengakuan yang diberikan. Oleh karena itu ia mendorong tenaga kerja Indonesia untuk melakukan sertifikasi keahlian. [1]

Salah satu cara untuk bersaing di dunia global adalah dengan memiliki sertifikasi keahlian. Dengan melakukan sertifikasi keahlian, artinya seseorang telah dianggap memiliki standar yang baik dalam suatu profesi atau pekerjaan. [2]

Beberapa tujuan mendapatkan sertifikasi ISO ini antara lain, agar bisa berdaya saing di mata Internasional, mendapat kepercayaan konsumen, serta mengangkat citra perusahaan. Yang semuanya tentu bertimbal balik dengan adanya jaminan mutu dan kualitas dari produk atau jasa yang ditawarkan, serta bagaimana sebuah perusahaan mengambil langkah antisipasi secara cepat terhadap komplain dari pelanggan.



Saya yang juga seorang karyawan swasta yang telah merasakan manfaat dari uji kompentensi ini. Dan telah beberapa kali juga mengikuti training dan pelatihan ISO dari perusahaan tempat saya bekerja. September 2016 kemarin, training terakhir yang saya ikuti. Dan Maret 2017 lalu, Audit ISO 9001 dan 14001. Dan Alhamdulillah, perusahaan saya mendapatkan Sertifikasi ISO versi 2008, dan akan mempersiapkan diri untuk Audit ISO versi 2015 tahun depan.


Saya sudah mendapatkan sertifikasi kompentensi. Dan banyak sekali manfaat yang telah saya rasakan. Saya jadi tahu bagaimana kualitas, efisiensi dan produktifitas yang sesuai dengan standar ISO dalam satu perusahaan. Dan tentu saja menjadi image bagus untuk diri saya ke depannya tentang peningkatan karir, dan so pasti kenaikan salary :).

Nah, bagi kamu pelajar, mahasiswa, pekerja, staff profesional, freelancer maupun pemilik bisnis, jangan menyerah. Jangan pernah ada kata terlambat untuk mendapatkan sertifikasi kompentensi. Apapun bidang yang kamu ambil pastikan harus sesuai skill dan punya prospek bagus ke depannya.

Salah satu bidang yang bisa jadi pilihan kamu untuk mendapatkan sertifikasi adalah yang berkaitan dengan era digital atau internet. Tau dong ya, sekarang semua serba internet? Apa-apa serba digital. Kamu suka nge-blog kayak saya? Mau nge-desain juga? Tapi bisa marketing juga? Jangan cemas? Kamu bisa pilih bidang Web Master, Web Programing, Digital Marketing dan Graphic Design, yang semuanya ada di Dumet School.

Kenapa Dumet school? Secara lokasi, Dumet School letaknya strategis, jadwal flexsibel, semi private, pengajar ramah dan berpengalaman. Yang paling oke nih, kamu akan diajar sampai bisa. Jadi jangan cemas kalo kamu gatek atau gak bisa apa-apa. Satu lagi yang gak kalah penting, bila kamu sudah lulus pun, kamu masih bisa konsultasi gratis seumur hidup.

Soal biaya cukup sesuai dengan benefit yang akan kamu raih. Mulai dari 7.6 juta sampai 14 juta.

Tunggu apalagi, kamu bisa daftarkan diri kamu di Dumet School yang berlokasi di Kelapa Gading, Tebet, Grogol, Srengseng dan Depok. Atau kamu bisa hubungi via
Telp: (021) 2941 1188
Email : info@dumetschool.com

Sumber :
Photo took by Pixabay

[1] Infopublik.id. (2016). Menaker Ingatkan Pentingnya Sertifikasi di Era Kompetisi MEA. Diambil kembali dari infopublik.id: http://infopublik.id/read/144725/menaker-ingatkan-pentingnya-sertifikasi-di-era-kompetisi-mea.html

[2] Ini Alasan Penting Anda Harus Mengikuti Sertifikasi Profesi . Diambil kembali dari www.femina.co.id:http://www.femina.co.id/career/ini-alasan-penting-anda-harus-mengikuti-sertifikasi-profesi

5 comments:

  1. Saya sepaham dengan tulisan ini :)

    ReplyDelete
  2. iya, Mbak. Sertifikat memang penting. Lumayan juga biayanya, ya. Tapi kalau manfaatnya lebih besar sih gak apa-apa ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, bener mbak, belum lagi waktu terkuras habis. Ambil mamfaatnya aja sih memang mbak.

      Delete
  3. sertifikat bagi saya penting banget, saya setuju dengan mbak yulia.

    ReplyDelete

Terima kasih telah berkunjung ke blog saya, silahkan berkomentar dengan sopan.