D'Steam Peranakan Live Seafood Batam

D' Steam peranakan Seafood
D' Steam peranakan Seafood


Saya doyan banget makanan laut. Dari kecil saya sudah "dicekokin" Mak makanan laut. Ikan, sotong, kepiting, udang dan semua teman-temannya, bukan hal asing di lidah saya.

Gak heran sih, saya tinggal di Kota Padang yang notabene dekat ama laut. Komplek tempat saya tinggal (kebetulan bapak saya polisi dan tinggal di asrama) dekat ama laut. 10 menit jalan kaki saja, saya sudah sampai di pinggir pantai.

Saya masih ingat, tiap pagi Mak saya sudah pergi ke pantai membeli ikan dari nelayan yang baru pulang melaut. Beberapa kali juga, saya ikut Mak ke pantai dan melihat langsung tangkapan pak nelayan. Ikannya banyak, dan beraneka ragam. Mulai dari yang besar, kecil, berwarna bahkan yang bergigi tajam. Semua masih segar, dan ada juga yang masih hidup lo.

Emang dimasak apa? Kalo di kampung, mengolahnya gak pake lama and ribet. Kalau gak digoreng, digulai ya di bakar. Cepat, praktis dan higienis. Eaa.. Yang paling suka sih kalo Mak saya membuat gulai kuning kepiting yang masih ada telurnya. Wuihh...uenak banget.

Yaaahh...itu hanya memories saat masih di kampung. Sekarang saya sudah menetap di Batam. Udang, ikan, sotong, kepiting masih sering sih saya konsumsi. Walau gak sesegar yang di kampung. Agak susye ciiin... nyari ikan segar di pasar. Banyak yang sudah di es. Kalo ada, itupun rejeki tak terduga anak sholehah. Hihi.

Batam yang berdekatan dengan pantai,  ternyata menyediakan banyak tempat makan seafood /makanan laut, yang recomended banget,  asyik, harga yang variatif, serta view yang menyegarkan mata. Tinggal pilih aja, teman mau kemana.

Salah satu tempat seafood yang patut temans coba, di D'Steam Peranakan Seafood. Terletak di komplek kampung seraya Blok II No.2 Belakang Hotel Seruni / RS Harapan Bunda, Seraya Batam. Baru saja Grand Opening tanggal 23 September 2017. Tempatnya gak jauh dari shopping mall Nagoya Hill. Di sekitarnya juga banyak hotel untuk temans staycation. Kalo mau meluncur ke TKP (baca: D'Steam), cukup bilang saja Rumah Sakit Harapan Bunda, sopir taksi, Gojek, Gocar pasti tau Rumah Sakit ini. Di sebelahnya posisi D'Steam Peranakan Seafood.

Mengapa D'steam patut temans coba? Karena saya sudah membuktikan kelezatannya. Saya dan teman-teman Blogger Kepri (BK), icip-icip hidangan Seafood di D'Steam peranakan Seafood. Tempatnya asyik banget, cozy, dan ala-ala vintage gitu. Bawa keluarga pasti seru juga. Nah seperti apa keseruannya. Yuk cekidot dibawah ini.

ICIP-ICIP MAKANAN ALA D'STEAM SEAFOOD

Pas nyampe di D'Steam, saya cukup tertarik ya ama tempatnya. Dari tampilan luarnya saja, sepertinya tempat ini dibangun secara semi permanen. Semen dan kayu.

Dari gerbang masuk, saya bisa melihat unsur kayu tampak sangat dominan. Dinding luar dan dalam terbuat dari kayu. Lantainya juga dialasi karpet berwarna hijau. Hmm..jadi penasaran, penampakan dalamnya seperti ya?

Saya mengayunkan langkah masuk untuk ceki-ceki yang akan di poto. Sebelah kiri gerbang masuk, terdapat history terbentuknya nama Peranakan. 3 langkah ke depan terdapat sesi untuk photo booth. Temans yang hobie selfie maupun wifie wajib berpoto disini.

