Melangkah Bersama Midtrans, Payment Gateway Bisnis Terdepan

Pernah mendengar istilah payment gateway?

Seiring berkembangnya teknologi, banyak pebisnis menggunakan payment gateway sebagai sarana pembayaran online. Hal ini sejalan dengan tingginya antusias masyarakat berbelanja maupun berbisnis secara online. Mereka tidak hanya menjual produk saja, tapi juga memberikan kemudahan pembayaran. 

Pebisnis online yang telah menggunakan payment gateway, pasti sudah paham dengan seluk beluk sistem pembayaran ini. 

Apa itu payment gateway?

Payment gateway adalah teknologi dengan memanfaatkan internet, yang menjadi sarana pembayaran suatu transaksi dalam layanan aplikasi e-commerce dengan fungsi mengotorisasi berbagai proses pembayaran, baik perbankan, transfer bank, kartu kredit secara langsung dari konsumen. Atau bahasa kerennya, semacam gerbang yang menjadi perantara pembeli dan penjual.

Salah satu payment gateaway yang terbaik di Indonesia saat ini adalah Midtrans. Bagaimana Midtrans menjadi pilihan pebisnis di Indonesia saat ini? Yuk.. kita kenali lebih dekat.

midtrans patment gateway


Mengenal Midtrans sebagai Payment Gateway Terbaik

Hampir sebagian besar e-commerce menggunakan layanan payment gateway yang menjembatani pembayaran antara pembeli dan penjual.

Salah satu payment gateway terbaik dan bisa jadi pilihan adalah Midtrans, sistem pembayaran online dan ragam solusi untuk kebutuhan bisnis/usaha mudah, cepat, bisa di mana pun dan kapan pun.

Midtrans merupakan perusahaan finansial berbasis teknologi, yang telah beroperasi selama 9 tahun. Awal berdiri, Midtrans mencoba membuka peluang untuk membuat pelaku usaha melek teknologi. Akhirnya, terbentuklah satu usaha yang menjembatani kebutuhan pebisnis online dengan memberikan sistem pembayaran yang gampang, efisien dengan biaya terjangkau, yang bernama payment gateway.

Midtrans payment gateway memberikan akses ke sistem pembayaran terlengkap untuk bisnis online dengan tingkat penerimaan tertinggi di industri, termasuk GoPay dan uang elektronik lainnya, transfer bank, kartu debit, kartu kredit, virtual account, QRIS, dan pembayaran di outlet minimarket, yang didukung oleh sistem pendeteksi anomali (Aegis) dan sistem pencairan dana (Payouts) kelas dunia.

Perusahaan ini berkembang cukup pesat, terbukti hingga saat ini, Midtrans telah mendukung pertumbuhan berbagai lini bisnis online sebagai payment gateway terdepan, yang menyediakan layanan pemrosesan pembayaran online secara sederhana dan istimewa, untuk beragam entitas bisnis, mulai dari start-up, UMKM, hingga usaha besar.

Bagaimana Cara Registrasi di Midtrans ?

Pada payment gateaway Midtrans, tersedia dua pilihan bagi yang ingin mendaftar, Untuk Bisnis Perorangan dan Badan Usaha. Cara registernya seperti apa sih, ikuti step di bawah ini:

  • Buka website Midtrans www.midtrans.com.
  • Tekan “Daftar Sekarang”
  • Lengkapi form, email dan nomor telepon yang valid, lalu klik “Register”
  • Cek notifikasi di email terdaftar dan lanjut untuk verifikasi.
  • Jika selesai, bisa langsung log in dari email yang didaftarkan.
  • Klik “continue” jika ingin melanjutkan atau “I’ll do this later” jika ingin trial dulu
  • Pada dashboard kamu bisa mempelajari dulu, bila sudah OK, klik “here” untuk melanjutkan proses registrasi
  • Ada dua pilihan Perorangan atau Badan Usaha, tinggal klik salah satunya.
  • Dua paket metode pembayaran “Starter Pack” dan “Starter Pack + Pembayaran Kartu.

Cara daftar untuk PERORANGAN

Jika memilih Perorangan, tersedia pengisian data diri pribadi, pastikan nama pada KTP dan NPWP pemilik bisnis sama, dokumen terlihat jelas/tidak terpotong.Jika pemilik bisnis adalah WNA, maka perlu dilampirkan Paspor dan KITAS.

Sertakan web developer jika ada, lalu isi informasi usaha secara lengkap. Bila pebisnis tidak mempunyai website. sertakan akun link media sosial atau toko di marketplace

Selanjutnya, pastikan website sesuai dengan standar Midtrans, lalu centang pada box, menyetujui syarat dan ketentuan berikut, lalu klik “Ajukan”. 

Registrasi perorangan pun selesai. Pembayaran melalui Gopay dan tranfer bank (BNI VA, Permata VA, dan Mandiri Bill). Pembayaran kartu akan aktif 7-10 hari kerja. 

Cara daftar untuk BADAN USAHA

Step sama dengan perorangan, tapi di sini akan diminta Foto Akta dan SK Menteri Kehakiman dengan jelas. Untuk badan usaha yang bergerak sebelum tahun 2007, harus menyertakaan akta penyesuaian.


Bagaimana Cara Kerja Midtrans Payment Gateway ?

Pertama, pelanggan memilih produk yang ingin mereka beli pada satu e-commerce dan melanjutkan ke halaman pembayaran. Konsumen memasukan detail kartu debit /kredit. Salah satu opsi pembayaran tersebut adalah payment gateway.

