Mewujudkan Sebuah Usaha via Ralali



"Hidup bukan hanya tentang bagaimana menemukan hal baru, tapi bagaimana mengolahnya menjadi sesuatu yang berharga" 
_Me_

*****

Masih terngiang di telinga saya ucapan Uni Nurma saat kami ngopi di sebuah kafe. Gaya bicaranya yang nyantai, tapi telah menyentil sudut otak kiri saya. "Gak mungkin kan Yu, bekerja di perusahaan ini terus? Gimana kalau suatu saat perusahaannya kolaps? Lihat la dek, udah 10 perusahaan bahkan lebih yang tutup di Batam ini? Mending Ayu mulai mikir bisnis kayak Uni."


Itu hanya sebagian kecil "petuah" yang keluar dari bibir Uni Nurma. Masih banyak petuah-petuah bijak dari beliau, yang saya pikir, ada benarnya juga.

Dari gadis saya kenal baik, bahkan paham cara pikir uni Nurma. Hal-hal yang gak pernah saya pikirkan sebelumnya, di tangan uni Nurma semua begitu mudah dieksekusi. 

Misalnya saja dari hal kecil membagi gaji bulanan. Dia mengajari saya bagaimana menyisihkan sebagian uang untuk hal emergency. Saya yang royal, hampir tak pernah menyisakan uang di rekening. Yang ada malah gali lubang tutup lubang. Beda dengan uni Nurma, beliau bisa membagi gajinya menjadi 4 bagian. Kebutuhan sehari-hari, orangtua di kampung, emergancy dan untuk masa depannya. Buat saya ini mah beraaat.

Satu hal yang paling saya ingat dari uni Nurma, beliau pernah bermimpi ingin membuka bisnis perbengkelan. Mulai dari servis, hingga menjual spare part roda dua. Siapa sangka, sekarang mimpi itu menjadi kenyataan. Berjalan sempurna melalui kegigihan dan tangan dingin uni Nurma. Plang "Nanda Motor" berdiri di depan ruko sekaligus usaha bengkel di kampung halamannya,Pekanbaru.

Mimpi uni Nurma mungkin sebagian kecil perwujudan mimpi dari orang yang punya resolusi jangka panjang. Punya target hidup, bisa melihat peluang dan tau bagaimana mewujudkan mimpi itu step by step, terarah, dan tentu saja didukung strategi yang baik.

Lantas bagaimana dengan saya? Dua tahun sudah sejak sentilan uni Nurma, usaha kecil-kecilan yang saya impikan belum jua terealisasi. Resolusi di bidang bisnis menjadi asa yang terus bersambung hingga tahun berikutnya. Bukannya tidak mau, bukan..bukan.. memulai sebuah usaha, pastinya butuh mental dan rasa percaya diri yang kuat, mengingat saya masih buta dalam bidang ini.

Satu hal lagi yang menunda mimpi itu adalah anak yang masih kecil, yang masih butuh perhatian ekstra untuk masa perkembangannya. Gak mungkin kan saya mengabaikan krucils begitu saja. Status sebagai karyawan swasta saja telah menyita waktu saya 9 jam setiap harinya. Itu pun cukup membuat saya lelah. Belum lagi urusan rumah tangga dengan tetek bengeknya. Agak repot sih iya, makanya saya belum berani memulai usaha bila fokus saya terpecah, takutnya malah patah di tengah jalan.

Tahun baru selalu ada harapan baru. Resolusi di tahun baru tidak hanya melulu untuk untuk individu saja. Tapi resolusi di bidang bisnis juga gak kalah penting. Di 2019 ini, berharap resolusi yang saya impikan berjalan dengan baik, tanpa bersambung lagi ke tahun berikutnya.

Sebelum mewujudkan mimpi saya di bidang bisnis, saya telah mempelajari dan mendapat beberapa inspirasi dari renungan selama dua tahun belakangan ini. Baik dari pengalaman uni Nurma, buku yang saya baca, maupun berkaca dari pengalaman pengusaha yang sukses. Apa saja inspirasi untuk memulai usaha itu :

mewujudkan usaha via Ralali
mewujudkan usaha via Ralali

1. Niat Dalam Hati

Keinginan untuk melakukan sesuatu sebaiknya diawali dengan niat. Gak mungkin kan, saya mau menjalankan suatu usaha tanpa didasari oleh niat? Karena niat itu bersumber dari dalam hati, bukan lisan semata. Jadi apapun yang dilakukan karena niat, insya allah akan mempunyai hasil yang berkesinambungan.

