Cara Membuat Paspor di Gedung Sumatera Batam Centre

Paspor expired, memang menjadi kendala saat akan berpergian ke luar negeri. Paspor adalah satu syarat penting jika kita akan berkunjung ke luar negeri, baik itu untuk wisata, tugas kerja, maupun bersekolah.

Seperti yang saya alami ketika saya akan berwisata ke negeri tetangga yang jaraknya hanya selemparan galah dari domisili saya Batam.

Expired!! Itulah kata pertama terucap, tatkala saya membuka lembaran pertama yang berisi nama, poto dan masa berlaku paspor. Sebenarnya paspor saya expired tanggal 22 Agustus 2019, namun enam bulan kebelakang (tepatnya 22 Februari) paspor saya sudah terhitung mati. Dan tentu saja dampaknya, saya tidak akan bisa melakukan perjalanan ke negara mana pun.

Padahal, saya sudah janji akan bertemu teman yang kebetulan lagi tugas kantor selama 3 hari di Singapura. Tapi mau gimana lagi, dengan berat hati, saya katakan ke teman, kalau paspor expired.


PENGURUSAN PASPOR DULU & SEKARANG

Dulu
5 tahun lalu, mengurus paspor hampir memakan waktu sekitar 7 jam-an. Waktu itu saya datang pukul 8.30, dan dapat giliran pukul 15.30 WIB.

Belum lagi sekitar dua tahun lalu, pembuatan paspor biasa dan E-paspor, mengharuskan kita datang subuh demi mendapatkan nomor antrian. Bila kamu sempat menyaksikan dua tahun lalu, di depan Imigrasi yang tampak hanya barisan helm yang berjejer panjang dan satu dua orang saja di baris antrian. Cape kan.

Sekarang
Akibat banyaknya keluhan masyarakat tentang pelayanan pembuatan paspor, pihak imigrasi membuka cabang pelayanan yang tersebar di dua tempat, yakni di Harbour Bay dan Mall Pelayanan Publik Gedung Sumatera Batam Centre. Jadi, total ada tiga lokasi pembuatan paspor, tentunya yang utama tetap di Imigrasi Kelas I Batam Centre.

Pengajuan pun diseragamkan dengan menggunakan WA atau via aplikasi Imigrasi. Saya mengajukan via WA saja. Kebetulan pas saya ajukan, balasan WA mengharuskan saya datang untuk perpanjangan di Mall Pelayanan Publik Gedung Sumatera Batam Centre.

Pelayananan di sini lebih cepat dan cukup efisiensi. Hanya memakan waktu satu jam kurang. Lamanya hanya saat pengisian biodata saja. Dari selesai pengisian biodata ke poto paspor, saya hanya menunggu 15 menit. Entah pendaftar yang sedikit, atau memang mereka lebih memilih ke Imigrasi kelas I melalui aplikasi.

Entahlah. Seandainya setelah 5 tahun ke depan paspor saya expired, saya tentu akan memilih ke Gedung Sumatera ini saja.

Bagaimana proses pembuatan paspor di tempat ini? Yuk, kita cek step by step pembuatan baru atau perpanjangan paspor di Gedung Sumatera Batam Centre.



Gedung imigrasi Batam Centre
Gedung imigrasi Batam Centre

#FORMAT PENGURUSAN PASPOR via WA


1. UNTUK SATU ORANG

NAMA#TANGGAL LAHIR(DDMMYYYY)#ALAMAT SESUAI KTP

Contoh : YUMA#02031990#PERUMAHAN NUSA BATAM BLOK Q.11 BATAM


2. LEBIH DARI SATU ORANG MASIH SATU KELUARGA

NAMA#TANGGAL LAHIR(DDMMYYYY)#ALAMAT SESUAI KTP#JUMLAH ORANG (termasuk kita)

Contoh : YUMA#02031990#PERUMAHAN NUSA BATAM BLOK Q.11 BATAM#4


3. PENDAFTARAN E-PASPOR

E-PASPOR#NAMA#TANGGAL LAHIR(DDMMYYYY)#ALAMAT SESUAI KTP#JUMLAH ORANG

Contoh :
E-PASPOR#YUMA#02031990#PERUMAHAN NUSA BATAM BLOK Q.11 BATAM

Untuk E-PASPOR dilayani hanya di imigrasi Kelas I Batam Center


Cek kembali data sebelum dikirim, apakah sudah sesuai dengan format yang ditentukan. Bila data sudah benar, kirim tepat pukul 07.30WIB. Biasanya lewat dari pukul 07.30, agak susah mendapat nomer antrian, walaupun di banner tertera jam pelayanan di mulai 07.30-10.00.