Ruang photo booth ini mengingatkan saya akan masa kecil. Barang-barang yang terpajang itu lo, yang membuat saya senyum-senyum sendiri. Ada mesin jahit manual, termos merah, lampu petromak. Dan yang paling buat saya ngakak, masih terpajangnya setrika besi yang lumayan berat itu. Saya masih ingat, dulu kalo mau nyetrika, harus bakar batok kelapa untuk pemanas. Bila apinya sudah mati, trus ditiup dari samping, ada kalanya serpihan batok mengenai baju, yang akhirnya baju terdapat ventilasi, alias bolong. Wkwkwk, jadul banget lah. Btw, kalo temans pernah ngalamin kejadian ini, berarti kita seumuran ya. *Ngomong sambil berbisik.

Lupakan soal baju bolong. Ini saatnya saya melihat spot lain di sekitar D'Steam. Kalau bisa dibilang, lebih ke nuansa alam juga sih ya. Ditandai dengan susunan kayu Vertikal, jarak kira-kira 2cm, yang menghiasi setiap dinding ruangan. Selain itu, di tengahnya terdapat ruang hijau terbuka, etapi bagian atap aja sih. Rumput dan pohon juga tumbuh pada spot segar ini. Sepertinya memang sengaja ditanam. Bagus sih menurut saya, pembersihan udara lah, karena gak sedikit juga kan pengunjung yang ngerokok. Jadi bisa meminimalis pencemaran udara lah ya.

Beranjak ke sisi kanan, saya melihat meja kasir dan aqurium yang berisi menu seafood. Dipilih..dipilih.. mau kepiting, ikan bawal, gonggong, kerang kipas, kijing, rajungan dipilih buk..dipilih...

APA SAJA MAKANAN YANG SAYA ICIP?

Pengen tau kan, makanan apa saja yang kami icip?
1. SOP IKAN PEDAS PERANAKAN
2. KEPITING PEDAS PERANAKAN
3. IKAN ASAM PEDAS KERING
4. STIM JAMUR SHITAKE AYAM
5. AYAM DAUN KEMANGI
6. SAWI MINYAK BAWANG PUTIH

Dan tampang kurang kenyang anggota BK yang pengen nambah lagi.

Poto dibawah sesuai dengan urutan makanan pada list diatas ya. Kalo ditanya soal rasa, lihat saja isi piring yang tak ada sisa. Ludesss. Endess..lah pokoknya.

Harga?
Agak susah ya jawabnya, soalnya di list menu gak ada tertera sih harganya, jadi saya kurang tau juga. Yang bisa saya lihat hanya di aquarium tercantum harga per-ons. Ya..standar lah menurut saya.

d steam peranakan seafood
d steam peranakan seafood



D'STEAM PERANAKAN LIVE SEAFOOD
Komplek kampung seraya Blok II No.2
Belakang Hotel Seruni / RS Harapan Bunda, Seraya Batam. 
Telp : 0778 4881809


8 comments

  1. Atulaah, bewe jam segini lihat makanan ituuh,
    jadinya lapeer, ngeliatin satu2, trus nelen ludah eeaaa

    Kalo ke Batam, ajak aku ke sini yaa!

    ReplyDelete
  2. Kemarin juga habis makan seafood euy di sini. Terus ngiler lagi lihat fotonya dimarih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nyummy kan mbak yah, saya paling suka sop ikannya.seuggeerr..

      Delete
  3. duuh itu kerang sama kepitingnyaa yang masih iduup menggodaa utk dimasaak :D

    ReplyDelete
  4. Bikin ngileer niih postingannya secara aku suka seafood :D Keren yak restorannya.. Sip mba, ulasannya apik :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Makasih mbak. Saya juga paling suka ma seafood.

      Delete
  5. Aku pengen balik lagi.. Pengen pesen ikan asam pedas keringnya lagi.. Itu enak banget!

    ReplyDelete

Terima kasih telah berkunjung ke blog saya, silahkan berkomentar dengan sopan.