Skip to main content

Amalan dan keutamaan bulan Dzulhijjah

Idul Adha disebut juga hari raya kurban atau hari raya haji. Jatuh di bulan Dzullhijjah 1437H atau 12 September pada kalender Masehi tahun ini. Asal muasal disebut Hari Raya Kurban yaitu pada zaman Nabi Ibrahim,keluarlah perintah dari Allah SWT melalui mimpi Nabi Ibrahim, untuk menyembelih Ismail yang tidak lain adalah putranya sendiri. Perintah dilaksanakan oleh Nabi Ibrahim, namun tatkala kapak akan diayunkan ke leher Ismail, seketika dengan kuasa Illahi, Ismail digantikan dengan seekor sapi. Karena itulah Idul Adha disebut juga Hari Raya Kurban.
keutamaan bulan dzulhijjah
bulan dzulhijjah



Pada bulan Dzulhijjah ini, seluruh dunia berlomba mengumandangkan takbir, Tahmit dan Tahlil. Banyak umat muslim yang larut dalam kegembiraan, tapi tidak sedikit juga yang merasa sedih karena telah kehilangan sanak saudara, yang tahun kemarin masih berkumpul ditengah-tengah mereka.

Dalam Islam, bulan Dzulhijah memiliki keistimewaan. Banyak amalan-amalan sunnah yang yang sebenarnya sangat baik untuk dilakukan oleh umat muslim. Apa aja sih amalan sunnah itu :

Melaksanakan Ibadah Haji
Ibadah haji ini hanya bisa dilakukan pada bulan Dzulhijjah ini saja. Tidak ada bulan lain untuk pelaksanaan ibadah haji. "Menunaikan haji bagi yang mampu" merupakan pelaksanaan dari rukun Islam yang ke 5. Ganjaran haji bagi yang mabrur sangat besar. Nabi Muhammad SAW. bersabda, “Dari umrah ke umrah adalah tebusan (dosa-dosa yang dikerjakan) di antara keduanya, dan haji yang mabrur balasannya tiada lain adalah surga.”


Puasa Arafah
Pada 10 hari bulan Dzulhijjah ini, kita di sunnahkan berpuasa, atau setidaknya puasa 1 hari di hari arafah. Sebagaimana dikutip pada sebuah hadist:
“Berpuasa pada hari Arafah karena mengharap pahala dari Allah melebur dosa-dosa setahun sebelum dan sesudahnya”. (HR. Muslim)

"Tiada hari yang lebih di cintai Allah ta'ala untuk berbuat suatu amalan yang baik dari pada hari-hari ini yaitu sepuluh hari Dzul Hijjah, para sahabat bertanya," wahai Rasulullah, tidak pula dengan jihad fii sabilillah? Rasulullah menjawab," tidak, tidak pula jihad fii sabilillah, kecuali jika ia keluar dengan jiwa dan hartanya, kemudian ia tak kembali lagi". (Shohih Bukhori, 969)

Bertakbir dan Berzikir
Karena bulan ini istimewa, maka sangat dianjurkan memperbanyak bacaan Takbir Allaahu akbar, Tahmit Alhamdulillah dan Tahlil Laailaahailallaah.

Perbanyaklah Amal Shalih
Seperti sedekah, memperbanyak shalat sunnah, berjihad, membaca alquran dan juga melakukan perbuatan yang baik-baik, sangat di anjurkan pada bulan ini. Bukan berarti selain bulan ini kita tidak melakukan hal seperti di atas, cuma pada bulan ini pahalnya lebih besar saja.

Berkurban
Berkurban sangat disunnahkan dan merupakan syariat dan sunnah dari nabi Ibrahim as,dan nabi Muhammad SAW, bisa dengan sapi, domba atau kambing.

keutamaan bulan dzulhijjah
hewan qurban

Melaksanakan shalat Iedul Adha dan mendengarkan khutbahnya
Baik laki-laki, wanita, anak-anak bahkan bagi wanita haid sekalipun, muslim,  sangat dianjurkan untuk datang pagi dan mendengarkan kutbah Idul Adha.

