Lelah Menjaga Anak dan Hasrat Ingin Piknik

Lelah menjaga anak pastinya dirasakan setiap ibu di dunia. Kondisi ini dirasakan hingga anak mencapai usia batita. Ibu butuh kekuatan untuk bertahan menghadapi situasi dan rutinitas harian yang sama.

Alhamdulillaah anak-anak sudah beranjak besar. Si sulung sudah kelas dua SD dan si bontot 4 bulan lagi genap 5 tahun. Haaaa.. sedikit bernafas lega, meregangkan tubuh, memanjakan kaki dan menghirup sedikit kebebasan yang terbelenggu selama ini. *Eh.

ingin piknik setelah menjaga anak
piknik dengan anak, boleh juga

Etapi gak bebas-bebas amat sih. Bebas disini maksudnya, anak-anak sudah dalam "batas aman" ditinggal pergi. Sebelumnya saya gak bisa kemana-mana, karena emang ekstra fokus sama anak-anak. Secara krucils saya titip sama kakak perempuan, jadi setiap pulang kerja adalah "jatah" saya dengan mereka. Kalau pun ada keperluan pergi, duuh..rasanya seperti bersalah gitu. 9 jam sudah ditempat kerja, masak harus pergi lagi ninggalin krucils?

Imbasnya, kakak saya sering ngomel kalau saya pulang kelamaan. Saya sih diam aja dan gak komen apa-apa. Lagian kakak saya ngejaga juga gak dipungut bayaran alias gratis. Jadi saya anggap wajar, walaupun ponakannya sendiri, capek, lelah pasti dia punya lah. Mungkin dengan ngomel, cara dia mengungkapkan rasa capeknya ngejaga anak-anak saya.

Moms yang punya anak kecil, pasti tau kan yah ngejaga anak kecil itu riweuhnya minta ampun. Lari sana sini, nyenggol ini itu, belum lagi air mandi yang berceceran di lantai, mainan berserakan, robekan kertas, remot tv yang mungkin menjerit di otak-atik, lemari baju yang jadi kapal pecah, dan banyak lagi keseruan ulahnya. Semuanya tak lain dan tak bukan, cara dia mengekspresikan diri, keingintahuaannya dan kepolosannya yang beda dengan orang dewasa.

"itulah anak-anak, bersikap apa adanya, dan punya cara sendiri mengekspresikan dirinya"

Butuh kesabaran yang luar biasa banget ngejaga anak balita. Apalagi working mom seperti saya. Rutinitas kerja yang menyita waktu dari pagi hingga sore, ditambah harus nginem di rumah, kadang menimbulkan kejenuhan tingkat tinggi. Hampir tak ada "me time" buat saya. Setiap hari selalu bergelut di keadaan yang sama, kantor, dapur, sumur dan kasur.

Lelah pasti lah ya. Sempat pernah terlintas senangnya saya saat muda dulu. Bebas kesana kemari, pergi dari satu daerah ke daerah lain, nonton konser, pulang kampung sesuka hati, kongkow bareng teman, ke salon dan banyak keseruan lainnya. Kalau dah gitu saya jadi berpikir,

Sepertinya saya harus piknik! 

Piknik sebentar, mungkin bisa meregangkan otak saya yang kaku dari rutinitas yang menguras energi. Sudah lama juga saya tak piknik sendirian. Mungkin saat ini lah waktu yang tepat merencanakan piknik bareng teman yang sudah lama tak saya rasakan. Sementara biarlah anak-anak dijaga Pak Suami.

Stress dan lelah
Photo by Pixabay

Egois kah saya? Saya rasa tidak. Saya bersyukur banget dikarunia anak sepasang oleh Yang Maha Pencipta. Tapi saya juga takut, bila capek dan letih mendera, emosi jadi tak stabil, akhirnya marah-marah, stress meningkat yang mengakibatnya kerutan akan cepat menghiasi wajah saya. Beli cream anti kerut lebih mahal lagi kan yah. emak-emak perhitungan

Lupakan soal kerutan. Sedang berencana piknik, malah dapat ajakan dari teman saya yang di Jakarta ngajak ketemuan. Duuh..pergi atu gak nih? Secara dia hobi banget nonton konser. Teman SMU yang udah sehati banget. Sama-sama suka nonton konser musik. Nah kebetulan di Jakarta, akan banyak konser dari musisi mancanegara yang akan digelar. Jadi pengen kesana nonton bareng lagi.

