Berdamai dengan Kerjaan Rumah tangga

December 10, 2018 Yulia Marza 0 Comments


Tema kali ini adalah Pekerjaan Rumah yang disukai.

Ketika dulu memutuskan menikah, saya harus siap dengan segala konsekwensinya. Status yang tak lagi single, kebebasan yang terbatasi dan kesiapan menjadi istri sekaligus ibu dari anak-anak kelak.

Satu hal wajib bagi wanita yang berumah tangga adalah berkutat dalam pekerjaan rumah tangga.

Duh..gimana nih, dulu waktu single saya gak pernah kerja berat? 

Hmm... kerjaan rumah tangga itu gak berat kok, gak ngangkat-ngangkat kayak binaraga gitu, gak perlu kursus juga harus mulai dari mana. Belajar otodidak juga bisa, yang penting Feeling... feeling you know. Kata Dao ming Zhuang di Meteor Garden 2018.

Bisa atau tidak, aktivitas dalam rumah tangga harus tetap dilakukan. Ya masak, nyuci, nyapu, ngepel, nyetrika dan lain sebagainya. Satu yang  pasti, pekerjaan rumah itu, gak ada habisnya. Okay lah, yang bisa bayar ART, kerjaan menumpuk bisa berkurang, lah yang gak punya?

Mau gak mau ya harus rela mutar sana sini. Semua pada tau kan, istri punya 1000 tangan? Sambil masak, masih bisa mutar mesin cuci, masih bisa nyapu. Punya anak satu mungkin masih aman. Kerja gak terlalu repot jadi gak perlu sewa ART. Tapi jika anak lebih satu dan masih balita, mungkin peran ART lebih dibutuhkan di situasi seperti ini.

Sebagai ibu rumah tangga dengan segala kesibukannya, tentu ada kerjaan yang saya suka dan gak sukai. Jujur, saya kurang suka urusan masak memasak. Lelah sehabis kerja, saya dah disibukan dengan beberes rumah. Makan malam, paling juga masakan simple yang saya masak. Atau pas malasnya tinggal beli di simpang komplek, Banyak yang jualan, mulai dari gorengan sampai seafood.

Nah, kerjaan rumah tangga yang paling saya suka adalah beberes rumah. Nyapu, ngepel, dua hal yang paling saya suka. Lainnya juga suka sih, tapi lebih..lebih suka nya ya dua itu. Liat rumah bersih dan kinclong tu, seneng banget. Apalagi kalo dah ngepel pakai aroma alami gitu. Kelar semua kerjaan, leyeh-leyehnya sambil meditasi aroma menyegarkan. Stres hilang, muka seger kembali. Anak-anak pun bebas bermain tanpa kuman.

Dengan seabrek-abrek kerjaan rumah tangga, seorang ibu tetap kuat bekerja tanpa lelah demi keluarganya. Guratan kelelahannya akan sirna, bila ia mendapat pelukan dari orang yang dicintainya.

_Marza_



0 komentar:

Terima kasih telah berkunjung ke blog saya, silahkan berkomentar dengan sopan.