Blogger dan Media Sosial

Bagi seorang blogger, aktif di media sosial adalah hal wajib dilakukan. Ia memiliki peran penting sebagai branding online, di mana ia bisa membangun pertemanan, komunikasi, diskusi, komunitas, interaksi dan promosi.

Coba tanya, siapa blogger yang tidak punya media sosial saat ini? Semua punya, tidak hanya satu, tapi banyak. 

Media sosial sudah menjadi bagian hidup generasi sekarang dengan mudahnya akses ketika digunakan. Ia telah merubah dan menciptakan urgensi komunikasi modern, yang belum pernah ada sebelumnya.

Media sosial memberi manfaat besar, jika digunakan dengan benar. Dulunya komunikasi dan mengirim pesan penting dilakukan via email komputer, sekarang bisa orang bisa dengan cepat mengirim poto, video, file, dan membagikan aktivitas keseharian mereka dengan menekan tombol send di akun medsos mereka.

Namun, mudahnya membagikan aktifitas keseharian, membuat banyak orang tidak lagi memiliki ruang pribadi. Semua diekspose sedemikian rupa, sehingga fungsi media sosial berubah menjadi ajang pamer. Sungguh, kemajuan teknologi mampu merubah tatanan hudup manusia di segala bidang.

Blogger dan media sosial
Blogger dan media sosial


Yap, medsos yang seharusnya bisa dimanfaatkan membuat konten bagus, malah dijadikan ajang pamer, alias tempat menampilkan dunia fake. Yang penting ini gua di dunia maya, walau bertolak belakang dengan realita sesungguhnya. Orang seperti ini hanya memanfaatkan kepopuleran dunia maya untuk kepentingan pribadi, yang otomatis siap dikritik.

Akun media sosial saya juga banyak, semua sesuai tupoksi masing-masing. Oleh karena di antara akun medsos yang banyak itu, ada beberapa akun yang memberi manfaat sekaligus benefit pada saya, diantaranya : 

1. Youtube

Situs sharing media no. 1 di dunia ini juga nomor satu yang saya gunakan setiap harinya. Paling suka info seputar religi dan video tentang orang Indonesia yang menikah dengan orang luar. Selain itu youtube juga media saya mempromosikan video dan juga sebagai media pembelajaran anak dengan metode tercepat.

2. Instagram

Saya menggunakan sebagai sharing poto kegiatan sehari hari, mengunjungi satu tempat dan tentu saja job. Di Instagram saya juga memaksimalkan kerja hashtag, untuk menambah perteman sekaligus mendapatkan like postingan.

3. Twitter

Ini media yang wajib banget saya punya. Di sini saya bisa berbagi info, pesan, nge buzz dan promo artikel blog. Selain itu, ngintip ngintip inpoh-inpoh via trending Indonesia dan International.

Di Twitter curhat panjang lebar bisa dengan thread. Lebih memanfaatkan hashtag ketika menyampaikan informasi. Selain bisa menemukan teman dengan passion yang sama, hashtag juga membantu orang tertarik dengan informasi yang kita bagikan sekaligus menambah follower.

4. Facebook

Grup facebook saya banyak banget. Selain grup komunitas, grup sekolah grup job juga banyak. Hehe. Di grup komunitas blogger, saya bisa share artikel, sekaligus dapat info bagus dari share artikel teman. 

Di facebook saya banyak juga share poto, sebagai media penyimpanan album, yang setiap tahun akan direminder oleh facebook. 

5. Tiktok

Tiktok medsos paling populer di kalangan anak muda. Tidak hanya anak muda saja, semua gender menyukai semua yang ada di tiktok.

Tiktok sangat populer? Iya, menurt survey yang pernah saya baca, lebih satu juta orang menggunakan aplikasi ini.

Terlepas dari pro dan kontra tiktok, banyak yang mengatakan, tiktok itu unik, estetik, tempat bertemunya komunitas solid, tempat lebih leluasa mengekspresikan diri dan tempat di mana mereka tidak menemukan video di platform lain.

Bagi saya tiiktok tempat saya mendapatkan info terbaru melalui video, mengenai hal apapun. Ya, tiktok adalah tempat sharing video portrait dengan durasi pendek. Kalau ingin mendapat info cepat, saya lebih memilih tiktok.

Sebenatnya banyak medsos saya yang lain terinstall di hp, tapi lima media ini yang saya sering saya gunakan setiap hari, sebagai informasi dan koneksi.

Bermedia sosial bijak dan menghasilkan, harus itu.

No comments

Terima kasih telah berkunjung ke blog saya, silahkan berkomentar dengan sopan.