Sunday, March 28, 2021

Cara Membuat Cilok Bumbu Kacang

cilok bumbu kacang
photo by : Tia Pramita





Banyak sekali para penjual cilok yang menjajakan dagangannya dengan bumbu kacang. Di Indonesia bumbu kacang ini sering sekali dijadikan bumbu apa saja. Bumbu kacang ada pada sajian batagor, siomay, pecel, sate ayam, kupat kahu, ketropak dan lainnya. Tidak heran kenapa bumbu kacang bisa menemani hampir setiap kuliner di Indonesia, karena bumbu kacang ini enak sekali.

Baca juga : cara membuat koko crunch

Kalau di luar negeri, bumbu kacang sudah layaknya saus sambal. Bumbu kacang pada cilok sendiri hampir mirip dengan bumbu kacang siomay atau batagor. Jadi anda bisa buat untuk makan siomay dan batagor juga. Nah, sekarang sebelum membuat bumbu kacangnya. Berikut cara membuat cilok bumbu kacang.

Cilok Isi Cincangan Daging

Bahan-Bahan Yang Harus Anda Beli:

Tepung Aci Merek Apa Saja 250 gram atau 25 sendok makan

Tepung terigu 100 gram atau 10 sendok makan

Bawang putih 2 siung diulek hingga halus

Garam secukupnya

Micin secukupnya dan merek apa saja

Daun bawang 3 batang

Air hangat

Bahan Untuk Isian Daging Cincangnya:

Daging Cincang 150 gram

Merica bubuk

Bawang Putih  3 siung

Bawang Bombay ½ buah

Saus teriyaki

Kecap manis

Kecap inggris 

Cara Membuat Cilok Isi Cincangan Daging:

→.Ambil wadah yang cukup besar dan masukkan semua bahan ciloknya kecuali air hangat dan daun bawang. Campurkan dahulu seluruh semua bahannya jadi satu. Setelah itu berikan air hangat dikit-dikit saja sambil diaduk lagi dengan tangan. Lakukan hal ini terus menerus setelah adonan memang sudah jadi dan pastikan jangan terlalu banyak air. Kemudian masukkan daun bawangnya. Daun bawangnya harus sudah dicincang dahulu. Sisihkan dahulu.

→Sekarang kita buat isian daging cincangnya. Potong bawang putih dan bawang bombaynya hingga kecil-kecil. Kemudian ditumis dengan sedikit minyak dan masukkan daging cincangnya. Tambahkan merica bubuk, kecap inggirs secukupnya, kecap manis 1 sendok makan, saus teriyaki secukupnya dan aduk. Oseng-oseng hingga wangi. Cicipi apakah rasanya sudah enak.

→Setelah itu kita isikan cincangan daging ke dalam adonan ciloknya. Ambil adonan cilok sedikit dan isikan secukupnya. Bentuk menjadi bulat cilok isi cincangan dagingnya. Setelah beres semua, rebus hingga matang dengan berisi minyak goreng 1 sendok makan di air rebusannya. Sekarang kita buat bumbu kacangnya, berikut caranya!

Bumbu Kacang Cilok

Bahan-Bahan Untuk Pembuatan Bumbu Kacang Cilok:

Bawang Merah 5 siung

Bawang putih 5 siung

Cabe Merah Keriting 10 buah

Kacang tanah 350 gram

Santan kelapa 65 ml

Air

Garam

Micin

Cara Pembuatannya Bumbu Kacang Cilok:

→Haluskan dahulu bawang putih, bawang merah, cabe merah keriting dengan garam. Anda bisa haluskan dengan blender atau diulek. Sisihkan dahulu.

→Kacang tanahnya digoreng dan setelah itu diblender hingga halus.

→Tumis bumbu yang sudah halus tadi dan masukkan air secukupnya. Kemudian anda masukkan kacang tanah yang diblender. Aduk-aduk dan tambahkan santan kelapa.

→Aduk terus agar santan tidak pecah. Tambahkan micin secukupnya.

Setelah itu masak hingga matang dan kecoklatan.

Setelah jadi bumbu kacangnya makan dengan cilok cincangan daging dengan ditambahkan kecap manis. Anda juga bisa menaruh perasan jeruk sambal dan taburan bawang goreng. Cilok cincangan daging dengan bumbu kacang bisa dimakan dengan sambal jika ingin rasa yang pedas. 

Selamat membuat dan menikmati.


0 komentar

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung ke blog saya, silahkan berkomentar dengan sopan.