Friday, May 07, 2021

Belajar Ilmu SEO di SEO Moms Community



Ilmu seo di Seo moms
Belajar Ilmu Seo di Seo moms community

Bermula dari ajakan seorang teman blogger yang menyuruh saya untuk registrasi di SEO Moms Community wilayah Sumatera. Awalnya saya ragu untuk ngedaftar, takut nantinya gak konsisten mengikuti alur dan tugas yang dikerjakan. Namun dengan niat menambah ilmu seputar dunia blogging dan mengoptimasi blog saya ke depannya, form pun terisi sesuai data yang diminta. Tepatnya 16 Maret 2021, saya terpilih mendapatkan ilmu pada komuniti asuhan mas Qbenk, setelah dijoinkan ke grup WA oleh Kak Arda Sitepu, selaku kordinator SEO Moms wilayah Sumatera. 

Seneng plus bahagia tentunya bisa menjadi salah satu member SEO Moms Community. Terkhusus saya yang gatek tentang Search Engine Optimization (SEO). Secuil bahasa blogging seperti Header, Footer, Html, Java Script, Internal Link, External Link, Link Building, DA. PA, itupun hanya sekedar tahu dan paham saja. Nah, saya penasaran nih, apakah semua bahasa di atas terhubung sama SEO? Nanti saya akan tahu melalui materi yang diberikan mas Qbenk melalui grup WA. 

TENTANG SEO MOMS COMMUNITY

SEO Moms Community (SEMOC) merupakan jaringan murni pembelajaran seo secara online yang dikhususkan untuk blogger perempuan Indonesia dengan metode sederhana dan mudah dipahami. Foundernya sendiri adalah seorang pria yang bernama asli M Sahlan atau dikenal dengan nama Qbenk atau Bang Q, blogger asal Kubu Raya Kalimantan Barat. Pria? kenapa kok SEO Moms? Ya, nama SEO Moms adalah sebagai bentuk dedikasi atas wafatnya ibunda tercinta Mas Qbenk, Mudiyah binti Sangaran pada tanggal 25 November 2019 lalu.

Bang Q sudah aktif mengulik SEO di 2008 lewat forum-forum online via email di seo master Indonesia. Pernah memberanikan diri ikut kompetisi seo kecil di 2011 (juara 10 dengan hadiah 75 ribu rupiah). Bang Q pun bener-benar fokus mendalami dunia SEO di 2013, hingga akhirnya SEO Mom terbentuk pada 25 Januari 2020.

Banyak blogger perempuan Indonesia yang sudah bergabung dengan SEMOC. Beberapa wilayah juga sudah memiliki koordinator sendiri, di antaranya :
👉Mbak Wiwin Pratiwanggini koordinator wilayah Jogjakarta dan Jawa Tengah
👉Mbak Rahmah Chemist koordinator wilayah Jawa Timur
👉Mbak Rizky Masdilasari koordinator wilayah Bali dan NusaTenggara
👉Mbak Mugniar koordinator wilayah Sulawesi
👉Mbak Lidya Fitrian koordinator wilayah lainnya
👉Kak Arda Sitepu koordinator wilayah Sumatera

Karena saya di Batam, admin grup Kak Arda Sitepu dan Kak Merida Merry. Grup Sumatera dengan berisi member blogger yang ada di Sumatera. Namun tak semua daerah Sumatera juga yang bergabung. Medan, Kepri, Palembang, Bengkulu, Lampung aja setau saya (maaf kalo ada yang kurang). Sebagian blogger sudah ada yang saling kenal, baik secara langsung, satu grup bw, maupun follow-an di media sosial. Dari Kepri sendiri ada 7 blogger yang tergabung di grup WA. 

APA ITU SEO ?

Pembelajaran pertama start 1 April 2021, dengan pengenalan diri oleh founder SEO Moms, yakni mas Qbenk atau Bang Q, dan dilanjutkan oleh perkenalan tentang SEO. Sedangkan untuk kordinator grup, kami dibimbing oleh kak Arda Sitepu. 

Materi pertama tentu saja basic SEO itu sendiri. Di sini Bang Q menjelaskan bahwa Seo adalah ilmu logika, sama halnya dengan ilmu pemograman. Karena bahasa pemprograman adalah bahasa utama algoritma, maka tidak heran jika bahasa dasar html, java selalu ada kata b:if (jika). Pada materi SEO kami bukan belajar untuk menaikkan DA, PA blog, tapi belajar bagaimana seo berdasarkan google, bukan berdasarkan indeks parameter yang lainnya semisal moz, ahref, semrush, dll.

Sebuah blog pun diibarat sebuah rumah, kokoh jika ada fondasi, dan cantik segi tampilan bila dipoles dari luar. Sama hal nya dengan blog jika diibaratkan sebuah rumah, ia harus dibangun dari dalam dengan bermain on page, dan mempercantik tampilan luar dengan off page. Pastinya ada sub-sub pada on page off page yang harus kita benahi, agar blog bagus sesuai algoritma google.

Hal yang bisa saya ambil pada pengantar materi pertama adalah, penyampaian materi benar-benar dibuat se-santai dan se-simple mungkin, menggunakan logika, dimana kita langsung membayangkan apa yang disampaikan. Nah, waktu Bang Q bilang rumah dan pondasi tuh, saya langsung ngebayangin pak tukang ngaduk semen plus masang besi buat pondasi. Dan tukangnya adalah saya yang membenahi blog dengan kode-kode dan editan untuk memaksimalkan on page blog saya sendiri. Sedangkan besi dan semen yang dipake, tergantung dengan keahlian kita masing-masing. 