Perlu diingat!!
Jadwal pengiriman pesan via WA, hanya bisa dilakukan selama hari kerja, SENIN-JUMAT.

Nomer WA Batam Centre 0822-8886-2017
Kemungkinan besar diarahkan ke Mall Pelayanan Publik Gedung Sumatera Batam Center atau ke Imigrasi kelas I Batam Center

Nomer WA Harbour Bay
 085-5656-2017


#BALASAN WA DARI IMIGRASI


Jika pengiriman berhasil, maka akan ada balasan seperti di bawah ini.

Pendaftaran Antrian Anda Berhasil !! Dengan Data Sebagai Berikut :

Kode Pendaftaran : 088821004
Nomor WhatsApp : +62 813-6467-3646
Nama Lengkap : YUMA
Tgl. Lahir : 02-03-1990
Alamat : PERUMAHAN NUSA BATAM BLOK Q.11 BATAM
Tgl. Datang : 19-03-2019
Tujuan : Mall Pelayanan Publik - Gedung Sumatra

Jenis : BIASA

Perkiraan Nomor Antrian : 004

Jam Datang (Check In) : 07:45 WIB

Untuk Membatalkan Ketik #batal dan Perlu Diingat Bahwa Tiap Pembatalan Akan Berakibat Pemblokiran Selama 2 Minggu Kedepan!.

 ~ IMIGRASI BATAM ~

Jika tidak berhasil, jawabannya seperti berikut,

Mohon Ma’af… saat ini jumlah pemohon sudah terpenuhi. Silahkan melakukan pendaftaran ulang sesuai dengan format pada hari kerja (Senin s/d Jum’at) mulai pukul 07:30 s/d 10:00 !!

Maka kamu harus mendaftar kembali keesokan harinya.


#SYARAT DAN KELENGKAPAN DOKUMEN


Mengurus administrasi pastinya kelengkapan dokumen satu hal yang tak kalah penting. Sebaiknya siapkan kelengkapan dokumen seperti kiriman dari pihak Imigrasi di bawah ini.

Silahkan datang 30 menit sebelumnya dengan memperlihatkan pesan ASLI ini kepada petugas dan membawa materai masing-masing 2 buah, dokumen persyaratan fotocopy 1 rangkap (ukuran A4) & ASLI.

Persyaratan:
1. FOTO COPY EKTP (FC diperbesar)
2. FOTO COPY Kartu Keluarga;
3. FOTO COPY Akte Lahir / Ijazah / Buku Nikah / Akte Perkawinan (memuat nama, TTL & nama ortu);
4. FOTO COPY Dokumen ortu bagi permohonan untuk anak + paspor ortu;
5. FOTO COPY Paspor lama untuk penggantian;
6. Dokumen tambahan bila diperlukan*
7. Surat Domisili dari Kelurahan untuk KTP luar Batam

*Melampirkan surat keterangan domisili dari kelurahan untuk KTP luar Batam;
*Dokumen pendukung lainnya sesuai Surat Edaran Dirjenim No.IMI-0277.GR.02.06 Tahun 2017 tentang Pencegahan Tenaga Kerja Indonesia Nonprosedural
a. Untuk tujuan bekerja melampirkan Surat Rekomendasi dari Dinas Tenaga Kerja dengan ID TKI yang berlaku;
b. Untuk tujuan Umroh / Haji melampirkan Surat Rekomendasi dari Kantor Kemenag & Surat Keterangan dari Penyelenggara Perjalanan Ibadah Umroh / Haji Khusus (PPIU/PPIH);
c. Untuk magang (pelatihan) & bursa kerja khusus melampirkan Surat Rekomendasi dari Ditjen Pembinaan Pelatihan & Produktivitas, Kementerian Tenaga Kerja;
d. Dan lain-lain.
🔹 Untuk mengetahui status pendaftaran Anda ketik #daftar
🔹 Untuk mengetahui persyaratan permohonan paspor ketik persyaratan
🔹 Untuk mengetahui biaya paspor ketik biaya
🔹 Untuk mengetahui cara pembayaran paspor ketik bayar

Kirim ke nomor WhatsApp:
Kantor Imigrasi - Batam Center: *0822-8886-2017*
Unit Layanan Paspor - Harbourbay: *085-5656-2017*

🚨 *Perhatian :* 🚨
🔹 Setiap pendaftaran *WAJIB* menggunakan nomor pribadi, kecuali keluarga dalam 1 Kartu Keluarga.

