Hentikan Gejala Demam Berdarah Secara Alami

Saat digigit nyamuk penyebab demam berdarah dengue, maka seseorang bisa langsung menunjukkan tanda-tanda gejala demam berdarah seperti demam tinggi yang disertai nyeri pada area otot, tulang, dan sendi, maka kamu tidak boleh mengabaikannya. Apalagi jika kamu merasakan gejala lain seperti sakit kepala, mual dan muntah, kemunculan ruam, memar, dan bintik merah, bahkan kesulitan bernapas, ini menandakan bahwa kamu terserang demam berdarah.

Namun, tahukah kamu bahwa ada juga orang yang terbebas dari gejala tapi ternayata malah positif demam berdarah. Hal ini karena mereka memiliki kekebalan tubuh yang cukup terhadap virus dengue. Apabila kamu mengetahui gejala demam berdarah tanpa bantuan dari dokter, maka terdapat cara mengobati gejala demam berdarah yang bisa dilakukan dirumah. Hal ini bisa dijadikan pilihan, ketika tidak adanya obat khusus bagi penyakit demam berdarah.

Jika gejala yang kamu alami sesuai dengan gejala diatas yang disebutkan maka sudah bisa dipastikan kamu terkena  demam berdarah, maka saran pengobatan yang biasanya diberikan oleh dokter seperti Banyak beristirahat, minum banyak cairan untuk menghindari adanya dehidrasi (terutama untuk mengganti cairan tubuh yang terbuang karena gejala demam tinggi dan muntah-muntah)

Perhatikan asupan makanan yang akan dikonsumsi harus yang bernutrisi, meminum parasetamol atau acetaminophen untuk meredakan demam dan nyeri, menghentikan segala aktivitas untuk sementara waktu hingga tubuh benar-benar sembuh. Kemudian ada juga saran pengobatan demam berdarah lainnya. Biasanya dokter melarang kamu mengonsumsi ibuprofen, aspirin, atau naproxen sodium untuk meredakan gejala demam dan nyeri. Hal ini karena ketiga obat tersebut mendorong timbulnya pendarahan internal jika dikonsumsi oleh pengidap demam berdarah dan mempengaruhi kadar trombosit dalam darah.

Pengobatan yang disebutkan di atas dijalani secara benar, maka pada umumnya gejala demam berdarah berangsur-angsur pulih dalam waktu 3-5 hari, lalu sembuh total dalam rentang waktu kurang dari dua minggu. Tahukah kamu ? Pada umumnya sebagian besar orang akan merasa lelah ketika baru sembuh dari penyakit demam berdarah. Namun, ada juga orang yang memerlukan waktu lebih lama, yaitu satu setengah bulan hingga kondisi badannya benar-benar pulih total.

Sebenarnya pengobatan DBD akan berfokus pada mengatasi hilangnya cairan yang diakibatkan dari kebocoran plasma dan pendarahan. Obat-obatan yang disarankan atau diberikan bersifat simtomatik atau mengobati gejala. Jika demam maka diberikan antipiretik (penurun demam), mual diberikan antiemetik, dan lain-lain. Adanya rasa haus dan keadaan kekurangan cairan disebabkan karena demam tinggi, anoreksia, dan muntah

Adapun beberapa jenis minuman yang disarankan yang bisa kamu coba adalah jus buah, sirup, susu, teh manis, dan larutan oralit. Bila cairan oral tersebut tidak bisa diberikan maka sebaiknya kamu dirawat untuk mendapatkan cairan infus hingga kadar trombosit serta kadar hematokrit bisa normal kembali. Kamu harus selalu memperhatikan perkembangan gejala demam berdarah saat kamu masih dalam keadaan masa pengobatan. Lebih baik jika kamu segera memeriksakan diri ke dokter jika gejala demam berdarah tidak memberikan tanda-tanda pemulihan dalam kurun waktu 3-5 hari.

Tetap jaga makanan dan minuman karena itu juga akan berpengaruh terhadap imun tubuh kita dan akan membuat kita terbebas virus dengue demam berdarah ini. Makanya jika tidak mau tertular penyakit demma berdarah ini jagalah keimunitasan tubuh kita dan jaga juga kebersihan lingkungan sekitar kita agar tetap selalu sehat.

Nyamuk demam berdarah
nyamuk demam berdarah

No comments

Terima kasih telah berkunjung ke blog saya, silahkan berkomentar dengan sopan.