Kelebihan Membeli Tiket Kereta Api Secara Online Untuk Mudik Lebaran

3:48 pm Yulia Marza 8 Comments

Sumber : id.wikipedia.org/wiki/Kereta_api_Patas_Bandung_Raya

Tiket kereta api semakin mudah didapatkan saat ini. Selain di stasiun, anda bisa memesannya melalui agen atau situs-situs yang melayani pembelian karcis secara online. Tapi, opsi kedua lebih banyak dipilih calon penumpang karena membawa beragam kemudahan.

Kelebihan Pesan Tiket Kereta Api Online
Kereta api sering dijadikan pilihan utama ketika seseorang hendak melakukan perjalanan jauh. Mudik lebaran, misalnya. Sebab, transportasi umum tersebut menghadirkan berbagai hal menarik, mulai dari harga sampai suasana perjalanan yang berbeda. Lain dengan beberapa tahun lalu, kini pemesanan karcis KA untuk pulang kampung telah tersedia secara online. Sehingga, tidak ada lagi calon penumpang yang marah atau cekcok akibat tidak kebagian tiket.

Sistem itu sendiri memberi banyak kemudahan, di antaranya:

Bisa Pesan Dimana dan Kapan Saja
Dengan membeli tiket KA secara online, calon penumpang dapat terhindar dari kerepotan-kerepotan, seperti menghabiskan waktu untuk menelepon customer service atau mengantre di loket penjualan tiket yang terdapat di stasiun. Metode tersebut memungkinkan Anda untuk memesan karcis di mana dan kapan saja, selama memiliki gadget untuk mengakses situs yang menyediakannya. Bahkan, Anda bisa memesan 2-3 bulan sebelum waktu keberangkatan.

Hemat Waktu dan Tenaga
Berkaitan dengan poin pertama, tentu adanya kemudahan tersebut membuat Anda bisa menghemat waktu dan tenaga. Sebab, Anda tidak perlu pergi ke stasiun dan mengantri untuk mendapatkan tiket. Proses pemesannya pun hanya memakan waktu beberapa menit serta dapat dilakukan di mana pun.

Tersedia Berbagai Fitur yang Memudahkan Pengguna
Ada berbagai fitur yang ditawarkan situs penyedia tiket KA, seperti untuk mengisi data penumpang secara praktis dan akurat. Sehingga, ketika melakukan transaksi selanjutnya, Anda tidak perlu mengetik informasi yang dibutuhkan secara manual. Ada pula fitur untuk menyimpan data lebih dari satu kartu kredit guna mempercepat pembayaran. Serta masih banyak fasilitas yang bakal mempermudah pemesanan karcis kereta api.

Banyak Promo Menarik
Umumnya, perusahaan pemesanan tiket KA online menawarkan beraneka promo menarik. Seperti diskon setengah harga, cashback serta gratis biaya admin. Anda bisa memanfaatkannya untuk menghemat lebih banyak budget. Bila Anda berniat beli tiket kereta api promo, maka perlu teliti untuk melihat di halaman promo apakah tersedia promo atau tidak untuk digunakan.

Baca juga: Liburan ke Conrad Bali
Baca juga: Tips Cantik dan Aman

Mengurangi Resiko Kehilangan Tiket
Kehilangan tiket merupakan resiko utama yang menanti apabila Anda melakukan transaksi pembelian secara konvensional. Sebab, karcis atau tanda terimanya berupa kertas fisik yang perlu disimpan dengan baik. Jika hilang atau lupa dibawa, sementara rumah berada jauh dari stasiun dan waktunya tidak memungkinkan untuk kembali, Anda harus membeli tiket yang baru.

Resiko tersebut tidak akan dialami apabila tiket dibeli secara online. Pasalnya, karcis yang diterima berbentuk digital dan tersimpan secara online. Kalau pun ponsel raib atau tertinggal, Anda masih bisa mengaksesnya melalui gawai lain, misal kepunyaan keluarga atau teman yang melakukan perjalanan bersama.

Langkah-langkah Memesan Tiket KA Via Online
Berikut beberapa tahapan yang harus Anda lalui untuk memesan tiket via online:
1. Tentukan rute perjalanan sesuai dengan tujuan yang diinginkan. Sebagai contoh, dari stasiun di Bandung ke Semarang.
2. Pilih jadwal keberangkatan dan atau kepulangan pada menu yang tersedia.
3. Sebutkan jumlah dan kategori penumpang (dewasa/anak-anak).
4. Setelah itu, situs akan menampilkan tiket yang tersedia, menurut jam berangkat dan tiba di stasiun tujuan, durasi perjalanan, harga serta kelas kereta api. Pilih karcis yang paling sesuai dengan Anda.
5. Lalu, masukkan data-data penumpang, seperti nama lengkap, nomor identitas, nomor telepon, kontak email dan lain-lain.
6. Jika situs menyediakan menu untuk memilih kursi, manfaatkan itu guna memperoleh tempat duduk yang bisa membuat Anda nyaman.
7. Selanjutnya, pilih metode pembayaran, apakah melalui transfer bank, kartu kredit atau mall-mall yang melayani transaksi tersebut.
8. Apabila sudah dibayar, Anda tinggal menunggu sms atau email berisi voucher tiket kereta api yang nantinya dapat ditunjukkan ketika sampai di stasiun.

Semoga beberapa poin di atas bisa mendorong Anda untuk lekas beralih dari cara konvensional ke metode yang lebih modern. Sebab, selain lebih mudah dan hemat, Anda tidak perlu khawatir kehabisan tiket kereta api sebelum Hari Raya.

8 comments:

  1. aku beberapa kali beli tiket KA, tp selalunya untuk orang lain ;p.. memang sih jd lebih gampang ya sekarang.. apalagi kalo sedang ada promo dari OTA nya, harga tiketnya jd bisa lebih murah juga...

    ReplyDelete
  2. Iyess mba, tiket promo semakin banyak diincar, apalagi buka nya hanya pakai genggaman aja, lebi gmpang.

    ReplyDelete
  3. jaman sekarang semua dipermudah,dari tempat kerja pun bisa beli tiket. tak perlu antri artinya kita tak perlu buang buang waktu :)

    ReplyDelete
  4. Andaikan Batam punya kereta api ya... hahaha.. pasti si crucils senang dan minta naik kereta terus.. Adanya kereta api di Kepri Mall atau di Ocarina... hihihi... tapi kalau Pulkam ke Medan, kami selalu menyempatkan diri naik kereta api. Enyak....

    ReplyDelete
  5. sekarang sudah gampang ya
    serba online]
    ga perlu antri
    andai aja tiket kapal tanjungpinang batam jg ada online
    ga perlu sakit telinga dengar teriakan yg jual hahaha

    ReplyDelete
  6. jadi inget tahun kmrn pesan last minutes kereta api solo madiun karena ibu pengen mudik

    ReplyDelete
  7. Mudik kemaren aku pesen tiket kereta api secara online. Beneran lebih praktis dan hemat waktu. Gak perlu lagi repot2 ngantri di stasiun..

    ReplyDelete
  8. Aku beberapa kali pesen tiket KAI buat mama/papaku kalau lagi ke Jawa. Mudah banget, sambil santai2 di rumah, hehee.

    ReplyDelete

Terima kasih telah berkunjung ke blog saya, silahkan berkomentar dengan sopan.