Kebahagian Sederhana itu Tak Perlu Ribet

December 16, 2018 Yulia Marza 0 Comments


Kebahagian datangnya dari hati. Gak perlu menunggu orang lain membuat kita bahagia. Bahagia bisa kita ciptakan sendiri kok. Bahagia itu sederhana, sesederhana kita mampu mengolah hati menciptakan kebahagian untuk diri sendiri. Bila diri sudah bahagia, rasa itu akan terciprat sendirinya di sekeliling kita, termasuk ke orang yang kita sayangi.

Ada beberapa kebahagian sederhana yang saya terapkan dalam hidup.

BERSYUKUR
Ini hal penting yang saya tanamkan dalam hidup. Banyak bersyukur dan merasa cukup dengan apa yang ada sekarang. Cukup dalam pekerjaan, keuangan, rumahtangga, makanan dan lain-lain. Hidup itu terlalu singkat untuk mencari kesempurnaan. Karena sempurna hanya milik Allah. Nikmati dan syukuri saja setiap nikmat dari Sang Pencipta. Karena Dia lah yang lebih tau, kapan kita butuh banyak dan kapan pula kita cukup dengan yang sedikit. Yang penting, hati yang selalu bersyukur adalah hati yang bahagia.


MELIHAT SENYUM ANAK-ANAK
Anak adalah segalanya. Keberadaan mereka selalu jadi acuan pertama saya sepulang kerja. Bisa meluk mereka, melihat muka riang dan senyum terkembang dari wajahnya, sungguh hal yang luar biasa. Capek dan lelah saya langsung hilang tatkala anak-anak berlarian dan dan meluk saya sembari bilang, Mommy....


MENCOBA MENUANGKAN KEBAHAGIAN
Dalam selembar kertas, saya coba mencorat coret apa yang membuat saya bahagia di hari ini. Menuangkan segalanya, lalu saya baca kembali. Ini mungkin hal simple yang tak pernah terpikirkan. Tapi percayalah, jika kita ulangi membaca ungkapan kebahagian itu, hormon bahagia akan muncul dalam hati. Coba saja.


KOMUNIKASI DENGAN TEMAN LAMA
Menyambung silaturahmi dengan teman, sering saya lakukan. Usia makin bertambah dan ingatan semakin menurun. Ngobrol dengan teman lama yang menghadirkan cerita lucu dan memalukan tentang kejadian beberapa puluh tahun silam, cukup membuat saya saya bahagia. Bahagia bisa mengenang masa-masa yang penuh gelak tawa dan keceriaan masa muda. Masa yang hanya bisa dikenang, namun takkan pernah kembali.


OBATI RASA LELAH
Rutinitas kerja yang memakan waktu sepertiga hari saya, kadang membuat saya tak pernah punya waktu banyak. Belum lagi urusan rumah, dan anak-anak yang butuh perhatian. Tapi semua resiko yang mesti saya jalani. Ribet memang, tapi saya cukup menikmatinya. Menghilangkan semua pegal dan keluhan kecil hidup, saya coba berkunjung ke tempat-tempat yang bisa menghilangkan hormon stress. Ke pantai, ke taman atau ke tempat yang banyak aura positifnya. Siklus negatif akan berganti positif, dan tentu saja semangat lagi menjalani aktivitas.

5 kebahagian simple yang mungkin tak terpikirkan bagi sebagian orang. Tapi hal kecil seperti ini yang bisa membuat saya bahagia. Bunda gimana?

_Marza_

0 comments:

Terima kasih telah berkunjung ke blog saya, silahkan berkomentar dengan sopan.