Wednesday, December 23, 2020

Update Vaksin Covid Terkini di Halodoc

Sembilan bulan lebih virus Corona menghantui kehidupan kita. Selama itu pula, kita dipaksa work from home dan mengurangi aktifitas di luaran. Hal tersebut bukan tanpa sebab, dibatasinya mobilitas masyarakat oleh pemerintah, adalah untuk mengurangi penyebaran virus corona. Mengingat, penyebaran corona sebagian besar terjadi lewat droplet atau percikan cairan dari batuk atau bersin pasien Corona virus Disease (Covid-19). Bila mobilitas masyarakat tetap seperti biasa, maka risiko menghirup atau terkena droplet hingga terjangkit Covid-19 akan lebih besar. 

Namun dibalik ultimatum pemerintah membatasi mobilitas masyarakat, dan menutup beberapa tempat yang memicu kerumunan massa, masih ada saja kebutuhan mendesak yang mengharuskan kita untuk berpergian keluar rumah, seperti membawa anak atau saudara ke rumah sakit. Walau ada rasa was-was akan penyebaran virus yang lebih berpotensi di klinik atau rumah sakit, namun sejatinya, fasilitas medis paling dibutuhkan selama pandemi berlangsung.

Saat ini masyarakat masih menunggu Vaksin Covid sebagai antibodi untuk meminimalisir masyarakat terinfeksi lebih banyak. Pemerintah masih menguji vaksin secara klinis, menunggu uji kelulusan Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM), agar vaksin bisa digunakan masyarakat dengan halal dan aman, serta bisa menjamin keselamatan dan kesehatan masyarakat.

Walaupun sudah di vaksinasi Covid-19, yang perlu diingat, ada baiknya kita tetap menjaga dan meningkatkan imun tubuh, serta tetap menjaga protokol kesehatan seperti memakai masker, menjaga jarak, mencuci tangan, dan menghindari kerumunan. Divaksinasi, bukan berarti seseorang kebal akan virus. Seseorang yang sudah divaksinasi COVID-19, hanya cenderung mengalami gejala yang lebih ringan dibanding orang yang belum divaksin. 

Nah, sekarang, bagaimana kita mengetahui vaksin sudah tersedia untuk masyarakat? Untung ada Halodoc, Solusi Kesehatan Terlengkap di Indonesia, yang membantu masyarakat bisa lebih tau tentang layanan kesehatan secara online, termasuk informasi tentang vaksin. Seperti apa? Kita ulas di bawah ini.

Hindari Berdekatan, Cukup di Website or Aplikasi

Seperti yang kita ketahui, di masa pandemi sekarang, protokol kesehatan wajib dilakukan masyarakat yang berkegiatan di luar ruangan. Seperti menjaga jarak, menggunakan masker, membiasakan mencuci tangan selesai bekerja. Hal ini wajib dilakukan setiap individu, karena virus Corona sangat mudah menyebar antar manusia melalui droplet atau percikan cairan dari batuk atau bersin pasien Corona virus Disease (Covid-19). Itulah sebabnya masyarakat diminta untuk menghindari kerumunan massa, demi menekan angka penyebaran Covid-19.

Harus ada kesadaran individu melindungi diri dengan mematuhi protokol kesehatan. Tidak harus berdesakan, tidak perlu antrian panjang mengurai, yang akhirnya tanpa disadari kita malah melanggar protokol kesehatan.

Sebagai upaya meminimalisir jumlah masyarakat terjangkit covid 19, pemerintah masih menunggu uji kelulusan Vaksin Covid untuk seterusnya disalurkan ke masyarakat. Masyarakat pun butuh informasi akurat kapan vaksin bisa digunakan dan dimana vaksin covid akan bisa didapatkan.

Manfaatkan teknologi, cukup unduh saja aplikasi Holodoc via Google Store atau App Store, semua informasi kesehatan akan bisa kita dapatkan secara komplit, dalam satu genggaman.

Mengenal Halodoc

Halodoc aplikasi untuk update vaksin

Halodoc adalah aplikasi layanan kesehatan berbasis online. Solusi kesehatan terlengkap di Indonesia yang memudahkan pasien untuk mendapatkan informasi, serta dapat berkomunikasi secara online. 

Pada Aplikasi Halodoc, kamu akan menemukan beragam solusi kesehatan seperti, Tanya Dokter, Cari Dokter, Obat dan Vitamin, Tes Covid-19, Rumah Sakit dan berbagai artikel yang bisa kamu baca sebagai referensi tambahan. 

Yang berhubungan dengan pandemi sekarang kamu, bisa telusuri menu Tes Covid-19, kamu bisa menemukan fitur Swab Antigen, PCR 1 Hari Kerja, PCR 2 Hari Kerja, PCR 3 Hari Kerja, PCR Home Care, PCR Drive Thru, dan Tes Serologi. Lengkap dan mudah.

Vaksin Covid via Halodoc

Saat  ini pemerintah melakukan pendataan masyarakat untuk pendistribusian Vaksin Covid-19. Bagi masyarakat dengan teknologi yang sangat masif, pemerintah berharap mereka dapat secara mandiri mengakses menggunakan aplikasi atau website. Sedangkan daerah pedalaman, prosesnya sendiri akan dilakukan dengan walk in. Pertama tentunya melakukan registrasi dan pre-order vaksin Covid-19. Kemudian, melakukan initial screening. 

Initial screening dilakukan dikarenakan, vaksin virus corona hanya diperuntukan bagi masyarakat berusia 18 sampai 59 tahun saja. Bukan hanya masyarakat WNI saja, pre-order juga dapat dilakukan oleh WNA yang tinggal di Indonesia. Pre-order vaksin adalah salah satu hal yang dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui kebutuhan vaksin di suatu daerah sebelum mendistribusikannya. 

Hal tersebut akan mencegah penyelenggara memesan vaksin melebihi data. Setelah melakukan registrasi dan pre-order, langkah selanjutnya yang harus dilakukan adalah menyelesaikan pembayaran. Setelah itu, masyarakat hanya tinggal menunggu notifikasi untuk memberitahu kapan vaksinasi dilakukan. Pemesan kemudian disarankan untuk mengisi form consent atau assent form.

Setelah tiba waktunya untuk melakukan vaksinasi, peserta harus datang ke lokasi dua jam sebelum penyuntikan berlangsung. Form consent wajib diisi, tujuannya untuk mengetahui siapa saja yang tengah mengidap penyakit tertentu. Jika diketahui sedang sakit, peserta tidak boleh melakukan vaksinasi. Sumber : halodoc.com/artikel/vaksin corona

Jangan tunggu lagi, pastikan unduh aplikasi Halodoc untuk mendapatkan informasi terkini tentang vaksin covid. Jangan lupa share informasi ini ke teman kamu. Moga bermanfaat.   

0 komentar

Post a comment

Terima kasih telah berkunjung ke blog saya, silahkan berkomentar dengan sopan.