Masuk akal dan logik banget memang. Bang Q memaparkan materi tidak hanya dimengerti untuk diri sendiri, tetapi mengambil cara dan contoh, bagaimana orang lain juga paham dengan apa yang dijelaskan. Selain itu, setiap ada pertanyaan di grup WA, selalu di respon baik. Satu bertanya, semua member langsung dapat ilmu baru. Senang banget kan.. 

Materi kedua, Bang Q juga memaparkan bagaimana Algoritme google yang berubah sejak 2012, dimana banyak situs yang mengalami pergeseran, hingga 3 blogspot Bang Q pun di banned permanen oleh google. Dalam hal ini google hanya menyesuaikan algoritma yg berkembang agar para pengguna site mereka patuh pada aturan mainnya.

Nah, bagaimana dengan DA, PA, SS, domain rating, URL rating, citation flow, trust flow dll? apakah tidak ada hubungannya dengan google? Karena setiap ada job, selalu DA, PA yang diminta kan yah. Dari penjelasan Bang Q, tekhnik SEO tidak mengukur seberapa bagus DA PA,  tapi bagaimana blog kita bagus dari segi search engine google. Kalo dah bagus blognya, otomatis semua akan terbawa bagus. Ooaaalah..ternyata.

PENDAPAT SAYA JOIN DI SEMOC 

Sejauh ini, paparan materi yang saya dapatkan, sangat sangat bermanfaat buat blogger gatek seperti saya. Ulasan materi pelajaran ringan, mudah dipahami dan tidak bertele-tele. Excited dan beruntung banget bisa join di grup SEO Moms ini. Banyak ilmu blogging yang dapat saya petik dan juga teman baru tentunya. Namun pembelajaran yang rencananya berjalan satu bulan, 1-30 April, harus dihentikan sementara, agar para member lebih fokus puasa dan menyambut hari raya Idul Fitri. Setelah lebaran, pembelajaran akan dilanjutkan kembali. #Kami menunggu Bang.

Poin-poin SEO yang telah dijelaskan Bang Q, perlahan sudah saya terapkan di blog pribadi. Mengoptimasi On page dan Off page. Mungkin belum maksimal seperti yang diharapkan. Setidaknya niat belajar dan menambah pengetahuan seputar blogging serta mengulang poin-poin penting dalam SEO, terus dikembangkan. Seperti kata motivasi yang saya baca, tidak ada usaha yang mengkhianati hasil. 

Terima kasih untuk Bang Q yang mau membagi ilmu bermanfaat untuk semua moms secara gratis, (mudah-mudahan ganjarannya pahala ya Bang). Juga kak Arda dengan sabar menampung pertanyaan-pertanyaan para member, dengan segala keriweuhan dan kelemahan memori dalam mengingat (karena usia sudah melewati 30an).

Akhir kata, SEO Moms Community tetap jaya, terus berkembang, dan menghasilkan moms blogger mumpuni, hingga bisa mengoptimasi blog melalui tekhnik yang sudah dipelajari, dan mampu bersaing mencapai search engine google.

Content is the king, backlink is the queen. 

Bagi moms yang mau bergabung di Seo moms community, boleh banget, pantengin terus Ig nya @seomoms atau bisa di: https://seomomscommunity.com ya.. Semangat man teman..




16 komentar:

  1. Kalo aku balik pontianak aku mau ketemu bang Qbenk lah, soalnya dia kakak kelasku juga waktu smea, sekalian silaturahmi dengan guru SEO

    ReplyDelete
  2. Replies
    1. Cakep banget bang, sayangnya seo moms ya, khusus perempuan sih bang. :)

      Delete
  3. Memang seru ya kak Yulia gabung di SEO Moms. Semoga kita semakin jago mengaplikasi kan ilmu yg sudah didapat selama belajar bareng

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyah, belajar itu gak ada ruginya, tau dikit, jadi improve tuk tau banyak.

      Delete
  4. Semboyan Bang Q ya content is the king, back link is the queen .. hehe. Terima kasih sudah menyebut nama saya di dalam tulisannya, Mbak Yulia ^_^

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semboyan orang hidup mba, berpasang-pasangan kayak raka dan dan ratu. Iya mba, masama.

      Delete
  5. sebenarnya sy juga penasaran dg ilmu seo ini.. pengen bgt bisa punya da tinggi.. kalo baca d artikel bingung banyak istilah asing.. mmg harus berguru pd ahlinya lgs sih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ilmu itu penting banget mba, setidaknya kita kita dasarnya dulu, ntar bisa dikembangkan sendiri. Makanya saya ikutan kelas basic bang Qbenk.

      Delete
  6. Pengen juga gabung deh. Udah ada belom ya di jawa barat? Pasti seru gabung dengan komunitas seo ibu2

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seru sih mba, tapi kami belajarnya belum tuntas. Terhenti sebentar karena puasa dan lebaran. Eh iya Jabar belum ada ya. Moga nyusul mba.

      Delete
  7. Udah pernah tau tentang SEO moms ini, tapi terus minder karena anggotanya yg biasa menang lomba ya hehehe. Semangat terus moms dimanapun berada & dalam wadah komunitas apapun

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya asalnya juga gak pede, tapi karena niat mau belajar, akhirnya pede aja mba. Yap..semangat..

      Delete
  8. Alhamdulillah ya mba kita bisa bergabung di SEO Moms Community ini, ilmu yang bertambah juga pertemanan sesama blogger, masih terus belajar nih mengenai SEO ternyata banyak sekali yang harus didalami

    ReplyDelete
  9. Iya masih banyak yang perlu kita tahu tentang Seo, moga tetap solid grup Seo moms ke depannya nya ya mba.

    ReplyDelete

Terima kasih telah berkunjung ke blog saya, silahkan berkomentar dengan sopan.