7 Tips Memilih Harga Tinta Printer Isi Ulang Sesuai Kebutuhan Cetak

Saturday, December 22, 2018 Yulia Marza 0 Comments


Pentingnya peran tinta pada printer membuat konsumen memerlukan kedetailan saat memilihnya. Terlebih sekarang merek-merek terkenal membanderol harga tinta printer dengan cukup murah. Canon dan Epson adalah merek yang saat ini mendominasi pemasaran tinta isi ulang. Printer Canon memiliki cartridge yang di dalamnya ada gabus, dimana harga cartridge original Canon ini sangat mahal. Sedangkan Epson bertipe semprot dan tidak menggunakan gabus di dalamnya.


Keragaman harga tinta printer untuk berbagai merek, tak hanya pada Epson dan Canon saja. Hal tersebut diiringi semakin murahnya harga printer, yang otomatis kebutuhan refill tinta akan semakin tinggi. Tingginya kebutuhan cetak, menuntut ketelitian dalam memilih tinta printer. Biasanya orang akan memilih tinta dengan harga yang murah. Kualitas harga tinta printer yang murah, tidak selamanya jelek. Oleh karena itu Anda perlu cara tersendiri dalam memilih tinta printer, karena ada beberapa kriteria yang perlu diperhatikan sebagaimana yang dijelaskan berikut: 

#1. Berdasarkan Merk atau Brand
Brand atau merek tinta printer banyak beredar di pasaran. Pilihan Anda bisa mengacu pada tinta merek ternama yang banyak dipakai orang-orang. Anda juga bisa memilih merek tinta sesuai dengan  merek printer, mengingat hal tersebut merupakan salah satu solusi mempertahankan head printer. Perlu diketahui, bahwa efek mencampur tinta beda merek atau beda peruntukan tinta, bisa mempersingkat umur head printer, misalnya seperti tinta Epson digunakan di printer Canon.

#2. Berdasarkan Kebutuhan Cetak
Kebutuhan cetak dan kegunaan tinta yang berbeda-beda, membuat Anda tidak boleh asal memilih tinta. Bila kebutuhan cetak hanya sebatas untuk dokumen dan tipe kertas yang digunakan plan paper biasa, maka bisa memilih tinta berjenis Dye Based ink. Sebab, bahan pembuat tinta tersebut adalah air. Selain itu harganya cukup murah sehingga dapat menekan biaya pengeluaran. Namun, tinta jenis ini kurang cocok untuk cetak foto karena mudah luntur. 

Bila kebutuhan cetak untuk foto atau cetak undangan maka pilih tinta tipe pigment art ink yang tidak mudah luntur dan tahan lama. Sedangkan kebutuhan cetak media seperti mug maka tinta pilih tinta sublim atau sublimation ink. Karena, jenis tinta sublim akan merekat sangat kuat pada mug dan jenis lainnya. Sublim sendiri merupakan perubahan benda padat ke gas. 

#3. Berdasarkan Hasil Cetak
Sebelum menjatruhkan pilihan pada suatu merek tinta sebaiknya Anda meminta contoh hasil cetak tinta tersebut pada penjual. Begitupun testimoni atau pendapat penjual mengenai hasil cetak tinta tersebut. Biasanya kekurangan dan kelebihan tinta akan dijelaskan oleh penjual. Jika perlu minta garansi tinta tersebut beserta tips trik mencetak agar printer awet.

#4. Berdasarkan Bahan Pembuat
Umumnya, bahan pembuat tinta ialah air. Di samping itu, perlu diketahui bahwa bahan selain air ialah Alkohol. Faktanya, beberapa situs perbaikan mengungkapkan bahwa printer tinta alkohol cenderung merusak head printernya.  Anda bisa memastikan kualitasnya dengan mengocok tinta jika mengeluarkan busa yang mudah hilang berarti berkualitas, sedangkan jika busanya sulit hilang sebaiknya jangan dipilih.

#5. Berdasarkan tingkat keasaman atau PH
Tingkat keasaman tinta atau PH yang bagus ialah seimbang. Cara mengukurnya bisa menggunakan PH meter digital. Namun, keasaman tinta atau PH tidak dicantumkan di hampir semua merek. PH atau tingkat keasaman sebuah tinta isi ulang sendiri terbagi kedalam 3 kategori:

1. Balance atau seimbang dimana keasaman yang dimiliki tinta seimbang. Tingkat ukuran PH pada sebuah tinta berkisar antara 6,5 – 7,5.

2. Basa dimana keasaman yang dimiliki masih diperbolehkan untuk digunakan. Tingkat ukuran PH basa antara 8 – 10.

3. Asam dimana tingkat keasaman yang dimiliki tinta tinggi. Jika keasaman tinta tinggi maka sangat dilarang dipakai. Tingkat ukuran tinta asam antara 3,4 – 4,4.

#6. Berdasarkan Tingkat Kekentalan
Tingkat kekentalan barang berbentuk cair tentu saja berbeda-beda. Tinta dengan tingkat kental yang tinggi justru kurang baik untuk printhead, sebab akan mengental seperti lendir jika disimpan lama. Akibatnya, head atau nozzel printer bahkan selang infus akan tersumbat. Hasil cetakan akan cepat mengering tanpa meninggalkan noda  jika tingkat kekentalan tintanya tahap wajar.

#7. Berdasarkan Harga
Harga tinta printer per 100 ml bervariasi, mulai dari 10ribuan hingga 100ribuan bisa Anda cek di Bukalapak.com sesuai kebutuhan masing-masing orang. Namun, harga tinta printer yang murah umumnya kurang bagus. Karena, bisa jadi efek tinta lama mengering dan jika printer disimpan tintanya akan mengental sehingga berpotensi merusak printhead. 

Demikian tips-tips dalam memilih tinta printer. Selain harga tinta printer, Anda juga bisa mengecek harga mesin fotocopy mini di Bukalapak.com. Sebelum membeli tinta, pastikan Anda bertanya pada penjual mengenai merek tinta yang bagus dan sering dipakai. 

0 komentar:

Terima kasih telah berkunjung ke blog saya, silahkan berkomentar dengan sopan.