🔹 Sistem antrian akan membaca *Format* yang dikirimkan pemohon (untuk Kirim Foto EKTP/Akte Lahir boleh dilakukan Jika ada Konfirmasi Lanjutan dari Sistem Antrian).

🔹 Kami tidak menerima *Panggillan Telepon* atau *Video Call* via Whatsapp. silahkan lakukan panggilan telepon langsung (via Provider) ke nomor HOTLINE *0822-8886-2017* dan *085-5656-2017*

🔹 Untuk setiap chat WhatsApp diluar Format / Tidak Sesuai Format, tidak akan dilayani oleh sistem antrian.

🔹 Tidak dianjurkan mengirim lebih dari 1 pesan dalam 1 detik, Nomor anda akan diblok karena mengganggu jalannya sistem antrian, silahkan tunggu respon dari sistem, coba kembali dalam 10 menit.

🔹 Untuk melakukan pembatalan jadwal layanan (selambat-lambatnya 1 hari sebelum jadwal kedatangan) dengan cara ketik *#batal*

🇮🇩  IMIGRASI BATAM 🇮🇩


Pastikan saat mengurus paspor anak, syarat kelengkapan dokumen harus dokumen kedua orangtua. Tidak boleh salah satu pihak saja, dokumen ayah saja atau dokumen Ibu saja. Semua yang asli wajib dibawa. Karena seperti yang dibilang salah satu bapak Imigrasi, banyak kejadian pasutri yang rumah tangganya sedang bermasalah, melarikan anaknya ke luar negeri tanpa sepengetahuan suami atau istri.


#Di IMIGRASI GEDUNG SUMATERA

Saya sampai di Gedung Sumatera pukul 7.30. Jujur, ini baru pertama kali saya menginjakkan kaki di Gedung Sumatera Batam Center ini. Dulunya gedung ini diperuntukkan ketika ada acara/Expo. Sekarang telah berganti menjadi Mall Pelayanan Publik.

Digerbang masuk, saya sudah disuguhi taman dengan air di sekelilingnya. Kenzo langsung meletakan tangannya di air yang keluar dari lobang taman.

Beranjak ke dalam berisi unit pelayanan penting di Batam. Seperti Samsat, Badan pertanahan Nasional, Badan Pengusahaan Batam, ATB, Bright PLN, Notaris, PPAT dll. Ada juga ATM dari beberapa bank yang berdiri di sana.

taman  gedung Sumatera batam centre
Kenzo langsung bermain air

Di Gerbang masuk, saya sempat bertanya di mana posisi Imigrasi. Karena, ini pertama kali saya mengurus paspor di Mall pelayanan publik Gedung Sumatera.

Saya : Pak, mau nanya, imigrasi sebelah mana ya?"
Si Bapak : Oo...ibu belok kiri, posisinya paling ujung"
Saya : " Ok, Pak, Makasih".
Si Bapak : " Sama-sama Bu".

Sampai di depan Imigrasi, saya celingak-celinguk karena tidak tampak security yang berjaga. Biasanya di imigrasi kelas I, ada security yang bertanya dan melihat berkas yang kita bawa. Nah loh..kok ini beda?

Saya coba bertanya sama mba yang dah datang duluan. Ternyata dia sama bingungnya dengan saya. Akhirnya kita sama-sama nunggu apa yang akan terjadi. Karena saya lihat, kursi mereka masih banyak yang kosong. Itu artinya, saya kecepatan datang, karena kantor di mulai pukul 8.00 WIB.


BAGAIMANA SISTEM PANGGILAN NO ANTRIAN DI SINI?

Kira-kira pukul 8 lewat 15, salah satu bapak petugas mulai memanggil.
"Antrian no 1"
"Antrian no.2"
Dan seterusnya...
Itu artinya, nomor yang maju sesuai dengan pesan balasan WA yang kita dapat. Perkiraan antrian no berapa. Kebetulan saya dapat Antrian no. 004. Jadi lumayan cepat.


