Berikan Lima Perhatian Berikut untuk Menjaga Performa Mobil Calya

April 02, 2019 Yulia Marza 0 Comments



Calya adalah salah satu mobil LCGC (Low Cost Green Car) keluaran Toyota. Memiliki nama resmi All New Cayla, mobil keluarga ini menjadi salah satu kendaraan dengan performa yang baik di kelasnya.

Keunggulan mobil Calya yang hemat bahan bakar didukung oleh mesin 4 silinder dan teknologi dual VVT-i. Mesin 3 VNR-E dengan kapasitas 1,2 liter dibenamkan untuk mendukung laju mobil Calya di jalanan. Perlakuan dan perawatan yang tepat dapat menjaga performa mesin mobil Calya.

Sebagai LCGC, perawatan All New Calya pada umumnya sama dengan mobil-mobil lain. Tidak ada hal khusus yang diperlukan, karena pemilik mobil Calya cukup memperhatikan lima aspek perawatan berikut. 

Perhatikan kualitas bahan bakar

Mobil LCGC pada umumnya akan menampakkan performa bagus dengan bahan bakar minimal RON-92. Artinya, bahan bakar yang digunakan paling tidak memiliki nilai oktan 92. Pemberian bahan bakar dengan nilai oktan dibawah 92 berdampak kepada penurunan kinerja mobil Calya secara drastis.

Selain membuat mesin mobil menjadi awet, bahan bakar dengan RON-92 menghasilkan pembakaran yang sempurna, sehingga tidak meninggalkan kerak di dalam mesin. Pertamax dari Pertamina adalah contoh bahan bakar dengan RON-92 yang cocok untuk mobil Calya.

Melakukan servis berkala

Servis berkala memberikan manfaat besar pada performa mobil Calya. Servis berkala membuat spare-part kendaraan selalu diperiksa dan diganti dalam rentang waktu tertentu. Beberapa komponen seperti oli, kampas rem, busi, hingga saringan udara butuh pemeriksaan dan pembersihan secara rutin demi menghindarkannya dari kondisi aus atau tersumbat.

Auto2000 sebagai distributor resmi Toyota memberikan berbagai promo untuk servis berkala mobil Calya. Kunjungi website resmi auto200.co.id maupun dealer Auto2000 terdekat untuk mendapatkan promo terbaru.

Rutin memeriksa kondisi radiator

Radiator yang tidak terawat adalah sumber permasalahan overheating pada mobil Calya. Kondisi mobil yang terlampau panas adalah akar berbagai masalah mesin. Yang paling parah, mobil bisa turun mesin!
Kadar air pada radiator wajib dicek secara rutin melalui servis berkala. Pastikan kepada mekanik bengkel untuk memperhatikan kekencangan tutup radiator serta ada tidaknya komponen lain yang bocor.

Mencuci mobil secara teratur

Debu dan air hujan yang menempel terlalu lama dapat menyebabkan kekusaman, yang mana berujung pada pudarnya cat mobil. Pembersihan secara rutin dengan air dan sampo mampu membersihkan bagian luar mobil dari kotoran yang menempel. Shampo khusus mobil dapat digunakan untuk membersihkan sekaligus melindungi cat eksterior.

Menjaga kebersihan interior mobil

Menjaga kebersihan eksterior dan interior secara seimbang memberikan manfaat kenyamanan saat berkendara. Mobil yang tampak kinclong di luar tetap akan turun nilainya jika memiliki dalaman yang awut-awutan.

Pemeliharaan interior dilakukan mulai dengan membersihkan dashboard, jok, langit-langit, dan bagasi mobil. Pemakaian karpet sebagai alas kaki dapat dipertimbangkan untuk menjaga kebersihan di bagian bawah. Pemasangan pengharum mobil sintetis maupun alami akan memberikan nilai tambah dalam hal kenyaman berkendara.

Selain karena usia, kurangnya perawatan adalah salah satu akar permasalahan performa mobil yang menurun drastis. Perhatian terhadap kelima faktor tersebut dapat meminimalisir adanya masalah serius berujung fatal pada si mobil Calya kesayangan.

Masalah-masalah yang muncul pada mobil Calya dapat dikonsultasikan langsung ke dealer Auto2000 terdekat. Dealer Auto2000 Pramuka sebagai salah satu jaringan dari Auto2000 menerima konsultasi terhadap berbagai aspek perawatan mobil Calya dan varian Toyota lainnya. Silahkan datang ke Auto2000 Pramuka di Jl Raya Pramuka No. 146, Jakarta Timur.

0 comments:

Terima kasih telah berkunjung ke blog saya, silahkan berkomentar dengan sopan.