Blog yang Membuat Ide Menulis Muncul

Banyak manfaat yang dirasakan seorang blogger ketika bergabung dalam satu komunitas. Beberapa diantaranya muncul ide menulis dan bertambahnya wawasan ketika saling berkunjung ke blog sesama blogger atau dikenal dengan blog walking. 

Seperti yang kita ketahui, banyak blogger mengusung ragam tema menarik atau niche pada blog mereka. Seperti travel, parenting, tutorial, beauty, teknologi, finance, edukasi, kuliner hingga lifestyle.

Beberapa di antaranya bikin betah plus suka. Kenapa?

Pertama, wawasan dan pengetahuan terus berkembang, hingga perlu dipantau biar uptodate. Bisa jadi hal yang sebelumnya saya belum paham, akhirnya jadi paham.

Kedua, banyak ide menulis muncul setelah membaca blog  lain, bukan copy paste tapi ya, ide bisa dikreasikan dengan gaya kepenulisan blog saya.
Blog bemanfaat
Blog bermanfaat


Sejatinya, apapun niche blognya, selama bisa dijadikan panduan, selama memberi manfaat bertambahnya wawasan dan memunculkan ide menulis, go ahead sih menurut saya, asal dikreasikan dengan niche blog.

Di bawah ini ada beberapa blog yang sering saya kunjungi, sekaligus memberi manfaat.

1. TUTORIAL BLOG

Blog tutorial paling sering saya kunjungi. Terutama tutorial blogging. Semua diulas lengkap, mulai dari cara membuat blog, ngedisain, ganti template, ganti domain, cara menambahkan CSS dengan kode tertentu hingga penjelasan tentang SEO.

Semuanya nambah ilmu. Gak diterapin di blog pun no problem. Step how to what do and don't, pada blog khususnya blogspot, lebih mudah dipahami.

Banyak banget kan blog tutorial tersebar di internet, tinggal milih, blog mana yang mudah paham cara tutorialnya. Kalau saya suka intip blog nya dewaweb dan niagahoster.

2. TRAVELING BLOG

Blog traveling banyak mengulas seputar spot wisata bagus dalam dan luar negeri. Blog ini kerap menyajikan keistimewaan tempat yang dikunjungi.

Misalnya ketika traveling ke satu negara, ulasannya berkisar tips-tips tentang keunikan negara yang mungkin belum banyak orang tau, view, makanan, hotel yang recomended, transportasi hingga budaya setempat. Selain itu blog travel ini juga memberikan rincian biaya yang dikeluarkan. Pokoknya lengkap.

Blog Marischka Prudence, Arief Rahman, Wira Nurmansyah, Travelerien paling sering saya intip sambil berimajinasi saya berada diposisi yang sama.

3. PARENTING BLOG

Blog parenting makin diminati sekarang ini sebagai cara berbagi pengalaman, berbagi topik dan belajar dari pengalaman orang lain.

Menjadi orangtua adalah peristiwa yang menyenangkan. Orangtua masih harus belajar banyak tentang perkembangan anak-anak, baik yang masih beranak satu maupun lebih.

Sebagai orangtua, saya masih perlu berbagi cerita dan rasa dalam hal mendidik anak dan bagaimana anak menjadikan orangtua panutan, tempat berbagi rasa dan asa. 

Hal ini sangat penting, mengingat tingginya pengaruh media sosial, dan konten-konten negatif yang mudah diserap anak dengan cepat, ditakutkan bisa mengubah prilaku anak secara perlahan. 

Selain sharing di blog parenting, saya juga pantengin tutorial Mba Elly Risman. 


4. BLOG CULINERY

Siapa yang gak suka makan? semua pasti suka makanan, apalagi kulineran sambil icip-icip masakan baru. Wuih..siap-siap lidah bergoyang. 

Saya selera banget makan masakan berkuah, kayak soto, tomyan dan aneka sop, tapi kurang ahli membuatnya. Kurang jago masak sih ya, tapi paling suka intip-intip resep masakan dan kue biar bisa dipraktekin di rumah. Kadang kalo dah mager, setumpuk list resep cuma beberapa yang dieksekusi. Hahaha

5. BLOG PORTAL BERITA

Siapa sih yang gak butuh berita hari gini? Info gosip, kabar dunia, perkembangan selebriti dan banyak info menarik, diportal berita bakal mudah kamu temukan. Tidak hanya info lokal saja, tapi juga internasional. Kapanlagi.com, Suara.com beberapa potal berita yang suka diintip.

6. BEAUTY BLOG

Siapa yang gak ingin tampil cantik dan menawan? Berpaling ke blog beauty sekali kali boleh dong, walaupun kita udah punya standard cosmetik sendiri. Di blog ririeprams dan Jeanmilka, bisa tuh jadi referensi cosmetic for whole your body.

7. LIFESTYLE BLOG

Blog lifestyle atau blog gado-gado tidak fokus menulis tentang satu topik di blog, tetapi memuat beraneka ragam artikel keseharian, seperti parenting, edukasi, travel, finance, fashion dan banyak lagi lainnya.

Itulah tujuh blog yang paling sering saya kunjungi dan ikuti. Banyak info berharga yang didapat yang sekaligus menumbuhkan ide menulis. Semakin banyak membaca, semakin banyak ilmu yang didapat.




No comments

Terima kasih telah berkunjung ke blog saya, silahkan berkomentar dengan sopan.