Apa saja step by step setelah pemanggilan?

1. Lihatkan balasan pesan WA ke petugas, sambil menyerahkan berkas asli dan potokopian.
Pastikan berkas anak, terpisah dari berkas orangtua. Masing masing potokopi satu lembar.

2. Setelah petugas selesai mengecek berkas, bila tak ada masalah, kita akan di kasih map kuning yang berisi formulir pengisian data. Jika berkas bermasalah, disuruh lengkapi dulu.
Misal, Kartu keluarga yang belum ditandatangani, atau KTP ketinggalan. Ini akan ditolak.

3. Isi data menggunakan huruf KAPITAL dan PENA HITAM.

4. Selesai isi data, kembalikan berkas ke counter pemanggilan pertama untuk untuk dicek ulang, kita disuruh menunggu untuk sesi poto paspor.

5. Nama pengurus paspor, akan dipanggil untuk sesi poto. Sebelum poto, kita diminta, scan sepuluh jari tangan.
Reminder : Saat membuat paspor, hindari menggunakan jilbab putih atau abu-abu terang, karena latar poto berwarna putih.

6. Setelah poto, petugas memprint kuitansi untuk pembayaran paspor di Bank BNI yang berada di lantai dua. Si petugas bilang, setelah pembayaran, paspor selesai maksimal 1 minggu.

Kuitansi diserahkan, saya langsung menuju ke BNI lantai dua Gedung Sumatera. Tak ada antrian, saya pun langsung menuju ke teller dengan biaya sesuai dengan paspor yang saya ajukan.

Sebagai catatan : Pakailah pakaian yang sopan, jika hendah ke kantor pemerintahan. Jangan memakai celana pendek bagi pria atau rok terlalu pendek bagi wanita. Yang penting sopan dan rapi.


# BIAYA PASPOR

Paspor 24 halaman :
Rp. 155.000

Paspor 48 halaman :
Rp.  355.000

E-Paspor :
Rp.  650.000


#PENGAMBILAN PASPOR

Hanya 3 hari kerja. Selasa saya ajukan, Jumat, saya langsung dapat balasan via SMS, bahwa paspor telah selesai. Sedikit kaget sih, pelayanannya lebih cepat, mungkin karena perpanjangan kali ya.

Pengambilan paspor tetap dilakukan di satu tempat, yakni Imigrasi Kelas I Batam Centre. Sebelum ke Imigrasi, jangan lupa membawa bukti pembayaran paspor, karena itu salah satu syarat pengambilan.

Ketika sampai di imigrasi, masuk ke ruangan yang bertuliskan "PENGAMBILAN PASPOR"  yang berada di sebelah kiri  jalan masuk. Di dalamnya terdapat dua counter. Counter kanan untuk penyerahan kuitansi, dan counter kiri penyerahan paspor. Nama akan dipanggil dengan pengeras suara sesuai dengan yang datang duluan.

tempat pengambilan paspor
tempat pengambilan paspor


Ingat: pengambilan paspor tidak boleh diwakilkan, kecuali paspor anak,  istri atau suami. Bila ada halangan yang tidak memungkinkan datang, harus ada surat kuasa dan alasan tidak bisa mengambil paspor.

Nah, itu dia proses pembuatan paspor Batam, di Mall Pelayanan Publik Gedung Sumatera Batam Centre. Mudah-mudahan bisa membantu. Selamat jalan-jalan....


3 comments

  1. Eh, tiba2 keingetan, kyknya paspor saya jg udah mau expired!��

    Tp pengurusan paspor skrg emg enak siy..cepat.. Wktu ngurus paspor anak di harbour bay jg gitu..

    Besok2 klo perpanjang jd pngn di MPP jg..penasaran blm prnh masuk.. Makasih infonya kk..

    ReplyDelete
  2. andai saja di tanjungpinang ada pelayanan seperti ini ya
    ini malah harus ke kantornya
    kadang krn lama antri bete banget nunggu
    klu di tempat tempat seperti ini kan bisa cuci mata hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, saya ngerasain waktu 5 tahun lalu. Capek, nguras waktu ma tenaga.

      Delete

Terima kasih telah berkunjung ke blog saya, silahkan berkomentar dengan sopan.