Kedua, pada halaman checkout, payment gateway akan menerima data transaksi yang akan diteruskan ke metode pembayaran yang dipilih. Misal, memilih bank, maka payment gateway akan meneruskan informasi pada bank terkait.

Ketiga, payment processor akan akan menyampaikan informasi kepada asosiasi penerbit kartu misalnya Visa atau MasterCard, untuk selanjutnya di arahkan ke bank yang mengeluarkan kartu pelanggan.

Keempat, bank menerima permintaan dan memeriksa dana yang tersedia untuk pelanggan, apakah dapat menutupi jumlah yang diminta.

Kelima, bank akan mengirim kode pembayaran, semacam OTP, untuk diterima dan dikonfirmasi. Selanjutnya payment gateway akan mengubah status pembayaran konsumen menjadi lunas, dan meneruskan informasi ke merchant pemasang. Transaksi pun berhasil.

Singkatnya, saat pembeli melakukan transaksi di website, mereka akan memilih metode pembayaran. Pemesanan pembeli akan diteruskan pada metode pembayaran yang dipilih untuk verifikasi ke bank yang ditentukan penjual. Pembeli dapat melakukan pembayaran seperti biasa dan notifikasi transaksi berhasil akan diterima oleh penjual dan pembeli.  

Plus nya, pembeli akan merasa aman jika pebisnis online menggunakan sistem payment gateway. Hal ini dikarenakan teknologi payment gateway membutuhkan aktivasi akun yang bener-bener terpercaya. Pengguna merasa aman, tidak ada kecurigaan ataupun kekhawatiran bahwa transaksi adalah bodong atau penipuan.

Produk yang Ditawarkan Midtrans

ONLINE PAYMENT

Midtrans dapat menerima pembayaran di mana pun dan kapan pun dari 24 metode, seperti kartu kredit/debit, transfer bank, e-Money, dan masih banyak lagi. Atau jika pengguna ingin mengaktifkan beberapa metode saja, Midtrans akan merubah payment sesuai yang dibutuhkan.

IN-STORE PAYMENT,

Midtrans juga memfasilitasi pebisnis online yang ingin memperluas cakupan bisnisnya dengan membuka toko offline. Dengan ekosistem pembayaran Gojek, seperti GoBiz, GoBiz PLUS, dan Moka, pebisnis online akan mendapatkan manfaat cepat dan mudahnya integrasi tanpa komitmen panjang serta rincian biaya sederhana dan transparan.

PAYOUTS

Kirim dana tanpa cemas ke semua bank di Indonesia dan e-wallet. Biaya transparan, cukup 1x konfirmasi untuk kirim ke banyak tujuan, pembayaran real-time

Selain itu, integrasi dan penggunaan mudah, karena dirancang dengan kemudahan proses integrasi, yang pembayaran dapat dilakukan dari dashboard atau API. Semua bisa buat pembayaran berkala, yang kompatibel dengan sistem apa pun.

Payouts dirancang dengan sistem keamanan berlapis yang memvalidasi rekening bank untuk setiap transaksi, Dual user permission, fitur keamanan setara bank untuk menjamin keamanan dan penyaringan rekening dengan warning jika akun penerima mencurigakan.

Pebisnis online juga bisa kirim dana tanpa cemas menggunakan payouts untuk pembayaran rekanan bisnis. Midtrans sangat cocok untuk pebisnis pemula, pebisnis sedang mengembangkan usahanya, serta perusahaan yang melakukan pembayaran dengan jumlah banyak dan besar.

Keuntungan Mnggunakan Midtrans sebagai Payment Gateway:
1. Keamanan transaksi terjamin.
2. Dilengkapi pendeteksi fraud.
3. Pengaturan mudah.
4. Terintegrasi dengan banyak partner.
5. Cocok untuk semua fase bisnis.
6. Praktis tanpa rekonsiliasi manual.

Bagaimana dengan Biaya Payment Gateway di Midtrans? 

Tenang, Midtrans merupakan payment gateway Indonesia yang transparan soal biaya yang dibebankan kepada merchant. Di Midtrans, biaya dikenakan per transaksi, itu pun ditagih ketika transaksi berhasil. Jika ada transaksi gagal, entah karena adanya tindakan fraud atau pembelian yang dibatalkan, maka biaya layanan dibebaskan. Tapi, exclude PPn ya.

Data Aman Gak?

Midtrans telah terdaftar di Bank Indonesia, Kominfo, bersertifikat ISO/IEC 27001, berlisensi Payment Card Industry Data Security Standard (PCI-DSS), dan berstandar AES (Advanced Encryption Standard).

Midtrans Payment Gateway tetap menjadi pilihan terdepan di Indonesia, dengan keamanan dan kenyaman berbagai transaksi. Kamu yang pemula di bisnis online, gak ragu dong percayakan sistem pembayaran bersama Midtrans, solusi payment gateway lengkap yang dirancang untuk bisnis kamu.

Ingin info lebih lanjut, kamu bisa kunjungi www.midtrans.com.

Midtrans.
Pasaraya Blok M, Building B, 4th Floor Jl. Iskandarsyah II No. 2 South Jakarta 12160
Pusat Bantuan : +62.804.140.1099
Senin - Jumat 09.00-18.00


1 comment

Terima kasih telah berkunjung ke blog saya, silahkan berkomentar dengan sopan.