Bagaimana dengan kita sendiri? Apakah ada minimal satu saja amalan baik pada bulan ini yang telah kita lakukan? Tentu hanya kita dan Yang Maha Tahu saja yang tau.






Comments

Popular posts from this blog

Yuk, Manfaatkan Fitur COD Tokopedia, Untuk Membeli Kebutuhan Lebaran

Pernah bertransaksi COD di Tokopedia? COD atau Cash on Delivery banyak diminati masyarakat seiring berkembang online shop. Adanya kemudahan bertansaksi, menjadi alasan kenapa COD menjadi alternatif pembayaran sekarang ini. Pembeli cukup menyediakan uang tunai dan membayar secara cash saat barang datang. Hal ini bertujuan agar barang yang dipesan tidak keliru atau sesuai dengan pesanan. Namun, jika pesanan tidak datang, pembeli pun tidak merasa dirugikan. Di momen Ramadan ini, ramai orang bertransaksi online guna membeli kebutuhan lebaran. Apalagi tipikal orang kita yang selalu menjadikan momen lebaran begitu spesial, dengan ditandai memakai fashion yang baru dari ujung rambut dan kaki . Seperti jilbab, baju, sendal, sepatu, peralatan sholat dan lain sebagainya. Ketika memesan satu produk, tentu harus membayar sesuai pesanan, Syukur-syukur ada diskon dan free ongkir, pesanan bisa sedikit lebih murah. Ragam pembayaran pun disedikan toko online guna memudahkan transaksi. Namun ketika mel

Tips Blogging yang Perlu diterapkan di Blog

Banyak tips blogging yang ingin saya terapkan, untuk memaksimalkan kinerja blog. Tahapan awal, saya sudah belajar bagaimana cara membuat blog gratisan di blogger.com, wordpress, dan menggunakan free template sebagai penghias blog. Dulu, pertama kali ngeblog 2016, tulisan masih amburadul. Isi artikel masih dua ratusan kata, itupun antara paragraf pertama dan kedua gak ada korelasinya. Pokoknya tulis, ada yang baca atau gak, urusan belakangan. Maklum masih newbie. Tips blogging Blog pertama tentu banyak topik di kepala yang akan dituangkan menjadi sebuah tulisan. Apapun ditulis yang penting ide di kepala sudah tersalurkan. Apa itu SEO, artikel masuk rank google atau tidak, belum ada pemikiran sejauh itu. Namun seiring bertambahnya usia blog, dan bertambahnya pengetahuan saya seputar dunia blogging, perlahan tatanan blog mulai dirubah, salah satunya membuat artikel minimal 500 kata. Saya mulai mengenal satu persatu istilah blogging. On page, off page, DA, PA, DR, spam score, broken link,

Aku dan Pegadaian

Pegadaian salah satu penyedia layanan dengan sistem simpan pinjam yang bisa diandalkan, di saat butuh uang. Permasalahan finansial tidak hanya kita alami masa sekarang saja, di masa depan pun masalah keuangan akan selalu ada bila kita tidak dapat mengontrol finansial secara baik. Besar pasak dari pada tiang, sering dialami sebagian orang akibat tidak bisa mengendalikan keuangan. Salah satu cara untuk mengontrol keuangan adalah dengan berinvestasi. Biasanya investasi emas banyak dijadikan pilihan, sebagai salah satu investasi aman dan terjamin hingga ke depannya. Selain itu investasi emas sangat menguntungkan dan tidak berisiko, mengingat, harga emas dari tahun ke tahun selalu mengalami peningkatan signifikan. Emas pun bisa dijadikan jaminan bila mengalami kendala keuangan. Emas bisa dijual bahkan bisa digadaikan. Salah satu media pelayanan penyimpanan emas adalah pegadaian. Syarat Gadai Emas Secara umum, sistem gadai emas di pegadaian sama dengan sistem barter pada jaman dulunya. Ada