Atasi Kendala Bahasa Asing Bersama Lister


Belum lama ini, media sosial ramai membahas video seorang youtuber muda Indonesia, yang mampu berbicara dalam 5 bahasa. Salah satu video yang viral adalah saat youtuber tersebut fasih berinteraksi dengan lawan bicara dalam bahasa Rusia.

Sungguh kemampuan yang luar biasa. Saya mengapresiasi bakat youtuber tersebut. Di mana sebagian besar generasi muda sekarang sibuk bermain game dan berselancar di dunia maya, sang youtuber malah mempelajari bahasa tersulit (versi saya), secara otodidak! 

Hal ini tentu saja menjadi shocking moment bagi masyarakat Indonesia. Mengingat masih minimnya generasi muda dengan multi language. Dari 250 juta penduduk Indonesia, mungkin hanya nol koma sekian yang menguasai bahasa asing. Rata-rata mereka yang bisa berbahasa asing karena orangtua melakukan perkawinan campur, atau memang bersekolah di Internasional School yang mewajibkan penggunaan bahasa asing di lingkungannya. 

Harusnya generasi muda di era Industri 4.0 ini, menjadikan sang youtuber cambuk agar lebih siap menghadapi tantangan masa depan. Salah satunya dalam hal komunikasi. Generasi Indonesia harus bisa sejajar dengan bangsa lain dalam segala aspek. Mempelajari bahasa asing terutama bahasa Inggris harus dioptimalkan dari sekarang, agar memudahkan interaksi ke seluruh dunia.

Di lingkungan tempat tinggal saya pun banyak anak yang minim sekali berbahasa Inggris. Hal ini cukup memprihatinkan. Dari 30 anak yang saya uji mulai dari SD hingga SMP, hanya 25% saja yang dikatakan "bisa" berbahasa Inggris, itupun penguasaan dasar saja. Padahal setiap hari mereka dihadapkan dengan game dan interaksi media sosial berbahasa asing melalui smartphone. Namun sayang, smartphone hanya digunakan untuk hal yang kurang bermanfaat.

Belajar bahasa bersama Lister
bahasa asing bersama lister


INDONESIA vs GENERASI MUDA

Sungguh satu tantangan terbesar Indonesia menghadapi era globalisasi ini adalah menumbuhkan minat generasi muda mempelajari bahasa asing. Bukan tanpa alasan, Indonesia harus mempersiapkan generasi yang aktif agar mampu sejajar dengan bangsa lain dalam hal penguasaan teknologi informasi dan komunikasi. Terutama dalam hal penguasaan bahasa.

Salah satu bahasa yang wajib dikuasi generasi muda sekarang adalah Bahasa Inggris. Layaknya Bahasa Indonesia pemersatu seluruh rakyat Indonesia, bahasa Inggris juga menjadi pemersatu rakyat seluruh dunia. Lihatlah di televisi, bagaimana manusia di negara A, B, dan C berinteraksi menggunakan bahasa Inggris. Belum lagi seorang diplomat dari beberapa negara yang juga sangat fasih berbahasa inggris.

Era globalisasi telah merubah tatanan hidup manusia di segala aspek. Ia memadukan teknologi informasi, komunikasi dan kebudayaan dalam perkembangannya. Generasi muda hendaknya aktif dan mempersiapkan diri menghadapi lajunya dampak globalisasi yang mengglobal ini. Dengan menguasai setidaknya satu bahasa asing saja, kita bisa melihat dunia dan seluruh perkembangannya.

Ada beberapa keuntungan seseorang dengan multi language di era globalisasi.

1. Dari segi bisnis, akan lebih mudah menjelaskan pada klien bagaimana keunggulan produk yang ditawarkan. Selain itu klien akan melihat bagaiman skill kita dalam sebuah presentasi.

2. Lingkungan Sekolah, lebih unggul dari teman sekelas dalam penguasaan bahasa asing, dan apabila ada program pertukaran pelajar, siswa dengan multi language lebih diutamakan.

3. Mempromosikan Kebudayaan. Akan lebih mudah menjelaskan Indonesia dengan ragam budaya, bahasa daerah dan adat istiadat yang dimiliki ke ranah internasional agar masyarakat tahu bahwa slogan Indonesia itu Diversity in University.

4. Online Shopping. Menawarkan suatu produk dengan bilingual akan mudah mendapatkan market tidak hanya lokal saja, tapi juga Internasional.

5. Chatting,  akan lebih mudah berinteraksi dan mengenal lebih banyak teman di seluruh dunia

Bahasa Inggris sangat penting penerapannya di era globalisasi sekarang. Mencintai bahasa asing, tidak serta merta mengesampingkan bahasa Indonesia. Harus bisa menempatkan porsi masing- masing agar generasi kita bisa berbahasa Inggris namun tidak melupakan akar budaya mereka yakni bahasa Indonesia.

