Jalan kaki ke Sentosa Island Singapura via Boardwalk

May 08, 2019 Yulia Marza 0 Comments


Tingginya ongkos pesawat domestik di Indonesia, membuyarkan angan saya untuk pulang ke kampung halaman. Sejak diberlakukan bea bagasi pada beberapa pesawat komersil, hasrat saya untuk pulang kampung sedikit melemah. Tapi, bukan tak ingin balik kampung, hanya saja, saat ini, dana yang sudah disisihkan, terpakai untuk hal yang tak terduga. So, daripada saya berimajinasi terus tuk pulkam, biar lah keinginan itu saya kubur dulu. Lagipula, tahun ini si bontot akan masuk SD, prior ke si bontot ini dulu aja.

Kalau dipikir-pikir, lebih murah ongkos Batam-Singapur daripada Batam-Padang. Batam Singapura hanya 275K PP via ferry dengan waktu 55 menit. Sedangkan Batam Padang, one way sudah di angka 1 jutaan. Daripada saya nanti suudzoon mikir yang macam-macam, lebih baik saya pelesiran ke yang deket dulu aja. Jalan-jalan mumer (murah meriah), tapi bercita rasa internasional. 

Baik lah tanpa berlama-lama, saya akan membagi cerita pelesiran ke Singapura. Rencananya, saya akan pergi ke Sentosa dengan menyusuri boardwalk yang sejuk dan nyaman. Seperti apa? yuk cekidot.


About Sentosa

Di penghujung April kemarin, saya dan teman menghabiskan akhir pekan dengan melancong ke Singapura. Mengunjungi Singapura, tentu tak asing lagi bagi sebagian besar warga Batam. Jarak yang cukup dekat, ongkos yang murah dan waktu yang bisa ditempuh satu hari PP, menjadi alasan mengapa Singapura menjadi tempat pelarian masyarakat Batam menghabiskan libur akhir pekan.

Kali ini, saya akan ke Sentosa Island dengan melewati boardwalk. Apa sih boardwalk ini? Boardwalk dalam bahasa artinya trotoar. Di Singapura, boardwalk ini adalah jalanan menuju Sentosa yang sejuk, terlindung dan sangat nyaman untuk pejalan kaki. Sambil menyusuri jalanan, kita akan disuguhi view laut dengan aneka ferry yang lalu lalang. Selain itu penampakan cable car, semakin menambah indahnya view menuju Sentosa ini.

Sentosa sendiri adalah nama sebuah pulau di Singapura. Di dalamnya terdapat wahana wisata, shopping centre, Hard Rock Cafe, S.E.A Aquarium, Museum Madame Tussauds, Universal Studio dan banyak lainnya. Semua didesain menjadi wahana kelas dunia. Tak jarang Sentosa Island ini, menjadi satu dari sekian banyak tujuan wisata Singapura, yang diincar traveler dunia.

Vivo Mall to Sentosa via Boardwalk

Saya sampai di Harbour Front pukul 8.00 waktu Singapura. Setelah keluar dari imigrasi, saya dan teman mengambil peta Singapura yang terletak di sebelah kiri pintu keluar Imigrasi, atau di spot area "Welcome to Singapure Cruise Harbour Front". Saya cukup ambil satu saja untuk teman, dan langsung balik arah ke exit door Vivo Mall menuju Sentosa.



Sebenarnya ada beberapa cara menuju Sentosa 
1. Via Boardwalk
2. Via Monorail
3. Via Bus
4. Via Cable Car

Namun saya akan ceritakan point pertama dulu, yakni via Boardwalk. Boardwalk sendiri berada di luar Vivo Mall, mall besar yang terhubung dengan pelabuhan Harbour Front.

Pintu keluar menuju Sentosa sangat mudah ditemukan. Setelah keluar Imigrasi, cukup lurus, lalu belok kanan. Beberapa langkah dari belokan, menolehlah ke arah kanan, akan nampak pintu keluar kira-kira 1,5 meter, nah, kamu bisa mulai perjalanan menuju Sentosa via exit door tersebut.

Perlu diingat, jika kamu turun di Changi, kamu tetap harus ke Vivo Mall terlebih dahulu menaiki MRT dengan rute seperti di bawah ini.
 - Naik LRT menuju Tanah merah (interchange/ganti ke MRT).
 - Di Tanah Merah, Naik MRT jalur hijau, turun di Outram Park (ganti MRT).
 - Dari Outram Park, naik MRT jalur Ungu, turun di Harbour Front.



Setelah sampai di luar Vivo Mall, lurus saja sampai ditemui rute menuju Sentosa. Semua gratis tanpa dipungut bayaran. Jika ragu, jangan segan bertanya ke Security atau ke beberapa warga yang kamu temui. Mereka cukup ramah dan welcome. Namun, beberapa diantaranya kurang menguasai Bahasa Melayu, jadi Bahasa Inggris dasar sangat diperlukan jika kamu ingin menanyakan sesuatu.

Boardwalk menuju Sentosa, sangat aman dan banyak pelindung berupa atap, baik itu yang sudah di Plafon maupun Transparant roof. Di kiri kanan juga dihiasi tanaman yang cukup tinggi. Selain itu, beberapa rute jalan yang dilewati, tersedia Travelator. Sambil nyantai, kamu bisa mengabadikan view laut yang menggoda mata.

Jangan takut salah tujuan, karena boardwalk ini hanya satu-satunya jalan menuju Sentosa. Lagipula, banyak pettunjuk yang tersebar di sekitar boardwalk, yang memudahkan kamu tanpa harus melihat peta. Jadi sangat aman dan tak akan tersesat.

Baca juga : Tempat asyik berbayar di Singapura

Nah, ini penampakan yang akan kamu lewati via Boardwalk jalan kaki ke Sentosa Island.


Rute pertama setelah keluar dari Vivo Mall




Cycling Track yang instagramable

View laut dengan background Vivo Mall

View Laut selanjutnya masih dengan background Vivo Mall

penampakan cable car meuju Sentosa


Travelator yang memudahkan pejalan kaki





Belokan terakhir menuju Sentosa

Gimana, gampang kan menuju Sentosa via boardwalk ini. Sekali-kali jalan kira-kira 20 menit, aman kok. Kaki gak akan lelah, karena mata sudah disuguhi view cantik sepanjang jalanan.

Mudah-mudahan cerita ini sedikit membantu kamu yang ingin ke Sentosa tapi dengan berjalan kaki. Selamat mencoba.

_Ayung_



0 comments:

Terima kasih telah berkunjung ke blog saya, silahkan berkomentar dengan sopan.