Ceki-ceki tiket event dulu deh di Tokopedia. Bisa pesan ini itu sesuka hati. Kamu pengen nonton juga? Promo Tiket Event Murah Bisa Cek disini. Mau sekalian jalan-jalan sambil naik kereta? Cek Harga Tiket Kereta Api Termurah di Tokopedia.

Gak sabar rasanya ketemu ama teman lama yang sama gila nya. Ngebayangin masa lalu sambil bernostalgia ala anak muda jaman dulu. Walaupun kami sudah menjadi seorang emak, 10 tahun lebih gak bertemu, hobi kami tetap gak berubah.

Saatnya berbenah diri, mencoba mendapatkan "me time" setelah berkutat 9 tahun membesarkan anak-anak. Mencongkel sedikit tabungan tuk bisa menikmati hidup lahiriah dan bersyukur kepada Sang Pencipta tuk menenangkan batiniah. Kalau Bunda seperti apa? Bagi cerita yuk..


18 comments

  1. Happy terus ya mbak... Anak itu memang bikin lelah dan tapi pasti menyenangkan kalau tingkahnya pintar, lucu dan menggemaskan hehehe. Tapi walau bagaimanapun, tetap harus piknik emaknya ya biar ga stress dan tetep enjoy menjalani

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mbak Nissa, kadang lelah ini yang gak nahan.

      Delete
  2. Ihh kok sama mbak perasaan kita, udah ditinggal kerja 9 jam kalau masih harus pergi di luar itu ninggal anak-anak jadi ada perasaan bersalah banget ya.

    ReplyDelete
  3. Pengin sih piknik tapi kepikiran terus kalo ninggalin anak-anak. Jadi aku lebih suka piknik bareng anak-anak saat mereka libur sekolah :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maunya sama anak-anak sih mba, kadang pengen ngumpul ama teman juga kayak dulu. hehe

      Delete
  4. Mba yulia working mom ya.. tapi seperti nya saudara mba juga perlu diajak piknik karena 9 jam ditinggal untuk menjaga kedua buah hati mba juga bukan perkara mudah ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hahahaha..iya si mba, tapi kaka saya ini dah puas jalan2 dari tahun 2000-an. Ke Eropa dan asia dah dikelilingi tuh. Jadi gpp la, sekarang bantu jaga anak saya ajah. hehe

      Delete
  5. Ayuk piknik...
    Nyambung dari ngeblog saya bisa traveling ke Bali, minggu besok. Mohon doanya ya
    Nanti saya share deh cerita perjalanannya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jiaaah,,, mau nya si teh, tapi mau ke Malaysia dulu Februari ni.
      Siap, tak pantengin jalan2 teh Okti.

      Delete
  6. Menjadi fulltime mom or working mom, tetap harus diusahakan ada me time. Meski hanya sebentar ^^
    Ngeblog juga termasuk me time kan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. M e time nya kalau anak tidur mba, lebih banyak nulis di tempat kerja sih

      Delete
  7. Menjalankan aktifitas yang disukai dan berbeda dari biasanya bersama anak bisa menjadi me time juga barangkali ya mba... semangattt... anak2nya udah tambah besar ya mba...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya teh, me time sama anak dah setiap hari. Sayanya ja yang kurang piknik kali ya.

      Delete
  8. Semua orang lerlu me time ya mbak. Jadi gak perlu merasa bersalah juga. Tapi tetep aja biasanya kita jalan keinget anak, ujung2nya gak betah ��

    ReplyDelete
  9. Jangan lupa piknik mbak. Stres berkepanjangan butuh piknik itu obatnya, hihi.

    ReplyDelete

Terima kasih telah berkunjung ke blog saya, silahkan berkomentar dengan sopan.