Namun bagaimana mensiasati generasi muda, agar paham dan berani berbahasa inggris? Untungnya ada program belajar bahasa asing online, Lister. 


LEBIH  DEKAT DENGAN LISTER

Pandemi setahun belakangan ini, memaksa kita work from home. Namun, di rumah tidak mesti diam dan menghabiskan waktu sia-sia dengan hal-hal yang kurang bermanfaat.

Salah satu kegiatan yang dapat menghasilkan manfaat besar bagi masa depan kamu yakni belajar bahasa asing online. 

Namanya online tentu saja bisa dilakukan di mana saja, baik di rumah, atau di rumah teman, tanpa harus berhubungan dengan banyak orang. Apalagi harus mengikuti segala protokoler kesehatan dengan memakai masker dan segala macamnya. Salah satu website tempat asyik belajar bahasa online yakni Lister.

Apa itu Lister?

Lister adalah sebuah platform yang mengusung cara  baru mempelajari bahasa asing secara online, di mana saja, kapan saja sesuai level kemampuan bahasa yang dimiliki.

Lister hadir dari mimpi untuk mewujudkan pendidikan berkualitas bagi seluruh anak Indonesia, tanpa terbatas ruang dan waktu dalam menangani masalah bahasa, mulai dari bahasa Inggris, Jepang, Korea, Arab, Jerman, Mandarin dan lain sebagainya. Di Lister kamu akan diajarkan how to speak, how to pronounce, writing and listening.

Kenapa Memilih Lister?

1. Jadwal Fleksible

Salah satu keuntungan jadwal fleksible adalah tidak bentrok dengan kegiatan lain. Selain nyaman dan aman, kita bisa menentukan jadwal sesuai keinginan tanpa mengganggu aktivitas lainnya.

2. Tim Online 24 Jam

Riweuh gak sih kalo belajar bahasa asing, tiba-tiba gak tau artinya apa? Atau mau ngomong ini gimana ya? Nah..di Lister, tim online 24 jam siap sedia membantu kamu menyelesaikan masalah. Asyik kan.

3. Standar Internasional

Era globalisasi memilih kursus bahasa asing online berstandar Internasional adalah pilihan bijak untuk masa depan. Kondisi ini tidak hanya membantu kamu siap dari segi bahasa, tapi juga bersiap menghadapi persaingan global. 

4. Biaya Terjangkau

Biaya juga salah satu tolak ukur mencari kursus bahasa asing online terbaik. Rugi kan kalo bayar mahal tapi hasilnya zonk? Di Lister, kamu bisa mendapat harga terjangkau, dengan hasil yang memuaskan tentunya.

5. Pengajar Ber-sertifikasi

Berbicara dengan native speaker itu asyik banget lo, bisa belajar sambil praktek, dengan minim kesalahan. Di Lister teacher adalah tenaga profesional yang aktif sekaligus bersertifikasi. Jadi aman dan tak perlu ragu berkomunikasi.

Lister
bahasa asing bersama Lister


Selain itu bagusnya Lister, telah punya coorporate Client seperti di Kementrian Keuangan Republik Indonesia, Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Universitas Negeri Semarang, Kepolisian Negara Republik Indonesia, Sirclo dan lan sebagainya.

Tidak ada batasan usia belajar di Lister, paket dan program yang ditawarkan bisa dipilih sesuai kebutuhan.

Bagaimana mendaftar di Lister?

1. Menghubungi Konsultan Khusus

2.  Mengisi Form Pendaftaran

3. Melakukan Placement Test untuk menentukan Kelas

4. Pembelajaran dengan Video Conference dengan aplikasi mudah.

5. Materi belajar direkam dan bisa direview ulang

6. Payment bisa melalui pembayaran digital. Transfer Bank via BCA, Kartu Kredit (VISA and Master Card), E-Wallet (OVO, GoPay, DANA).

Tentukan pilihan masa depan kamu dengan pemilihan tempat belajar bahasa asing online bersama Lister. Walaupun di rumah, kamu tetap bisa belajar bahasa Inggris, Writing, Speaking, Listening, Reading and so many more.

Di Lister kamu akan berlatih percakapan bahasa Inggris dengan topik yang menarik, agar kamu bisa percaya diri dan  mampu berkomunikasi dengan baik, secara langsung maupun via telephone.

Tunggu apalagi, segera daftar di Lister. Kunjungi websitenya juga ya di https://lister.co.id atau kamu yang berada di Yogyakarta bisa langsung tuh ke kantor Lister pada alamat di bawah ini.






No comments

Terima kasih telah berkunjung ke blog saya, silahkan berkomentar dengan sopan.