2. Bulatkan Tekad

Bila niat sudah ada, sebaiknya di iringi dengan tekad yang kuat. Tekad yang kuat akan mampu mengendalikan pikiran, perasaan, dan keinginan. Hasrat ingin shopping? tahan dulu. Saatnya mensukseskan resolusi yang tertunda dari tahun ke tahun. Saatnya mengencangkan ikat pinggang demi sesuatu yang lebih baik. Bila usaha ini sudah berjalan, keinginan shopping jadi gampang.


2. Mulai Melangkah

Dua tahun sudah asa itu terbengkalai. Saya gak mau terus berangan-angan. Takutnya, modal yang udah terkumpul terpakai untuk hal yang tidak diprediksi. Saatnya membuat rencana dan mulai melangkah di 2019. Banyak ide-ide  briliant yang sudah saya kumpulkan jauh-jauh hari. Hal kecil yang muncul dari sebuah ide bagi saya adalah hal yang sangat berharga, dibandingkan dengan hanya membayang-bayangkan rencana brilliant yang tidak pernah terjalankan. Saatnya melangkah dan selalu berpikir optimis.

3. Tentukan Jenis Usaha

Menentukan jenis usaha adalah hal yang penting. Punya niat, tekad, dan modal, tapi gak tau mau usaha apa? Aneh dong ya. Tentunya usaha yang mampu saya pikul, sesuai dengan minat dan modal yang tersedia. Bagaimana usaha yang kita jalani punya target dan pasar yang menjanjikan. Saya mungkin tidak bisa membuka usaha seperti yang uni Nurma tawarkan, mengingat saya masih berstatus karyawan. Usaha yang akan saya jalani adalah di bidang fashion, khususnya fashion kaum hawa.

4. Cara Memasarkan Produk

Kita cukup bangga hidup di era digital sekarang ini. Semua serba canggih, serba internet. Semua bisa diakses dengan cepat. Jarak yang jauh tak jadi halangan untuk bernegoisasi. Saya bisa memanfaatkan e-commerce untuk memasarkan sebuah produk. Maraknya e-commerce yang tersebar di internet, menjadi sarana terbaik marketing sekarang ini. Tidak hanya menghemat waktu, tapi mempermudah setiap lini kehidupan. Salah satu e-commerce yang menawarkan kemudahan berjualan online adalah Ralali.


Apa itu Ralali?
Ralali merupakan perusahaan e-commerce yang telah berdiri dari tahun 2013. Ralali menyediakan layanan jual beli berbagai produk kebutuhan bisnis antara pemasok dan pelaku bisnis melalui portal website. Ia juga merupakan penyedia layanan B2B marketplace (business to business) yang bertugas menghubungkan satu bisnis dengan bisnis lain dalam rangka memenuhi kebutuhan bisnis kedua belah pihak, demi tercapainya keuntungan bagi kedua belah pihak juga.

Slogan dari Ralali sendiri yaitu "business starts here". Slogan yang menggambarkan keinginan Ralali.com untuk menjadi solusi permasalahan bagi setiap orang yang ingin memulai dan menjalankan bisnisnya.

Ralali.com bisa menjadi solusi yang dapat mewujudkan impian bisnis saya di 2019 ini. Karena Ralali menyediakan berbagai usaha kuliner, beauty, sports & fashion, otomotif, kebutuhan kantor, konstruksi & arsitektur dan beberapa usaha lainnya yang tersedia dan disupplai dengan mudah melalui Ralali.com. Karena Ralali merupakan tempat belanja grosir online bagi yang ingin memulai usaha ataupun pelaku usaha dalam menyuplai beragam kebutuhan usaha dengan mudah dari berbagai supplier terpercaya.

Nah, pemula usaha seperti saya, sangat bagus memilih Ralali.com sebagai partner kerjasama dalam memulai usaha. Mudah-mudahan dengan adanya market place seperti Ralali.com, berharap bisa mewadahi pelaku usaha yang tersebar di seluruh Indonesia.

Saatnya mewujudkan resolusi bisnis di 2019 dengan trik cerdas dan partner yang baik. Saatnya usaha, saatnya bergabung di Ralali.com

Artikel ini diikutsertakan dalam lomba Blog  BPN #IniSaatnyaikutanRalali.com Blog Competition Resolusi Bisnis 2019.

_Marza_

No comments

Terima kasih telah berkunjung ke blog saya, silahkan berkomentar dengan sopan.