Tuesday, July 13, 2021

Kumpulan Doa Turun Hujan Yang Dapat Diajarkan Kepada Anak

berdoa
berdoa

Hujan adalah rahmat dari Allah SWT yang diturunkan ke bumi. Setelah melalui kemarau panjang, dengan turunnya hujan tentu menjadi nikmat tersendiri bagi seluruh makhluk hidup di muka bumi. Meski BMKG memperkirakan bahwa musim hujan akan terjadi sekitar bulan Oktober, namun siapa sangka diawal-awal tahun pun hujan kerap sudah mengguyur beberapa wilayah di Indonesia. 

Saat musim hujan tiba, kebanyakan anak-anak akan menghabiskan waktunya dengan bermain di luar rumah bersama teman-temannya. Namun, mengingat saat ini kondisi pandemic masih berlangsung, maka pastikan anak-anak Anda tetap berada didalam rumah saat hujan turun. 

Alih-alih bermain hujan diluar rumah, Anda dapat mengajak anak untuk selalu bersyukur atas hujan yang telah diberikan oleh Allah SWT. Sebagai rasa syukur tersebut, Anda dapat mengajarkan si kecil doa saat turun hujan dibawah ini :

1. Bacaan Doa Saat Hujan Mulai Turun

“Allahuma shoyyiban nafi’an”

Artinya, “Ya Allah, turunkan lah pada kami hujan yang bermanfaat”. (HR. Bukhari no. 1032).

Bacaan doa diatas sangat mudah untuk dihafal anak saat hujan mulai turun. Dengan membacakan doa ini, anak diharapkan senantiasa bersyukur atas rahmat Allah SWT berupa turunnya hujan. 

2. Bacaan Doa Saat Hujan Lebat

Suatu ketika, Rasulullah SAW pernah meminta kepada Allah SWT agar diturunkan hujan. Namun, ketika Allah SWT menurunkan hujan tersebut dengan sangat lebat. Rasulullah SAW juga kembali meminta kepada Allah SWT agar cuaca kembali cerah.

Anda dapat mengajak anak untuk melafalkan doa ini saat hujan lebat :

“Allahumma haawalaina wa laa ‘alaina. Allahumma ‘alal aakami wal jibaali, wazh zhiroobi, wa buthunil awdiyati, wa manaabitisy syajari.”

Artinya, “Ya Allah, turunkan lah hujan di sekitar kami, bukan untuk merusak kami. Ya Allah, turunkan lah hujan ke dataran tinggi, gunung-gunung, bukit-bukit, perut lembah, dan tempat tumbuhnya pepohonan.”

3. Bacaan Doa Saat Hujan Yang Disertai Angin Kencang

Diriwayatkan dalam salah satu hadis Imam Muslim, Rasulullah SAW membaca doa ini saat hujan turun yang disertai angin kencang. Ajak anak lafalkan doa ini saat hujan turun disertai angin kencang :

“Alloohumma innii as-aluka khoirohaa wa khoiro maa fiiha wa khoirohaa wa khoiro maa fiihaa wa khoiro maa ursilat bih. Wa-a’uudzubika min syarrihaa wa syarri maa fiihaa wa khoiro maa ursilat bih.”

Artinya, “Ya Allah, saya memohon kepada-Mu kebaikan angin ini, kebaikan yang Engkau kirim bersamanya. Dan saya berlindung kepada-Mu dari kejahatan angin ini, kejahatan yang ada didalamnya, dan kejahatan yang Engkau kirim bersamanya.” (HR. Muslim). 

4. Bacaan Doa Saat Hujan Besar Yang Disertai Petir

Saat hujan mulai turun dengan besar yang disertai petir, maka biasanya suara tersebut akan menimbulkan rasa takut tersendiri bagi anak-anak. Supaya anak tetap tenang dan tidak ketakutan saat hujan besar turun, Anda dapat mengajak si kecil untuk melafalkan doa dan dzikir seperti berikut ini : 

“Subhaanalladzi yusabbihur ro’du bihamdihi wal malaaikatu min khiifatih.”

Artinya, “Mahasuci Allah yang dengan memuji-Nya bertasbih lah halilintar dan juga para malaikat karena takut kepadaNya.”

5. Doa Saat Hujan Reda

Saat hujan mulai mereda, ada juga bacaan yang dapat Anda ajarkan pada anak sebagai tanda syukur manusia karena Allah SWT telah memberikan rahmat-Nya melalui tetesan air hujan yang membasahi bumi. 

“Muthirna bi fadhlillahi wa rohmatih”

Artinya, “Kita diberi hujan (dari langit) karena karunia dan rahmat Allah”. (HR. Bukhari No. 846). 

Air menjadi sumber paling penting bagi kehidupan makhluk (manusia, hewan, dan tumbuhan). Jadi, saat hujan turun, maka doa-doa diatas dianjurkan untuk diajarkan pada anak-anak supaya mereka senantiasa bersyukur atas rahmat yang diberikan Allah SWT kepada mereka. 

Itulah kumpulan doa turun hujan yang dapat Anda ajarkan kepada anak. 


0 komentar

Post a Comment

Terima kasih telah berkunjung ke blog saya, silahkan berkomentar dengan sopan.